10 Rekomendasi Film Silat Mandarin Terbaik [Review Singkat]

Posted on

Silat atau pencak silat merupakan sebuah kesenian bela diri yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun kesenian bela diri seperti pencak silat ini tak hanya ada di Indonesia, melainkan juga di Tiongkok.

Jika di Indonesia kesenian bela diri ini disebut dengan silat atau pencak silat, maka di Tiongkok kesenian bela diri ini disebut dengan kung fu. Yang mana tentu saja seni bela diri kung fu ini memiliki gerakan yang berbeda dengan pencak silat asli Indonesia.

Nah ternyata cerita mengenai Kung Fu ini juga asyik dan seru untuk diangkat menjadi sebuah cerita di dalam suatu film. Oleh sebab itu banyak juga film-film tentang Kung Fu yang berhasil meraih kesuksesan dan banyak disukai oleh masyarakat.

Mau tahu film Kung Fu apa saja yang bagus untuk ditonton? Berikut akan saya berikan beberapa rekomendasi tentang film Kung Fu yang terbaik.

10 Daftar Film Kung Fu Terbaik

1. Kung Fu Hustle (2014)

@tardycritic

Film yang satu ini tentu sudah tak asing lagi kan bagi kalian semua. Film yang dibintangi oleh Stephen Chow ini memadukan antara Kung Fu dengan unsur komedi di dalamnya. Film ini bercerita mengenai seorang pengangguran bernama Sing yang ingin bergabung dengan Geng Kapak. Namun upayanya tersebut selalu gagal.

Kemudian Sing memicu amarah dari ketua geng tersebut yaitu Brother Sum. Sing dan Bone kemudian ditangkap dan siap untuk dibunuh oleh geng Kapak tersebut. Namun mereka berhasil untuk lolos dari jeratan gembok di tangan.

Kemudian Sing pergi ke sebuah pemukiman miskin yang menjadi musuh dari Geng Kapak. Disana ia membuat keributan, namun sayang ia kalah karena ternyata disana banyak ahli Kung Fu. Sing pun meminta bantuan pada Geng Kapak untuk melawan para ahli Kung Fu ini.

Baca Juga :  Kata-Kata Ucapan Idul Fitri Yang Menyentuh Hati [+Gambar]

2. The Karate Kid (2010)

@soundeffects.fandom

Film ini juga merupakan film Kung fu yang berhasil menjadi box office. Film ini bercerita tentang Dre, seorang anak pindahan dari Amerika yang hidup di Beijing bersama ibunya. Sebagai anak baru, Dre menjadi sasaran bullying bagi teman-teman yang tak suka padanya.

Dre pun sempat merasa putus asa dan tidak ingin hidup lagi hingga ia bertemu dengan Han seorang petugas penjaga perumahannya. Han kemudian mengajarkan Dre tentang ilmu bela diri dan juga mengajarkan Dre tentang nilai-nilai hidup yang baik.

3. Enter The Dragon (1973)

@youtube

Film ini bercerita tentang Bruce Lee yang berguru di suatu perguruan Shaolin di China. Ia memperoleh sebuah misi penting dari Amerika untuk menangkap para penjahat besar. Penjahat tersebut adalah Han, teman satu perguruannya dahulu di Shaolin. Bruce Lee harus berjuang keras untuk bisa menangkap Han.

Ia pun menyusup menjadi seorang peserta turnamen yang diadakan di area kekuasaan Han. Yang mana tempatnya berada di sebuah pulau terpencil yang sulit untuk ditemukan dan berada di area kekuasaan para penjahat besar.

4. Snake In The Eagle’s Shadow (1978)

@en.wikipedia.org

Film ini bercerita tentang suatu perguruan silat di masa kekaisaran China yang semakin hari kekuataanya semakin luntur. Hampir seluruh jurus yang dimiliki oleh para muridnya hilang dan hanya tinggal satu jurus yang tersisa, yaitu jurus kung fu ular.

Hal ini menjadikan murid dari perguruan lain menjadikan keadaan tersebut sebagai suatu keuntungan bagi mereka. Dimana para murid dari perguruan lain ini datang menyerbu dan menyerang perguruan ini sehingga hampir menewaskan seluruh murid yang ada di perguruan tersebut.

5. Ip Man (2008)

@asianwiki

Film ini bercerita tentang seorang ahli bela diri Wing Chun yang harus menjaga tanah kelahirannya dari para penjajah Jepang yang datang di China di sekitar tahun 30an. Ip Man sudah belajar ilmu bela diri Wing Chun ini sejak ia berusia 13 tahun.

Baca Juga :  Apa Manfaat Black Friday?

Ip Man pun kemudian membuat sebuah perguruan Wing Chun dan ia memiliki salah satu murid yang sangat hebat yaitu Bruce Lee yang lebih dikenal banyak orang dibandingkan dengan Ip Man sendiri.

Kehebatan Bruce Lee dalam bela diri ini menarik perhatian tentara Jepang yang ingin mempekerjakannya. Akan tetapi Ip Man menolaknya dan ia lebih memilih untuk pergi ke Hongkong.

6. Ip Man 2 : The legend Is Born (2010)

@imdb

Film ini merupakan kelanjutan cerita dari film Ip Man. Dimana di dalam film ini diceritakan Ip Man yang telah pindah ke Hongkong bersama anak dan istrinya. Ip Man harus mencari cara agar ia bisa tetap bertahan hidup disana.

Dengan bantuan seorang temannya, Ip Man mendirikan sebuah tempat latihan Wing Chun baru di Hongkong. Namun sayang keadaan di Hongkong sangat berbeda dengan di China. Dimana di Hongkong masih banyak orang yang belum mengenal Wing Chun.

Selain itu Ip Man juga harus menghadapi tantangan dari para pendekar Kung Fu yang ada di Hongkong. Yang mana para pendekar Kung Fu di Hongkong ini tak bisa diremehkan kekuatannya.

7. Shaolin (2011)

@mydramalist

Film ini bercerita tentang keadaan China di abad ke 20 yang mana saat itu keadaan di China tidak aman karena banyak konflik dan perang. Yang mana masing-masing kerajaan di China saling berperang untuk memperluas wilayahnya.

Ada seorang pemimpin perang yang sangat sombong bernama Hao Jie. Hao Jie belum pernah sekalipun mengalami kekalahan saat ia berperang. Rakyat kecil yang tak tahu tentang peperangan yang terjadi akhirnya banyak yang menjadi korban dan mereka pun harus mencari perlindungan di kuil Shaolin.

Baca Juga :  Macam Kenalakan Remaja Beserta Contohnya

Namun Hao Jie yang mengetahui hal tersebut langsung marah dan menantang para rakyat yang ada di kuil ini untuk melawan dirinya.

8. Drunken Master (1978)

@imdb

Film ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Wong Fei Hung yang sangat bengal dan nakal. Ia kemudian diajari kung fu oleh seorang pengemis tua yang bernama So. So melatih Wong Fei Hung dengan sangat keras dan disiplin.

Salah satu jurus yang diajarkan oleh So adalah jurus delapan dewa mabuk. Sampai suatu ketika terjadilah duel antara Wong Fei Hung dengan Yan Ti San, yang merupakan musuh bebuyutan ayah Wong Fei Hung.

9. Fist Of Fury (1972)

@kungfukingdom

Film ini bercerita tentang Chen Zen yang baru pulang dari luar negeri menuju ke Shanghai. Ia terkejut saat tahu bahwa gurunya mati secara misterius yang di duga dibunuh oleh orang dari perguruan silat Jepang pimpinan Suzuki.

Saat upacara pemakaman, sebuah perguruan Jepang membuat keributan dan menghina rakyat China, hal ini sontak membuat Chen Zen marah dan menyerang perguruan Jepang ini.

10. Once Upon A Time In China (1991)

@imdb

Film ini bercerita tentang Wong Fei Hung yang ahli kung fu dan harus membantu China dalam melawan penjajah di abad ke 19. Hal ini bukanlah hal yang mudah bagi Wong Fei Hung meskipun ia jago kung fu.

Sebab ia harus bisa mengalahkan para bangsa Eropa yang menggunakan senjata api lengkap, sedangkan dirinya hanya bermodalkan sebatang kayu saja.

Related posts: