Skill/Kemampuan Yang Harus Dimiliki Oleh Mahasiswa Baru

Posted on

Tak terasa sebentar lagi tahun ajaran baru akan segera dimulai. Setelah melewati minggu-minggu yang penuh dengan ujian dan juga setelah menanti hasil pengumuman ujian serta kelulusan kini waktunya untuk naik menuju ke tingkat selanjutnya yang lebih tinggi. Untuk siswa-siswi kelas 12 SMA/SMK dan sederajat tentu mereka akan lulus dari sekolah dan melanjutkan ke bangku kuliah. Yang mana tentu saja kuliah dengan sekolah biasa ini tentu akan sangat berbeda sekali.

Sehingga buat kalian calon-calon mahasiswa baru yang baru lulus sekolah harus mempersiapkan diri dan juga mental dengan baik untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Sebab menempuh pendidikan di bangku kuliah ini juga tidak bisa dianggap enteng dan dianggap remeh. Di jenjang pendidikan yang satu inilah nantinya kalian akan mencurahkan seluruh tenaga dan pikiran yang kalian miliki.

Proses yang Panjang dan Biaya yang tak Murah

Selain itu biaya juga akan terkuras banyak, mulai dari untuk proses pendaftaran hingga selama menjalani masa perkuliahan hingga akhirnya lulus nanti. Dan masih banyak lagi hal-hal yang harus kalian persiapkan dengan matang sebelum mulai masuk ke dunia perkuliahan. Oleh sebab itulah bagi para calon mahasiswa baru yang akan memasuki dunia perkuliahan sebaiknya memang memiliki beberapa skill atau kemampuan khusus yang ada di dalam diri mereka masing-masing.

Yang mana dengan skill ini maka kalian sebagai mahasiswa baru akan dapat menghadapi dan menjalani masa pendidikan di bangku kuliah ini dengan baik. Dan juga sebaiknya skill tersebut sudah dipersiapkan dengan matang mulai dari sekarang agar kalian nantinya tidak kaget saat sudah masuk kuliah dan menjalani hidup sebagai seorang mahasiswa. Apa saja skill yang seharusnya wajib untuk dimiliki oleh calon mahasiswa baru yang harus dikuasai sebelum kuliah? Berikut akan saya berikan beberapa skill yang penting untuk dikuasai sebagai mahasiswa baru.

Baca Juga :  Susunan Makalah Mahasiswa [Lengkap]

Skill Wajib Mahasiswa Baru

1. Manajemen Waktu

@kajianpustaka

Menjadi seorang mahasiswa tentunya akan menjadikan kalian sebagai seorang yang super sibuk. Kalian akan mulai direpotkan dengan berbagai macam kegiatan di kampus, mulai dari kegiatan perkuliahan formal hingga kegiatan organisasi dan segudang kegiatan lainnya yang wajib untuk diikuti oleh mahasiswa baru. Sehingga maka hal inilah yang menyebabkan kalian tidak memiliki banyak waktu luang untuk bersantai, dan kalian harus menjaga kesehatan dengan baik di tengah kegiatan yang banyak ini.

Yang terlebih penting kalian harus dapat mengatur waktu kalian dengan sebaik mungkin. Kalian harus belajar untuk memanajeman waktu dan juga menetapkan prioritas supaya prestasi akademik kalian dapat seimbang dengan kegiatan-kegiatan non formal yang berguna untuk mengasah soft skill. Dan juga jangan lupa luangkan sedikit waktu untuk istirahat.

2. Menyesuaikan Diri

@berwirausaha

Semakin kita dewasa, sangatlah penting jika bisa menyesuaikan diri. Semasa anak-anak, mungkin orang-orang yang ada di sekitar kita masih memberikan pengertian dan mengalah. Namun hal tersebut tidak berlaku di masa kuliah. Misalnya saja saat kalian takut untuk melakukan presentasi di depan umum. Dosen mungkin akan mencoba mengerti, tapi untuk mendapatkan nilai yang baik tentunya kalian tetap harus melakukan presentasi yang baik.

Solusinya yaitu adalah dengan mendatangi pusat dukungan mahasiswa yang ada di Universitas. Disana mereka akan memberikan beberapa masukkan serta melatih kalian. Mungkin disana terdapat senior kalian yang dulunya juga memiliki rasa tidak percaya diri untuk berbicara di tempat umum.

3. Komunikasi

@seputarmahasiswa

Pada saat kuliah kalian nantinya pasti akan menemukan banyak keunikan dan perbedaan diantara teman-teman sesama mahasiswa baru, karena mereka berasal dari berbagai daerah dengan bahasa serta kebudayaan yang berbeda. Situasi inilah yang harus bisa membuatmu memperkuat kemampuan berkomunikasi.

Tentunya dengan tujuan agar memiliki jaringan yang lebih luas, tidak hanya dengan teman sekelasmu saja, tapi dengan teman satu jurusan, kakak tingkat, teman dari berbagai fakultas, bahkan bisa juga dengan dosen. Berkomunikasi dengan dosen tentunya akan berbeda dengan berkomunikasi dengan teman.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Olahraga Untuk Meninggikan Badan

Kalian harus bisa membedakan dan juga perlu diingat bahwa setiap dosen memiliki karakter yang berbeda-beda. Janganlah ragu untuk mulai berkomunikasi dengan dosen, karena hal tersebut bisa menjadi nilai tambah di mata mereka.

4. Bekerja Sama

@idntimes

Saat menjadi seorang mahasiswa baru, salah satu skill terpenting yang harus dimiliki yaitu adalah skill dalam bekerja sama. Hal ini menjadi sebuah hal wajib yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa saat kuliah nantinya. Sebab hampir seluruh tugas kuliah akan mengharuskan kalian untuk bekerja secara tim atau secara kelompok bukan secara individual.

Pada saat kalian dapat mengasah kemampuan dan skill di dalam bekerja dalam tim ini maka nantinya kalian akan dapat memenuhi tujuan bersama dengan teman-teman anggota kelompok lain yang mungkin memiliki pendapat yang berbeda dengan kalian. Disinilah kalian juga akan di latih untuk dapat bermusyawarah dan bermufakat dengan baik dan benar.

5. Mencatat

@yukepo

Saat kuliah salah satu skill yang harus dikembangkan yaitu adalah mencatat. Sebab dengan mencatat inilah maka akan dapat mempermudah kalian di dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Asal kalian tahu saja dosen perkuliahan akan lebih cuek kepada mahasiswanya tentang hal mencatat materi pelajaran ini. Tentu berbeda sekali dengan guru semasa sekolah dahulu yang mungkin masih memberikan kalian kesempatan waktu khusus untuk mencatat materi.

Oleh sebab itulah sebaiknya kalian harus membiasakan diri sendiri untuk mulai belajar mencacat setiap materi yang disampaikan oleh guru mulai dari sekarang. Dan sebaiknya kalian juga harus dapat mencari sebuah cara atau metode khusus yang efektif supaya kalian tidak banyak tertinggal materi perkuliahan. Sebagai mahasiswa baru kalian harus dapat mencatat poin-poin penting tanpa harus membuang waktu pada saat jam perkuliahan berlangsung.

Baca Juga :  Penjelasan Hukum Kepler dan Hukum Newton

6. Mengoperasikan Komputer

@kumparan

Bagi kalian calon mahasiswa baru wajib hukumnya untuk dapat mengoperasikan komputer dasar. Yang paling dasar seperti menjalankan Microsoft Office Word, Excel, dan Power Point. Sebab software inilah yang akan mempermudah kalian dalam mengerjakan tugas perkuliahan nantinya.

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang seiring dengan kemajuan teknologi, proses pengajaran di kampus pun sudah memanfaatkan penggunaan teknologi. Sehingga sebagai mahasiswa kalian harus terbiasa untuk mengoperasikan komputer dan teknologi lainnya.

7. Bersosialisasi

@ehef

Di jenjang perkuliahan nanti, kalian tentu akan bertemu banyak orang baru mulai dari teman-teman yang berasal dari berbagai penjuru daerah, senior-senior dari bermacam-macam jurusan, hingga para dosen dan staf kampus yang akan menemani kalian sampai lulus. Kalian tentu akan sering berinteraksi dengan mereka, oleh karena itu kalian membutuhkan yang namanya social skill yang baik untuk memuluskan jalan kalian dalam bertahan hidup.

Nah, social skill utama yang harus kalian kuasai ini adalah skill dalam membuka obrolan. Jangan lupa juga untuk perhatikan situasi, kondisi, dan status lawan bicara sebelum menyesuaikan pembuka obrolan dan topik yang akan kalian bicarakan. Biasakan diri untuk menjadi pembuka obrolan yang baik, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada kesuksesan dirimu di masa depan ketika mencari lowongan kerja maupun peluang kerja. Perlu diingat bahwa orang yang bersahabat dan mudah diajak ngobrol akan mudah untuk membangun networking profesional di masa kuliahnya.

kemampuan berkomunikasi mahasiswa, kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa
Related posts: