7 Temuan Ilmuwan Muslim Terhebat Sepanjang Sejarah

Posted on

Semua benda yang ada di dunia ini tak sedikit yang merupakan barang-barang hasil penemuan para ilmuwan di masa lalu. Bahkan bisa di bilang bahwa semua benda yang ada di muka bumi ini adalah merupakan barang penemuan ciptaan manusia di masa lalu. Jika kita berbicara mengenai sebuah benda yang memiliki manfaat bagi banyak orang pasti hal ini tak terlepas dari sang ilmuwan penemu benda yang sangat bermanfaat tersebut.

Selama ini kita sering kali menganggap bahwa suatu penemuan maupun penelitian yang ada di dunia ini pasti kebanyakan berasal dari para ilmuwan di benua Eropa. Hal itu memnag tidaklah salah sebab juga banyak para ilmuwan dari benua Eropa yang berhasil menciptakan benda-benda yang berguna untuk manusia.

Ilmuwan Islam dan Temuannya

@vebma.com

Tapi selain ilmuwan dari benua Eropa ternyata ada juga beberapa ilmuwan Muslim yang mayoritas berasal dari negeri Timur Tengah yang berhasil melakukan penemuan dan melakukan penelitian yang tak kalah hebat nya dengan yang di buat dan di temukan oleh para ilmuwan lain nya yang berasal dari Eropa.

Banyak bidang yang sudah di kuasai oleh para ilmuwan Muslim ini. Yaitu di antaranya adalah seperti dalam bidang falsafah, sains, politik, sastra, agama, medis, astronomi, dan masih banyak lagi. Hal ini membuktikan bahwa para ilmuwan Islam pada masa lalu juga mempunyai pengaruh yang besar dalam dunia.

Salah satu ciri yang bisa kita perhatikan dari para tokoh ilmuwan Muslim pada masa lalu yaitu adalah mereka tidak hanya bisa menguasai ilmu tersebut dalam usia yang masih muda, namun para ilmuwan Muslim ini juga dapat menguasai ilmu tersebut di dalam waktu yang sangat singkat dan mereka bisa menguasai beberapa jenis bidang ilmu secara bersamaan.

Artikel Terkait : Pengertian Lengkap Rotasi dan Revolusi Bumi

Baca Juga :  Cara Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasannya

Lalu tahhukah kalian siapa saja ilmuwan Muslim yang ada pada masa lalu yang sudah melakukan penemuan dan membuat penelitian yang hebat? Berikut akan saya berikan beberapa nama dari para ilmuwan Islam yang pada masa lalu mampu melakukan penelitian dan penemuan yang sangat hebat.

Daftar Ilmuwan Muslim

  • Abu Bakar Muhammad bin Zakaria ar-Razi ( 864 M – 930 M)
@risalahtarbiyah.blogspot

Seorang ilmuwan Islam yang lebih di kenal dengan nama ar-Razi atau Rhazes ini berasal dari Iran. Beliau merupakan seorang pakar sainsi di negeri Iran yang hidup pada tahun 864 M – 930 M. Sejak muda ia telah mempelajari kimia, matematika, filsafat dan sastra.

Razi di kenal sebagai orang pertama yang menemukan penyakit alergi asma. Selain itu ia juga merupakan seorang ilmuwan pertama yang bisa menjelaskan demam sebagai mekanisme tubuh untuk melindungi diri. Ar-Razi juga mampu mengembangkan obat-obatan yang berasal dari merkuri.

  • Abu Musa Jabir bin Hayyan (721 M – 815 M)
@azzein.wordpress.com

Abu Musa Jabir bin Hayyan atau yang lebih di kenal dengan nama Gebert merupakan seorang ilmuwan Muslim yang menemukan ilmu dan teori kimia. Beliau merupakan seorang tokoh Islam yang melakukan penelitian tentang ilmu kimia.

Selain dalam bidang ilmu kimia, beliau juga melakukan beberapa penelitian di bidang logika, filosofi, fisika, bahkan dalam bidang kedokteran.

  • Abul Hakam Umar bin Abdurrahman bin Ahmad bin Ali Al-Kirmani (abad ke 12)
@anisuryani.weebly.com

Beliau merupakan salah seorang cendekiawan besar yang hidup di abad ke 12. Al-Kirmani berasal dari Kordoba, dan ia merupakan salah seorang murid dari Maslamah Al-Majriti.

Al-Kirmani banyak berkarya di bidang geometrid an logika. Menurut salah seorang muridnya, Al-Kirmani adalah seorang terpandai yang mampu memahami geometri maupun jawaban dari pertanyaan yang sangat sulit dan dalam menunjukkan seluruh bagian dan bentuknya.

Pada saat ia pindah ke Harran, Al-Jazirah (sekarang Turki) belia mulai mempelajari tentang ilmu kedokteran dan juga geometri. Al-Kirmani juga di ketahui pada waktu itu menjalankan sebuah praktik bedah seperti amputasi dan kauterisasi.

  • Abu Raihan Al-Biruni (973 M – 1048 M)
@blogpenemu.blogspot.com

Abu Raihan Al-Biruni adalah seorang ilmuwan Islam yang pandai dalam bidang matematika dan astronomi. Beliau di lahirkan di Khawarazmi, Turkmenistan yang pada mas itu terletak di dalam kekaisaran Persia.

Artikel Terkait : Proses Terjadinya Tsunami

Baca Juga :  Mengenal Jenis dan Fungsi Teks Prosedur [+Contoh]

Abu Raihan Al-Biruni ini mulai belajar matematika dan mengkaji bintang dan benda luar angkasa lain nya dari Abu Nashr Mansur. Beliau juga merupakan seorang teman dari abu Ali Al-Hussain Ibn Abdallah Ibn Sina seorang ahli filsuf dan seorang yang ahli dalam obat-obatan.

  • Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi (780 M – 850 M)
@efendybloger.blogspot.com

Beliau adalah salah seorang pakar dalam bidang matematika, astronomi, dan geografi. Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi ini berasal dari negeri Iran. Beliau juga di kenal sebagai bapa Algebra tau orang Eropa menyebut nya dengan AlGorisma.

Nama inilah yang kemudian di gunakan oleh orang Eropa dalam ilmu matematika yang di sebut dengan Aritmatika atau ilmu hitung. Dan Al-Khawarizmi ini menjadi seorang Muslim pertama yang ahli dalam bidang matematika dan ilmu hitung.

Buku nya yang terkenal yaitu adalah yang berjudul Al-jabar Wal Muqobalah. Yang kemudian oleh orang Eropa buku tersebut di salin dan jadilah ilmu itu yang kita kenal dengan nama aljabar hingga sekarang ini.

  • Abu Wafa Muhammad Ibn Muhammad Ibn Yahya Ibn Ismail Buzjani / Abu Wafa (940 M – 998 M)
@wikipedia.org

Abu wafa adalah seorang ilmuwan Muslim yang berasal dari Persia. Beliau ahli dalam bidang astronomi dan matematika yang cukup terkenal pada masa itu.di tahun 959 M, Abdul Wafa pindah ke negeri Irak dan beliau mempelajari matematika khusu nya dalam bidang trigonometri di sana.

Baca Juga :  Struktur Tubuh Virus [Ciri, Sifat, dan Bentuk]

Selain itu Abu Wafa juga mempelajari tentang pergerakan bulan dan salah satu kawah yang ada di bulan di beri nama sesuai dengan nama nya yaitu kawah Abul Wafa. Di dalam bidang matematika trigonometri beliau berhasil mengembangkan fungsi tangen dan menciptakan metode yang dapat di gunakan untuk menghitung table trigonometri.

  • Ibn Al-Nafis Damishqui / Ibnu Nafis (1210 M – 1288 M)
@wikipedia.org

Ibnu nafis adalah salah seorang ilmuwan Muslim yang berasal dari Suriah. Belia adalah orang pertama yang mampu secara tepat dan akurat menjelaskan mengenai sistem peredaran darah yang ada dalam tubuh manusia. Dan penggambaran dari sistem operedaran darah manusia oleh Ibnu Nafis ini masih bertahan hingga sekarang ini.

Beliau juga merupakan orang pertama yang di ketahui telah mendokumentasikan sirkuit paru-paru yang ada dalam tubuh manusia. Sebenar nya masih banyak lagi karya-karya beliau dan hasil penelitian hebat yang telah di lakukan oleh Ibnu Nafis. Tapi sayang banyak dari hasil penelitian nya tidak tercatat oleh sejarah.

Nah itulah tadi ke 7 ilmuwan Muslim yang telah melakukan penelitian hebat pada masa lalu. Kita sebagai manusia yang hidup di masa sekarang harusnya mampu untuk meneladani perjuangan para ilmuwan di jaman dahulu dalam membuat sebuah penelitian yang berguna bagi banyak orang.

Related posts: