Video Drag Bike Terbaru 2018

Posted on

Jika sudah berbicara tentang selera pasti akan menghasilkan banyak keanekaragaman walaupun yang dibahas adalah satu bidang saja. Salah satunya adalah motor, walaupun fungsinya sama namun dalam dunia balap motor dapat dikategorikan menjadi beberapa macam. Sebagai salah satu contohnya adalah drag bike.

Drag bike merupakan ajang balap motor untuk lintasan lurus, sehingga banyak orang yang berpendapat bahwa hal itu mudah untuk dilakukan. Hal tersebut merupakan pendapat yang salah, karena walaupun terlihat mudah namun butuh kemampuan yang tinggi untuk melakukannya. Saat mengendarai drag bike, hal yang paling sulit untuk dilakukan adalah menjaga keseimbangan karena kondisi motor sendiri memang sangat ringan dan harus dikendarai dengan kecepatan tinggi.

Video Drag Bike Terbaru 2018

Di tanah air sendiri, yaitu di Indonesia drag bike merupakan salah satu jenis balapan motor yang banyak digandrungi. Banyak orang yang mempunyai kesempatan dalam mengikuti kejuaraan drag bike resmi, tetapi tak sedikit dari mereka yang lebih memilih untuk mengikuti balapan liar. Kegiatan drag bike dianggap sebagai hal yang menyenangkan karena dapat memacu adrenalin pengendara dan menarik untuk dilihat. Terlebih lagi, setiap orang dapat memiliki motor drag bike tanpa perlu membeli baru karena mereka bisa memodifikasi motor lama menjadi drag bike yang berkualitas.

Artikel Terkait : 5 Harga Mobil Murah Dibawah 100 Juta

Seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, karena drag bike merupakan jenis motor yang ringan, maka untuk mengubah atau memodifikasi motor standar menjadi drag bike harus membuang perlengkapan yang tidak diperlukan, agar motor tersebut menjadi ringan ketika dikendarai. Setiap jenis motor dapat diubah menjadi drag bike, bahkan untuk motor Ninja dan Harley sekalipun. Akan tetapi lebih disarankan untuk membuat drag bike dari motor matic karena tidak perlu lagi mengganti gigi-gigi transmisi, sehingga lebih menghemat biaya karena hanya perlu untuk memperpanjang langkahnya dan memperbesar diameter silindernya saja.

Baca Juga :  Motor Maxi Yamaha Terbaru Dan Terbaik Di Indonesia

Video Drag Suzuki GSX R150 vs Honda CBR 150R Vs Yamaha R15 V3

Beralih pada informasi lainnya, walaupun sebagian besar orang beranggapan bahwa balapan motor jenis drag bike merupakan kegiatan yang diklaim sebagai balap liar namun ada ajang drag bike nasional yang mempunyai beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap pembalap yang mengikutinya. Diketahui bahwa lintasan drag bike harus sesuai dengan kriteria dan standarnya. Lintasannya harus terdiri dari dua jalur, yaitu jalur kanan dan jalur kiri dengan lebar masing-masing minimal 4 meter. Lintasan balap harus terbebas dari halangan, sehingga diharuskan untuk menggunakan jalan beraspal yang datar.  Sebagai pembatas jalur kanan dan kiri tidak dianjurkan menggunakan pembatas jenis A-board. Sebagai pembatas jalur dan sebagai pembatas sirkuit diwajibkan untuk menggunakan pagar barricade.

Yamaha Vixion vs Yamaha Xabre

Kemudian, bagi yang ingin mengikuti ajang drag bike nasional, pesertanya juga harus memenuhi persyaratan yang diajukan, diantaranya peserta / pembalap harus mempunyai kartu izin start dalam kategori pembalap motor, setiap peserta / pembalap diharuskan untuk mengikuti maksimal tiga kelas supporting dan enam kelas utama. Kemudian, setiap peserta / pembakap diharuskan untuk menggunakan 1 nomor start dalam setiap kelas yang ia ikuti. Setiap peserta / pembalap  diwajibkan untuk menggunakan satu nomor start dalam setiap kelas yang dia ikuti karena memang hanya diperbolehkan untuk mendaftar satu kali saja di kelas yang sama dan peserta / pembalap yang sudah terdaftar tidak boleh digantikan. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa ajang balap drag bike bukan hanya dicap sebagai balapan liar saja karena ada juga kejuaraan drag bike resmi yang terikat dengan berbagai aturan yang ada.

New Yamaha Vixion vs Old Yamaha Vixion 

Baca Juga :  Inilah Motor Matic Diatas 250 cc Terpopular Dan Terbaik

Informasi lain yang diungkap dari situs mesinbalap.com, dikatakan bahwa untuk drag bike speed di kerjunas tahun 2016 ini. Kabarnya, drag bikers yang mengikuti ajang ini diperkenankan untuk mengikuti perlombaan hingga delapan kelas dengan sistem perlombaan memainkan dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Namun, satu motor hanya boleh digunakan oleh dua pembalap saja dan setiap pembalapnya diperbolehkan untuk mengikuti delapan kelas.

Di tahun ini kelas seeded akan mulai digulirkan tetapi tetap ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, diantaranya adalah akumulasi poin dan prestasi pembalap. Kemudian, pembalap yang sudah masuk kelas seeded tidak diperbolehkan untuk mengikuti balapan kelas pemula, tetapi pembalap pemula diperbolehkan mengikuti kelas seeded jika memenuhi persyaratan. Yang paling penting dalam ajang kerjunas musim ini adalah keselamatan pembalap. Pembalap yang ikut serta di ajang ini harus menggunakan wearpack. Akan tetapi semua ketentuan dari regulasi ini masih belum final, mungkin masih ada beberapa perubahan lagi untuk kedepannya.

Daripada banyak mengungkapkan informasi mengenai teori seputar drag bike, berikut ini akan diberikan beberapa video drag terbaru yang dapat dijadikan sebagai sumber referensi agar kita lebih mengenal dan dapat mengetahui tentang balap motor drag bike. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Walaupun sekilas terlihat mudah untuk dilakukan, tetapi perlu jam terbang yang tinggi untuk melakukannya. Hal ini disebabkan karena pembalap drag bike harus benar-benar menjaga keseimbangan saat berkendara dengan kecepatan yang sangat tinggi, terlebih lagi motor jenis drag bike mempunyai bobot yang sangat ringan. Tidak dianjurkan untuk melakukan aksi drag bike tanpa dibekali dengan kemampuan yang cukup karena resikonya sangatlah fatal. Namun, bagi yang sudah ahli atau yang sudah mahir untuk melakukannya sebaiknya ikutilah ajang drag bike resmi nasional karena peraturan, perijinan, tata caranya hingga hadiahnya lebih jelas dibandingkan dengan mengikuti balapan liar. Meskipun mengikuti balap liar lebih menyenangkan tetapi resikonya juga lebih besar, terlebih lagi jika terjadi razia.

Baca Juga :  Spesifikasi DFSK Sokon Glory 580

Artikel Terkait : Jadwal MotoGP 2018 Trans7 TV Klasemen Terbaru

Sebenarnya sah-sah saja jika mempunyai hobi atau kesukaan di bidang olahraga yang terbilang ekstrim, seperti drag bike ini. Akan tetapi, akan lebih baik jika hobi dan bakat tersebut disalurkan pada tempat yang seharusnya. Ketika mengalami kegagalan jangan mudah putus asa, karena dari kegagalan tersebut kita bisa mengenal apa itu proses menuju kesuksesan dan kita akan belajar untuk menghargai semua proses tersebut untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Meskipun para drag bikers di padang negatif di kalangan masyarakat, jangan biarkan penilaian tersebut melekat kepada diri kita. Tak semua orang yang mempunyai tampilan urakan dan bergelut dalam kegiatan yang ekstrim mempunyai sifat yang negatif.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan seputar drag bike, mulai dari pengertian, tata cara, peraturan drag bike, video drag bike hingga informasi tambahan lainnya. Semoga dengan adanya informasi ini dapat memperluas wawasan kita semua di dunia balap motor, khususnya drag bike. Terima kasih karena sudah berkenan untuk membaca artikel ini hingga selesai, apabila terjadi kesalahan di dalam artikel ini mohon dimaafkan dan dimaklumi karena setiap manusia memang tak luput dengan yang namanya kekurangan serta kesalahan. Dan semoga informasi ini berguna bagi kita semua.

Related posts: