Solusi, Dampak dan Proses Terjadi Global Warming

Posted on

Pemanasan global atau yang biasa disebut dengan global warming merupakan suatu kondisi dimana terjadi kenaikan suhu rata-rata bumi khususnya pada lapisan bawah bumi (troposfer) secara menyeluruh, baik itu di daratan maupun di lautan. Perlu kita ketahui bahwa bumi yang kita pijak ini terdiri dari beberapa lapisan udara, diantaranya yaitu lapisan atas (stratosfer) dan lapisan bawah (troposfer).

Tentang Global Warming

@slideshare

Global warming bisa kita rasakan karena setiap tahunnya suhu di bumi mengalami peningkatan sehingga bumi akan terasa lebih panas dari biasanya. Pemanasan global atau global warming ini tidak terjadi secara begitu saja. Banyak sekali hal-hal yang menyebabkan terjadinya global warming.

Dan bisa saja tanpa kita sadari ternyta apa yang kita lakukan bisa saja memiliki dampak yang tidak baik terhadap bumi dan bisa menimbulkan global warming. Lalu tahukah kalian bagaimana proses terjadinya global warming itu sendiri? Disini akan saya berikan penjelasan lengkap mengenai global warming mulai dari penyebabnya, proses terjadinya dan cara untuk mengatasinya.

Penyebab Global Warming

Penelitian mengatakan sejak tahun 1980 suhu di bumi meningkat 1 derajat celcius setiap tahunnya. Hal ini umumnya disebabkan oleh perilaku manusia yang tidak bertanggug jawab. Inilah beberapa ulah manusia yang dapat menyebabkan global warming.

  • Efek Gas Rumah Kaca

Ini merupakan penyebab paling umum yang dapat mengakibatkan global warming. Gas rumah kaca ini seperti karbon dioksida, sulfur oksida, uap air, dan masih banyak lagi.

Saat sinar matahari masuk ke bumi, permukaan bumi hanya dapat menyerap sebagian dari sinar mathari dan yang sebagian lagi terpantul ke atas langit. Tapi sayang radiasi yang khususnya infra merah yang ada pada sinar matahari tersebut sebagian dapat menembus atmosfer dan sisanya lagi terjebak di atmosfer karena terhalang oleh gas rumah kaca.

Artikel Terkait : Penjelasan, Dampak dan Jenis Sampah Pada Lingkungan

Gas rumah kaca yang terpental ke atmosfer tadi menyebabkan radiasi sinar matahari kembali ke permukaan bumi dan tersimpan dalam permukaan bumi yang menyebabkan bumi memanas. Peristiwa ini terus berulang setiap tahunnya. Namun tahukah kalian bahwa sebenarnya gas rumah kaca itu juga penting, karena jka tidak ada gas rumah kaca bumi akan tertutup salju dan suhunya akan dingin sekali.

  • Penggunaan CFC

Cloro Flour Carbon (CFC) merupakan gabungan bahan kimia yang dipakai untuk bagian alat-alat rumah tangga. Beberapa alat rumah tangga yang menggunakan CFC yaitu seperti kulkas dan AC.

Karena suhu di bumi semakin panas maka banyak orang yang menggunakan kedua alat tersebut. Hal ini tentu akan memperparah keadaan suhu di bumi yang makin panas karena dampak penggunaan CFC ini.

  • Aktifitas Kendaraan BBM dan Pabrik

Jumlah kendaraan berbahan bakar minyak di dunia saat ini mencapai 1 milyar unit. Bisa kita bayangkan berapa banyak gas karbon dioksida dan gas monoksida yang dihasilkan ke udara setiap harinya.

Ini juga belum termasuk dengan pabrik-pabrik di dunia yang menghasilkan asap dari cerobongnya. Hal ini akan lebih memperparah keadaan bumi dan semakin meningkatnya global warming.

  • Penebangan Pohon

Makin maraknya pembalakan liar dan kebakaran hutan karena ulah manusia mengakibatkan berkurangnya jumlah pohon di bumi. Hal ini tentu juga akan dapat memperparah global warming.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pohon atau tumbuhan dapat menyerap gas-gas berbahaya seperti karbon dioksida dan pohon bisa menghasilkan gas oksigen sehingga pohon memiliki peran yang sangat penting sebagai paru-paru dunia.

 

Baca Juga :  Fakta, Proses, Sejarah dan Teori Terbentuknya Bumi

Proses Terjadinya Global Warming

Proses terjadinya global warming secara singkat dapat saya jelaskan sebagai berikut:

  1. Sebagian sinar matahari yang masuk diserap oleh bumi dan sebagian dipantulkan kembali ke atmosfer.
  2. Sebagian pantulan dari bumi sebagiannya terus ke langit dan radiasi sebagian dipantulkan lagi oleh atmosfer ke bumi.
  3. Pantulan panas dari atmosfer dipantulkan kembali ke udara dari permukaan bumi lalu diteruskan oleh atmosfer ke luar angkasa.
  4. Sisa dari radiasi matahari tersebut yang tinggal di permukaan bumi yang menyebabkan suhu bumi meningkat.

Gejala Global Warming

Global warming atau pemanasan global terjadi secara perlahan-lahan sehingga seringkali kita tidak menyadari adanya global warming tersebut. Lalu bagaimana kita bisa tau bahwa adanya tanda-tanda dari global warming tersebut? Inilah beberapa gejala global warming yang bisa kita lihat dan rasakan untuk mengetahui adanya global warming pada bumi kita.

  • Musim hujan tidak teratur dan sulit untuk diprediksi
  • Sering terjadi badai, seperti angin puting beliung dan topan
  • Bencana alam seperti banjir dan tanah longsor terjadi dimana-mana
  • Kebakaran hutan secara besar-besaran
  • Banyak terumbu karang yang memutih
  • Satelit bergerak lebih cepat dari biasanya
  • Meningkatnya kasus alergi

Dampak Global Warming

Secara umum dampak dari pemanasan global bisa kita rasakan seperti berikut

  • Es Meleleh

Es yang ada diseluruh dunia khususnya di Antartika dan Laut Arktik terus mencair setiap tahunnya akibat dari global warming ini. Hal ini menyebabkan kondisi permukaan perairan di muka bumi meninggi yang bisa berdampak dengan tenggelamnya pulau-pulau yang ada disekitar lautan.

  • Penurunan Dan Kepunahan Spesies

Dampak lain dari global warming yaitu menurunnya spesies makhluk hidup di bumi khusunya yang ada di daerah kutub seperti penguin. Penelitian mengatakan bahwa saat ini terdapat 11.000 penguin di kutub sedangkan 30 tahun yang lalu populasinya mencapai 32.000.

Hal ini disebabkan oleh adanya pemanasan global yang terjadi terus menerus. Selain penguin, spesies seperti ikan dan beruang kutub yang ada pun juga terus mengalami penurunan jumlahnya akibat dari global warming.

  • Pergantian Cuaca Yang Ekstrim

Salah satu dampak dari global warming yaitu pergantian cuaca yang cukup ekstrim. Contohnya seperti hujan salju yang turun di Arab beberapa waktu yang lalu yang mana hal ini menjadi sangat aneh karena sepanjang abad tidak pernah terjadi hujan salju disana.

Artikel Terkait : Penjelasan Lengkap Jenis Bahan Bakar Pesawat Terbang

Baca Juga :  Perbedaan Puasa Asyura, Puasa Muharram, Dan Puasa Daud

Dampak lainnya yaitu menguatnya angin dan badai di setiap daerah. Dan daerah yang dulunya sering diguyur hujan seperti Ethiopia kini malah mengalami kekeringan hebat akibat dampak dari global warming ini.

Cara Mengatasi Global Warming

Beberapa cara berikut ini bisa kalian lakukan untuk mengatasi terjadinya pemanasan global di bumi.

  • Reboisasi

Reboisasi atau penanaman pohon kembali merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi global warming. Karena sebagaimana kita ketahui bahwa pohon merupakan paru-paru dunia yang sangat penting untuk menjaga ekosistem yang ada. Setidaknya tanamlah satu pohon disekitar tempat tinggal kalian agar dapat mengurangi dampak dari global warming.

  • Cerdas Dalam Berkendara

Sebaiknya gunakanlah transportasi umum untuk bepergian kemana-mana. Apalagi jka jaraknya dekat, lebih baik gunakan sepeda atau berjalan kaki saja. Hal ini dapat mengurangi polusi udara yang bisa memperparah global warming.

  • Pakai Kipas Angin

Jika kalian merasakan panas, jangan sedikit-sedikit menyalakan AC. Tapi gunkanlah kipas angin saja. Karena di dalam AC terdapat CFC yang bisa merusak lapisan ozon pada atmosfer, yang mana hal ini bisa mempercepat proses terjadinya pemanasan global.

Itulah tadi sebagian informasi mengenai pemanasan global atau global warming. Sudah sepatutnya kita menjaga dan merawat ekosistem di bumi dengan baik agar bumi yang kita tinggali ini aman dan nyaman untuk ditinggali bagi semua makhluk yang ada.

Mengurangi global warming, proses terjadinya pemanasan global
Related posts: