7 Tips Menghilangkan Bau Toilet yang Tak Sedap

Posted on

Kamar mandi biasanya menjadi tempat yang kurang disukai oleh sebagian orang. Hal ini karena terkadang kamar mandi yang tidak terjaga kebersihannya dan sangat kotor akan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau yang tak sedap ini pun dirasa akan sangat mengganggu oleh siapa pun yang masuk ke dalam kamar mandi tersebut.

Bau yang tak sedap di dalam kamar mandi ini muncul karena disebabkan oleh penumpukan kuman bakteri serta jamur di dalam kamar mandi. Bakteri dan jamur ini bisa muncul karena mungkin kebersihan di dalam kamar mandi kurang terjaga. Sehingga akan menyebabkan banyaknya bakteri dan kuman penyebab bau tak sedap ini.

Selain itu bau tak sedap pada kamar mandi juga dapat disebabkan karena buruknya sirkulasi udara maupun sistem drainase yang ada di dalam kamar mandi. Supaya untuk menghindari bau tak sedap yang muncul di dalam kamar mandi ini maka sebaiknya kalian harus dengan rajin membersihkan kamar mandi setidaknya dalam jangka waktu satu minggu sekali agar kamar mandi tetap terjaga kebersihannya dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Jika sudah mulai tercium bau yang tak sedap keluar dari dalam kamar mandi sebaiknya kalian harus segera membersihkan kamar mandi kalian. Nah untuk mengatasi kamar mandi yang memiliki bau tak sedap, disini akan saya bagikan beberapa tips untuk mengatasi bau tak sedap pada kamar mandi.

Tips Menghilangkan Bau Toilet

1. Bersihkan Secara Teratur

@dekoruma

Toilet atau kamar mandi yang kotor bisa jadi salah satu pemicu atau penyebab dari munculnya bau yang timbul pada toilet. Oleh sebab itulah maka kalian harus rajin dalam membersihkan toilet yang ada di rumah kalian agar tidak terdapat bau tak sedap yang muncul dari dalam toilet ini. Minimal yaitu bersihkan toilet ini selama satu bulan sekali jika kalian tidak malas dan memiliki waktu luang.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Tentang Nabi [Penuh Hikmah]

Kalian bisa menggunakan sarung tangan karet, masker penutup hidung dan mulut jika kalian merasa jijik untuk membersihkan toilet. Dan mulailah gosok-gosok seluruh lantai toilet dengan menggunakan cairan pembersih toilet, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dinding toilet yang kotor agar tak ditumbuhi oleh bakteri.

Serta bersihkan juga bagian kloset toilet dan juga bak mandi di dalam toilet agar bersih dan terhindar dari berbagai macam kotoran serta bakteri yang dapat menimbulkan bau pada toilet serta juga menjadi sarang penyakit. Oleh sebab itulah jangan malas untuk membersihkan toilet dan selalu menjaga kebersihan toilet, agar toilet tetap wangi dan tak menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Pakai Pengharum Toilet

@bukalapak

Untuk meminimalisir dan mencegah timbulnya bau tak sedap yang bisa muncul dari toilet maka kalian bisa memberikan pengharum toilet atau pewangi toilet ini. Saat ini banyak sekali pewangi toilet atau pengharum khusus untuk toilet yang di jual di pasaran. Dengan berbagai macam varian aroma, kalian tinggal memilih pengharum toilet sesuai dengan selera kalian yang kalian suka.

Kalian pun bisa meletakkan atau menyemprotkan pengharum atau pewangi toilet ini pada toilet setiap hari. Hal ini supaya bau tak sedap yang ada di dalam toilet dapat teratasi dan toilet menjadi tidak berbau meyengat lagi, melainkan memiliki bau atau aroma yang menyegarkan dan harum.

3. Ampas Kopi

@sadakoffie

Siapa sangka bahwa ampas kopi yang selama ini sering kita anggap sebagai sampah yang tidak berguna ternyata memiliki manfaat dalam mengatasi bau tak sedap di dalam kamar mandi. Jadi jika kalian sedang membuat kopi atau sesudah meminum kopi janganlah membuang ampas kopi tersebut sebab ampas kopi ini bisa berguna untuk mengusir bau tak sedap dari dalam kamar mandi.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Romance School [Anime] Paling Baper

Caranya yaitu campurlah ampas kopi ini dengan air panas dan tambahkan sedikit garam ke dalamnya. Kemudian siramkan campuran ini ke seluruh sudut kamar mandi dan ke dalam kloset WC. Kemudian diamkan selama beberapa saat dan bilaslah dengan menggunakan air hingga bersih.

4. Lilin Aroma Terapi

@rumahku

Selain beberapa bahan alami seperti diatas, kalian juga bisa mengatasi bau tak sedap di kamar mandi dengan memakai lilin aromaterapi ini. Lilin aromaterapi ini bisa bekerja lebih kuat dibanding dengan pengharum toilet dan parfum ruangan dalam mengusir bau tak sedap.

Cukup nyalakan lilin aromaterapi ini saja saat kalian sedang berada di kamar mandi dalam waktu yang lumayan lama seperti pada saat sedang mandi atau sedang melakukan perawatan. Sehingga lilin aromaterapi tidak akan cepat habis.

5. Jaga Toilet Tetap Kering

@health.detik

Keadaan toilet atau kamar mandi yang lembab di bagian lantai dan bagian dinding ini biasanya yang menjadi salah satu pemicu dari bau tak sedap yang ada di dalamnya. Oleh sebab itulah salah satu cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi bau tak sedap ini yaitu adalah dengan selalu menjaga toilet dalam keadaan tetap kering.

Caranya yaitu misalnya biarkan pintu toilet untuk selalu terbuka dan juga lap shower yang basah. Hal ini bertujuan agar bagian dinding kamar mandi ini selalu dalam keadaan kering dan udara segar dari luar dapat masuk ke dalam.

6. Perhatikan Sirkulasi Udara

@hipwee

Keberadaan ventilasi atau saluran udara di dalam toilet juga sangat penting. Sebaiknya selalu beri ventilasi udara di dalam toilet. Hal ini berguna untuk jalan keluar masuknya udara yang ada di dalam toilet. Selain itu juga untuk meminimalisir kondisi atau udara lembab yang ada di dalam toilet.Agar udara yang ada di dalam toilet ini selalu dalam keadaan yang segar dan tidak lembab. Sehingga dengan demikian maka tidak akan terdapat bau yang tidak sedap di dalam toilet.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Oven Listrik Yang Bagus, Berkualitas & Murah

Namun jika di dalam toilet kalian tidak memiliki sebuah ventilasi udara atau mungkin sebuah jendela yang bisa berguna untuk jalan keluar masuknya udara, maka kalian dapat menggunakan sebuah kipas angin mini agar udara yang ada di dalam toilet kalian bisa tetap tersirkulasi dengan baik dan membuat orang yang ada di dalam toilet tersebut dapat bernapas dengan baik.

7. Bersihkan Dengan Minuman Bersoda

@idea.grid

Minuman berkarbonasi atau minuman yang mengandung soda ternyata cukup ampuh digunakan untuk membersihkan toilet. Hal ini karena di dalam minuman bersoda tersebut terdapat zat asam yang dapat membunuh bakteri dan kotoran yang ada pada toilet, sedangkan gelembung-gelembung gas yang dihasilkan oleh minuman bersoda ini juga mampu untuk meluruhkan kerak kapur yang ada pada toilet.

Jika ingin membersihkan toilet dengan menggunakan minuman bersoda ini caranya cukup mudah sekali. Yaitu kalian hanya perlu menyiramkan minuman bersoda ini di dalam toilet dan biarkan atau diamkan selama semalam, kemudian baru keeseokan paginya bersihkan toilet.

Related posts: