Sifat Bakteri Pada Usus Besar Serta Contohnya [GAMBAR]

Posted on

Usus besar merupakan salah satu organ saluran pencernaan yang sangat penting dan sangat vital bagi manusia. Sebab tanpa ada nya usus besar ini maka saluran pencernaan yang ada di dalam tubuh manusia ini tidak akan bisa bekerja dengan secara sempurna.

Usus besar ini merupakan bagian usus yang terdapat di antara usus buntu dan rektum. Yang mana fungsi utama dari usus besar ini adalah untuk menyerap air dan eksresi limbah padat yang melewati anus. Sehingga bisa di katakan juga bahwa usus besar ini merupakan bagian kahir dari saluran pencernaan yang ada di dalam tubuh kita.

Yang mana usus besar ini akan terhubung dengan bagian usus kecil manusia yang ada di sekum. Usus besar ini terdiri dari berbagai macam bagian yang masing – masing bagian tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Berikut penjelasan nya.

Bagian Usus Besar

@Mayo Clinic

1. Sekum

@sonyzest

Sekum adalah bagian usus besar yang menghubungkan antara usus besar dengan bagian kolon usus besar. Sekum ini bernetuk seperti sebuah kantung kecil.

Fungsi sekum pada usus besar yaitu adalah untuk melakukan penyerapan air serta garam yang tersisa di dalam usus pada saat proses pencernaan selesai dan penyerapan juga telah selesai. Sekum kemudian akan mencampur cairan dan garam tersebut bersamaan dengan zat pelumas dan lendir.

2. Usus Buntu

Usus buntu adalah sebuah tonjolan kecil yang ada di dalam usus besar yang berguna sebagai antiobodi bagi tubuh manusia. Selain itu usus buntu ini juga berperan sebgaai sekresi imunoglobin.

3. Kolon

Kolon adalah bagian terbesar yang ada di dalam usus besar. Kolon ini terhubung dengan bagian sekum yang terletak di bagian perut sebelah kanan bagian bawah. Kolon ini terdiri dari berbagai macam, yaitu :

  • Kolon asenden, yang berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi
  • Kolon transversum, yang mengarah ke bagian bawah limpa dan berakhir pada kolon desenden
  • Kolon desenden, letaknya ada di bagian perut sebelah kiri
  • Kolon sigmoid, di lapisi dengan jaringan massa otot yang sangat kuat sehingga usus akan memiliki kekutaan untuk mendorong limbah menuju ke bagian rektum
Baca Juga :  Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi/Hipertensi

4. Rektum

Rektum adalah bagian usus besar yang terakhir. Yang mana di dalam rektum inilah sisa hasil pencernaan manusia di bentuk dalam feses atau kotoran. Rektum juga yang akan menjadi tempat untuk menyimpan feses tersebut sebelum di keluarkan melalui anus.

Bagian rektum ini di lapisi oleh lapisan mukosa yang cukup tebal serta ada pembuluh darah yang ada di dalam rektum ini. Feses atau kotoran yang di keluarkan oleh rektum ini mengandung cairan yang berasal dari pencernaan, serta juga mengandung bakteri serta serat.

Fungsi Utama Usus Besar

Berikut adalah beberapa fungsi utama dari usus besar yang ada di dalam sistem pencernaan manusia

@New Health Guide

1. Penyerapan Air

Fungsi utama dari usus besar yaitu adalah untuk melakukan penyerapan air. Dimana pada saat kita sedang makan atau mengkonsumsi sesuatu maka selang waktu selama 24 jam setelah waktu kita makan tersebut, makanan yang tidak bisa di cerna oleh usu halus akan bergerak menuju ke bagian usus besar

2. Penyerapan Vitamin

Selain berguna untuk menyerap air, usus besar juga berfungsi untuk menyera vitamin yang terkandung di dalam makanan yang kita makan setiap hari nya.

Yang mana di dalam usus besar ini terdapat banyak sekali bakteri baik yang berfungsi untuk mencerna gula yang tidak bisa di cerna oleh bagian usus halus dan menguraikan serat menjadi asam lemak

3. Mengurangi Kadar Keasaman Serta Mencegah Infeksi

Fungsi lain nya yang sangat penting dari usus besar ini yaitu adalah mengurangi kadar keasaman dari asam lemak yang di produksi oleh bakteri yang berada di dalam usus besar. Sehingga hal ini akan membuat tercipta nya lingkungan asam yang ada di dalam usus.

Baca Juga :  Macam Warna Urine dan Kaitannya Dengan Kesehatan

Larutan alkali ini akan di buat di dalam usus besar, yang mana larutan alkali ini sendiri berguna untuk membantu dalam mengurangi kadar keasaman serta juga menjadi penyeimbang kadar keasaman yang ada di dalam usus besar

4. Menghasilkan Antibodi

Salah satu fungsi utama dari usus besar yang belum banyak di ketahui oleh banyak orang yaitu adalah usus besar ini bisa menghasilkan antibodi yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apabila sistem kekebalan tubuh meningkat maka hal ini akan berakibat pada tubuh sehingga bisa terhindar daru berbagai macam penyakit yang ada. Bagian usus besar yang berfungsi untuk menghasilkan antibodi yaitu adalah bagian usus buntu yang terhubung dengan bagian sekum

Bakteri Yang Ada Pada Usus Besar

@Nutra Ingredients

Di dalam tubuh manusia ini terdapat banyak sekali bakteri. Nmaun bakteri yang paling banyak di temukan pada usus, yang setidak nya jumlah nya mencapai 400 juta bakteri. Ada dua jenis bakteri yang ada di dalam usus, yaitu bakteri yang baik dan bakteri yang jahat.

Di sebut dengan bakteri baik karena bakteri ini berguna untuk membantu mencerna makanan serta memproduksi berbagai macam zat gizi yang berasal dari proses pencernaan. Sedangkan bakteri jahat akan membuat tubuh menjadi terinfeksi dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

Yang mana bakteri baik yang ada di dalam usus ini sangat penting sekali kehadiran nya. Selain berfungsi untuk membantu pencernaan dan juga menyerap zat gizi, bakteri baik ini juga bisa mengerti dan merasakan perasaan yang sedang di rasakan oleh seseorang.

Baca Juga :  Perbedaan Imunitas Aktif dan Imunitas Pasif Pada Tubuh Manusia

Hal ini bisa kita lihat yaitu pada saat berada dalam sebuah kondisi atau keadaan yang tertekan, gugup, atau lain sebagai nya beberapa orang akan merasakan sakit pada perut nya atau akan merasa mual. Padahal sebelum nya ia tidak mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan sakit perut.

Hal inilah yang membuktikan jika bakteri baik yang ada di dalam usus ini juga bisa mengertu apa yang sedang kita rasakan dan kemudian akan memberikan respons yang sama pada saat seseorang tersebut sedang merasa gelisah. Berikut adalah beberapa jenis bakteri yang ada di dalam usus manusia

1. Cynacobalamin

Cynacobalamin ini merupakan bakteri yang membantu untuk memproduksi vitamin B12 dan juga berperan sebagai bakteri probiotik yang akan membantu untuk memecah senyawa kompleks yang ada di dalam sebuah makanan

2. Tobacillus Acidophilus

Bakteri Tobacillus Acidophilus ini memiliki fungsi untuk mengubah gula menjadi asam laktat. Selain itu bakteri ini juga berfungsi untuk menurunkan pH, mencegah infeksi gastrointestinal, serta untuk mengurangi resiko pertumbuhan organisme lain yang ada di dalam sebuah makanan

3. Saccharomyces Boulardii

Bakteri Saccharomyces Boulardii ini berperan untuk mengurangi resiko penyakit diare pada anak – anak

4. Escherichia coli

Bakteri ini berguna untuk memproduksi vitamin K2, memproduksi vitamin B kompleks, serta mencegah tumbuh nya bakteri jahat yang ada di dalam usus

5. Lactobacillus Acidophilus

Bakteri Lactobacillus Acidophilus ini berguna untuk membuat atau memproduksi asam laktat

Related posts: