Tempat Wisata Alam Di Serang

Posted on

Serang merupakan salah satu kota yang terletak di ujung barat pulau Jawa. Kota Serang juga merupakan ibukota provinsi dari provinsi Banten. Lebih tepatnya kota ini berada di bagian utara dari provinsi Banten. Kota Serang dikenal sebagai kota Santri, hal ini karena pada jaman dahulu wilayah Serang ini merupakan tempat yang mempunyai pengaruh yang sangat besar sekali di dalam penyebaran agama Islam khususnya untuk wilayah Jakarta dan Jawa Barat.

Letak wilayah Serang yang sangat strategis sekali pada jaman dahulu menjadikan wilayah ini sebagai sebuah kota pelabuhan yang sangat ramai dan sekaligus menjadi pintu masuknya ajaran agama Islam di masa silam. Oleh sebab itulah tak heran jika di wilayah Serang ini terkenal dengan wisata sejarah Islamnya karena banyak sisa sisa peninggalan kerajaan Muslim yang dahulu pernah berdiri di wilayah Serang ini.

Namun selain terkenal dengan wisata sejarahnya, Serang juga terkenal memiliki banyak destinasi wisata alam yang sangat indah dan menarik untuk di jelajahi. Karena dekat dengan wilayah pantai utara Jawa maka wilayah Serang ini menyimpan berbagai macam pesona wisata alamnya yang masih alami.

Mulai dari pantai hingga pulau-pulau eksotis semua bisa kalian temukan di Serang. Tempatnya yang masih sepi dan masih alami sangat cocok buat kalian semua melepas penat dan pikiran yang lelah setelah melakukan aktivitas di kota. Mau tahu tempat mana saja yang menjadi destinasi wisata alam yang ada di Serang? Berikut akan saya berikan beberapa list tempat-tempat wisata bertema alam yang ada di Serang.

Destinasi Wisata Alam Di Serang

1. Pantai Anyer

@superadventure

Tempat wisata yang satu ini pasti sudah tak asing bagi banyak orang. Pantai Anyer merupakan salah satu tempat wisata yang sudah sangat terkenal di wilayah Serang. Kalian yang berkunjung ke tempat ini pun dapat melakukan berbagai macam aktivitas seru dan menyenangkan di pantai ini.

Baca Juga :  Top 8 Tempat Wisata Di Jogja Yang Mengesankan

Mulai dari bermain air di sekitar pantai, membangun istana pasir di sekitar pantai, atau mungkin jika ombak sedang besar kalian bisa bermain selancar di pantai ini. Atau mungkin buat kalian yang tak ingin melakukan aktivitas apapun dan hanya ingin bersantai kalian bisa bersantai di sepanjang pantai ini sambil menikmati suasana pantai Anyer sambil menunggu matahari terbenam.

Karena sudah menjadi salah satu kawasan pariwisata maka di sepanjang pantai Anyer ini banyak sekali terdapat warung makan yang menjual berbagai makanan laut yang masih segar, jadi kalian tak perlu takut kelaparan saat berkunjung ke pantai ini.

2. Pulau Sangiang

@indonesiakaya

Tempat wisata yang satu ini sering kali dijuluki dengan nama The Seven Wonders of Banten. Pulau Sangiang ini berada di wilayah desa Cikoneng, kecamatan Anyer. Pulau Sangiang ini memang memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa sekali dan indah sekali sehingga tak heran jika mulai banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi pulau ini.

Kawasan pulau Sangiang ini memiliki pantai yang masih bersih dan masih sepi dengan pasir putihnya yang lembut. Ombaknya pun juga tak terlalu besar dan cenderung tenang ditambah dengan terumbu-terumbu karangnya yang cantik yang semakin menambah pesona dari Pulau Sangiang ini.

Di Pulau Sangiang ini belum terdapat fasilitas berupa hotel maupun penginapan bagi wisatawan, jadi bagi kalian yang ingin bermalam di pulau ini maka sebaiknya membawa tenda sendiri. Dan jangan lupa untuk selalu membawa sampah kalian kembali agar kebersihan dan kealamian di pulau ini selalu terjaga.

Baca Juga :  Top 10 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Bikin Bahagia

3. Pulau Tunda

@vermthinblack

Pulau Tunda ini merupakan sebuah pulau seluas 300 hektar yang kini sedang di kembangkan potensi wisatanya oleh pemerintah setempat. Konon penamaan pulau Tunda ini berasal dari cerita di jaman dahulu, yaitu pada saat pulau ini menjadi tempat persinggahan Sultan Hasanuddin.

Karena cuaca saat itu sedang buruk maka perjalanan Sultan Hasanuddin dan para rombongannya untuk menuju ke Cirebon ini ditunda. Dan dari cerita tersebutlah pulau persinggahan Sultan Hasanuddini ini dinamai dengan nama Pulau Tunda.

Pulau ini memiliki pantai yang sangat cantik sekali, dan menjadi salah satu tempat yang cocok sekali untuk menikmati pemandangan sunrise dan sunset. Selain itu pulau Tunda ini juga menjadi salah satu tempat yang sangat cocok sekali untuk tempat diving dan snorkeling sebab keindahan alam bawah lautnya yang dipenuhi oleh berbagai macam jenis biota laut. Dan jika kalian beruntung maka kalian akan bisa melihat lumba-lumba yang terkadang muncul ke permukaan laut.

4. Pulau Lima

@citragardenbmw

Pulau Lima merupakan salah satu tempat wisata di Serang yang bisa dibilang masih baru dan masih dalam proses pengembangan. Kawasan pulau Lima ini masih berada di satu area disekitar pulau Tiga dan pulau Empat. Pantai di pulau Lima ini memiliki panorama yang sangat indah sekali dengan pasir putihnya yang sangat lembut dan sangat halus.

Air lautnya pun sangat jernih sekali dan ombaknya juga terbilang cukup tenang. Selain itu di pulau Lima ini juga terdapat hamparan hutan Mangrove yang membuat pulau ini semakin terlihat indah. Pulau Lima ini sangat cocok sekali digunakan snorkling karena alam bawah lautnya yang masih alami dan masih terjaga keindahannya. Selain itu kalian juga bisa bermain banana boat di sekitar pantai maupun memancing dari atas perahu.

Baca Juga :  Daftar Hotel Dekat Masjid Agung Bandung [Harga 100k - 350k]

5. Curug Bumi

@desyamsularief

Selain kaya akan wisata pantainya, wilayah Serang juga memiliki wisata alam berupa curug atau air terjun. Salah satunya yang cukup terkenal yaitu adalah curug Bumi atau Leuwi Bumi. Curug Bumi ini terletak di Padarincang, Serang, Banten.

Buat kalian yang menyukai hawa dingin dan sejuk khas pegunungan cocok sekali buat datang ke tempat ini. Air terjun di curug Bumi ini memang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu deras, akan tetapi bagian kolam yang ada di bawah ari terjunnya inilah yang menjadi daya tarik bagi curug Bumi ini.

Airnya yang sangat dingin dan menyegarkan selalu berhasil untuk membaut para wisatawan yang berkunjung kesini untuk masuk ke dalamnya. Di sekitar curug Bumi ini juga didominasi oleh rimbunnya pepohonan yang masih sangat asri dan sangat alami sekali. Sehingga tak heran jika banyak pengunjung yang berkemah di sekitar curug Bumi ini.

Related posts: