Susunan Sistem Tata Surya dan Keterangannya

Posted on

Tata surya merupakan susunan benda-benda langit yang ada dan berputar mengelilingi matahari sebagai pusat dari tata surya. Benda-benda langit yang ada di tata surya ini terdiri dari 8 planet dengan jalur orbitnya yang berbentuk elips. Dan planet-planet ini senantiasa dan selalu mengitari matahari sebagai pusat dari tata surya karena disebabkan adanya gaya Tarik atau gaya gravitasi dari matahari tersebut.

Susunan Sistem Tata Surya

@kakakpintar

Pernahkah kalian melihat langit pada malam hari? Kalian pasti akan melihat langit dengan warna hitam dan gelap dengan banyak bintang yang berkelip. Bintang merupakan sebuah benda langit yang dapat mengeluarkan dan memancarkan cahayanya sendiri. Di langit bintang terlihat seperti titik-titik cahaya dengan jumlah yang sangat banyak.

Dan matahari juga termasuk ke dalam bintang, karena matahari merupakan benda langit yang bisa memancarkan cahaya sendiri. Matahari adalah bintang terbesar yang ada di dalam sistem tata surya kita. Tata surya kita ada di dalam salah satu galaksi dari sekian banyaknya galaksi yang ada di ruang angkasa, yaitu galaksi Bimasakti.

Sistem tata surya kita tersusun menjadi beberapa bagian yaitu matahari, 4 planet luar, 4 planet dalam, sabuk asteroid, dan bagian terluar yaitu sabuk Kuiper. Dari 8 planet yang ada, hanya 6 planet yang memiliki satelit alami, sementara 2 planet lainnya yaitu Merkurius dan Venus tidak memiliki satelit alami.

Untuk lebih memahami tentang sistem tata surya kita, saya akan jelaskan kepada kalian mengenai susunan dan anggota tata surya kita seperti dibawah ini.

Anggota Tata Surya

  • Matahari
@wikipedia

Matahari dalam tata surya kita berperan sebagai pusat dari tata surya. Hal ini karena matahari merupakan bintang yang paling besar dalam sistem tata surya kita yang dapat memancarkan cahaya sendiri untuk planet-planet yang ada yang mengelilinginya karena adanya gaya gravitasi dari matahari ini.

Artikel Terkait : Penjelasan Lengkap 5 Lapisan Atmosfer Bumi

Matahari memiliki massa 300.000 kali massa bumi. Diameter matahari adalah 1.400.000 kilometer atau sekitar 110 kali ukuran bumi. Jarak dari bumi ke matahari yaitu sekitar 149 juta kilometer.

Matahari memiliki gaya gravitasi yang besarnya 28 kali lebih besar dari gaya gravitasi bumi. Suhu permukaan mataharti dapat mencapai antara 5000-6000 °C, sedangkan pada intinya suhunya bisa mencapai 15 juta °C. Panas dari matahari ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan tata surya khususnya bagi planet bumi.

  • Planet

Planet bisa tetap berada di jalur orbitnya karena adanya gaya gravitasi matahari. Dan hal inilah yang membuat planet-planet selalu berputar mengelilingi matahari. Lintasan planet mengelilingi matahari disebut dengan orbit.

Sementara gerakan planet dalam mengelilingi matahari disebut dengan revolusi, dan waktu yang diperlukan planet untuk berputar pada porosnya disebut dengan rotasi. Berikut planet yang ada dalam tata surya kita.

1. Planet Merkurius

@kafeastronomi

Planet Merkurius adalah planet yang jaraknya paling dekat dengan matahari, yaitu sekitar 58 juta kilometer. Planet Merkurius ini juga menjadi planet terkecil dalam tata surya kita dengan ukuran diameter sekitar 4900 kilometer.

Planet ini memiliki permukaan yang berlubang-lubang dan tidak rata. Atmosfer planet Merkurius sangatlah tipis sehingga suhunya pada siang hari bisa mencapai 430 °C. Planet ini dapat kita lihat di langit pada saat matahari terbit dan akan terbenam. Planet ini tidak memiliki satelit alami.

2. Planet Venus

@teknotempo

Planet kedua yang berada dekat dengan matahari yaitu planet Venus. Planet Venus memiliki ukuran diameter 12.100 kilometer yang hampir sama dengan ukuran bumi. Planet ini dijuluki sebagai bintang fajar karena planet ini sangat terang sekali, sehingga dapat kita lihat sebelum matahari terbit. Dan dikenal juga sebagai bintang senja karena terlihat bersinar terang di ufuk barat saat matahari akan terbenam.

Planet Venus memiliki atmosfer yang sangat tebal sehingga dapat menahan sinar matahari sehingga planet ini terlihat paling terang dari bumi. Arah rotasi planet ini searah dengan jarum jam namun arah rotasinya berkebalikan dengan arah rotasi planet lain yang berputar melawan arah jarum jam. Planet ini tidak memiliki satelit alami.

3. Planet Bumi

@elcomercio

Bumi merupakan satu-satunya planet yang memiliki kehidupan. Atmosfer bumi terdiri dari nitrogen, oksigen, karbon dioksida dan uap air. Atmosfer ini yang berguna untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet yang berbahaya bagi makhluk hidup dan juga melindungi bumi dari radiasi yang berasal dari benda-benda langit disekitar bumi.

Selain itu juga untuk menjaga agar suhu bumi tetap sesuai dengan kebutuhan makhluk hidup yang ada. Jarak bumi dengan matahari yaitu sekitar 150 juta kilometer. Bumi memiliki diameter sekitar 12.750 kilometer. Bumi memiliki satelit alami yaitu Bulan. Bulan bergerak mengelilingi bumi dan mengelilingi matahari bersama dengan Bumi.

4. Planet Mars

@wikipedia

Planet Mars ini seringkali juga disebut dengan planet merah. Hal ini karena seringkali planet ini terlihat berwarna merah. Di dalam planet ini terdapat sebuah kawah dan gunung yang sangat tinggi dan besar dan sebagian wilayahnya adalah padang pasir yang ditutupi oleh debu dan batuan padat yang berwarna orange kemerahan sehingga menyebabkan planet ini tampak berwarna merah.

Jarak dari panet Mars ke Matahari adalah sekitar 228 juta kilometer. Dan planet ini memiliki diameter sekitar 6800 kilometer. Planet Mars memiliki 2 satelit alami yaitu Phobos dan Deimos.

5. Planet Yupiter

@idntimes

Planet Yupiter merupakan planet terbesar yang ada dalam sistem tata surya kita. Planet Yupiter memiliki diameter sekitar 142.700 kilometer yang ukurannya 11 kali lebih besar dari ukuran Bumi.

Artikel Terkait : Fungsi Tari Tradisional Indonesia

Baca Juga :  Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka

Jarak planet Yupiter ke Matahari yaitu sekitar 778 juta kilometer. Planet Yupiter memiliki atmosfer yang sebagian besar terdiri dari gas hidrogen dan gas helium. Lapisan atmosfernya inilah yang membuat planet ini terlihat sangat tebal seperti bola gas raksasa. Planet ini mempunyai 16 satelit alami yaitu diantaranya adalah satelit Ganymede, Europa, Io, dan Callisto.

6. Planet Saturnus

@kafeastronomi

Planet Saturnus merupakan planet yang paling indah yang ada di dalam tata surya kita. Planet ini memiliki tiga cincin dibagian atmosfernya. Sebetulnya cincin ini merupakan susunan partikel-partikel debu halus, kerikil kecil dan es yang sangat besar. Planet ini terlihat tampak berwarna kekuningan.

Diameter planet Saturnus yaitu sekitar 120.000 kilometer sedangkan jarak Saturnus dari Matahari yaitu sekitar 1.425 juta kilometer. Saturnus memiliki 31 satelit alami. Salah satu satelitnya yaitu Titan memiliki lapisan atmosfer sendiri.

7. Planet Uranus

@washingtonpost

Planet ini ditemukan oleh seorang astronom Inggris yang bernama Sir William Herschel pada tahun 1781. Atmosfer pada planet ini terdiri dari kandungan metana, helium dan hidrogen. Diameter planet Uranus yaitu sekitar 50.800 kilometer, sedangkan jaraknya ke Matahari yaitu sekitar 2.867 juta kilometer.

Planet Uranus berputar dari arah timur ke barat seperti planet Venus, tapi arah rotasinya tidak searah jarum jam melainkan dari atas ke bawah. Planet ini juga memiliki cincin tipis yang berwarna hijau kebiruan, namun tidak dapat dilihat dari Bumi. Planet Uranus memiliki 27 satelit alami, yaitu beberapa satelit terbesarnya seperti Ariel, Miranda, Umbriel, Titania, dan Oberon.

8. Planet Neptunus

@gulalives

Planet ini ditemukan oleh astronom Jerman yang bernama Blueish J.G pada tahun 1846. Planet Neptunus memiliki diameter sekitar 48.600 kilometer dengan jaraknya ke Matahari sekitar 4.486 juta kilometer. Planet ini sebenarnya juga memiliki cincin yang tersusun dari partikel-partikel debu namun tidak dapat nampak dari Bumi.

Atmosfer planet ini terdiri dari gas hidrogen dan gas helium. Planet Neptunus memiliki 4 cincin dan 11 satelit alami. Salah satu satelit terbesarnya yaitu adalah Triton.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai planet-planet yang ada di dalam sistem tata surya kita saat ini. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian semua.

Related posts: