10 Rekomendasi Website Tempat Mencari Referensi Jurnal/Karya Tulis Ilmiah

Posted on

Karya tulis ilmiah merupakan sebuah karya tulis yang sudah pasti tak bisa terlepas dari dunia pendidikan. Yang mana buat kalian semua yang saat ini mungkin sebagai seorang dosen ataupun mahasiswa maupun siswa sekolah pasti pernah dituntut untuk membuat yang namanya sebuah karya tulis ilmiah ini.

Karya tulis ilmiah ini sendiri merupakan sebuah laporan tertulis yang dibuat dengan berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan oleh seseorang ataupun sebuah tim dengan memenuhi kaidah yang ada di dalam syarat-syarat penulisan karya tulis ilmiah ini. Terdapat berbagai macam jenis karya tulis ilmiah ini, yaitu diantaranya adalah seperti laporan penelitian, makalah, maupun jurnal.

Yang mana data-data maupun informasi-informasi lain yang terdapat di dalam karya ilmiah tersebutlah yang akan dijadikan sebagai acuan untuk orang lain dalam melakukan penelitian maupun pengkajian selanjutnya. Yang mana tentu saja bagi kalian semua yang belum pernah membuat sebuah karya tulis ilmiah ini pasti akan sangat kebingungan sekali.

Sebab sebuah karya tulis ilmiah ini tak bisa dibuat dengan secara sembarangan dan asal-asalan saja. Yang mana di dalam sebuah karya tulis ilmiah ini harus terdapat beberapa strukturnya yaitu adalah seperti sampul, pendahuluan, pembahasan, metode penelitian, hasil penelitian, penutup, serta bagian penunjang lain seperti daftar pustaka maupun lampiran-lampiran yang tersedia.

Namun bagi kalian yang saat ini sedang mencari sebuah referensi karya tulis ilmiah kalian tak perlu khawatir dan bingung harus mencarinya dimana. Sebab saat ini banyak sekali website-website di internet yang menyediakan beberapa contoh maupun referensi dari karya tulis ilmiah yang dapat kalian gunakan sebagai referensi maupun acuan di dalam membuat tugas karya tulis ilmiah ini.

Mau tahu web mana saja yang menyediakan referensi tentang karya ilmiah secara online? Berikut akan saya berikan referensi beberapa website yang menyediakan refrensi karya tulis ilmiah.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Dispenser Terbaik

10 Situs Web Untuk Mencari Referensi Karya Tulis Ilmiah

1. E-resources.perpusnas.go.id

@e-resources.perpusnas

Situs web ini merupakan situs website milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas). Yang mana di dalam situs web ini kalian bisa menemukan banyak sekali jurnal, baik itu jurnal nasional maupun jurnal internasional yang berasal dari berbagai macam sumber yang sudah terpercaya sehingga kalian tak perlu meragukan kebenaran dan keakuratan tiap jurnal ataupun karya tulis ilmah yang ada di dalam website ini.

2. doaj.org

@doaj

Situs web ini merupakan milik Directory Of Open Access Journal (DOAJ). Di dalam situs web yang memang dikhususkan untuk jurnal yang berstatus open access ini terdapat banyak sekali fasilitas yang dapat kalian gunakan dan kalian manfaatkan. Diantaranya yaitu adalah seperti fasilitas pencarian link untuk menuju ke laman jurnal internasional dengan gratis.

Kalian hanya perlu mengetikkan saja nama jurnal yang ingin kalian cari atau yang kalian kehendaki, maka situs web ini kemudian akan langsung memberikan kalian jurnal melalui data-data yang telah mereka miliki yang jumlahnya mencapai 20.000 lebih jurnal ilmiah yang ada di dalamnya.

3. Researchgate.net

@Researchgate

Website ini merupakan tempat untuk mencari jurnal ilmiah yang sangat baik dan terpercaya. Sebab website ini merupakan sebuah tempat atau situs untuk berkumpulnya para komunitas peneliti secara online. Yang mana para peneliti bisa dengan mudah untuk mengupload jurnal milik mereka di dalam website ini, dan juga para peneliti ini juga bisa untuk saling request jurnal ilmiah dengan mudah dan gratis.

Agar bisa mendaftar di dalam situs website ini maka kalian harus memakai email yang berasal dari sebuah institusi tempat kalian bekerja atau dari kampus tempat kalian kuliah.

Baca Juga :  10 Contoh Spanduk Tahun Baru Islam [Gambar]

4. id.portalgaruda.org

@id.portalgaruda

Website ini adalah miliki Indonesian Publication Index (IPI). Yang mana di dalam website ini melayani akses jurnal online gratis yang bertujuan untuk mengindeks jurnal, abstrak, maupun pemantauan dan peningkatan standar publikasi untuk jurnal ilmiah yang ada di Indonesia.

Yang mana di dalam website ini telah tersedia sebanyak kurang lebih 5000 jurnal online dari seluruh Indonesia atau yang berbahasa Indonesia yang dapat kalian akses dengan bebas dan gratis tentunya.

5. LIPI.go.id

@LIPI

Website yang satu ini merupakan sebuah website miliki Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang merupakan sebuah lembaga pemerintahan non kementrian namun koordinatornya merupakan Kemenristekdikti. Di dalam website milik LIPI ini kalian semua dapat menemukan berbagai macam jurnal online serta karya tulis ilmiah lainnya yang ditulis dalam bahasa Indonesia.

Sehingga kalian bisa dengan mudah memahami dan mengerti jurnal-jurnal online tersebut. Yang lebih hebatnya lagi yaitu adalah semua jurnal-jurnal online yang terdapat di dalam website milik LIPI ini dapat kalian unduh atau download dengan bebas dan gratis.

6. scholar.google.com

@scholar.google

Website yang satu ini merupakan sebuah mesin pencari jurnal online gratis yang disediakan oleh Google. Tentunya sudah tak asing lagi bagi kita semua bukan. Lewat mesin pencari jurnal ini kalian bisa mencari berbagai macam jurnal, tesis, paper, buku elektronik (PDF), dan juga jenis karya tulis ilmiah yang lainnya.

anya cukup memasukkan atau mengetikkan kata kunci jurnal yang sedang kalian cari, maka mesin pencari ini akan segera menampilkan hasil jurnal yang relevan dengan yang sedang kalian cari.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Cat Tembok Yang Bagus Tahan Lama

7. biomedcentral.com

@biomedcentral

Website ini merupakan salah satu website yang berbasis pada Science, Technology, and Medicine. Sehingga kalian dapat menemukan banyak jurnal online maupun karya tulis ilmiah yang berhubungan dengan ilmu sains, teknologi, dan juga obat – obatan.

Yang mana memang pada dasarnya website ini dikhususkan sebagai salah satu open access journal untuk bidang biologi serta pengobatan.

8. economics-ejournal.org

@economics-ejournal

Website ini juga merupakan sebuah website yang dikhususkan untuk bidang ekonomi. Yang mana di dalam website ini lebih berfokus terhadap jurnal-jurnal online serta karya tulis ilmiah lainnya yang berhubungan dengan ilmu perekonomian.

Website ini juga bersifat terbuka, sehingga kalian dapat dengan mudah untuk melihat serta mendownload jurnal-jurnal online yang berhubungan dengan ilmu ekonomi di dalamnya.

9. iosrjournals.org

@iosrjournals

Website yang satu ini merupakan website milik International Organization Of Scientific Research, yang mana merupakan sebuah lembaga penyedia jurnal online gratis yang dikelola oleh sebuah organisasi swasta secara independen. Website ini dibuat dan dikembangkan guna mendukung para peneliti dan para profesional yang bergerak di dalam bidang pendidikan.

10. ncbi.nlm.nih.gov/pmc/

@ncbi.nlm.nih

Website ini merupakan sebuah website yang dikembangkan oleh US National Library Of Medicine (NLM) yang bertujuan untuk menampung jurnal-jurnal biomedis secara online. Yang mana di dalam website ini akan banyak terdapat jurnal online biomedis yang bisa kalian download dengan bebas dan gratis.

rekomendasi web journal, tempat tempat mevari referensi, yhsm-inucbr_001
Related posts: