Penjelasan Lengkap Struktur Lapisan Bumi

Posted on

Bumi merupakan salah satu planet yang ada di tata surya yang kita tinggali saat ini. Bumi yang kita tinggali ini di perkirakan oleh para ilmuwan sudah terbentuk sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu. Dan bumi merupakan satu-satunya planet yang ada di tata surya yang dapat ditinggali dan dihuni oleh berbagai macam jenis makhluk hidup di dalamnya.

Struktur Lapisan Bumi

@ilmusiana.com

Hal ini diantaranya yaitu karena di dalam bumi terdapat kandungan oksigen dan air yang dapat menunjang dan mendukung keberlangsungan hidup makhluk hidup yang tinggal di dalam nya. Bumi adalah planet ke 3 (tiga) yang terdekat dari matahari setelah planet Merkurius dan Venus. Jarak dari bumi ke matahari sendiri yaitu sekitar 150 juta kilometer.

Planet bumi ini bentuknya yaitu oval seperti sebuah bola yang ditekan pada bagian atas dan bawahnya (kutub) sehingga akan menyebabkan munculnya tonjolan pada bagian sampingnya (khatulistiwa). Bentuk bumi yang oval ini antara lain disebabkan karena perputaran bumi pada porosnya atau biasa disebut dengan rotasi bumi yang dapat membuat ukuran diameter lingkaran khatulistiwa 43 kilometer lebih besar di bandingkan dengan ukuran diameter dari kutub utara ke kutub selatan. Yang mana diameter rata-rata bumi sendiri adalah 12.742 kilometer.

Artikel Terkait : 7 Temuan Ilmuwan Muslim Terhebat Sepanjang Sejarah

Planet bumi juga termasuk sebagai planet karang, karena sebagian besar struktur lapisan bumi adalah berupa batuan. Bumi memiliki lapisan struktur yang berlapis-lapis mulai dari atas atmosfer hingga sampai ke dalam inti bumi yang ada di dalam perut bumi. Lapisan planet bumi sendiri terdiri dari lapisan atas dan lapisan bawah. Lalu tahukah kalian dengan apa saja penyusun lapisan bumi tersebut mulai dari lapisan atas hingga sampai dengan lapisan bawah yang ada di bumi? Disini akan saya berikan sedikit penjelasannya kepada kalian semua mengenai lapisan-lapisan bumi.

Lapisan-lapisan Bumi

1. Lapisan Atas

Lapisan atas atau yang biasa disebut juga dengan lapisan atmosfer bumi ini merupakan susunan lapisan bumi yang tersusun dari gas yang menutupi seluruh permukaan bumi. Lapisan atmosfer ini membentang sejauh ratusan kilometer ke atas dari permukaan bumi dengan setiap tingkatannya mempunyai kerapatan dan kepadatan gas nya sendiri-sendiri, sehingga semakin kita ke atas maka kadar oksigen akan semakin menipis.

Para ahli dan ilmuwan membagi lapisan atmosfer ini menjadi dua bagian, yaitu lapisan atmosfer bagian bawah yang di mulai dari permukaan bumi hingga ketinggian sekitar 50 kilometer. Dan yang kedua adalah lapisan atmosfer bagian atas yang mulai dari ketinggian 50 kilometer hingga sampai ke lapisan atmosfer yang paling atas. Berikut ini bagian-bagian lapisan yang ada pada lapisan atmosfer bumi kita.

  • Lapisan Troposfer

Lapisan troposfer merupakan lapisan atmosfer yang paling rendah, yaitu yang paling dekat dengan permukaan bumi. Pada lapisan troposfer inilah terdapat lapisan udara di bumi yang dihirup oleh makhluk hidup yang ada di bumi setiap harinya.

Ketinggian rata-rata dari lapisan troposfer yaitu mulai dari permukaan bumi hingga 11 kilometer sampai pada lapisan perbatasan 50 kilometer. Sementara temperatur pada lapisan troposfer rata-rata akan mengalami kenaikan 15°C pada permukaan laut dan akan turun sekitar -56°C seiring dengan kenaikan ketinggian.

Pada umumnya lapisan troposfer ini terdiri dari gas oksigen, nitrogen, serta gas rumah kaca yang mendominasi lapisan bumi. Lapisan troposfer berfungsi untuk menjaga suhu pada atmosfer supaya tetap stabil dan bisa mendukung kehidupan yang ada di bumi.

  • Lapisan Stratosfer

Lapisan stratosfer ini berada di ketinggian antara 11 kilometer hingga 50kilometer. Pada lapisan stratosfer dibagi menjadi dua lapisan, yaitu lapisan atas yang berfungsi untuk proses pembentukan ozon dan menyerap sinar UV. Dan yang kedua adalah lapisan stratosfer bawah yang berfungsi untuk memecah ozon dan menyerap sinar UV yang lebih rendah. Lapisan stratosfer ini bermanfaat untuk melindungi permukaan bumi dari radiasi sinar UV yang berlebihan.

  • Lapisan Mesosfer

Di atas lapisan stratosfer terdapat lapisan mesosfer yang memiliki ketinggian antara 50 kilometer hingga 85 kilometer. Di lapisan mesosfer ini terjadi konsentrasi ozon yang mengalami penurunan cukup besar yang terjadi pada saat altitude mengalami kenaikan. Sehingga akan mengakibatkan penyerapan sinar UV yang terserap akan sangat kecil.

  • Lapisan Termosfer

Lapisan termosfer berada di ketinggian sekitar 85 kilometer hingga 500 kilometer dari permukaaan bumi. Pada lapisan termosfer ini memiliki kerapatan yang sangat rendah sekali. Temperatur yang ada pada lapisan termosfer ini juga bisa naik hingga mencapai 1200°C. Di lapisan termosfer ini juga terjadi proses ionisasi partikel yang bisa dipakai sebagai jalur perambatan pada gelombang radio.

  • Lapisan Eksosfer

Lapisan eksosfer merupakan lapisan atmosfer yang paling atas. Lapisan eksosfer ini memiliki ketinggian hingga mencapai 1000 kilometer. Lapisan ini merupakan lapisan atmosfer yang paling panas. Dan lapisan inilah yang menjadi pelapis pertama yang melindungi bumi dari benturan saat adanya asteroit, meteor maupun benda-benda luar angkasa lainnya yang akan memasuki orbit bumi. Dengan adanya lapisan ini maka benda-benda langit yang akan masuk ke orbit bumi akan hancur terlebih dahulu sebelum dapat menyentuh lapisan permukaan bumi.

 

Baca Juga :  Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli [Ciri - Ciri dan Contoh]

2. Lapisan Dalam

@freepik

Pada bagian dalam bumi juga terdapat beberapa lapisan yang menyusunnya. Berikut ini beberapa bagian lapisan yang ada di dalam bumi.

  • Kerak Bumi

Kerak bumi adalah struktur lapisan bumi yang paling luar yang berada di planet bumi. Pada lapisan kerak bumi inilah makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan hidup. Kerak bumi memiliki ketebalan sekitar 5-70 kilometer.

Artikel Terkait : Pengertian Lengkap Rotasi dan Revolusi Bumi

Lapisan kerak bumi ini tersusun atas bebatuan, gas oksigen, dan beberapa bahan kimia seperti besi, kalsium, alumunium, dan lain-lain. Karena ketebalannya berbeda maka kerak bumi ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu kerak benua yang memiliki ketebalan hingga 70 kilometer dan kerak samudera yang memiliki ketebalan antara 5 hingga 15 kilometer.

  • Selimut Bumi

Lapisan selimut atau mantel bumi ini merupakan lapisan yang paling tebal di dalam bumi. Pada lapisan ini juga terdapat kandungan magma yang sering keluar pada saat terjadi erupsi gunung berapi. Lapisan ini memiliki ketebalan hingga 2900 kilometer. Lapisan ini terdiri dari kandungan besi, magnesium, kalium, aluminium, oksigen serta silikon. Suhu pada lapisan mantel bumi ini bisa mencapai hingga 3000°C.

  • Inti Bumi Bagian Luar

Inti bumi adalah bagian yang paling dalam dari struktur lapisan bawah bumi. Lapisan inti bumi bagian luar ini memiliki ketebalan 2000 kilometer dan terdiri dari bahan besi dan nikel yang sangat panas. Pada inti bumi bagian luar ini memiliki suhu hingga 2000°C.

  • Inti Bumi Bagian Dalam

Lapisan inti bumi bagian dalam ini merupakan pusat yang paling dalam dari inti bumi yang ada. Memiliki kedalaman hingga 5200 kilometer dari kerak bumi dengan suhu mencapai 4500°C. Inti bumi bagian dalam ini memiliki diameter yang bisa mencapai 2700 kilometer. Para ilmuwan berpendapat bahwa lapisan inti bumi bagian dalam ini tersusun dari besi dan nikel.

Ternyata bumi yang kita tinggali ini terdiri dari berbagai macam lapisan yang ada ya. Semoga penjelasan saya di atas mengenai struktur bumi dapat menambah pengetahuan kalian semua.

Related posts: