Apa itu Wa Web + Cara Menggunakan dan Download 2019

Whatsapp Web – Pengguna sosial media pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Wa Web yang di gunakan pada smartphone penggunanya. Aplikasi chatting dan video call gratis ini mengeluarkan besutan baru bagi para pecinta WhatsApp yang di tunggu –tunggu, yaitu WhatsApp web. Ini di gunakan untuk komputer alias Pc menggunakan browser yang ada, seperti chrome, mozila firefox dan lainnya.

Pada masanya dulu, para pengguna aplikasi chatting bermimpi seandainya aplikasi seperti WhatsApp bisa di pakai di komputer rumah, terutama bagi mereka yang banyak bekerja di depan komputer.

Tentu membalas chat pelanggan atau relasi sangat merepotkan dengan harus berbagi waktu antara membuka smartphone sambil bekerja di depan laptop atau komputer kamu. jika ada aplikasi chatting yang bisa di terapkan di PC rumah atau laptop, maka pekerjaan menjadi lebih mudah dengan sekalian instant berchatting dengan relasi atau pelanggan.

Permasalahan itu terpecahkan sekarang. Layanan perpesanan smartphone terpopuler WhatsApp sekarang dapat berkomunikasi dengan teman-teman dari PC atau laptop. Bukanlah hoax, kamu benar – benar bisa menikmati WhatsApp dari dekstop mulai dari sekarang. WhatsApp Web mungkin sudah banyak di gunakan oleh seorang pebisnis ataupun semua kalangan. Buat kamu yang belum tahu apa itu WhatsApp Web dan apa kegunaannya, bisa baca artikel ini.

Apa Itu WhatsApp Web

apa itu wa web

Sebelum di perkenalkannya kepada publik, fitur besutan WhatsApp ini, dinamai WhatsApp Web yang penggunanya dapat membaca, mengirim pesan secara langsung dari browser web pada PC atau laptop mereka.

Secara sederhananya WhatsApp Web adalah pengembangan sistem komunikasi duplikasi antara Whatsapp yang ada di smartphone dengan WhatsApp yang ada di PC atau laptop. Intinya, WhatsApp mengizinkan para penggunanya untuk membuka dan mengakses WhatsApp di perangkat komputer dan laptop dengan menggunakan browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan browser internet lainnya.

WhatsApp Web yang bisa di buka di PC hanyalah eksistensi ataupun duplikasi WhatsApp yang di dukung dari akun WhatsApp yang ada di smartphone kamu. Dengan kata lain, jika kamu ingin membuka atau mengakses WhatsApp di PC, maka kamu juga harus mengaktifkan aplikasi WhatsApp di smartphone secara bersamaan.

Saat peluncurannya, WhatsApp menulis, “Hari ini, untuk pertama kalinya, jutaan dari kamu akan memiliki kemampuan untuk menggunakan WhatsApp di browser web kamu,” Tulis WhatsApp dalam postingan websitenya.

WhatsApp Web ini seperti duplikasi atau layaknya cermin antara percakapan dan pesan dari perangkat seluler. Hal ini berarti semua pesan masih ada di ponsel.

Versi WhatsApp Web mendukung pemberitahuan desktop sehingga pengguna diberitahu tentang pesan WhatsApp baru bahkan ketika tidak memeriksa halaman web. Pada pengembangannya nanti, WhatsApp akan meluncurkan fitur panggilan suara yang akan segera di luncurkan.

Berikut informasi produk dari WhatsApp Web:

  • Nama produk: WhatsApp Web.
  • Pengembang: WhatsApp.
  • Tipe/genre : Aplikasi messangerUpdated Here On: 26 June 2016.
  • Tipe pengaturan: Offline Installer.
  • Ukuran aplikasi : 52 MB 32 Bit, 61 MB 64 Bit.
  • System yang di butuhkan : Windows 8, 150 MB dan browser pendukung.
  • Lisensi : Freeware.
  • Kompabilitas OS: Windows 8 atau di atasnya, Android dan Nokia.
  • Bahasa : Tersedia dalam 53

Syarat Menggunakan WhatsApp Web

syarat wa web

Untuk bisa mengakses dan menggunakan WhatsApp for PC, kamu setidaknya harus mempunyai persyaratan minimum ini :

  1. Mempunyai akun yang aktif di smartphone kamu.
  2. Cek koneksi internet. Pastikan koneksi internet kamu stabil mengingat kamu mengakses dua perangkat WhatsApp secara bersamaan antara PC dan di smartphone.
  3. Sebelum menggunakannya di PC/komputer, pastikan browser seperti Google Chrome, Opera, Safari, Mozilla Firefox atau lainnya harus terinstal di PC kamu.

Cara Menggunakan WhatsApp Web

cara menggunakan whatsapp web

Fitur WhatsApp Web saat ini bisa di gunakan pada Android, Windows Phone, dan BlackBerry. Sayangnya, WhatsApp Web saat ini belum bisa di gunakan untuk pengguna iOS karena keterbatasan platform.

Saat ini, WhatsApp memiliki 700 juta pengguna yang mengirim 30 miliar pesan per hari, dan lebih besar dari sebagian besar pesaingnya, seperti Facebook Messenger, Line, dan WeChat. Maka Fitur terbarunya WhatsApp  ini pasti akan meningkatkan pasar.

Bagi kamu yang tertarik menggunakan WhatsApp Web ini dan ingin tahu caranya, cukup lakukan cara yang mudah di ikuti seperti di bawah ini. Sebelum menggunakannya, pastikan koneksi internetmu berjalan dengan stabil.

  1. Navigasikan/buka browser di PC kamu, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atupun lainnya yang telah terinstal di PC.
  2. Klik website whatsapp.com.
  3. Kode QR akan muncul di halaman muka web. Kamu harus memindai atau melakukan scan QR dengan menggunakan aplikasi WhatsApp di perangkat seluler untuk mengaktifkan layanan WhatsApp Web yang ingin kamu akses.

Pada penggunaannya, sistem perpesanan kamu baik yang di kirim maupun yang di terima akan disinkronisasi sepenuhnya antara aplikasi smartphone dan komputermu. Kamu tentu bisa melihat semua pesan pada kedua perangkat tersebut. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika terjadi kehilangan data karena setiap tindakan perpesanan yang di lakukan pada telepon akan diterapkan ke WhatsApp pada komputer, begitu juga sebaliknya.

Kamu bisa cek apakah akunmu telah terhubung antara PC dan seluler dengan cara membuka WhatsApp Web dari smartphone. Tips supaya kamu bisa menggunakan akses WhatsApp Web dengan baik, sebaiknya menggunakan Wi– fi untuk menghindari biaya data yang lebih besar.

Perlu di ingat, WhatsApp Web yang di akses melalui PC mengharuskan kamu menginstal dan menjalankan aplikasi Whatsapp versi terbaru pada android kamu.

Jika kamu mengetik pesan dari telepon atau pada versi web, semuanya tetap sama. Pesan kamu masih mendapatkan tanda centang ganda yang sama (untuk dikirim) dan tanda itu masih berubah menjadi biru (saat pesan kamu telah dibaca oleh penerima). Akses sesi web kamu tetap aktif selama ponsel kamu memiliki koneksi ke internet. Ini juga berarti bahwa koneksi data ponsel kamu terus digunakan.

Perbedaan WhatsApp Web dengan WhatsApp

Jika kamu sering menggunakan WhatsApp web dengan versi android, mungkin kamu akan merasakan perbedaan antara WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop App? Dan yang mana yang harus kamu gunakan? Tentunya panduan yang di buat ini untuk membantu kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan memilih mana yang tepat untuk digunakan.

Apa yang membuatnya berbeda adalah kamu perlu mengunduh WhatsApp Desktop App daripada membukanya di browser web komputer kamu.

Kedua program memiliki kemampuan yang sama; pada kenyataannya, banyak orang telah memperhatikan bahwa WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop App pada dasarnya memiliki fitur dan fungsi yang sama. Namun, WhatsApp Desktop App sedikit lebih baik; karena ini adalah aplikasi desktop asli, versi aplikasi ini memberi kamu lebih banyak fitur dalam hal pemberitahuan desktop dan pintasan keyboard. Karena terpisah dari peramban web kamu, kamu tidak perlu masuk kembali ke WhatsApp setiap kali kamu menutup Firefox atau Google Chrome.

Hampir tidak ada perbedaan antara penggunaan perpesanan di WhatsApp Web dengan yang ada di aplikasi android. Keduanya sama fungsinya, namun perbedaannya adalah hanya tempat kamu mengaksesnya saja. Baik di browser maupun di aplikasi fungsinya sama.

Namun jika kamu jarang menggunakan WhatsApp Web, kamu sebaiknya menggunakan versi aplikasi androidnya saja. Akan lebih mudah untuk membukanya dengan cepat daripada harus membuka situs setiap kali akan menggunakannya.

Perbedaan substansial lainnya adalah, aplikasi desktop WhatsApp memiliki fitur yang jauh lebih sedikit daripada aplikasi yang ada di ponsel.

Kelebihan WhatsApp Web

kelebihan wa web

Sebelum mengamati kelebihan kegunaan WhatsApp Web, kamu perlu mengetahui apa saja fitur yang terpasang pada WhatsApp Web ini.

Whatsapp Web memiliki banyak fitur menarik. Mari kita cek lebih detail fitur-fiturnya.

  • Pada versi web nya ini, ia memiliki pesan sederhana dan dapat diandalkan. Kamu dapat mengirim pesan gratis ke teman dan keluarga kamu.
  • Pesan terenkripsi.
  • Akun tunggal untuk kedua perangkat.
  • Ekstensi berbasis komputer yang dikembangkan secara cerdas.
  • Cara komunikasi yang lebih aman.
  • Lebih ringan di PC dan fungsionalitas yang cepat.
  • Tersedia untuk arsitektur sistem 32 bit dan 64 bit.
  • Aplikasi berbasis browser.
  • Kompatibel dengan versi terbaru Google Chrome, Firefox, Opera, Safari dan juga dengan Microsoft’s Edge.

Mengapa kamu harus menggunakannya WhatsApp Web ini? Apa saja kelebihan yang mungkin bisa menjadi keuntungan untuk kamu jika menggunakannya?

  1. Lebih Fleksibel

“Mengapa saya harus menggunakan program ini ketika saya mempunyai WhatsApp di smartphone saya?” Kamu mungkin bertanya-tanya. Nah, WhatsApp Web dan WhatsApp App dibuat untuk memungkinkan kamu mengobrol dengan teman-teman kamu di WhatsApp di PC atau laptop kamu, bahkan ketika ponsel kamu tetap di saku kamu.

Baca Juga : Kata Kata Mutiara dan Bijak Terbaik Kamu Wajib Lihat

Merupakan keuntungan yang besar jika kamu bekerja di kantor yang tidak membolehkan kamu menggunakan ponsel selama jam kerja. WhatsApp Web ini juga berguna jika kamu termasuk orang yang hanya bisa fokus pada satu kerjaan atau buat kamu yang ingin fleksibel menggunakan komunikasi dalam satu perangkat saja.

Contohnya, jika kamu adalah seorang yang menjalankan bisnis online, tentu jika mengerjakan bisnis dalam laptop adalah kebiasaanmu, makan akan lebih fleksibel menggunakan WhatsApp Web secara bersamaan dalam satu perangakt.

Contoh lainnya, mengerjakan proyek yang hampir jatuh tempo, karena kamu dapat berkomunikasi dengan rekan kerja tanpa harus mengangkat ponsel, kamu dapat fokus pada apa yang kamu lakukan dan menyelesaikan proyek kamu secepatnya.

  1. Aman

Kelebihan lainnya adalah, seperti yang di ketahui untuk mulai menggunakan WhatsApp Web, kamu perlu membuka halaman web di Chrome dan masuk Web. Whatsapp.com, kemudian menggunakan WhatsApp di ponsel kamu untuk memindai kode QR yang muncul. Kode QR kedaluwarsa setelah beberapa saat dan memastikan satu koneksi antara WhatsApp Web yang kamu gunakan dan telepon selulermu. Jika ingin terhubung lagi, kamu harus melalui proses itu lagi. Oleh karena itu, dengan adanya scan QR tersebut, sudah di pastikan akunmu akan aman online di PC.

  1. Lampiran Bekerja Dua Arah

kamu masih dapat mengirim lampiran dari PC selama masih berupa foto. kamu dapat melihat semua lampiran yang dikirim oleh orang lain. Jika dilengkapi fitur webcam, kamu juga dapat menggunakan webcam kamu untuk mengambil gambar dan mengirimkannya sebagai lampiran.

  1. Tidak Ada Iklan

WhatsApp versi web ini juga tidak ada iklan yang mungkin dapat muncul atau mengganggu aktivitas komunikasi kamu. Tidak seperti web lainnya yang cenderung menghadirkan iklan, versi web ini juga sama seperti aplikasinya, yaitu bebas iklan.

  1. Versi Web Lebih Cepat

Keuntungan besar lainnya saat kamu menggunakan WhatsApp Web adalah kamu memiliki keyboard yang lebih besar untuk mengetik pesan dengan tampilan layar yang lebih besar untuk pengalaman mengobrol yang lebih baik. Jika kamu seorang chatting addicted nyatanya mungkin kamu akan lebih suka mengetik lebih cepat pada PC daripada terbatas pada keypad layar sentuh smartphone.

  1. Mudah Mendownload Apapun

kamu dapat mengunduh file apa pun yang kamu terima pada akunmu. Ini membuat kamu bisa mengunduh file multimedia terbaik di komputer kamu.

  1. Tak Perlu Mendownload Aplikasi Web

Tanpa mengunduh aplikasi webnya, kamu cukup membuka versi web melalui browser yang tersedia seperti Chrome, Mozilla firefox, Opera dan lainnya.

Kekurangan WhatsApp Web

Apa itu Wa Web + Cara Menggunakan dan Download 2019 1

Baru – baru ini Whatsapp mulai melarang pengguna selama 24 jam untuk mereka yang menggunakan WhatsApp Plus atau aplikasi klien Pihak Ketiga lainnya di smartphone mereka.

Selain kelebihannya yang bisa di manfaatkan saat menggunakan versi web, WhatsApp Web ini juga memiliki kelemahan atau kekurangan yang substansial. Apa saja contohnya :

  1. Versi Android Harus Selalu On

Jika kamu menggunakan versi web, kenyataanya ia membutuhkan koneksi internet dua arah, itu berarti versi aplikasi android pun harus selalu on atau aktif. Karena jika WhatsApp kamu pada smartphone tidak aktif, versi web pada PC tidak akan bisa di gunakan.

  1. Lebih Boros Pemakaian Data Internet

Kamu harus selalu menghubungkan smartphone kamu ke internet jika ingin mengaksesnya di komputer, yang merupakan kerugian yang cukup besar., mengingat PC lebih boros data daripada smartphone. Ini bisa menjadi kerugian bagi pengguna tetapi di si si lain fitur ini menguntungkan Facebook (yang memiliki WhatsApp sekarang) untuk melanjutkan dominasi aplikasi seluler WhatsApp. Trik bisnis untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan pasar.

  1. WhatsApp Web Tidak Terlalu Di Butuhkan

Jika versi web pada PC atau komputer menawarkan kemudahan seperti layar atau keyboard yang lebih besar, itu tak sepenuhnya menjadi keuntungan. Kamu bisa memilih perangkat sekunder dapat berupa tablet, atau ponsel lain yang lebih kecil dan masih bisa memasang dan menggunakan layar besar dan keyboard ke salah satunya. Ukuran hanya berbicara tentang kemudahan penggunaan. Kamu juga dapat meniru android di komputer mana pun dan kemudian menginstal Whatsapp. Itu membuat Whatsapp Web tidak perlu.

  1. Baterai Smartphone Cepat Habis

Mengingat menggunakan WhatsApp versi web juga harus menggunakan smarphone pada pengaksesannya, kamu jangan kaget bila baterai smartphonemu cepat habis.

  1. Tidak Bisa Melakukan Pengaturan Pada Versi Web

Dengan WhatsApp Web, pengguna tidak dapat membuat grup baru untuk mengobrol. Kerugian besar lainnya adalah bahwa pengguna tidak dapat mengubah gambar profil akun mereka atau tidak dapat memperbarui status baru. Kamu juga tidak bisa membuat akun baru pada versi web ini.

  1. Data Tidak Di Simpan Setelah Selesai Di Gunakan

Ini berarti tidak ada yang disimpan di PC. Kamu hanya dapat melihat lampiran tetapi akan tersedia nanti hanya jika kamu  secara khusus mengunduhnya.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah, Whatsapp tidak menyimpan pesan kamu di server mereka. Seandainya mereka melakukannya, bayangkan betapa besar pusat data yang akan mereka butuhkan.

Jadi, membangun akun web untuk whatsapp adalah bagian yang sulit, mengingat kamu tidak dapat memilih pesan dari server secara langsung.

Ketika kamu menerima pesan, pesan itu dikirim ke telepon kamu terlebih dahulu. Setiap akun whatsapp memiliki id unik, yang dikirim dengan aman ke url yang kamu dapatkan dari kode QR klien web. Kemudian, klien web melakukan polling pada ponsel kamu dari waktu ke waktu. Jadi, untuk menggunakan versi webnya, ponsel kamu harus terhubung ke internet.

Untuk batasan ini, Whatsapp menyarankan pengguna untuk menggunakan koneksi wifi saat menggunakan versi webnya.

Cara Mendownload WhatsApp Web

cara download wahatsapp web

Jika kamu ingin praktis dan merasa kerepotan membuka browser setiap kali harus menggunakan WhatsApp web, kamu tidak usah khawatir. WhatsApp Web juga dapat digunakan secara langsung pada PC kamu tanpa sebuah browser.

Untuk memasang WhatsApp Web, kamu harus mengakses atau mendownload versi aplikasi webnya terlebih dahulu. Kamu bisa mencari situs yang tepat yang banyak tersedia di google untuk dapat menginstal WhatsApp web kamu pada PC.

Aplikasi versi webnya ini harus menggunakan sistem operasi seperti  Windows 8 atau Mac OSX 10.9 atau versi terupdate dari OS itu. Jika tidak memiliki OS tersebut, maka kamu hanya bisa menggunakan cara biasa, yaitu menggunakan WhatsApp via browser seperti cara yang di telah di kemukakan di atas.

Sebelum kamu memulai proses pengaturan WhatsApp Web pada PC kamu. Kamu harus mendowonload aplikasi whatsapp pada android kamu terlebih dahulu. Selanjutnya, browser pada PC harus kompatibel dan dapat di gunakan seperti browser Chrome, browser Opera atau Mozilla Firefox dan browser lainnya.

Cara mendownload WhatsApp Web pada Windows 8+ dan Mac OSX 10.9+ :

  1. Melalui browser kamu, kunjungi situs yang menyediakan link download WhatsApp untuk dapat di download. Biasanya berbentuk file. Exe atau zip.
  2. Saat download selesai dilakukan, buka file exe dan pasang WhatsApp Web pada komputer kamu. Kemudian buatlah pintasan atau shorcut pada halaman muka dekstop komputer kamu.
  3. Ketika pemasangan selesai, cara membuka WhatsApp versi web terbilang sama dengan browser biasa, yaitu memindai kode QR untuk dapat masuk ke akun kamu.

Kamu juga dapat mendownload aplikasi WhatsApp Web pada banyak PC. Kamu hanya perlu membuka WhatsApp pada smartphone dan kemudian menklik Menu Key kemudian pilihlah opsi WhatsApp Web.

Setiap perangkat smartphone yang terhubung ke WhatsApp Web terdaftar dan dapat di lihat di sini. Jika kamu mengklik menu“+” icon, maka dapat menambahkan sistem baru untuk menghubungkan ke versi WhatsApp web pada PC kamu.

Mengingat akses aplikasi web yang terinstal di PC ini merupakan akses pihak ke tiga yang tidak terdaftar pada WhatsApp, siap – siap saja jika suatu saat kamu tidak bisa membuka aplikasi di PC kamu karena terblokir. WhatsApp mengeluarkan kebijakan baru yaitu bisa saja memblokir akses pihak ketiga yang tidak terdaftar dengan pengembang WhatsApp seperti Facebook. Itulah yang menjadikannya sebagai kekurangan mendownload aplikasi pihak ke tiga di PC.

Manfaat Wa Web

Mungkin kebanyakan orang berpendapat bahwa WhatsApp web tidak terlalu membantu tetapi ada beberapa aspek positif juga yang bisa di rasakan manfaatkan ketika menggunakan WhatsApp Web ini.

Menghemat memori telepon – Ada banyak gambar, video, dan media lain yang disimpan di perangkat. Namun, jika kamu mematikan ‘media unduh’ di ponsel kamu dan hanya menggunakan WhatsApp Web, memori ponsel kamu tidak akan digunakan sama sekali.

Menyimpan data seluler – Jika kamu termasuk menggunakan wi fi kantor, tentu dapat menghemat data seluler yang di gunakan pada smartphone kamu. Ada banyak orang yang memiliki data terbatas di seluler dan tidak mampu mengunduh semua media. Oleh karena itu, mereka dapat menggunakan PC kantor atau PC yang terhubung LAN untuk melihat media itu.

Baterai Ponsel – Kamu dapat menghemat baterai ponsel 20% karena layar menghabiskan banyak energi smartphone kamu.

Manfaat fitur lainnya yang ada di WhatsApp web ini seperti di bawah ini:

  • Web Whatsapp memiliki pintasan keyboard yang luar biasa.
  • Kamu dapat membaca pesan tanpa pemberitahuan centang biru.
  • Dengan WhatsApp web, Anda dapat menyisipkan emoji menarik.
  • Bisa menggunakan beberapa akun Whatsapp di PC yang sama.
  • Kamu juga dapat meningkatkan Volume atau Mengubah Kecepatan Putar Audio.
  • Fitur membagikan foto, rekam audio, atau gunakan webcam
  • Fitur tautan tanpa batas antara versi seluler dan web.
  • Sepenuhnya Gratis.

WhatsApp juga manfaatnya akan di rasakan bagi para pebisnis atau pekerja kantor yang membutuhkan cara berkomunikasi dengan baik dan mengerjakan pekerjaan bisnis di saat yang bersamaan pada laptop atau komputer.

Kesimpulan

Kamu mungkin memiliki banyak teman di messenger kamu, sehingga kamu perlu berinteraksi secara konsisten pada panggilan suara atau obrolan. Aplikasi web ini di maksudkan untuk mengirimkan file atau gambar di ponsel dan tablet Android ketika ada sesuatu yang tersisa yang masih harus diselesaikan.

Permintaan pengguna WhatsApp yang membludak pada pengembang telah memutuskan pihak pengembang untuk merilis Whatsapp untuk Windows (WhatsApp Web).

Layanan operasional penuh pada Komputer membutuhkan akun WhatsApp Aktif di ponsel kamu dengan koneksi internet atau wifi untuk kedua perangkat dan browser yang diinstal pada PC untuk proses komunikasi. Selanjutnya, semua itu memerlukan sinkronisasi atau klik pada aplikasi web WhatsApp dengan pemindaian kode QR dari layar Komputer. Pada pemindai kode itu akan muncul prompt dari Perangkat yang masuk. Perangkat akan menunjukkan koneksi yang disinkronkan dengan sempurna sampai mereka terhubung.

Pada penggunaannya, sistem perpesanan kamu baik yang di kirim maupun yang di terima akan disinkronisasi sepenuhnya antara aplikasi smartphone dan komputermu. Kamu tentu bisa melihat semua pesan pada kedua perangkat tersebut. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika terjadi kehilangan data karena setiap tindakan perpesanan yang di lakukan pada telepon akan diterapkan ke WhatsApp pada komputer, begitu juga sebaliknya.

Kelebihan dan keunggulan menggunakan WhatsApp Web ada banyak terutama bagi orang- orang yang bekerja pada satu perangkat yaitu PC atau komputer. Dengan di tambah sistem perpesanan atau cara komunikasi melalui WhatsApp Web memudahkan para pengguna yang dapat fokus dengan pekerjaannya dalam satu perangkat saja.

Selain kelebihan, kelemahan pada versi webnya ini juga ada banyak. Para pengguna mengeluhkan versi web ini tidak begitu berarti dan cenderung mengeluhkan fungsi yang sama dengan fitur yang sedikit pula. Tentu jika kamu hanya cukup menggunakan WhatsApp di ponsel kamu, maka versi webnya tidak perlu kamu gunakan.

Kurang lebihnya kamu bisa memilih mana yang lebih kamu sukai untuk kamu gunakan sebagai kenyamanan kamu saat menggunakan WhatsApp.