Written by 5:01 pm Kesehatan

Tips Olahraga Saat Puasa pada Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memang menjadi waktu bagi para umat Muslim di seluruh dunia untuk menunaikan kewajiban ibadahnya yaitu adalah berpuasa. Yang mana umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa mulai dari terbitnya fajar di pagi hari hingga menjelang tenggelamnya matahari di malam hari. Yang mana tentu saja selama berpuasa ini tidak diperbolehkan untuk makan maupun minum selama hampir lebih dari 12 jam.

Yang mana tentu saja hal ini yang akan menyebabkan tubuh kehilangan banyak ion dan banyak tenaga. Dan tak jarang karena hal inilah banyak orang yang menjadikan puasa sebagai salah satu alasan untuk bermalas-malasan. Yang mana banyak orang yang memilih untuk tidak melakukan kegiatan atau aktivitas yang biasanya dilakukan sehari-hari di luar bulan puasa.

Salah satunya yaitu adalah dengan berolahraga, yang mana biasanya banyak orang yang enggan untuk melakukan olahraga di bulan puasa ini. Mereka merasa jika tidak sanggup atau tidak kuat untuk melakukan olahraga di bulan puasa dan takut jika puasanya menjadi batal karena berolahraga.

Padahal olahraga selama di bulan puasa ini sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh dan supaya tubuh tetap bugar selama puasa. Tapi karena tubuh sedang berpuasa tentu saja pola olahraga yang dilakukan saat puasa sedikit berbeda dengan pola olahraga yang dilakukan saat sedang tidak puasa.

Lalu bagaimanakah caranya agar bisa tetap berolahraga meskipun sedang puasa? Nah disini akan saya berikan beberapa tips bagi kalian semua yang ingin tetap menjaga kesehatan tubuh dengan melalui olahraga disaat sedang berpuasa.

Tips Olahraga Saat Puasa

1. Waktu Olahraga

@daftarmenarik

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan melakukan olahraga di bulan puasa yaitu adalah waktu olahraganya. Yang mana sebaiknya olahraga ini dilakukan pada saat setelah berbuka puasa, sebab setelah berbuka puasa tubuh telah mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman yang kalian konsumsi saat berbuka puasa.

Tidak disarankan atau dianjurkan untuk melakukan olahraga di waktu sebelum berbuka puasa, dimana perut dalam keadaan kosong dan tubuh tidak memiliki banyak cadangan energi. Yang mana hal tersebut hanya akan membuat tubuh semakin lemas dan bisa saja menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi dan kehabisan energi karena melakukan olahraga pada saat kondisi perut yang kosong.

Tapi jika kalian merasa masih mampu untuk melakukan olahraga kecil-kecilan sebelum waktu berbuka, maka kalian bisa melakukannya 30-60 menit menjelang waktu berbuka puasa, sebab pada waktu itu merupakan waktu mendekati jam berbuka puasa. Namun tetap semuanya tergantung kepada kondisi fisik dan kekuatan fisik masing-masing. Yang paling terpenting yaitu adalah pada saat setelah melakukan olahraga di bulan puasa ini kalian tidak merasa lemas, pusing, atau bahkan pingsan.

2. Jenis Olahraga Yang Cocok

Selain memperhatikan waktu olahraga yang tepat saat puasa, kalian juga harus memperhatikan jenis olahraga apa yang bisa kalian lakukan selama bulan puasa. Sebab jangan sampai kalian memilih jenis olahraga yang seharusnya tidak disarankan untuk dilakukan selama berpuasa, yang mana bisa berpengaruh pada kondisi fisik kalian sendiri.

Dan memang sebaiknya pada saat sedang berpuasa lebih baik untuk memilih jenis olahraga yang ringan-ringan saja sehingga tidak akan terlalu membebani tubuh kalian sendiri. Berikut adalah beberapa contoh jenis olahraga yang bisa kalian pilih atau lakukan saat sedang berpuasa.

  • Jogging

@thelist

Kalian bisa melakukan jogging atau berlari-lari kecil di sore hari menjelang berbuka puasa. Atau bisa juga dilakukan di waktu setelah berbuka puasa selama 30-60 menit. Agar tidak terlalu menguras banyak tenaga, kalian bisa melakukannya dengan menggunakan treadmill saja, atau jika tak ada treadmill kalian lebih baik pilih tempat jogging yang banyak pohon yang rindang sehingga tidak akan membuat tubuh terlalu lelah karena mengeluarkan banyak keringat karena terkena paparan sinar matahari sore.

  • Bersepeda

@liputan6

Bersepeda bisa menjadi alternatif pilihan olahraga kalian selama bulan puasa. Buat kalian yang biasanya pergi ke kantor atau sekolah naik kendaraan bermotor, kalian bisa mencoba untuk mengendarai sepeda di bulan puasa ini. Dan tentunya akan semakin asik untuk bersepeda di sore hari sambil menunggu waktu untuk berbuka puasa. Selain menyehatkan, ternyata bersepeda juga bisa menghasilkan hormon endorfin yang dapat membuat seseorang menjadi senang dan bersemangat.

  • Stretching

@mensjournal

Buat kalian yang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan olahraga di bulan puasa ini, kalian tetap bisa melakukan stretching serta pemanasan ringan hanya dalam waktu 10-15 menit saja setiap harinya. Yang mana kalian bisa melakukan serangkaian gerakan stretching sepeerti lari di tempat, sit up, push up, maupun gerakan stretching lainnya yang ringan.

Sebab stretching ini sangat baik sekali untuk melancarkan peredaran darah, melatih otot tubuh, dan juga mencegah tubuh menjadi kaku setelah duduk seharian di meja kerja. Dengan begitu maka tubuh kalian tidak akan merasa cepat lelah dan lemas meskipun sedang berpuasa.

3. Perhatikan Pola Makan dan Pola Istirahat

@jitunews

Agar tubuh tetap terasa bugar dan tetap dalam kondisi prima, maka selain olahraga kalian juga harus mengimbanginya dengan menjaga pola makan serta pola tidur selama sedang berpuasa. Yang mana sebaiknya kalian terutama orang dewasa ini memiliki waktu atau jam tidur yang cukup, yaitu orang dewasa membutuhkan waktu tidur rata-rata selama 7-9 jam per harinya.

Sebab apabila waktu tidur kalian kurang dari 7-9 jam maka hal ini bisa juga akan berpengaruh kepada kinerja tubuh dan kesehatan tubuh selama sedang dalam masa puasa ini. Oleh sebab itulah sangat penting sekali untuk memperhatikan pola tidur selama berpuasa agar tubuh tetap terasa bugar dan tak terasa mengantuk saat di kantor.

Kalau ada waktu luang maka tak ada salahnya juga untuk melakukan tidur siang, sebab tidur siang juga sangat penting untuk mempertahankan kondisi tubuh supaya tetap sehat dan tetap bugar. Selain memperhatikan pola tidur, kalian juga harus memperhatikan pola makan selama puasa.

Yang mana biasanya karena sedang berpuasa maka banyak orang yang menjadi kalap dan tak mempedulikan asupan makanannya selama puasa. Ujung-ujungnya akan menimbulkan masalah pada kenaikan berat badan, dan bisa memunculkan gejala-gejala penyakit lainnya.

Oleh sebab itu konsumsilah makanan serta minuman yang sehat dan bergizi cukup bagi tubuh saat sedang berpuasa agar kalian bisa tetap melakukan aktivitas sehari-hari dengan kondisi tubuh yang selalu sehat dan prima.

Last modified: September 14, 2020

Title : Tips Olahraga Saat Puasa pada Bulan Ramadhan
Deskripsi :