Trick Membuat Kamar Sempit Menjadi Lapang dan Nyaman [Contoh Gambar]

Posted on

Kamar tidur adalah salah satu ruangan atau tempat di dalam rumah yang bersifat sangat private. Kamar tidur ini juga menjadi tempat atau area bagi seseorang untuk biasa nya beristirahat ketika malam hari maupun juga terkadang melakukan aktivitas lainnya. Oleh sebab itulah kamar tidur pun berusaha dibuat dengan sebagus dan senyaman mungkin bagi yang menempatinya.

Sebab faktor kenyamanan merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan di dalam membuat atau menata sebuah kamar tidur. Sebab jika kamar tidur yang ditempati sudah nyaman maka orang yang ada di dalamnya yang beristirahat di kamar tersebut pun juga akan dapat beristirahat dengan nyenyak dan dapat istirahat dengan enak, dibandingkan dengan tidur di dalam kamar tidur yang kurang nyaman.

Kenyamanan Kamar Tidur

Kenyamaan kamar tidur pun biasanya dinilai dari kebersihannya, lebarnya ruangan, serta hal-hal lain yang ada di dalamnya. Namun tak jarang, terkadang karena beberapa hal seperti terbatasnya lahan atau tempat maka kamar tidur pun hanya dibuat dengan ukuran yang kecil atau mungil, sehingga untuk beberapa orang tentu hal ini dapat membuatnya merasa tidak nyaman.

Buat anak kost tentu ukuran kamar yang sempit ini sudah bukan menjadi hal yang baru buat mereka, sebab biasanya ruang kost yang disewakan ini hanya berupa satu kamar tidur yang di dalamnya harus diisi dengan berbagai macam barang dan ukurannya bisa dibilang tidak terlalu lebar. Untuk itulah maka kalian perlu membuat kamar kalian selalu rapi dan bersih agar terlihat lebih lapang atau lebih lebar.

Lalu bagaimana caranya untuk membuat kamar yang sempit kelihatan menjadi lebih lapang atau lebih luas? Berikut ini akan saya berikan beberapa tips dan trik bagi kalian semua yang ingin membuat kamar sempit kalian menjadi terlihat lebih luas dan lebih lapang.

Baca Juga :  Cara Membasmi Kecoa

Trik Memperluas Kamar Tidur

1. Pemilihan Furniture

@arsitag

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kenyamanan dan juga menjadikan kamar tidur terlihat rapi yaitu adalah furniture. Jika kalian memiliki kamar tidur yang berukuran sempit, maka kalian harus benar-benar memperhatikan furniture apa saja yang akan kalian letakkan di dalamnya.

Jangan sampai malah karena keberadaan furniture-furniture yang tidak terlalu penting ini malah akan membuat kamar tidur terasa menjadi semakin sempit. Oleh sebab itu tak usah meletakkan atau menaruh banyak furniture pada kamar, cukup furniture-furniture yang penting saja yang tidak memakan tempat agar kamar tidur kalian dapat di tata dengan mudah dan dengan rapi. Kalian harus dapat menjaga keseimbangan proporsi furniture yang ada di dalam kamar tidur kalian, sehingga kamar tidur yang kelihatan mungil dapat terasa menjadi lebih luas dan lebih lebar.

2. Cermin

@bluprin

Penggunaan cermin pada kamar tidur selain berguna untuk berkaca juga dapat memberikan kesan lapang atau luas pada kamar. Sebab cermin ini dapat membuat ruangan kamar tidur kalian menjadi tampak dua kali lebih besar. Pada dasarnya memang cermin ini nantinya akan dapat memantulkan cahaya dan dapat menghasilkan ilusi optikal pada sebuah ruangan.

Kalian pun dapat menata cermin di kamar tidur ini sesuai dengan keinginan dan sesuai dengan kreativitas kalian masing-masing. Misalnya yaitu dengan menggantung satu buah cermin atau mungkin beberapa buah cermin pada bagian dinding kamar tidur yang polos.

@bluprin

Atau kalian juga dapat memilih lemari yang memiliki cermin, serta kalian dapat juga meletakkan cermin full body pada kamar tidur. Selain dapat menciptakan kesan yang lapang pada ruangan, cermin juga akan memberikan sedikit sentuhan nilai estetika pada desain kamar tidur.

Baca Juga :  Ide Hadiah Natal Untuk Orang Tua

3. Pencahayaan

@e-the-l

Pencahayaan juga dapat berpengaruh pada kondisi kamar yang sempit agar dapat terlihat luas. Sebab dengan penataan pencahayaan yang pas dan tepat di dalam sebuah kamar yang sempit akan dapat menghasilkan ilusi kamar yang tampak lebih luas dan lebih lapang. Untuk itu sebaiknya jangan menghalangi cahaya matahari yang masuk ke dalam kamar.

Sebaiknya justru maksimalkan pencahayaan yang berasal dari sinar matahari untuk masuk ke dalam kamar. Dengan demikian maka kamar tidur kalian akan terasa lebih lapang dan juga udara di dalamnya akan terasa lebih segar pada siang hari.

@rumah

Selain itu pencahayaan dari lampu juga memiliki peran penting dalam penataan kamar tidur yang sempit. Sebaiknya gunakanlah dua lampu meja atau lampu lantai pada kamar, dan perkecil atau kurangi cahaya dari langit-langit. Hal ini akan membuat cahaya yang tak terlalu terang dari beberapa bagian kamar tidur akan dapat menyamarkan sudut ruangan sehingga akan terasa lebih luas.

4. Motif Garis-Garis

wallpapergordyn

Untuk mempercantik kamar, biasanya banyak orang menggunakan wallpaper pada dinding. Khusus buat jenis kamar yang sempit kalian dapat menggunakan wallpaper dengan motif garis-garis pada dinding agar dapat menciptakan kesan yang lebih luas pada ruangan. Sebab motif garis-garis ini dapat mengubah tampilan yang ada pada suatu ruangan dengan sangat signifikan.

Misalnya yaitu dengan mewarnai bagian dinding dengan garis-garis kecil vertikal maka hal ini akan membuat bagian langit-langit kamar tidur menjadi terlihat lebih tinggi. Sedangkan jika kalian memberikan motif horizontal pada dinding, maka hal ini akan membuat kamar tidur kalian terkesan menjadi lebih panjang. Selain diaplikasikan pada dinding, motif garis-garis ini juga dapat diaplikasikan pada furniture yang ada. Misalnya yaitu pada karpet, pilihlah karpet dengan motif garis-garis untuk menciptakan nuansa ruangan yang lebih lapang.

Baca Juga :  Tata Ibadah Gereja Ortodoks

5. Pemilihan Warna

@dekoruma

Pemilihan warna cat pada kamar tidur juga bisa menjadi salah satu indikasi untuk membuat kamar tidur yang sempit terlihat lebih luas. Oleh sebab itu sebelum akan mengecat dan memberikan warna pada kamar tidur, maka kalian harus dapat memilih dan mementukan jenis warna yang pas dan cocok untuk diaplikasikan di dalam kamar tidur kalian, terlebih bagi kamar tidur yang sempit.

Warna-warna terang dapat membuat sebuah ruangan yang sempit terlihat menjadi lebih luas dan lebih lebar, terlebih jika mendapatkan pencahayaan yang cukup. Karena itu disarankan bagi kalian yang memiliki kamar tidur yang sempit untuk memilih warna-warna yang netral atau wrana pastel untuk diaplikasikan pada ruangan tersebut.

@annieland

Kalian dapat menggunakan warna putih atau mungkin dengan warna abu-abu muda untuk bagian dinding kamar tidur kalian agar terlihat lebih luas. Dan sebaiknya juga gunakan furniture-furniture serta perabot lain yang ada di dalam kamar tidur yang memiliki warna yang sama atau senada dengan warna pada dinding maupun ruangan. Hal ini supaya dapat menciptakan kesan lapang karena mata kalian tidak akan terpaku pada sudut ruangan yang sempit.

Related posts: