Suami Yang Baik Menurut Alkitab [5 Tips Suami Menurut Iman Kristen]

Posted on

Pernikahan menjadi sebuah awal kehidupan bagi dua orang pasangan yang baru saja mengikat janji suci di hadapan Tuhan. Yang mana seseorang yang baru saja menikah akan memiliki kehidupan baru yang berbeda dari sebelumnya. Seorang laki-laki akan menjadi seorang sumai dan menjadi kepala rumah tangga serta imam bagi keluarganya. Dan seorang wanita akan menjadi seorang istri yang harus tunduk dan hormat kepada sang suami.

Akan tetapi tidak semua kehidupan pernikahan atau kehidupan rumah tangga ini mulus-mulus saja dan baik-baik saja seperti yang selalu diceritakan di dalam film-film. Pada kenyataannya kehidupan pernikahan akan selalu mengalami yang namanya goncangan dan juga masalah-masalah yang terjadi.

Namun justru pencobaan dan masalah-masalah yang ada inilah yang harusnya menjadi sebuah pemicu untuk suami istri menjadi lebih kuat lagi dan lebih setia lagi di dalam menjalani bahtera kehidupan rumah tangga. Sebagai seorang suami, kita juga harus bisa menjadi seorang pemimpin yang baik bagi keluarga kita.

Kita harus bisa menjadi imam yang baik dan menuntun keluarga kita menuju kepada kasih Kristus. Sebab menjadi seorang suami yang baik pun tidak mudah dan tidak gampang. Oleh sebab itu Tuhan pun berkata kepada kita untuk senantiasa tetap berpegang teguh kepada-Nya dan tetap setia menantikan Dia serta juga selalu mengandalkan Dia di dalam setiap permasalahan yang ada.

Lalu bagaimanakah caranya untuk menjadi seorang suami yang baik berdasarkan dengan iman Kristen? Berikut ini akan saya berikan beberapa cara untuk menjadi seorang suami yang baik berdasarkan iman Kristen.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Silat Mandarin Terbaik [Review Singkat]

Cara Menjadi Suami Yang Baik Menurut Iman Kristen

1. Memiliki Kasih Allah

@ligonier

Salah satu ciri dari seorang suami yang baik menurut iman Kristen yaitu adalah seorang suami harus senantiasa memiliki kasih Allah di dalam dirinya. Dan walaupun telah memiliki seorang istri dan keluarga, seorang suami tetap harus memiliki rasa cinta dan kasih yang paling terutama kepada Tuhan Yesus Kristus di dalam hidupnya.

Sebab Tuhan merupakan pusat dari segala kasih yang ada di dunia ini. Oleh sebab itu sebagai seorang suami yang baik haruslah selalu memiliki kasih seperti kasih Kristus di dalam dirinya. Seorang suami yang baik harus dapat hidup dengan mengasihi istri, anak-anaknya, dan anggota keluarga lainnya atau bahkan orang lain yang ada di lingkungan sekitar.

Agar bisa memiliki kasih yang sama seperti Kristus, maka seorang suami harus belajar tentang kasih Kristus dan harus mau menyerahkan seluruh hidupnya agar dipimpin oleh Tuhan.

2. Setia

@hipwee

Seorang suami yang baik menurut iman Kristen yaitu adalah seorang suami yang memiliki rasa kesetiaan yang besar. Yang mana kita semua disini tentu tahu bahwa sepasang suami istri yang telah dipersatukan oleh Allah di dalam ikatan pernikahan tak boleh diceraikan oleh manusia.

Oleh sebab itulah maka diperlukan sebuah rasa kesetiaan yang sangat besar di dalam diri masing-masing baik itu suami maupun istri. Sebab dengan rasa kesetiaan tersebut maka kehidupan perkawinan atau kehidupan rumah tangga akan bisa bertahan dan berjalan sesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh Tuhan.

Baca Juga :  Meracik Pakan Lovebird Khusus untuk Lomba

Seorang suami harus memiliki rasa kesetiaan kepada istri dan keluarganya seperti rasa setianya kepada Tuhan. Tanpa adanya rasa kesetiaan di dalam diri seorang suami maka hal ini akan membuat kehidupan rumah tangga menjadi tidak baik dan bisa saja menyebabkan retaknya hubungan rumah tangga. Yang mana tentu saja hal ini tidak berkenan di hadapan Tuhan. Dan Tuhan sangat membenci yang namanya perceraian.

3. Bertanggung Jawab Dan Tegas

@scarymommy

Seorang suami memang menjadi seorang kepala rumah tangga dan menjadi pemimpin bagi keluarganya. Oleh sebab itulah seorang suami harus memiliki sikap yang tegas kepada istri maupun anak-anaknya. Seorang suami tak boleh suam-suam kuku dan tidak memiliki pendirian.

Namun seorang suami sebagai imam di dalam keluarga haruslah bisa tegas dengan keluarganya. Apabila istrinya atau anaknya berbuat kesalahan atau berbuat dosa maka seorang suami tak membiarkannya saja, dan seharusnya seorang suami mampu memberikan petunjuk yang benar kepada keluarganya untuk hidup sesuai dengan yang dikehendaki oleh Kristus.

Selain itu seorang suami tentu juga harus bertanggung jawab di dalam keluarga. Walaupun seorang istri harus tunduk dan hormat kepada sang suami, hal ini bukan berarti bahwa sang suami bisa berbuat dan bertindak seenaknya dan semaunya kepada istrinya.

Sebab tugas seorang suami haruslah bertanggung jawab kepada sang istri dan juga kepada keluarganya. Seorang suami harus mampu melakukan apa yang menjadi tanggung jawabnya kepada sang istri dan keluarganya.

Baca Juga :  Contoh Doa Sebelum Tidur Kristen Untuk Kita dan Keluarga

4. Bijaksana

@liveabout

Seorang suami harus bersikap bijaksana. Sebab seorang suami diharapkan bisa diandalkan oleh istrinya sebagai kaum yang lebih lemah menurut Alkitab. Oleh sebab itulah seorang suami ini harus senantiasa memiliki kebijaksanaan supaya ia bisa diandalkan oleh keluarganya.

5. Selalu Mengutamakan Yesus

@sabda

Cara agar bisa menjadi seorang suami yang baik yaitu adalah selalu mengutamakan Yesus di dalam segala tindakannya. Sebagai seorang Kristen tentu kita semua harus selalu mengutamakan Tuhan Yesus dan mengandalkan Tuhan Yesus di dalam segala aspek kehidupan kita semua.

Pun begitu juga dengan seorang suami yang baik maka ia harus bisa selalu menempatkan Tuhan Yesus sebagai yang terutama di dalam hidupnya. Sebagai seorang suami yang baik seharusnya selalu mengandalkan Tuhan dan menempatkan Tuhan sebagai yang pertama dan terutama di dalam hidupnya.

Sebab Tuhanlah yang merupakan kepala keluarga yang Agung di bumi ini. Seorang suami yang baik harus selalu memandang kepada Tuhan dan memiliki kasih Tuhan supaya ia bisa memimpin istri dan keluarganya menuju ke jalan yang dikehendaki oleh Tuhan Yesus.

Related posts: