Top 8 Tempat Wisata Di Jogja Yang Mengesankan

Posted on

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang terkenal dengan keanekaragaman adat istiadat dan budayanya. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa negara Indonesia banyak dikunjungi oleh warga asing untuk berwisata bahkan ada juga yang tertarik untuk tinggal di negara Indonesia ini. Oleh karena itu, sebagai penduduk dan warga negara Indonesia asli selayaknya kita patut merasa bangga menjadi warga negaranya.

Banyak hal yang dapat diekplorasi lebih jauh tentang Indonesia, terutama kekayaan alamnya. Sebagai negara yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah, tak heran jika negara Indonesia mempunyai tempat-tempat wisata yang menakjubkan. Selain itu, Indonesia juga mempunyai kota-kota besar yang dapat dijadikan sebagai tempat destinasi wisata, seperti kota Yogyakarta atau yang lebih akrab disebut dengan Jogja. Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang kental akan peradaban adat istiadat dan budayanya.

Beralih pada sektor geografi, kota Jogja terletak pada lembah di tiga sungai sekaligus yaitu sungai gajahwong, sungai winongo dan sungai code. Walaupun terletak di lembah, namun kota Jogja jarang sekali terkena banjir karena kota ini mempunyai sistem drainase yang tertata rapi dan Pemerintah Kota Yogyakarta pun juga rajin menambah saluran-saluran air di wilayahnya untuk mencegah terjadinya banjir.

Artikel Terkait : 10 Tempat Wisata Di Bandung Yang Menarik dan Murah!!

Menariknya, di Jogja tak hanya terkenal sebagai tempat kota yang kental akan adat istiadatnya tetapi juga terkenal akan tempat-tempat wisatanya, mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata kuliner. Bahkan, setiap harinya kota Jogja ramai dikunjungi oleh turis domestik hingga turis mancanegara. Dan, setiap tahunnya kota ini menjadi tempat rekreasi bagi siswa-siswi untuk menghabiskan liburan panjangnya. Itulah yang dapat dijadikan bukti bahwa kota Jogja merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Indonesia.

Baca Juga :  Daftar 10 Tempat Camping di Indonesia

Bagi yang ingin datang langsung di kota gudeg ini untuk membuktikannya, pada artikel ini akan direkomendasikan beberapa tempat wisata di Jogja yang tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Sesuai dengan apa yang dianalisir dari situs initempatwisata.com, berikut ini adalah nama-nama tempat wisata di Jogja yang wajib untuk dikunjungi :

  1. Wisata Candi Prambanan

Tak hanya terkenal di Indonesia, candi Perambanan juga terkenal di dunia. Pasalnya, pada tahun 1991 lalu candi ini ditetapkan sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia oleh UNESCO. Karena Perambanan merupakan candi yang paling megah di Indonesia, tak heran jika letaknya berada di perbatasan antara dua provinsi, yaitu Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Candi Perambanan merupakan tempat wisata sejarah yang mempunyai pemandangan yang memikat hati pengunjungnya, terlebih lagi di sore hari. Di saat senja, candi ini nampak semakin mempesona dengan adanya cahaya matahari yang menyinari bangunan ini, sehingga menghasilkan gradasi warna yang begitu indah. Kemudian, jika disaksikan dari dekat para pengunjung dapat menyaksikan secara langsung arsitektur dan bangunan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara ini.

  1. Pantai Parangtritis

Ada banyak pantai yang di kota Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi tetapi pantai yang paling terkena di Jogja adalah Parangtritis. Pantai Parangtritis terkenal dengan tempat yang dianggap mistis karena dipercaya sebagai kediaman Kanjeng Ratu Kidul.

Oleh karena itu, saat memasuki wilayah Pantai Parangtritis pengunjung harus mematuhi aturan-aturan yang sudah ditetapkan masyarakat setempat. Selain terkenal sebagai pantai yang melegenda, pantai Parangtritis juga terkenal sebagai pantai yang mempunyai deburan ombak yang cukup besar, mempunyai pasir vulkanis hitam dan mempunyai tebing batu yang menjulang tinggi, sehingga pemandangan di pantai ini dan sekitarnya memang begitu indah.

  1. Gunung Merapi

Sebagai penduduk asli negara Indonesia tentu kita sudah tidak asing lagi dengan gunung merapi, khususnya bagi orang yang mempunyai hobi mendaki gunung. Gunung merapi merupakan gunung berapi yang ada di Yogyakarta, gunung ini mempunyai pemandangan yang luar biasa sehingga banyak para wisatawan yang tertarik untuk mendakinya. Di puncak gunung ini, para wisatawan dan melihat panorama alam yang begitu memikat dan mereka juga bisa menikmati matahari terbit yang begitu mempesona.

  1. Jalan Malioboro
Baca Juga :  Tempat Wisata Alam Di Serang

Sekilas jalan Malioboro memang nampak seperti jalanan biasa yang sama dengan kota-kota lain. Namun, yang membuat jalan ini direkomendasikan sebagai tempat wisata yang menarik karena para wisatawan dapat berbelanja di Malioboro, seperti membeli oleh-oleh bahkan  di sini pengunjung bisa mendapatkan barang khas Yogyakarta dengan harga murah. Di malam hari, para wisatawan dapat merasakan wisata kuliner di Jalan Malioboro.

  1. Keraton Yogyakarta

Tempat wisata selanjutnya adalah Keraton Yogyakarta yang dijadikan sebagai kegiatan kesultanan Yogyakarta. Berjalan-jalan di sekitar keraton Yogyakarta dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan wisata yang menarik karena di sini ada salah satu bangunan yang menarik, yaitu sebuah pavilium yang bertahtakan emas asli yang diyakini bahwa tempat tersebut dilindungi oleh kekuatan mistis.

Artikel Terkait : Hotel Termahal Di Bali – mulai 10jt sampai 146 juta per malam

  1. Museum Sonobudoyo

Masih dalam suasana wisata sejarah di Yogyakarta, yaitu Museum Senobudoyo. Di tempat ini, para wisatawan dapat melihat warisan sejarah, budaya dan arsitektur bangunan Jawa yang menawan. Kabarnya, museum Senobudyo ini mempunyai koleksi budaya dan sejarah Jawa yang lengkap setelah Meseum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Di dalam museum ini pengunjung dapat menyaksikan secara langsung pertunjukan wayang kulit yang diiringi oleh gamelan Jawa.

  1. Pantai Baron

Jika ingin menikmati aneka hidangan laut di pinggir pantai, maka datanglah ke Pantai Baron Yogyakarta karena di sini terdapat aneka hidangan laut yang lezat, seperti ikan kakap, lobster, kepiting dan lain sebagainya. Pantai Baron juga mempunyai pemandangan alam yang indah dan pantai ini dijadikan sebagai dermaga para nelayan, sehingga pengunjung dapat membeli ikan segar secara langsung.

  1. Wisata Goa Jomblang
Baca Juga :  10 Tempat Wisata Di Bandung Yang Menarik dan Murah!!

Bagi yang tertarik datang ke Jogja dan ingin merasakan serunya berwisata goa, maka datanglah ke Goa Jomblang yang berada di desa Jetis Wetan, Semanu, Gunung Kidul Yogyakarta. Di Goa Jomblang pengunjung dapat melihat pemandangan goa yang begitu memukau, seperti stalagmit yang berwarna hijau kecoklatan dan sinar matahari yang menembus kegelapan goa, yang sering disebut sebagai cahaya surgawi.

Jika sedang berada di Kota Yogyakarta atau sedang berkunjung ke kota ini, sebaiknya luangkan waktu yang panjang untuk mengunjungi tempat-tempat wisata menarik yang ada di sini. Jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas Jogja untuk dibagikan kepada orang-orang terdekat setelah tiba di rumah nanti. Tunggu apa lagi, atur budget dan atur jadwal liburanmu sekarang juga.

Jangan lupa untuk memilih hotel atau tempat penginapan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Ada banyak sekali tempat penginapan yang dibanderol dengan harga murah, sehingga jangan terlalu memikirkan seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan untuk berlibur di kota Jogja, karena berwisata kota Jogja tak membutuhkan budget selangit atau yang mahal, terlebih lagi jika berlibur dengan banyak orang.

Related posts: