Ucapan Hari Lahir Pancasila dan Sejarahnya [+10Gambar]

Posted on

Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia. Yang mana pancasila ini menjadi ideologi bangsa Indonesia dan menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia untuk menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegaranya. Sebagaimana yang kita semua ketahui bahwa di dalam pancasila ini terdapat 5 nilai dasar yang dijadikan sebagai ideologi bangsa Indonesia. Oleh sebab itulah kehidupan berbangsa dan bernegara kita harus senantiasa memperhatikan ke 5 nilai yang terkandung di dalam pancasila tersebut.

Hari lahirnya pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Yang mana di tanggal 1 Juni inilah untuk pertama kalinya gagasan mengenai ke 5 dasar negara diutarakan untuk pertama kalinya oleh Ir. Sukarno. Sebagai warga negara yang baik tentu kita harus mengerti dan memahami makna sebenarnya dari peringatan hari lahirnya pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni ini.

Kita harus bisa mengerti makna sebenarnya dari lahirnya pancasila ini sebagai dasar negara kita. Nah untuk itulah di hari atau momen menjelang hari lahirnya pancasila yang tak lama lagi akan kita peringati pada tanggal 1 Juni ini, saya akan memberikan sedikit informasi dan sejarah tentang lahirnya pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Dan juga beberapa contoh ucapan selamat hari lahir pancasila.

Sejarah Lahirnya Pancasila

@news.okezone

Lahirnya pancasila diawali dengan pembentukan BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Yang mana saat itu BPUPKI dibentuk oleh Jepang untuk menarik simpati dan dukungan dari rakyat Indonesia. Sebab saat itu Jepang sudah menderita kekalahan yang cukup telak dari Sekutu pada Perang Dunia ke II.

BPUPKI ini akan bertugas untuk merumuskan tentang dasar-dasar negara Indonesia dan juga mempersiapkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Sidang BPUPKI yang pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945. Adapun pada sidang pertama BPUPKI ini akan membahas tentang tema dasar negara.

Baca Juga :  Jenis Tumbuhan Lumut (Ciri dan Klasifikasi)

Yang mana pada tanggal 1 Juni 1945 Ir. Sukarno mendapatkan giliran untuk menyampaikan pidatonya serta ide dan gagasannya tentang dasar negara Indonesia yang merdeka. Bung Karno menamai ide atau gagasannya tersebut dengan nama pancasila. Perlu diketahui bahwa selain Bung Karno, ada beberapa tokoh yang juga menyampaikan gagasan atau ide tentang dasar negara. Diantaranya yaitu adalah seperti Radjiman Wediodiningrat, M. Yamin, dan Soepomo. Akan tetapi gagasan dan ide dari Bung Karno lah yang dianggap paling pas dan paling cocok untuk dijadikan sebagai rumusan dasar negara Indonesia yang merdeka pada waktu itu.

Ada 5 asas di dalam ide atau gagasan Bung Karno tentang dasar negara Indonesia merdeka pada waktu itu yaitu kebangsaan Indonesia, perikemanusiaan, persatuan dan kesatuan, kesejahteraan sosial, dan ketuhanan Yang Maha Esa. Yang mana kemudian 5 asas tersebut dikenal dengan nama Pancasila. Dan pada tanggal 1 Juni tersebutlah dimana Sukarno pertama kali menyampaikan pancasila sebagai gagasannya tentang dasar negara Indonesia untuk yang pertama kalinya yang kemudian kita peringati sebagai hari lahirnya pancasila.

Kemudian setelah Bung Karno menyampaikan gagasannya tentang dasar negara ini maka dibentuklah sebuah panitia kecil yang beranggotakan 9 orang yang diseBut dengan nama panitia sembilan (9). Adapun tujuan dibentuknya panitia sembilan ini yaitu adalah untuk merumuskan serta menyusun undang-undang dasar dan juga merumuskan kembali Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang merdeka, yang mana hal ini didasarkan pada pidato yang disampaikan oleh Ir. Sukarno pada sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945. Sehingga kemudian terciptalah 5 sila di dalam Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa seperti yang kita kenal sampai sekarang ini.

Baca Juga :  Jenis Topologi Jaringan Beserta Kekurangan dan Kelebihannya

5 SILA PANCASILA

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2.Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab

3.Persatuan Indonesia

4.Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Dan Perwakilan

5.Kesejahteraan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Ucapan Selamat Hari Pancasila

Setelah tadi kita membahas tentang sejarah hari lahirnya pancasila dan juga makna di dalam terciptanya pancasila bagi Indonesia, maka selanjutnya akan saya berikan beberapa contoh ucapan selamat hari pancasila. Semoga melalui kata-kata ucapan berikut ini jiwa nasionalisme dan kecintaan kita kepada pancasila semakin bertambah dan tak pernah luntur.

1. Sesungguhnya memang bukan hanya sekedar untuk menghafalkan kelima sila yang ada di dalam pancasila saja. Namun lebih dari itu, negara kita ini lebih membutuhkan orang yang bisa menghargai dan memaknai tentang pancasila itu sendiri. Ingatlah tentang betapa sulitnya perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan kita ini bagi kehidupan kita yang terlepas dari penjajahan ini. Tugas kita sekarang yaitu adalah untuk menerapkan seluruh nilai yang terkandung di dalam setiap sila sebagai dasar di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

2. Terkadang aku bertanya di dalam hatiku sendiri, bagaimana jadinya negara Indonesia ini tanpa adanya pancasila. Mungkin saja tanpa adanya pancasila sebagai dasar negara kita ini kita tak akan pernah merasakan hidup yang nyaman seperti sekarang ini. Sebenarnya tugas kita sebagai warga negara yang baik bukan hanya sekedar untuk menghafalkan kelima sila yang terdapat di dalam pancasila begitu saja. Tapi pernahkah kalian berpikir dan bertanya pada diri kalian sendiri, apakah perilaku dan tatanan hidup kalian ini sudah mencerminkan pancasila di dalamnya dan sudah sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila. Tak perlu saling menyalahkan dan saling menjatuhkan. Lebih baik bagi kita untuk intropeksi diri terlebih dahulu. Selamat Hari Pancasila.

Baca Juga :  Sejarah & Fakta Tentang Halloween Yang Perlu Kalian Tahu

3. Selamat hari lahir pancasila. Tepat di hari ini merupakan sebuah hari dimana sebuah ideologi mampu untuk menyatukan berbagai macam keanekaragaman bangsa menjadi satu dan saling bersatu di dalam satu kesatuan dan persatuan. Yaitu kesatuan Indonesia. Tetap semangat dan teruslah mengejar apa yang seharusnya engkau kejar, kawan. Dan selalu ingatlah bahwa walaupun kita memiliki banyak perbedaan akan tetapi kita ini satu kesatuan di dalam pancasila dan kita akan dapat menjadi sebuah negara yang besar dan terbaik dari antara bangsa lain. Selalu jaga persatuan dan kesatuan bangsa ini, sebagaimana seperti yang telah diperintahkan dan dicontohkan oleh para pahlawan kita seperti yang tertera di dalam sila ketiga pancasila yang berbunyi “Persatuan Indonesia”.

4. Selamat Hari Pancasila 1 Juni 2019. Mari amalkan butir-butir Pancasila di kehidupan sehari-hari. Memupuk kerukunan dapat dimulai dari lingkungan terdekat. Cinta keluarga, cinta sesama, dalam interaksi sosial bawa selalu semangat Pancasila.

5. Mari jadikan Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila, kita dimampukan untuk semakin membumikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Gambar Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila

@redditauthors
@goodminds
@wartapagi
@pramukaupdate
@lifestyle.okezone
@wartapagi
@katabijakbahasainggris
@redditauthors
@bangsaku.web
@twitter
ucapan hari lahir pancasila, gambar ucapan selamat lahirnya pancasila, kata ucapan hari pancasila, ucapan hari lahir pancasila 2019, ucapan selamat hari lahirnya pancasila
Related posts: