Fungsi, Proses dan Sistem Peredaran Darah Manusia

Posted on

Di dalam tubuh manusia ini terdapat suatu sistem peredaran darah yang dapat menunjang kehidupan dan kegiatan aktivitas yang di lakukan oleh manusia setiap hari nya. Sistem peredaran darah manusia atau yang di sebut juga dengan kardiovaskular merupakan sebuah sistem yang terdapat di dalam organ tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk menyalurkan berbagai macam zat dari dan menuju sel.

Proses Peredaran Darah

@materi4belajar.blogspot

Sistem perdaran darah juga mempunyai fungsi di dalam menjaga keseimbangan suhu pH yang ada di dalam tubuh manusia. Selain itu sistem peredaran darah juga memiliki peranan yang penting di dalam menjaga keberlangsungan metabolisme yang ada di dalam tubuh kita.

Karena dengan ada nya sistem peredaran darah ini berbagai macam zat makanan yang di hasilkan oleh sistem pencernaan bisa di salurkan oleh darah menuju ke seluruh organ bagian tubuh yang lain nya. Tak hanya zat makanan saja, zat oksigen dan karbondioksida juga bisa di salurkan dan di alirkan ke seluruh bagian tubuh melalui sistem peredaran darah ini.

Selain fungsi dari sistem peredaran darah yang sudah saya sebutkan tadi, berikut ada beberapa fungsi lain dari sistem peredaran darah manusia:

  • Mengangkut hormone dari tempat di produksinya menuju ke beberapa bagian organ tubuh yang memerlukan nya.
  • Mengangkut sari-sari makanan yang berasal dari organ usus menuju ke seluruh bagian organ yang ada di dalam tubuh.
  • Menyalurkan oksigen ke seluruh bagian tubuh kita.
  • Menjaga kestabilan suhu atau temperature yang ada di dalam tubuh agar tubuh kita tetap berada pada suhu atau temperatur yang normal yaitu pada suhu antara 36-37°C.
  • Mengangkut zat sisa hasil dari proses metabolisme sel menuju ke organ eksresi yang ada di dalam tubuh kita, yaitu ginjal.
  • Darah juga memiliki fungsi untuk membunuh kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita.

Nah setelah kalian mengetahui apa itu pengertian dari sistem peredaran darah dan juga fungsi-fungsi pada sistem peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia, selanjut nya saya akan memberikan penjelasan mengenai organ-organ yang ada di dalam sistem peredaran darah kita. Berikut ini penjelasan nya.

Organ Sistem Peredaran Darah Manusia

1. Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting di dalam sistem peredaran darah manusia. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh kita. Jantung ini memiliki berat sekitar 300 gram dan merupakan sebuah otot tunggal.

Letak jantung berada di dalam rongga torakik yang di lindungi oleh tulang dada dan hampir seluruh nya di selubungi oleh paru-paru. Jantung ini di kelilingi oleh banyak sekali pembuluh darah.

Artikel Terkait : Pengertian dan Fungsi Epiglotis

Baca Juga :  5 Tips Menghadapi Begal

Jantung mempunyai empat bagian, yaitu serambi kanan (atrium kanan), bilik kanan (ventrikel kanan), serambi kiri (atrium kiri), dan bilik kiri (ventrikel kiri). Di antara serambi dan bilik jantung terdapat sebuah katup atrioventikuler yang berfungsi untuk mencegah darah yang ada pada aorta dan arteri pulmonalis untuk masuk lagi ke dalam ventrikel.

 

2. Pembuluh Darah

Pembuluh darah merupakan jalur untuk darah yang mengalir dari jantung ke seluruh bagian organ tubuh lain nya, begitu juga sebalik nya. Organ pembuluh darah ini di bagi menjadi 3 bagian, yaitu sebagai berikut:

  • Pembuluh Kapiler

Pembuluh kapiler adalah pembuluh darah kecil yang mempunyai ukuran diameter kurang lebih sebesar sel darah. Pada orang dewasa biasa nya terdapat 90.000 kapiler. Pada dinding kapiler terdiri dari satu lapisan sel epitel yang permiable dari pada membran plasma sel.

Juga asam amino, glukosa, oksigen, dan berbagai macam ion dan zat lain yang di perlukan oleh tubuh dengan mudah akan berdifusi melalui dinding kapiler ke dalam cairan Interstitium yang akan mengikuti gradien konsentrasi nya. Begitu pula sebalik nya limbah nitrogen, karbondioksida dan hasil proses metabolisme dalam tubuh juga akan dengan sangat mudah berdisfusi di dalam darah.

  • Pembuluh Vena

Pembuluh vena atau yang biasa kita sebut dengan pembuluh balik ialah sebuah pembuluh darah yang memiliki aliran dari seluruh tubuh menju ke jantung. Pada sepanjang pembuluh vena terdapat katup-katup yang memiliki fungsi untuk menahan darah ulang ke dalam jaringan tubuh.

Darah yang ada dalam pembuluh vena banyak mengandung karbondioksida. Pembuluh vena pada umum nya terletak di dekat permukaan tubuh dan tampak kebiru-biruan. Dinding pembuluh vena ini bentuk nya tipis dan tidak elastis. Apabila di raba maka denyut nadi nya tidak akan dapat terasa.

  • Pembuluh Nadi

Pembuluh nadi atau yang biasa di sebut juga dengan pembuluh arteri adalah sebuah pembuluh darah yang memiliki aliran dari jantung menuju ke kapiler dan seluruh tubuh. Fungsi dari pembuluh nadi ini yaitu adalah menghantarkan atau menyalurkan oksigen ke seluruh bagian sel, dan mengangkut zat-zat hasil pembuangan seperti karbondioksida.

3. Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah di dalam tubuh manusia di kendalikan dan di kontrol oleh jantung, yang memiliki fungsi sebagai pemompa darah supaya bisa mengalir ke seluruh bagian tubuh. Pada saat otot jantung berelaksasi, jantung akan berada dalam keadaan mengembang sehingga volume nya akan membesar dan tekanan nya menjadi kecil. Sehingga dengan begitu darah kotor yang berasal dari tubuh akan masuk ke serambi kanan dan terus menuju ke bilik kanan.

Sementara itu pada bagian jantung sebelah kiri, darah bersih yang berasal dari paru-paru akan masuk ke dalam bilik kiri jantung. Sedangkan pada saat otot jantung berkontraksi , jantung akan mengerut. Dan darah yang ada di dalam bilik kanan akan di pompa menuju ke arteri pulmonalis.

Artikel Terkait : Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Baca Juga :  5 Olahan Makanan Dari Singkong Dan Cara Membuatnya

Lalu pada jantung sebelah kiri, darah yang berada di dalam bilik kiri akan di pompa dan masuk ke dalam aorta. Pada sistem peredarah darah manusia ini terdapat dua macam lintasan peredaran darah, yaitu peredaran darah besar dan peredaran darah kecil, yang mana dua sistem peredaran darah ini sering di sebut dengan peredaran darah ganda.

  • Sistem Peredaran Darah Besar

Sistem peredaran darah besar merupakan sistem peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya akan oksigen yang berasal dari bilik kiri jantung kemudian akan di salurkan ke seluruh tubuh. Oksigen akan bertukar dengan karbondioksida di dalam jaringan tubuh. Lalu darah yang banyak mengandung karbondioksida tersebut akan melewati vena dan menuju ke serambi kanan jantung.

  • Sistem Peredarah Darah Kecil

Sistem peredaran darah kecil adalah proses peredaran darah yang mengalirkan darah yang berasal dari jantung ke seluruh tubuh dan akan kembali ke jantung lagi. Darah yang mengandung karbondioksida yang berasal dari bilik kanan akan di alirkan menuju ke paru-paru kemudian akan di tukar dengan darah yang mengandung oksigen dan di alirkan menuju ke serambi kiri jantung.

Nah itulah tadi sedikit penjelasan mengenai sitem peredaran darah manusia. Semoga dapat bermanfaat.

sirkulasi darah manusia
Related posts: