Tugas Paus Dalam Gereja Katolik

Posted on

Di dalam suatu ajaran agama pasti ada yang namanya seorang pemimpin. Di dalam agama Katolik sendiri biasanya dipimpin oleh seorang Paus. Yang namanya pemimpin tentu saja pasti akan memiliki banyak sekali tugas dan kewajiban yang harus dilakukannya. Oleh karena ini menjadi seorang pemimpin bukanlah menjadi suatu hal yang mudah untuk dilakukan dan dijalani.

Seorang Paus di dalam agama Katolik di perumpamakan sebagai seorang pemimpin dari para umat Katolik yang ada di seluruh dunia, yang menjadi wakil Allah yang ada di bumi. Oleh sebab itu tugas untuk menjadi seorang Paus ini tidaklah bisa diberikan kepada orang yang asal-asalan atau secara sembarangan.

Sebab menjadi seorang Paus berarti harus menjadi pemimpin bagi jutaan Katolik yang ada di seluruh dunia ini. Setiap gerak gerik dan tingkah laku serta perbuatan dari seorang pemimpin pasti tak lepas dari pengamatan para masyarakat luas. Pun demikian juga dengan para pemimpin agama seperti seorang Paus.

Oleh karena itu untuk menjadi seorang Paus harus mampu memberikan contoh yang baik bagi para umatnya dan bagi para pengikutnya. Tapi meskipun menjadi seorang paus ini bukanlah suatu hal yang mudah, tapi tentu saja menjadi pelayan Tuhan sebagai seorang paus ini merupakan sebuah amanat dari Tuhan yang tetap harus dijalankan.

Yang mana amanat tersebut tidak diberikan kepada sembarangan orang. Lalu sebenarnya apa saja tugas-tugas yang harus dilakukan dan dikerjakan oleh seorang Paus sebagai seorang pemimpin agama Katolik? Berikut akan saya berikan beberapa jenis tugas yang harus dikerjakan oleh seorang Paus sebagai pemimpin agama Katolik.

Baca Juga :  Kumpulan Kata-Kata Mutiara Kristen [Lengkap]

Tugas Paus Dalam Katolik

1. Mengepalai Gereja Katolik Di Dunia

@dunia.tempo

Seorang Paus merupakan puncak dari pimpinan tertinggi yang ada di dalam struktur kepemimpinan agama Katolik. Sehingga dengan demikian secara otomatis seorang paus akan menjadi seorang pemimpin yang akan memimpin seluruh gereja-gereja Katolik yang ada di seluruh dunia.

Tugas seorang Paus yang membawahi gereja-gereja Katolik yang ada di seluruh dunia yaitu mengarahkan seluruh gereja-gereja Katolik yang ada di dunia sesuai dengan fungsi, kesepakatan, aturan, maupun tata cara yang sudah ditetapkan oleh Roma.

Pada umumnya seorang Paus ini akan menetap atau berkedudukan di Vatikan. Sehingga secara otomatis juga pusat kepemimpinan dari gereja-gereja Katolik yang ada di seluruh dunia akan berada di negara Vatikan ini.

2. Menyusun Aturan Gereja

@indonesia.ucanews

Seorang Paus memiliki tugas untuk menyusun dan menetapkan setiap peraturan yang ada di gereja-gereja Katolik yang ada di seluruh dunia. Seorang Paus juga harus bertanggung jawab akan hukum-hukum yang ada di gereja-gereja Katolik yang ada di dunia yang sudah disusun berdasarkan dengan Firman Allah.

Selain itu seorang Paus ini juga memiliki hak serta wewenang untuk mengeluarkan keputusan maupun perintah serta amanat-amanat bagi para umat Katolik yang ada di seluruh dunia. Tugas seorang Paus inilah yang terbilang cukup berat dan tidak semua orang bisa menjalankannya.

Sebab sebagai seorang Paus harus bisa mengembangkan visi dan misi gereja Katolik yang ada di seluruh dunia ini supaya sesuai dan sejalan dengan apa yang telah diperintahkan oleh Tuhan yang tertulis di dalam Alkitab.

Baca Juga :  Daftar 10 Stadion Olahraga Terbesar dan Termegah di Asia

3. Menggembalakan Umatnya

@beritasatu

Sama seperti tugas pemimpin pada umumnya, seorang Paus juga harus bisa untuk memimpin serta menggembalakan para umatnya atau pengikutnya dengan sangat baik. Seorang Paus harus mampu untuk memiliki tanggung jawab yang besar kepada seluruh umat Katolik yang ada di seluruh dunia.

Sama seperti seorang gembala yang baik yang sedang menggembalakan dombanya di padang rumput. Apabila ada satu domba yang terhilang dan tersesat maka sang gembala tersebut akan segera mencari dombanya dan menemukannya secepat mungkin. Begitu juga dengan menjadi seorang Paus, apabila mendapati umatnya atau jemaatnya yang terlihat mulai tidak setia dan mulai terhilang dari gereja, maka seharusnya sebagai seorang Paus harus segera menemukan jiwa yang terhilang tersebut.

Hal ini berarti juga bahwa seorang Paus harus mampu untuk mengarahkan seluruh gereja-gereja Katolik yang ada di dunia agar tetap berjalan sesuai dengan firman Allah dan tidak menyimpang serta menyeleweng dari kehendak Tuhan.

4. Mengabarkan Injil

@jogja.tribunnews

Tugas Paus yang satu ini termasuk salah satu tugas mengemban amanat agung seperti yang tertulis di dalam Alkitab. Sebab di dalam Alkitab telah tertulis bahwa Tuhan menyuruh murid-murid-Nya untuk pergi ke seluruh penjuru dunia dan mengabarkan berita Injil ini dan membawa pertobatan ke seluruh dunia.

Hal ini tentu juga menjadi salah satu tugas pokok seorang Paus yang harus dilakukan dengan benar. Oleh karena itu seorang Paus yang berkedudukan di Vatikan akan membawahi seluruh keuskupan dan ordo-ordo yang ada di seluruh dunia agar ordo-ordo tersebut bisa bertindak dengan baik dan juga bisa menyalurkan para biarawan maupun biarawatinya untuk bisa melayani di sejumlah tempat di dunia ini yang memerlukan pemberitaan Injil. Seperti di tempat-tempat yang tidak mengenal Tuhan dan tidak beragama.

Baca Juga :  Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa [GAMBAR]

5. Melayani Sesama

@liputan6

Selain bertanggung jawab dalam pelayanan kepada Tuhan, seorang Paus juga memiliki tanggung jawab kepada sesamanya. Sebab Tuhan sendiri yang telah berfirman bahwa manusia selain harus mengasihi Tuhan Allah, namun juga harus bisa mengasihi sesamanya sendiri. Disinilah peran seorang Paus sebagai pemimpin umat Katolik untuk memberikan contoh kepada para umatnya.

Seorang Paus harus bisa meneladani contoh yang telah diajarkan oleh Tuhan Yesus yang telah mengasihi semua orang yang ada di dunia ini, bahkan mengasihi musuh-Nya atau orang yang membenci-Nya sekalipun. Melalui hal ini Tuhan ingin agar semua murid-Nya bisa mencontoh kaish yang telah dilakukan-Nya ini.

Hal ini bisa kita lihat jika seorang Paus harus bisa mengerti apa saja yang sedang menjadi kesusahan dan kebutuhan seluruh manusia di dunia ini, tak hanya para umat Katolik saja. Namun juga seluruh masyarakat di dunia ini apabila ada yang sedang tertimpa musibah, bencana, kelaparan, atau peperangan maka disinilah peran seorang Paus sebagai pemimpin umat Katolik di seluruh dunia sangat dibutuhkan dan diperlukan.