Pengertian, Fungsi, Syarat, dan Contoh Komunikasi

Posted on

Di dalam kehidupan sehari-hari kita para manusia sebagai makhluk sosial pasti pernah melakukan apa itu yang namanya komunikasi. Entah itu melalui lisan maupun secara tulisan. Mulai dari berbicara, menulis surat, menelpon, chatting atau berkirim pesan teks, video call, dan lain-lain itu semuanya termasuk dalam bentuk komunikasi yang kita lakukan sehari-hari.

Proses, Fungsi dan Tujuan Komunikasi

@udemy

Nah, secara umum komunikasi bisa kita artikan sebagai proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara 2 (dua) individu atau lebih secara efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah antara satu dengan yang lainnya.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komunikasi yaitu pengiriman dan penerimaan berita atau pesan dari dua orang atau lebih supaya pesan yang dimaksud bisa dipahami dan dimengerti dengan mudah. Agar lebih jelasnya mengenai apa itu komunikasi, disini akan saya berikan beberapa pengertian komunikasi menurut para ahli.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

1. Everet M. Rogers : komunikasi merupakan proses yang mana sebuah ide dipindahkan dari sumber yang satu menuju satu penerima maupun lebih, dengan tujuan agar perbuatan dan tingkah laku mereka dapat berubah.

2. Raymond S. Ross : komunikasi ialah sebuah proses penyaringan, memilah, dan pengantaran symbol-simbol dalam bentuk sedemikian rupa yang mana berguna untuk memudahkan penyimaknya menemukan arti maupun respon dari fikirannya yang sama dengan yang dimaksud oleh komunikator tersebut.

Artikel Terkait : Jenis dan Tingkat Bahasa Pemrograman Lengkap

3. Shannon & Weaver : komunikasi adalah wujud atau bentuk dari interaksi manusia dimana keduanya terdapat ikatan pengaruh dan mempengaruhi satu sama lain, baik itu dilakukan dengan sengaja maupun dilakukan dengan tidak sengaja. Hal ini tidak hanya mencakup komunikasi dalam bentuk penggunaan bahasa verbal saja, namun lebih dari itu seperti ekspresi muka, teknologi dan lukisan seni.

4. Harorl D. Lasswell : komunikasi pada dasarnya dapat dikatakan sebagai sebuah tahapan yang mengucapkan apa, menerangkan siapa, dengan saluran apa, untuk siapa? Dengan dampak apa atau hasilnya apa? (Says what? Who? In which channel? To whom? With what effect?).

Baca Juga :  Cara Mengatasi Demam Panggung

5. Anwar Arifin : komunikasi adalah sebuah konsep yang terdiri dari gabungan beberapa makna. Makna komunikasi dapat dikelompokkan menjadi komunikasi sebagai proses sosial. Pada makna ini komunikasi terdapat pada konteks ilmu sosial, yang mana para ahli ilmu sosial mengerjakan observasi terkait dengan pemakaian pendekatan komunikasi yang pada umumnya memusatkan perhatian pada aktifitas manusia dan hubungannya terkait pesan dengan tingkah laku.

6. William FT : menurut William FT komunikasi dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

  • Interpersonal Communication (komunikasi antarpribadi) yaitu sebuah tahapan peralihan informasi serta pola pertukaran yang terjadi antara dua orang maupun lebih yang terjadi dalam sebuah kelompok kecil.
  • Organisation Communication yaitu sebuah proses dimana sang pembicara secara sistematis menyampaikan informasi dan mentransfer pengertian kepada khalayak umum di dalam sbuah organisasi terhadap pribadi-pribadi serta lembaga diluar yang masih terdapat ikatan formal maupun ikatan nonformal.

Fungsi Komunikasi

Komunikasi memiliki banyak sekali fungsi bagi manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Berikut merupakan beberapa funsi komunikasi yang ada:

1. Sebagai Pengontrol

Fungsi komunikasi disini yaitu sebagai pengontrol, yang berarti bahwa komunikasi mempunyai peran untuk mengontrol tingkah laku orang lain maupun anggota melalui sebagian cara yang harus ditaati oleh masing-masing pihak.

2. Sebagai Penghantar Informasi

Fungsi komunikasi sebagai penghantar informasi yaitu komunikasi berperan untuk memberikan sebuah informasi yang diperlukan dari masing-masing individu maupun kelompok terkait yang menentukan dan memilih keputusan dengan cara melanjutkan data untuk mengevaluasi sejumlah pilihan yang akan ditentukan.

3. Sebagai Motivasi

Fungsi komunikasi sebagai motivasi yaitu disini komunikasi berperan untuk memberikah hal-hal yang bersifat suatu dorongan melalui penjelasan-penjelasan yang disampaikan oleh para motivator.

Tujuan Komunikasi

@candacesmithetiquette

Manusia atau setiap individu yang melakukan komunikasi pasti memiliki suatu tujuan tertentu di dalam mereka melakukan komunikasi tersebut. Inilah beberapa tujuan dari komunikasi tersebut.

  1. Untuk Mengenal Orang Lain
    Dengan kita berinteraksi atau berkomunikasi, maka kita akan dapat mengenal dan memahami antara satu individu dengan yang lainnya secara spesifik dengan kemampuan untuk mendengar apa yang orang lain sedang katakan.
  2. Memudahkan Pemahaman
    Dengan dilakukannya komunikasi, kita bisa dapat dengan mudah memahami apa maksud dan tujuan orang lain kepada kita. Tentu saja disini komunikator harus bisa menerangkan pesan utamanya dengan jelas dan lengkap agar mudah dipahami oleh lawannya atau orang yang diajaknya untuk berkomunikasi.
  3. Memberi Pengaruh
    Dalam komunikasi terdapat sebuah tujuan untuk mempengaruhi atau membujuk orang lain agar mau menerima pendapat kita. Melalui teknik bujukan yang merupakan metode yang dapat dilakukan dalam komunikasi supaya ide kita bisa diterima dan disetujui oleh orang lain.
  4. Memberi Perintah
    Komunikasi juga bertujuan untuk memerintahkan atau memberi perintah kepada orang lain agar mau melakukan apa yang kita perintahkan.
Baca Juga :  Pengertian dan Ciri-Ciri Ideologi Sosialisme

Syarat Komunikasi

Saat akan melakukan komunikasi, diperlukan beberapa syarat agar dapat tercipta komunikasi yang baik. Berikut beberapa syarat-syarat dalam komunikasi.

1. Sumber

Sumber menjadi bagian paling penting yang berguna untuk menyampaikan pesan sebagai pemerkuat pesan itu sendiri.

2. Komunikator

Komunikator adalah pelaku yang memberikan pesan. Misalnya yaitu seseorang yang sedang berbicara ataupun menulis, atau bisa juga berupa sekelompok orang maupun organisasi komunikasi.

Artikel Terkait : Latar Belakang, Isi, dan Dampak Perjanjian Bongaya

3. Komunikan

Komunikan adalah pihak yang menerima pesan atau komunikasi yang berasal dari komunikator baik dari kelompok seseorang maupun dari massa khalayak ramai.

4. Pesan

Pesan yaitu semua hal dan komponen yang ingin diutarakan oleh sang komunikator kepada lawan komunikasinya. Dalam hal ini pesan mempunyai suatu tujuan utama yang dapat dijadikan sebagai pengarah terkait upaya untuk mengubah sikap maupun perilaku seseorang.

5. Saluran

Saluran yaitu sebuah media yang digunakan oleh seorang komunikator untuk memberikan pesan yang ingin disampaikan. Terdapat dua jenis saluran informasi yang kita kenal, yaitu saluran informasi resmi (formal) dan saluran informasi yang tidak resmi (informal).

Macam Komunikasi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk sosial yang harus selalu terhubung dengan masing-masing makhluk lainya. Komunikasi pun terdapat berbagai macam bentuknya, yaitu:

1. Berdasarkan Penyampaiannya

  • Komunikasi lisan : komunikasi yang terjalin langsung tanpa adanya jarak dan terjalin secara langsung.
    Contoh: wawancara, berbicara secara langsung.
  • Komunikasi tertulis : komunikasi yang dilakukan secara tertulis bukan secara lisan.
    Contoh: surat menyurat, chatting.
Baca Juga :  Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Cucak Ijo Banyuwangi

2. Berdasarkan Maksud Komunikasi

  • Di dalam berkomunikasi terdapat pula maksud dari komunikator.
    Contoh: pidato, ceramah, pertemuan atau rapat.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa maksud komunikator merupakan hal yang sangat penting dalam terjadinya komunikasi.

3. Berdasarkan Ruang Lingkup

  • Komunikasi internal : komunikasi yang terbatas pada ruang lingkup atau lingkungan seperti lingkungan perusahaan ataupun organisasi dimana interaksi atau komunikasi ini hanya terjadi antara orang-orang yang berada dalam ruang lingkup tersebut.
    Contoh: komunikasi antara karyawan dan pimpinannya.
  • Komunikasi eksternal : komunikasi yang terjadi antar suatu perusahaan atau organisasi dengan masyarakat luas dalam bentuk yang berbeda.
    Contoh: pameran, konferensi pers, bakti sosial.

Komunikasi memang menjadi hal yang sangat penting bagi manusia. Namun sayangnya sekarang telah terjadi sedikit penyimpangan dalam komunikasi ini. Sebaiknya kita bisa memilih dan menyaring komunikasi-komunikasi yang baik dan bermanfaat bagi kita dan orang lain.

Related posts: