Tokoh Tokoh Alkitab

Posted on

Di dalam Alkitab terdapat banyak sekali tokoh-tokoh Alkitab yang disebutkan dan diceritakan. Yang mana mungkin jumlahnya bisa mencapai ratusan bahkan hingga ribuan apabila tokoh-tokoh yang ada di dalam Alkitab dihitung jumlahnya.

Dimulai dari Alkitab dalam Perjanjian Lama yaitu tokoh pertama yang disebutkan adalah Adam dan Hawa sebagai manusia pertama di bumi lalu hingga sampai ke masa Perjanjian Baru yaitu tentang kedatangan dan kematian Tuhan Yesus Kristus diatas kayu salib.

Beberapa nama tokoh Alkitab yang terkenal dan sering kita dengar ceritanya yaitu misalnya seperti Yusuf, Nuh, Musa, Dauh, Salomo, Daniel, Maria, kedua belas murid Tuhan Yesus, Paulus, Yesus Kristus, dan masih banyak lagi tokoh-tokoh lain yang ada di dalam Alkitab. Dimana tentu saja cerita dari tokoh-tokoh Alkitab ini mengajarkan sebuah pesan penting bagi kita semua yang rajin untuk membaca Alkitab.

Yang mana seolah Allah ini berbicara kepada umat-Nya melalui para tokoh di dalam Alkitab yang telah dipilih-Nya tersebut. Nah untuk itu disini saya akan bagikan beberapa cerita-cerita para tokoh Alkitab kepada kalian semua.

Tokoh – Tokoh Alkitab

1. Yesus Kristus

@jesuschristsavior

Tuhan Yesus Kristus adalah Juru Selamat manusia. Ia diutus oleh Allah untuk turun ke dalam bumi dan menjadi serupa dengan manusia untuk mencari dan menyelamatkan manusia dari dosa. Ia rela mengorbankan nyawa-Nya sendiri hanya untuk menebus dosa manusia.

Kisah tentang Yesus Kristus banyak diceritakan di dalam Alkitab Perjanjian Baru yaitu mulai dari Tuhan Yesus lahir ke dunia dari seorang perawan Maria, lalu pada saat masa kanak-kanak Ia sangat suka untuk berdiam diri di Bait Allah dan mendengarkan firman, hingga kemudian Tuhan Yesus mulai bekerja dan berkarya di dunia dengan melakukan sejumlah mujizat-mujizat yang tak bisa dilakukan oleh manusia lain.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Zaman Paleolitikum Serta Peninggalan Zaman Batu

Sampai pada akhirnya Tuhan Yesus harus merelakan diri-Nya untuk disiksa dan kemudian mati di kayu Salib untuk menebus dosa kita semua. Dan akhirnya Ia pun bangkit pada hari yang ketiga dan naik kembali ke sorga.

Tuhan Yesus hanya hidup di dunia ini sekitar 33,5 tahun saja, dan ia mulai melakukan pekerjaan atau perbuatan-Nya dalam memberitakan firman Allah mulai dari saat Ia berumur 30 tahun. Namun meski tergolong sangat singkat sekali, Tuhan Yesus telah berhasil untuk melakukan banyak sekali mujizat di dunia ini, diantaranya yaitu adalah seperti :

  • Menyembuhkan orang buta
  • Menyembuhkan orang yang lumpuh
  • Meredakan angin ribut
  • Mengubah air menjadi anggur
  • Memberi makan 5000 orang lebih hanya dengan 5 roti dan 2 ikan

Serta masih banyak lagi karya-karya Tuhan Yesus di dunia ini

2. Daud

@catholicteacherresources

Kalian juga pasti sudah tak asing lagi dengan tokoh dalam Alkitab yang satu ini. Daud merupakan seorang anak muda yang berhasil untuk mengalahkan Goliat, seorang raksasa yang bertubuh sangat besar. Sejak saat itulah Daud diangkat menjadi raja oleh Tuhan menggantikan Saul. Yang mana sebelumnya Dauh hanyalah seorang penggembala domba.

Namun karena Tuhan menganggap Daud ini sangat istimewa di mata-Nya, maka kemudian Tuhan mengangkat Daud untuk menjadi seorang raja. Yang mana Daud merupakan seorang muda yang sejak kecil sudah hidup takut akan Tuhan dan Ia sangat suka untuk memuji nama Tuhan dan membuat puji-pujian bagi Tuhan.

Lihat saja di dalam kitab Mazmur, yang mana sebagian besar kitab Mazmur berisi tentang puji-pujian yang dibuat dan ditulis oleh Daud kepada Tuhan. Daun pun memiliki beberapa karakter yang patut kita teladani, yaitu seperti :

  • Daud adalah seorang yang bijaksana dan adil
  • Daud adalah seorang yang cerdik dan selalu mengandalkan Tuhan dalam hidupnya
  • Daud juga dikatakan di dalam Alkitab bahwa ia memiliki karakter yang sama dengan Kristus
Baca Juga :  Ucapan Hari Lahir Pancasila dan Sejarahnya [+10Gambar]

3. Zakheus

@komsosmanado

Kisah tentang Zakheus ini diantaranya diceritakan di dalam kitab Matius. Yang mana Zakheus adalah seorang pemungut cukai atau pajak yang hidup di jaman Tuhan Yesus. Zakheus ini dikenal menjadi salah satu petugas pemungut cukai yang sangat kejam dan suka memeras rakyat.

Yang mana ia sering kali menarik biaya cukai dari bangsa Yahudi yang melebihi jumlah seharusnya yang harus dibayarkan. Oleh sebab itu banyak orang bangsa Yahudi yang tidak menyukainya dan banyak orang Yahudi yang menganggapnya sebagai orang hina dan berdosa.

Suatu ketika saat Tuhan Yesus datang ke daerahnya banyak orang yang ingin melihat dan bertemu dengan Tuhan Yesus, termasuk juga dengan Zakheus. Namun karena Zakheus memiliki tubuh yang pendek ia tak dapat melihat Tuhan Yesus.

Zakheus kemudian naik ke pohon ara agar bisa melihat Tuhan Yesus. Tuhan Yesus yang melihatnya menyuruhnya turun dan Tuhan Yesus mau datang ke rumah Zakheus untuk makan. Saat mengalami perjumpaan secara langsung dengan Tuhan Yesus hidup Zakheus pun berubah, ia berjanji tidak akan memeras orang Yahudi lagi, dan ia juga berjanji akan mengembalikan uang serta harta orang yang telah diperasnya 3x lipat, serta ia juga akan memberikan sebagian hartanya untuk orang-orang miskin.

4. Paulus

@patheos

Paulus adalah salah satu rasul Allah yang juga banyak diceritakan di dalam Alkitab. Paulus dahulu merupakan seorang yang sangat kejam dan sering membunuh para pengikut Kristus, yang mana namanya dahulu adalah Saulus. Namun setelah ia mengalami perjumpaan dengan Tuhan Yesus ia kemudian bertobat dan berjanji akan menjadi pengikut Tuhan Yesus yang setia.

Baca Juga :  Contoh, Jenis dan Pengertian Bioteknologi

Saulus kemudian lahir baru dengan berganti nama menjadi Paulus. Setelah itu Paulus mulai rajin untuk menyebarkan dan memberitakan firman Tuhan kemana pun ia pergi. Tuhan juga sangat menyertai Paulus sampai akhir hayatnya.

5. Abraham

@jw

Abraham dikenal sebagai bapa dari segala bangsa dan bapa orang percaya. Yang mana Abraham adalah seorang yang taat kepada Allah dan selalu menuruti perintah Allah. Bahkan ia mau untuk menuruti perintah Allah untuk menyerahkan anaknya yang tunggal sebagai korban bakaran bagi Tuhan. Padahal Abraham telah menanti-nantikan anaknya tersebut dengan cukup lama.

Tapi kemudian akhirnya Allah menyuruh Abraham untuk mengambil anak domba sebagai korban bakaran kepada-Nya. Abraham memiliki iman yang sangat teguh kepada Tuhan. Terbukti dengan saat Tuhan tidak segera memberikan seorang anak kepadanya padahal waktu itu usianya dan istrinya sudah sangat tua, sehingga kecil kemungkinan istrinya akan bisa mengandung anak. Namun Tuhan berkata kepada Abraham untuk tetap terus percaya kepada-Nya dan terus menantikan janji Tuhan digenapi dalam hidupnya.

Related posts: