Sejarah dan Arti Lambang Gerakan Pramuka

Posted on

Siapa di sini di antara kalian yang pernah ikut kegiatan pramuka? Pasti hampir semua pernah mengikuti kegiatan pramuka ini pada saat masih bersekolah dulu kan. Pramuka merupakan suatu kegiatan kepanduan wajib yang harus di ikuti oleh setiap siswa dan siswi sekolah di Indonesia tanpa terkecuali mulai dari bangku Sekolah Dasar (SD) hingga ke tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Di dalam kegiatan pramuka sendiri memiliki berbagai macam kegiatan dan nilai-nilai yang sangat positif dan sangat baik bagi setiap siswa yang mengikuti nya. Itulah mengapa kegiatan pramuka ini menjadi wajib di ikuti oleh setiap siswa sekolah. Di dalam kegiatan pramuka kita akan di ajarkan mengenai banyak hal dalam kehidupan. Kita akan di ajarkan untuk hidup dengan mandiri sejak dini, kita akan di ajarkan kedisiplinan bagi diri, kita akan di ajarkan pentingnya menjaga rasa persatuan dan kesatuan, kita akan di ajarkan tentang menghargai dan menghormati orang lain, dan masih banyak lagi pelajaran yang bisa kita dapat dan kita peroleh dari kegiatan pramuka ini.

Makna Lambang Gerakan Pramuka

@wikipedia.org

Tapi tahukah kalian bahwa sebenar nya kegiatan pramuka ini tidak lah asli berasal dari negara kita sendiri, Indonesia ini. Melainkan kegiatan pramuka ini merupakan sebuah kegiatan kepanduan yang di prakarsai oleh seorang anggota militer Inggris yang bernama Robert Baden Powell. Beliau mengadakan kegiatan kepanduan ini pertama kali di Inggris, kemudian kegiatan ini mulai menyebar dan muncul di beberapa negara seperti Amerika, Jerman, Belanda, dan juga tak terkecuali di negara Indonesia ini.

Artikel Terkait : Apa Itu Kepribadian Ambivert? 5 Ciri Ambivert

Di Indonesia sendiri kegiatan pramuka ini pertama kali muncul yaitu pada saat masa penjajahan Belanda di Indonesia. Waktu itu Belanda yang membawa masuk kegiatan kepanduan ini kepada rakyat Indonesia. Kegiatan kepanduan di Indonesia pada saat itu memang masih belum sebesar di negara-negara lain nya namun kegiatan pramuka ini masih dapat hidup dan berkembang pada masa penjajahan Belanda.

Tapi pada saat masa penjajahan Jepang, kegiatan organisasi kepanduan atau pramuka ini sempat di larang keberadaan nya oleh pemerintah Jepang waktu itu. Dan setelah masa kemerdekaan Indonesia maka kegiatan pramuka ini di hidupkan lagi dan berkembang lagi. Dan puncak nya yaitu pada saat pengesahan lambang pramuka di tanggal 14 Agustus 1961. Sejak saat itulah organisasi pramuka di akui secara resmi keberadan nya di negara Indonesia. Dan tanggal 14 Agustus menjadi hari lahir nya kegiatan pramuka di Indonesia yang kita peringati setiap tahun nya hingga sampai saat ini.

Lalu tahukah kalian mengenai apa makna dan arti yang ada pada lambang gerakan pramuka itu sendiri? Di sini akan saya jelaskan mengenai arti dan makna dari lambang gerakan pramuka ini. Berikut penjelasan nya untuk kalian semua.

Pengertian Lambang Gerakan Pramuka

Seperti yang sudah kita ketahui dan kita kenal selama ini bahwa lambang gerakan pramuka di Indonesia yaitu di lambangkan dengan gambar tunas kelapa. Lambang pramuka ini sendiri di ciptakan oleh Alm. Sumardjo Atmodipuro yaitu seorang pembina kegiatan pramuka yang sangat aktif bekerja sebagai Pegawai tinggi di departemen pertanian pada waktu itu. Lambang ini pun disahkan sebagai lambang gerakan pramuka Indonesia di tanggal 14 Agustus 1961. Berikut merupakan penjelasan dan arti dari lambang pramuka kita.

@aboutdoublr.blogspot.com
  • Tunas buah kelapa di pakai sebagai lambang kegiatan pramuka karena buah kelapa di dalam keadaan tumbuh itu di sebut “cikal” dan istilah “cikal bakal” di Indonesia sendiri berarti penduduk asli yang pertama yang sudah menurunkan generasi baru. Jadi di sini berarti bahwa buah kelapa atau nyiur yang tumbuh itu merupakan sebuah kiasan bahwa setiap anggota pramuka merupakan inti untuk kelangsungan hidup dari bangsa Indonesia.
  • Buah kelapa bisa bertahan lama di dalam keadaan seperti apa pun. Jadi di sini lambang buah kelapa bisa di artikan bahwa setiap pramuka merupakan seorang Rohani yang memiliki kondisi jasmani yang kuat, sehat, ulet, dan memiliki tekad yang besar di dalam menghadapi segala tantangan yang ada di dalam kehidupan ini. Serta juga menempuh dan menghadapi segala ujian yang mereka hadapi, dan menyelesaikan semua tantangan yang ada di dalam kehidupan untuk mengabdi dan setia kepada tanah air.
  • Buah kelapa bisa tumbuh dimana saja tempat nya, hal ini yang membuat besar nya upaya penyesuaian diri sang anggota Pramuka dengan keadan yang ada di sekitarnya. Hal ini memiliki arti bahwa tiap anggota Pramuka bisa menyesuaikan diri nya di dalam kehidupan bermasyarakat dimana pun diri nya berada dan di dalam keadaan seperti apa pun juga.
  • Buah kelapa tumbuh menjulang lurus tinggi ke atas dan menjadi salah satu pohon tertinggi di Indonesia. Hal ini melambangkan bahwa setiap anggota pramuka harus mempunyai cita-cita yang tinggi dan juga lurus (jujur dan mulia) dan setiap anggota pramuka juga harus tetap tegak pada pendirian nya serta tidak mudah terombang-ambing oleh sesuatu.
  • Kelapa merupakan tumbuhan serba guna yang mempunyai manfaat mulai dari ujung akar hingga ujung daun nya. Hal ini berarti bahwa setiap anggota pramuka merupakan seorang manusia yang berguna dan harus membuktikan diri dan kegunaan nya kepada kepentingan tanah air, bangsa, dan negara.
  • Bintang bersudut lima yang memiliki arti bahwa anggota pramuka ialah orang yang memiliki agama dan taat pada agama yang dianut nya tersebut.
  • Bak kompas dengan arah yang memiliki jumlah sepuluh yang mempunyai arti atau melambangkan ke sepuluh Dasa Darma yang ada dalam pramuka.
  • 17 Daun, 8 Bunga, dan 45 butir padi yang melambangkan hari kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 1945.
  • Bunga melati di atas pengikat padi dan kapas yang memiliki arti bahwa setiap anggota pramuka harus mempunyai etikad suci dalam diri nya.
  • Padi dan kapas yang melambangkan kemakmuran bagi setiap anggota pramuka maupun untuk bangsa dan negara.
  • Tulisan Gerakan Pramuka ditengah yang mempunyai arti bahwa negara Indonesia ini merupakan wilayah negara yang terletak dan terdapat di daerah khatulistiwa.

Pengertian Lambang Gerakan Pramuka Dunia

Setelah tadi kita membahas tentang arti lambang gerakan pramuka Indonesia, kini saatnya kita membahas tentang arti lambang gerakan dunia.

Artikel Terkait : Mengenal Lebih Jauh Si Nona Mandiri

Baca Juga :  Sejarah Kerajaan Banten
@aboutdoublr.blogspot.com
  • Kompas memiliki arti sebagai sebuah peringatan kepada tiap angota pramuka agar bisa dipercaya dalam melakukan sesuatu.
  • Bunga dengan tiga ujung (Treefoil) melambangkan bahwa kegiatan pramuka mempunyai tiga asas, yang di Indonesia di kenal dengan nama Trisatya.
  • Dua bintang memiliki arti bahwa setiap anggota pramuka harus bisa memberi penerangan dalam menolong dan ilmu pengetahuan.
  • Tali melingkar dengan ujung berbentuk simpul mati memiliki arti bahwa setiap anggota pramuka di seluruh dunia bisa menjalin persahabatan dan persaudaraan yang erat antar sesama warga masyarakat.
  • Warna putih melambangkan kesucian dan kebersihan.
  • Warna ungu memiliki arti bahwa anggota pramuka mempunyai jiwa lepemimpinan, keterampilan, dan sifat suka menolong orang lain.

Nah itulah tadi pengertian dari lambang pramuka Indonesia maupun dunia. Semoga setelah tahu makna kana lambing pramuka ini kalian dapat terus bersemangat untuk mengikuti kegiatan pramuka dan menjadi anggota pramuka yang baik.

Related posts: