Tips Terbaik Keluar Dari Zona Nyaman

Posted on

Segala pekerjaan atau aktivitas apapun yang kita lakukan pasti akan membuahkan hasil. Salah satunya yaitu terciptanya sebuah perasaan atau suasana nyaman yang biasa disebut sebagai comfort zone atau di dalam bahasa Indonesia nya disebut sebagai zona nyaman.

Setiap individu pasti memiliki zona nyaman nya sendiri-sendiri yang berbeda antara individu yang satu dengan individu yang lainnya. Ada yang tetap bertahan pada situasi zona nyaman nya meski pun mereka berada pada zona dimana mereka tidak bisa untuk berkembang lagi (stuck).

Keluar Dari Zona Nyaman

@selasar.com

Dan ada juga yang memilih untuk menentang zona nyaman mereka dan berusaha keluar dari zona nyaman itu sendiri yang akan membuat dan menghasilkan hal-hal yang baru di dalam hidup mereka dari yang sebelumnya. Zona nyaman itu di ibaratkan seperti karet. Saat kita tidak melakukan tindakan apa-apa untuk keluar dari zona nyaman kita, maka waktu akan membuatnya merenggang dan bertambah lebar.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kita harus selalu bekerja keras melawan keinginan diri sendiri untuk tetap tinggal di zona nyaman. Keluar dari zona nyaman memang sangat mudah untuk di ucapkan namun akan menjadi sangat sulit untuk di lakukan.

Namun tetap kita jangan menyerah dahulu sebelum menghadapi segala macam rintangan-rintangan yang akan muncul jika kita ingin keluar dari zona nyaman kita. Bulatkan tekad dan yakinkan hati kalian agar dapat keluar dari zona nyaman kalian saat ini. Lalu bagaimana caranya jika kita ingin keluar dari zona nyaman kita? Dan sebaiknya langkah apa saja yang kita ambil jika ingin keluar dari zona nyaman kita selama ini? Jangan bingung dahulu, karena disini akan saya berikan beberapa tips untuk kalian yang ingin keluar dari comfort zone kalian selama ini.

Tips Keluar Dari Zona Nyaman

  • Buat Langkah Awal Untuk Keluar Dari Zona Nyaman

Saat kita merasa hidup kita flat alias datar-datar saja dan terkesan monoton tanpa ada nya pencapaian yang begitu berarti, itu tandanya kita sedang berada pada zona nyaman. Hal ini akan sangat berbahaya jika kita tidak berbuat apa-apa untuk dapat segera keluar dari zona nyaman ini.

Karena terlalu nyamannya kita justru malah akan terperangkap dan sulit untuk melepaskan diri kita dari jeratan zona nyaman ini sehingga akan menghalangi kita untuk mengembangkan kemampuan yang ada di dalam diri kita.

Artikel Terkait : Sejarah dan Arti Lambang Gerakan Pramuka

Baca Juga :  Poligami Menurut Alkitab [Penjelasan]

Nah jika saat ini kalian menyadari bahwa hidup kalian sedang berada di dalam zona nyaman ini, segeralah buat sebuah plan atau rencana untuk dapat keluar dari zona nyaman ini. Kalian dapat memulainya dengan langkah-langkah yang kecil dan sederhana sebagai permulaan yang kemudian di sertai dengan langkah besar yang bisa mengubah hidupmu nantinya.

  • Jangan Takut Menjadi Bodoh

Salah satu kesalahan terbesar yang ada pada manusia yaitu terlalu mengkhawatirkan pendapat orang lain akan dirinya. Perlu kita ketahui bahwa tentu setiap manusia tidak ingin dianggap aneh, mengerikan, dan bodoh oleh orang lain yang ada di sekitarnya.

Namun pernahkah sejenak kalian fikirkan bahwa orang-orang yang ada di sekitar kalian dapat menjadi orang yang menarik karena mereka berani tampil “gila”, “aneh” dan “bodoh” dan melakukan hal yang konyol hingga membuat kesalahan.

Tapi tetap banyak orang yang menyukainya dan memaafkan kesalahan yang mereka perbuat. Berfikirlah sekali lagi bahwa kita tidak harus menjadi orang yang sempurna untuk dapat di sukai oleh banyak orang di sekitar kita.

Faktanya bahwa orang yang keadaannya kurang sempurna pun lebih banyak menarik orang dan disukai oleh banyak orang. Lakukanlah hal-hal yang tidak pernah kalian lakukan sebelumnya karena mungkin selama ini pikiran kalian terhalang oleh ketakutan-ketakutan yang ada di dalam diri kalian sendiri.

  • Hadapi Ketakutanmu

Setiap orang di dunia pasti mempunyai fobia atau ketakutannya sendiri-sendiri di dalam hidupnya. Seperti takut ketinggian, takut kegelapan, takut dengan binatang tertentu, dan lain-lain. Namun pernahkan kalian sejenak berfikir bahwa setiap harinya ternyata ada banyak macam ketakutan yang berhasil kalian lalui? Contohnya seperti ketakutan akan patah tulang, ketakutan akan jatuh, ketakutan akan turun hujan dan masih banyak lagi.

Yang menjadi pertanyaan yaitu apa saja kah langkah yang sudah kalian ambil untuk mengatasi ketakutan-ketakutan yang ada di dalam hidup kalian? Dan apakah hal itu perlu untuk dilakukan? Ya memang kita harus berfikir secara rasional, tapi jangan sampai pikiran-pikiran itu membuat hidup kita justru akan stuck atau berhenti dan tidak dapat berkembang sehingga ini akan berakibat kurang baik untuk hidup kita.

Jangan takut untuk menghadapi semua resiko yang ada dalam hidup. Justru terkadang ada kalanya hal-hal buruk yang menimpamu itu dapat menjadi pengalaman yang seru dan menjadi cerita yang konyol jika kalian bersedia utk menaklukannya dan menghadapinya.

  • Tetap Belajar

Belajar dan menuntut ilmu seharus nya tak berhenti begitu saja ketika kita sudah lulus sekolah atau lulus kuliah. Menuntut ilmu bisa kalian dapatkan dimana pun dengan berbagai macam media yang ada di lingkungan sekitar kita.

Artikel Terkait : Apa Itu Kepribadian Ambivert? 5 Ciri Ambivert

Baca Juga :  Jadwal Puasa 2019

Jangan menjadi jemu untuk memperkaya diri dengan ilmu dan kemampuan-kemampuan baru. Jika kalian berhenti dan tidak mau lagi untuk belajar dan tidak mau untuk mempelajari hal-hal baru yang ada di sekitar kalian, maka bisa jadi kalian akan terjebak dalam rutinitas sehari-hari yang amat sangat membosankan.

Tentunya kalian tak ingin memiliki hidup yang terkesan monoton dan membosankan bukan. Maka dari itu jangan enggan dan jangan pernah lelah untuk mempelajari hal-hal baru yang ada di skitar kalian.

  • Jangan Menyerah Pada Kegagalan

Banyak orang yang memilih untuk tinggal di dalam zona nyaman nya karena mereka takut untuk menghadapi yang namanya kegagalan. Hal ini sangatlah tidak baik, karena jika kita mencoba sesuatu lalu gagal maka kita tidak boleh berputus asa dan takut utk mencobanya lagi.

Justru kegagalan akan menjadi suatu batu loncatan untuk kita supaya bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Jangan memandang kegagalan sbagai akhir dari dunia yang amat sangat menakutkan, tetapi pandang lah kegagalan itu sebagai “polisi tidur” yang sedikit menghambat perjalananmu menuju kesuksesan.

Jangan pernah menyerah untuk menghadapi setiap kegagalan yang ada. Teruslah semangat dan berjuang untuk menghadapinya dan percayalah suatu saat usahamu akan berhasil.

Itulah tadi 5 tips dari saya untuk menghadapi zona nyaman kalian. Intinya yaitu jangan pernah merasa puas dengan pencapaian mu saat ini. Kalian harus terus mengexplore diri kalian hingga menemukan apa yang mnjdi keinginanmu selama ini. Teruslah berusaha dan mencoba setiap kesempatan yang ada dalam hidup dan jangan lupa untuk tetap berdoa agar Tuhan senantiasa merestui setiap langkah perjalanan hidup yang kalian ambil. Good Luck!!!

bertahan di zona nyaman atau keluar dari zona nyaman, keluar zona nyaman
Related posts: