Syarat Syarat Masuk Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

Posted on

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau biasa di singkat dengan STPI ini merupakan salah satu sekolah kedinasan yang sangat terkenal dan diminati oleh banyak masyarakat Indonesia. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia ini terletak atau berlokais di Kecamatan Legok Kewedanaan Curug, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Oleh sebab itulah tak jarang juga banyak orang yang menyebutnya dengan nama STPI Curug.

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia ini adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan atau sekolah tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Departemen Perhubungan Republik Indonesia. STPI Curug ini didirikan di tahun 1952 di Jakarta dengan nama awalnya yaitu adalah Akademi Penerbangan Indonesia (API).

Kemudian di tahun 1969 nama Akademi Penerbangan Indonesia (API) ini diganti atau diubah menjadi Lembaga Perhubungan Udara (LPPU). Lalu di tahun 1978, nama sekolah ini diganti lagi dari Lembaga Perhubungan Udara (LPPU) menjadi Pendidikan Latihan Penerbangan (PLP). Hingga akhirnya di tahun 2010 berdasarkan dengan Keputusan Presiden Nomor 43 Tahun 2010 nama Pendidikan Latihan Penerbangan (PLP) diganti menjadi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) hingga sampai sekarang.

Tujuan dari didirikannya sekolah penerbangan ini yaitu adalah untuk mendidik dan menghasilkan taruna STPI yang dapat menjadi sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan keterampilan di dalam bidang penerbangan, yang dapat diakui secara nasional maupun secara internasional. Karena STPI ini berada di bawah naungan pemerintah dan merupakan sekolah ikatan dinas, oleh sebab itulah banyak masyarakat yang tertarik untuk dapat mendaftar dan masuk ke sekolah penerbangan ini.

Namun sebelum kalian ingin menjadi taruna/taruni STPI sebaiknya kalian harus perhatikan betul-betul tentang persyaratan untuk mendaftar ke STPI ini. Lalu apa saja persyaratan nya yang diperlukan untuk mendaftar ke STPI Curug ini? Berikut ini akan saya berikan persyaratan lengkap untuk mendaftar ke STPI Curug.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Oven Listrik Yang Bagus, Berkualitas & Murah

Namun sebelum membahas tentang persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat masuk ke STPI Curug, maka terlebih dahulu disini akan saya berikan sedikit penjelasan mengenai pilihan prodi dan juga jurusan-jurusan apa saja yang ada di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) ini. Supaya buat kalian semua yang mungkin tertarik ingin masuk ke STPI ini namun belum tahu ingin masuk atau mendaftar ke jurusan atau prodi yang mana, setelah ini dapat paham dan bisa memilih jurusan serta prodi yang sesuai dengan minat dan keinginan masing-masing.

Jurusan Di STPI

1. Jurusan Penerbangan

@beritatrans

Jurusan Penerbangan ini akan mencetak calon-calon penerbang yang berkualifikasi Commercial Pilot Licence (CPL), Multy Engine (ME) dan Instrument Rating (IR). Adapun pada jurusan penerbangan ini terdiri dari 3 program studi, yaitu adalah :

  • Program Studi Penerbang Sayap Putar
  • Program Studi Flight Operation Officer (FOO) atau Operasi Pesawat Udara
  • Program Studi Penerbang Sayap Tetap

2. Jurusan Teknik Penerbangan

@masukuniversitas

Jurusan Teknik Penerbangan ini nantinya akan mencetak lulusan yang akan menjadi calon teknisi pesawat udara, navigasi udara dan telekomunikasi, listrik dan mekanikal bandar udara, maupun teknisi bangunan serta landasan. Adapun program studi yang ada di jurusan teknik penerbangan ini yaitu adalah :

  • Program Studi Teknik Mekanikal Bandar Udara
  • Program Studi Teknik Pesawat Udara
  • Program Studi Teknik Bangunan dan Landasan
  • Program Studi Teknik Listrik Bandar Udara
  • Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara

3. Jurusan Keselamatan Penerbangan

@angkasareview

Jurusan keselamatan penerbangan ini akan menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan serta pengetahuan di bidang keselamatan penerbangan nantinya. Adapun program studi yang ada di jurusan keselamatan penerbangan yaitu adalah :

  • Program Studi Komunikasi Penerbangan
  • Program Studi Pertolongan Kecelakaan Penerbangan
  • Program Studi Pemanduan Lalu Lintas Udara
  • Program Studi Penerangan Aeronautika
Baca Juga :  Pengertian Pekerjaan Frontliner [Tugas dan Gaji]

4. Jurusan Manajemen Penerbangan

@menpenstpi

Jurusan manajemen penerbangan ini nantinya akan menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan serta keterampilan di bidang operasi dan administrasi penerbangan. Adapun program studi yang ada di jurusan manajemen penerbangan ini yaitu adalah :

  • Program studi Manajemen Transportasi Udara
  • Program Studi Operasi Bandar Udara
  • Program Studi Administrasi Perhubungan Udara

Persyaratan Masuk STPI

Persyaratan Umum

1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Berusia minimal 16 tahun dan maskimal 23 tahun, kecuali khusus untuk beberapa prodi berikut :

  • D2 PKB STTD minimal berusia 17 tahun
  • D3 LLU minimal berusia 18 tahun
  • D4 LLU minimal berusia 17 tahun

3. Persyaratan nilai, yaitu sebagai berikut :

  • Bagi lulusan tahun 2018 dan sebelumnya, wajib mempunyai nilai rata-rata ujian yang tertulis di dalam ijazah yaitu tidak boleh kurang dari 7,0 (bagi skala penilaian 1-10) atau 70,00 (bagi skala penilaian 10-100) atau 2, 8 (untuk skala penilaian 1-4)
  • Sedangkan bagi calon lulusan tahun ini atau yang baru lulus maka diwajibkan untuk mempunyai nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (yaitu mulai dari semester 1-5) tidak kurang dari nilai 7,0 (bagi skala penilaian 1-10) atau 70,00 (bagi skala penilaian 10-100) atau 2,8 (bagi skala penilaian 1-4). Dengan ketentuan yaitu pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan mempunyai nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah sesuai dengan yang telah disebutkan sebelumnya.
@sachriemuhamad

4. Tinggi badan minimal untuk pria yaitu adalah 160 cm, sedangkan untuk wanita yaitu adalah 155 cm, kecuali khusus untuk jurusan atau program studi berikut ini :

  • D3 PKP minimal 165 cm
  • D4 Penerbangan, pria minimal 165 cm dan wanita minimal 163 cm
  • D3 OBU, pria minimal 165 cm dan wanita minimal 160 cm
Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Thailand Romantis dan Mengharukan

5. Memiliki badan yang sehat jasmani maupun rohani, tidak cacat fisik dan mental, terbebas dari HIV/AIDS, serta terbebas dari penggunaan narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya

6. Tidak memiliki tato atau bekas tato dan tindik atau bekas tindik di seluruh anggota badan, kecuali yang disebabkan karena adat atau agama

7. Harus memiliki ketajaman penglihatan yang normal dan tidak memiliki kelainan pada mata atau pada penglihatan seperti buta warna, baik itu buta warna parsial maupun buta warna total

@beritatrans

8.Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena terlibat atau melakukan tindak kejahatan yang melanggar hukum

9. Belum pernah dikeluarkan atau diberhentikan sebagai taruna/taruni di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan maupun Perguruan Tinggi lainnya dengan secara tidak terhormat

10. Siap dan bersedia untuk mematuhi dan menuruti segala peraturan yang ada di Pola Pembibitan nantinya

11. Bersedia dan siap untuk diberhentikan secara tidak terhormat apabila terbukti melakukan tindakan kriminal yang melanggar hukum dan melanggar norma serta nilai-nilai di dalam masyarakat

@beritatrans

12. Bersedia untuk membuat dan menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni yang dibuat di atas materai 6000 Rupiah

13. Bagi calon taruna/taruni program studi di STPI, harus bersedia untuk mengikuti pendidikan di kampus yang telah ditentukan oleh STPI sesuai dengan program studi yang telah dipilih

14. Harus mempunyai surat elektronik (e-mail) yang masih aktif

15. Jika terbukti melakukan pemalsuan identitas serta dokumen maka akan dinyatakan gugur

Related posts: