Sejarah Lahir dan Berdirinya Pramuka Dunia Di Indonesia

Posted on

Nama pramuka tentu sudah tak asing lagi di telinga kita ya. Tentu kita sudah mengenal pramuka sejak dari jaman kita sekolah dahulu ya. Pramuka dapat di katakan sebagai suatu kegiatan ekstrakulikuler wajib yang harus di ikuti oleh seluruh siswa mulai dari bangku Sekolah Dasar (SD) hingga bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sejarah Berdirinya Pramuka

@wikipedia.org

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti rakyat muda yang gemar berkarya. Lalu tahukah kalian akan apa itu sebenar nya definisi dari pramuka? Dan ternyata kegiatan pramuka ini tidak hanya ada di negara kita saja, melainkan kegiatan pramuka ini juga ada dan berjalan di hampir seluruh negara di dunia hingga sampai sekarang ini.

Nah buat kalian semua yang penasaran dan sangat ingin tahu mengenai semua hal tentang pramuka dan terutama sejarah dari pramuka baik itu di Indonesia maupun di dunia, di sini akan saya berikan sedikit penjelasan kepada kalian semua tentang sejarah dari pramuka baik di Indonesia maupun di dunia.

 

Sejarah Pramuka Dunia

Nama pramuka merupakan istilah yang di pakai dan di gunakan di Indonesia, sedangkan di dunia internasional pramuka di sebut dengan istilah scout atau scouting. Sejarah pramuka di dunia tak lepas dari peran Robert Baden Powell yaitu sang pendiri dan pencetus kegiatan pramuka ini.

Robert Baden Powell lahir di London, Inggris pada tanggal 22 Februari 1857. Semenjak kecil Baden Powell memang sudah di kenal sebagai anak yang cerdas, gembira, dan juga pandai memainkan alat musik seperti biola dan piano. Ia juga gemar menggambar dan mengarang. Saat ia mulai beranjak dewasa, Baden Powell bergabung dengan militer Inggris.

@jatayu5semarang.blogspot.com

Selama bergabung menjadi anggota militer Inggris ini lah Baden Powell mengalami banyak hal dan kejadian di dalam hidup nya yang kemudian ia tulis di dalam sebuah buku yang di beri judul Aids to Scouting di tahun 1899. Buku ini di antaranya berisi mengenai penjelasan dan panduan untuk para tentara muda Inggris di dalam melaksanakan tugas nya di lapangan. Buku itu pun terjual laris dan sangat di minati oleh banyak orang pada waktu itu.

Dan kemudian Baden Powell menulis ulang buku nya tersebut dengan beberapa revisi supaya lebih cocok di baca oleh para remaja yang bukan berasal dari kalangan tentara atau militer. Guna menguji semua ide yang sudah tertulis di dalam buku baru nya tersebut, maka Baden Powell melaksanakan sebuah acara perkemahan selama 8 hari yamg di laksanakan pada tanggal 25 Juli 1907 di Brownsea Island, Inggris.

Artikel Terkait : Contoh, Jenis dan Pengertian Bioteknologi

Baca Juga :  Alasan Mengapa Pesawat Bisa Terbang

Boden Powell melaksanakan kegiatan perkemahan ini bersama dengan 22 remaja laki-laki yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Perkemahan inilah yang menjadi cikal bakal berdiri nya atau terbentuk nya kegiatan pramuka atau scouting di dunia. Di tahun 1910 Boden Powell memutuskan untuk mundur dari karir nya di dunia militer dan ia ingin lebih fokus di dalam pengembangan pendidikan pramuka yang telah di buatnya tersebut.

Ternyata buku yang di tulis Boden Powell ini tak hanya laku dan laris di wilayah Inggris saja, namun juga di negra-negara lain di dunia. Dan sejak saat itulah mulai muncul organisasi-organisasi Pramuka di dunia. Pada mula nya kegiatan pramuka ini hanya di peruntukkan untuk kaum lelaki saja dengan nama “Boys Scout“. Tapi di tahun 1912 dengan di bantu oleh sang adik perempuan nya yang bernama Agnes, Boden Powell membentuk sebuah organisasi Pramuka untuk para kaum perempuan yang di beri nama “Girl Guides“.

Di tahun 1910 negara-negara seperti Amerika Serikat, Belanda, Rusia, Perancis, Denmark, Yunani, dan Jerman tercatat sudah mempunyai organisasi kepramukaan sendiri di tiap masing-masing negara ini. Di tahun 1916 Baden Powell mendirikan organisasi kelompok pramuka siaga yang di beri nama Anak Serigala, yang mana pedoman dasar dalam kegiatan nya di dasarkan pada sebuah buku yang berjudul “The Jungle Book” karya Rudya Kipling.

Pada tahun 1918, Boden Powell mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama “Rover Scout” yaitu sebuah kelompok organisasi yang diperunttukkan bagi para remaja yang berusia 17 tahun. Di tahun 1920 untuk pertama kali nya jambore dunia di gelar yaitu di tanggal 30 Juli 1920 yang bertempat di Olympia hall, London, Inggris. Jambore ini diikuti oleh kurang lebih sekitar 8000 anggota pramuka yang berasal dari 34 negara.

Pada saat itu juga Boden Powell di nobatkan sebagai Bapak Pandu sedunia (Chief Scout of The World). Selain itu juga pada saat itu di bentuklah Dewan Internasional pramuka yang beranggotakan 9 biro dan bironya berpusat di London. Sejak saat itu kegiatan jambore dunia ini mulai rutin di gelar dan di laksanakan.

 

Baca Juga :  Doa Niat Puasa Senin Kamis (Manfaat, Hikmah Dan Keutamaan)

Sejarah Pramuka di Indonesia

Kegiatan pramuka di Indonesia muncul pada masa penjajahan di Indonesia. Hal ini muncul pada saat Belanda mendirikan organisasi kepanduan pertama di Indonesia dengan nama Nederland Indische Padvinders Vereeniging (NIPV). Sejak saat itulah para tokoh perjuangan Indonesia mulai mendirikan organisasi kepanduan serupa.

Pada tahun 1941 dilaksanakan PERKINO (Perkemahan Kepanduan Indonesia Oemoem) untuk pertama kali nya. Dan perkemahan inilah yang menjadi cikal bakal dari kegiatan jambore di Indonesia seperti sampai sekarang ini. Tapi pada saat masa penjajahan Jepang gerakan kepanduan ini sempat di larang oleh pemerintah Jepang karena di anggap bisa mempererat persatuan dan kesatuan rakyat Indoneisa sehingga akan sangat berbahaya bagi Jepang.

Artikel Terkait : Gambar, Struktur dan Fungsi Organel Sel

Setelah masa kemerdekaan yaitu tepat nya pada tanggal 28 Desember 1945 di bentuklah organisasi Pandu Rakyat Indonesia yang menjadi satu-satunya organisasi kepanduan Indonesia saat itu. Melalui Keppress No. 238 tahun 1961 pemerintah menetapkan gerakan Pramuka sebagai satu-satunya wadah di Indonesia yang memperoleh izin untuk melakukan pendidikan kepramukaan.

Pada tanggal 14 Agustus 1961, gerakan pramuka secara resmi di perkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia. Di kota Jakarta pada saat itu di laksanakan sebuah apel besar yang diikuti oleh kurang lebih 10.000 anggota gerakan pramuka. Sejak saat itulah tanggal 14 Agustus di tetapkan sebagai hari pramuka nasional yang kita peringati setiap tahun nya sampai saat ini.

Sementara jambore nasional sendiri di laksanakan setiap 5 tahun sekali dengan peserta yang berasal dari seluruh kota dan kabupaten se Indonesia. Jambore nasional merupakan sebuah istilah yang di berikan untuk pertemuan pramuka penggalang di seluruh Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang di laksanakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas). Jambore nasional ini pertama kali di gelar di tahun 1973 di Jakarta. Tercatat jambore nasional sudah di gelar sebanyak 10 kali hingga saat ini.

@centroone.com

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang sejarah pramuka di Indonesia dan dunia. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian semua dalam pramuka. Salam Pramuka!!!

Related posts: