Teluk Penyu: Lokasi, Harga Tiket dan Fasilitas Terkini

Posted on

Teluk Penyu merupakan destinasi wisata pantai yang letaknya berada di pesisir Selatan Pulau Jawa. Sebagian besar wisatawan akan beranggapan bahwa mereka akan menyaksikan puluhan bahkan ratusan penyu di sini. Namun kenyataan saat ini tidaklah demikian karena kondisi sudah berbanding terbalik. Pemberian nama tersebut karena dulunya memang banyak populasi penyu yang hidup di pantai ini. Namun, seiring berjalannya waktu dan hiruk pikuk aktivitas nelayan dan kapal, akhirnya para penyu mencari habitatnya yang baru. Kabarnya penyu-penyu tersebut berpindah ke pantai Bali dan Lombok.

Selain menikmati keindahan pantai, para wisatawan juga dapat melakukan travelling ke Pulau Nusakambangan yang berada di tengah laut. Telah tersedia transportasi kapal motor dengan biaya terjangkau. Keberadaan pulau inilah yang menjadi batas antara Pantai Penyu dengan Samudera Hindia.

Wisata Jawa Tengah ini menjadi mata pencaharian warga sekitar yang mayoritas nelayan. Pesisir pantai dijadikan sebagai dermaga atau tempat berlabuh kapal-kapal dagang para nelayan. Nah, buat rekan – rekan yang ingin berwisata di Jogja dapat menggunakan jasa dari penyedia Paket Liburan Jogja yang di handle langsung oleh Trip Jogja.

Hamparan laut nan eksotis dengan pasir hitamnya begitu indah dipandang. Selain menjadi destinasi yang menarik untuk berenang dan bermain pasir, wisatawan juga bisa memancing di pantai ini. Terdapat sebuah bangunan seperti jembatan yang menjulur hingga ke tengah laut. Jembatan ini biasanya dijadikan sebagai tempat untuk memancing para nelayan ataupun wisatawan yang datang. Tidak jauh dari lokasi pantai, pengunjung juga bisa melihat benteng pendem yang bangunannya menjorok ke laut. Konon, tempat tersebut dulunya dijadikan sebagai benteng pertahanan oleh Belanda.

Baca Juga :  5 Ide Jajanan Sederhana Agar Segera Jadi Pengusaha Kuliner

Harga Tiket Masuk Teluk Penyu

Biaya tiket masuk menuju ke tempat wisata sangat murah meriah. Pengunjung hanya diwajibkan membayar sebesar Rp 5.000 rupiah. Tarif tersebut sudah termasuk ke dalam retribusi parkir kendaraan. Jika pengunjung menggunakan wahana lain di area wisata seperti kapal, maka harus membayar biaya lagi sesuai tarif yang ditetapkan.

Lokasi

Teluk Penyu berlokasi di daerah Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Lokasinya cukup strategis karena hanya berjarak 2 Kilometer ke arah Timur dari pusat pemerintahan kota Cilacap. Oleh karena itu, lokasi pantai sangat mudah untuk dituju baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Fasilitas

Fasilitas penunjang yang berada di area wisata diantaranya area parkir yang luas. Pantai luas yang mencapai hampir 4 Ha ini selalu ramai dikunjungi sehingga di sediakanlah tempat parkir kendaraan yang memadai. Selain itu, terdapat toilet serta kamar bilas untuk para pengunjung yang ingin membersihkan diri setelah berenang di Pantai Penyu. Tak ketinggalan, bangunan Mushola sebagai sarana tempat ibadah juga tersedia di tempat ini.

Terdapat deretan kios atau warung kuliner yang menjajakan ikan asin ataupun ikan segar siap olah. Pengunjung bisa memesan aneka olahan ikan segar tersebut dalam bentuk ikan bakar, goring, tumis, ataupun yang lainnya. Selain kuliner, tersedia aneka souvenir unik dan lucu yang terbuat dari aneka bentuk cangkang kerang laut dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata Di Bandung Yang Menarik dan Murah!!

Jam Buka

Wisata Pantai Penyu buka setiap hari dari Senin-Minggu dari pukul 08.000-19.00 WIB. Namun, pantai biasanya ramai dikunjungi oleh para wisatawan pada saat weekend dan hari libur nasional.

Teluk Penyu menjadi satu dari sekian banyak pantai di Kabupaten Cilacap yang wajib dikunjungi. Selain pesona pantainya yang indah, pengunjung juga disuguhkan dengan beberapa destinasi lain sekitar pantai seperti Pulau Nusakambangan dan Benteng Pendem. Sungguh sangat disayangkan jika sampai terlewatkan.

Related posts: