Gambar, Struktur dan Fungsi Organel Sel

Posted on

Sel ialah sebuah unit fungsional terkecil yang terdapat pada makhluk hidup jenis apa pun, baik itu dari manusia, hewan dan tumbuhan semua nya memiliki sel di dalam nya. Sel ini bisa kita temukan di seluruh organ yang ada dan terdapat pada tubuh makhluk hidup itu sendiri. Sama seperti dengan makhluk yang tersusun atas beberapa organ yang menyusun nya, sel pun juga mempunyai organ-organ penyusun nya sendiri yang di sebut dengan organel sel.

Fungsi Organel Sel

@masterpendidikan.com

Organel sel ini mempunyai fungsi yang spesifik atau khusus yaitu organel sel berfungsi untuk menunjang kehidupan sel yang ada. Tanpa ada nya organel sel maka sel-sel yang ada di dalam tubuh makhluk hidup tersebut akan mati dan tidak berfungsi lagi. Pada masing-masing organel sel akan melakukan tugas nya masing-masing sesuai dengan fungsi dan kegunaan nya.

Jika di lihat dari secara umum, maka organel sel ini mempunyai fungsi yaitu untuk menunjang kehidupan sel itu sendiri. Sama hal nya dengan mitokondria yang memiliki fungsi untuk mendapatkan energi supaya sel tetap dapat hidup dan berfungsi dengan baik, ribosom yang memiliki fungsi untuk menghasilkan protein, nucleus yang memiliki fungsi di dalam proses replikasi sel, lisosom yang memiliki fungsi di dalam organ pencernaan yang ada di tingkat sel, serta masih banyak lagi fungsi-fungsi dari sel yang berguna bagi tubuh dan kelangsungan makhluk hidup.

Dengan kata lain organel sel dapat di katakan sebagai suatu komponen penyusun dari suatu sel yang sifat nya hidup. Organel sel ini merupakan sebuah bagian terpenting yang ada di dalam sel yang mempunyai fungsi sebagai pengatur proses kehidupan yang ada di dalam suatu sel. Disini akan saya berikan sedikit penjelasan mengenai struktur yang ada di dalam organel sel ini.

Struktur Organel Sel

1. Membran Sel

Membaran sel ialah sebuah struktur sel yang memiliki fungsi yaitu memisahkan sel antara lingkungan dalam dan lingkungan luar sel. Membran sel ini tersusun dari gabunga lemak dan protein. Membran sel ini memiliki sifat yang semipermeable atau selektifpermeable dimana membaran sel ini bisa di lalui dan di lewati oleh beberapa zat tertentu saja.

Artikel Terkait : Gambar Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya

Baca Juga :  Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

Secara keseluruhan membaran sel memang berfungsi dalam perlindungan sel dari luar. Namun ada lagi beberapa fungsi dari membaran sel ini, di antaranya yaitu adalah sebagai berikut:

  • Sebagai sekat antara lingkungan dalam dan lingkungan luar sel
  • Tempat terjadi nya reaksi kimia, contoh nya seperti proses respirasi sel
  • Penjaga kestabilan pH, kestabilan ion, serta untuk membuang sisa hasil metabolisme sel
  • Sebagai reseptor yang di terima akibat ada nya rangsangan dari luar
  • Pengontrol transportasi sel, baik itu dari dalam ke luar maupun sebalik nya

 

2. Sitoplasma

Sitoplasma atau yang biasa di sebut juga dengan cairan sel merupakan sebuah matriks yang ada di antara membran sel dan inti sel (nucleus). Sitoplasma ini terdiri dari sitosol yang memiliki sifat koloid dan organel-organel sel yang menjadi bagian dari penunjang sel.

Karena ada nya koloid di dalam sitoplasma, maka sitoplasma ini bisa berada di dalam dua fase, yaitu fase padat dan fase cair. Adapun fungsi dari sitoplasma yaitu adalah sebagai berikut ini:

  • Tempat penyimpanan berbagai macam bahan kimia yang di perlukan oleh sel
  • Tempat berlangsung nya proses metabolisme sel dalam tubuh
  • Tempat dari sitoskeleton yang memiliki fungsi untuk menjaga bentuk dan konsistensi sel
  • Menjamin terjadi nya pertukaran zat, supaya metabolisme sel di dalam tubuh dapat berlangsung

 

3. Organel Sel

Di dalam organel sel ini memiliki berbagai macam bagian yang memiliki fungsi dan kegunaan nya masing-masing. Berikut adalah beberapa bagian yang ada di dalam organel sel:

  • Nukleus (Inti Sel)

Nukleus atau inti sel ini mempunyai peran di dalam seluruh aktivitas yang ada di dalam sel, mulai dari proses metabolisme hingga pembelahan sel. Nukleus ini tersusun dari membrane inti (karioteka), nukleoplasma (kariolimfa), nucleolus (anak inti), dan kromosom.

Nukleus pada umum nya memiliki bentuk yang lonjong, bulat, dan tidak beraturan yang biasa nya dapat di temukan di bagian tengah sel dan merupakan suatu jenis organel sel yang paling besar yang ada di dalam suatu sel.

  • Retikulum Endoplasma (RE)

Retikulum endoplasma ialah sebuah sistem membrane yang memiliki bentuk seperti lipatan yang menghubungkan antara membrane sel dengan membrane inti. Bentuk dari retikulum endoplasma ini yaitu mirip seperti bentuk jala.

Retikulum endoplasma ini mempunyai peran penting di dalam proses transportasi zat intra sel. Retikulum endoplasma ini di bagi menjadi dua, yaitu retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus.

Perbedaan nya yaitu terletak pada bagian permukaan nya. Apabila terdapat ribosom pada permukaan nya maka di sebut dengan retikulum endoplasma kasar, sedangkan jika tidak terdapat ribosom pada permukaan nya maka bisa di sebut dengan retikulum endoplasma halus.

  • Ribosom

Ribosom adalah suatu senyawa organel sel yang mengandung RNA. Bentuk dari ribosom ini yaitu bulat dan memiliki ukuran yang kurang lebih sekitar 20 nm. Bagian organel sel ini tidak memiliki membran dan di susun dari asam ribonukleat. Fungsi dari ribosom sendiri yaitu adalah untuk sistesis protein yang akan di transpor menuju ke bagian organel lain nya untuk kemudian di proses.

  • Badan Mikro

Badan mikro ialah sebuah organel sel yang berbentuk bulat dan memiliki ukuran sekitar 0,1-1,5 nm. Badan mikro ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Glioksisom yang dapat menghasilkan enzim yang berperan di dalam penguraian karbohidrat selama perkecambahan sel, dan Peroksisom yang dapat menghasilkan enzim metabolisme.

  • Lisosom

Lisosom bentuk nya seperti kantung-kantung kecil yang merupakan hasil dari apparatus golgi. Lisosom ini bisa menghasilkan enzim pencernaan yang dapat berfungsi di dalam proses pencernaan intra sel.

Artikel Terkait : Pengertian, Jenis dan Penerapan Induksi Elektromagnetik

Baca Juga :  Contoh Surat Kuasa [Passpor, Tanah, BPKB, Gaji & Dokumen Ijazah]

Menurut fungsi nya, lisosom di bagi menjadi dua jenis, yaitu lisosom primer dan lisosom sekunder. Lisosom primer berfungsi untuk menghasilkan enzim yang belum aktif, sedangkan pada lisosom sekunder berfungsi dan berperan di dalam proses pencernaan.

  • Sentrosom

Sentrosom ialah sebuah organel sel yang berbentuk seperti bintang dan hanya terdapat di dalam sel hewan. Sentrosom memiliki fungsi di dalam proses pembelahan sel yakni dengan cara membentuk benang spindle yang akan menarik kromosom menuju ke arah berlawanan.

  • Mitokondria

Mitokondria memiliki bentuk yang bulat, batang atau oval serta memiliki fungsi yaitu sebagai tempat respirasi sel yang menghasilkan ATP sebagai energi untuk sel. Mitokondria hanya terdapat pada sel aerob saja. Mitokondria mempunyai dua membrane, yaitu membrane dalam dan membrane luar.

Bagian yang ada di antara membrane dalam dan membrane luar pada mitokondria ini di sebut sebagai matriks mitokondria. Bagian ini mengandung DNA, RNA, robosom, serta enzim yang bisa mengendalikan pernafasan.

Nah itulah tadi sedikit penjelasan mengenai organel sel dan fungsinya. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian semua.

Related posts: