Penjelasan Tanda Kepangkatan POLRI

Posted on

Indonesia merupakan negara yang membutuhkan sebuah lembaga atau perantara guna menjaga keamanan dan ketertiban negaranya sendiri. Salah satu lembaga umum sipil yang bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta penegakan hukum yang berada di wilayah Indonesia yaitu Polisi.

Kepolisian Negara Republik Indonesia atau yang sering di singkat dengan POLRI merupakan sebuah lembaga pemerintahan negara yang fungsinya ada di dalam bidang pemeliharaan ketertiban serta keamanan masyarakat, perlindungan, melayani serta mengayomi masyarakat dan menegakkan hukum yang ada dan berlaku di dalam masyarakat.

Mengenal Pangkat Polri

@hidupsimpel

Adapun Polri memiliki tujuan yaitu mengaktualisasi keamanan di dalam negeri yang mencakup kestabilan, keamanan, dan ketertiban masyarakat, serta pengayoman terhadap masyarakat dan membimbing masyarakat untuk menghormati hak asasi manusia. Wilayah tingkat kepolisian negara Republik Indonesia di bagi menjadi beberapa jenjang.

Yang pertama yaitu yang berada di tingkat pusat yang di sebut atau di namakan dengan Markas Besar Polri (MABES POLRI) yang wewenangnya mencakup semua wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berada di bawah kepemimpinan seorang Kapolri yang bertanggung jawab penuh secara langsung kepada pimpinan negara Republik Indonesia atau Presiden.

Artikel Terkait : 5 Fakta Menarik Tentang Pendidikan di Jepang Yang Perlu Kalian Ketahui!!!

Setelah itu di bawah Kapolri, yaitu satuan Kepolisian yang ada di tingkat Provinsi di sebut dengan Polda atau Kepolisian Daerah yang berada di bawah kepemimpinan seorang Kapolda yang bertanggung jawab secara penuh kepada Kapolri.

Di bawah nya kepolisian tingkat provinsi, yaitu di tingkat kota atau kabupaten terdapat lembaga Kepolisian Republik Indonesia yang di sebut dengan Polres atau Kepolisian Resort yang di pimpin oleh seorang Kapolres yang bertanggung jawab secara langsung kepada Kapolda.

Sementara itu di bawah wilayah Kabupaten atau Kota yaitu wilayah di wilayah Kecamatan juga terdapat lembaga Kepolisian Republik Indonesia yang di sebut dengan Polsek atau Kepolisian Sektor yang di pimpin oleh Kapolsek yang bertanggung jawab secara langsung kepada Kapolres.

Dan di urutan yang paling bawah sendiri, di bawah tingkat Kecamatan yaitu di tingkat Kelurahan atau Desa terdapat pos polisi yang di pimpin dan di kepalai oleh seorang Brigadir yang berdasarkan dengan posisi atau berdasarkan kondisi dan situasi dalam wilayah Kelurahan atau wilayah Desa tersebut di wilayahnya.

Di dalam lembaga Kepolisian sendiri juga terdapat beberapa tingkatan-tingkatan pangkat nya mulai dari pangkat yang paling bawah atau pangkat yang terendah hingga ke pangkat yang tertinggi. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai pangkat yang ada di dalam Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).

Pangkat Polri

1. Tamtama

 

Baca Juga :  Lensa Cembung (Pengertian, Rumus, Sifat Bayangan)

Pangkat Tamtama merupakan golongan pangkat paling bawah atau yang paling rendah yang ada di dalam Kepolisian Republik Indonesia (POLRI). Jabatan yang termasuk ke dalam golongan pangkat Tamtama yaitu di antara nya sebagai berikut:

  • Bhayangkara Dua (Bharada)
  • Bhayangkara Satu (Bharatu)
  • Bhayangkara Kepala (Baraka)
  • Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)
  • Ajun Brigadir Polisi Satu (Brigpol)
  • Ajun Brigadir Polisi (Abrip)

 

2. Bintara

Satu tingkat di atas pangkat Tamtama yaitu adalah pangkat Bintara. Di pangkat Bintara ini meliputi Sersan Mayor Polisi, Sersan Kepala Polisi, Sersan Satu Polisi, dan Sersan Dua Polisi. Adapun yang tergolong kepada pangkat Bintara Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) ini di antaranya adalah seperti berikut:

  • Brigadir Polisi Dua (Bripda)
  • Brigadir Polisi Satu (Briptu)
  • Brigadir Polisi (Brigpol)
  • Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

 

3. Bintara Tinggi

Satu tingkat lagi yang ada di atas pangkat Bintara yaitu adalah pangkat Bintara Tinggi. Pangkat Bintara Tinggi ini posisinya berada satu tingkat di bawah pangkat Perwira Pertama. Pangkat Bintara Tinggi ini meliputi Ajun Inspektur Polisi Satu dan Ajun Inspektur Polisi Dua. Sedangkan yang termasuk kr dalam golongan pangkat Bintara Tinggi Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) di antaranya yaitu sebagai berikut ini:

  • Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)
  • Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)

 

4. Perwira Pertama

Satu tingkat lagi yang berada di atas pangkat Bintara Tinggi yaitu terdapat pangkat Perwira Pertama. Perlu di ketahui bahwa pangkat Perwira ini merupakan urutan pangkat yang paling tinggi yang ada di dalam satuan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).

Artikel Terkait : 5 Cara Mudah Membuat Slime [Update 2018]

Baca Juga :  Penjelasan Hukum OHM (Contoh & Rumus)

Pada pangkat perwira ini di bagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu Perwira Pertama, Perwira Menengah dan Perwira Tinggi. Pangkat perwira pertama ini meliputi Senior Inspektur Polisi, Inspektur Polisi Satu dan Inspektur Polisi Dua. Sedangkan yang termasuk ke dalam golongan pangkat perwira pertama ini di antaranya adalah seperti berikut:

  • Inspektur Polisi Dua (Ipda)
  • Inspektur Polisi Satu (Iptu)
  • Ajun Komisaris Polisi (AKP)

 

5. Perwira Menengah

Berada satu pangkat lagi di atas pangkat Perwira Pertama yaitu adalah pangkat Perwira Menengah. Pada pangkat Perwira Menengah ini meliputi Senior Superintenden, Superintenden dan Asisten Superintenden. Adapun yang termasuk ke dalam golongan pangkat Perwira Menengah dalam Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) ini adalah sebagai berikut ini:

  • Komisaris Polisi (KOMPOL)
  • Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)
  • Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)

 

6. Perwira Tinggi

Satu tingkat lagi di atas pangkat Perwira Menengah yaitu adalah pangkat Perwira Tinggi. Dan pangkat Perwira Tinggi ini merupakan pangkat yang paling tinggi dalam jajaran Kepolisian Republik Indonesia (POLRI). Pangkat Perwira Tinggi ini meliputi Jendral Polisi, Komisaris Jendral Polisi, Inspektur Jendral Polisi dan Brigadir Jendral Polisi. Sementara golongan yang termasuk ke dalam pangkat Perwira Tinggi Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) ini di antaranya adalah seperti berikut :

  • Brigadir Jendral Polisi (Brigjen Pol)
  • Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol)
  • Komisaris Jendral Polisi (Komjen Pol)
  • Jendral Polisi (Jendral Pol)

Lembaga Polisi Selain Polri

Selain Kepolisian Republik Indonesia (Polri), di negara kita juga terdapat lembaga-lembaga kepolisian atau lembaga keamanan dan pengamanan yang berada di luar POLRI atau tidak termasuk ke dalam Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Namun tentu saja lembaga ini cakupan wilayah dan cakupan tugasnya lebih terbatas dan lebih sedikit bila di bandingkan dengan cakupan wilayah dan cakupan tugas yang di miliki oleh para anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).Lembaga-lembaga Kepolisian selain POLRI ini juga mempunyai tugas dan kewajiban yang hampir sama dengan tugas Kepolisian Republik Indonesia (Polri. Di antaranya yaitu seperti menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, menegakkan hukum yang ada dan berlaku di lingkungan warga masyarakat, mengayomi serta melindungi warga masyarakat negara Indonesia dengan baik, dan masih banyak lagi tugas dari lembga-lembaga kepolisian selain Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) ini. Nah adapun yang termasuk ke dalam lembaga kepolisian atau lembaga keamanan negara selain Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Polisi Pamong Praja (POL PP)
  • Polisi Kehutanan (Polhut)
  • Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska)
  • Polisi Khusus Lembaga Pemasyarakatan (Polsuspas)

Nah itulah tadi penjelasan mengenai pangkat-pangkat yang ada di dalam satuan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan juga beberapa lembaga kepolisian yang ada selain Polri. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian semua.

Related posts: