Perbedaan SBMPTN, UMB PT, Dan Jalur Mandiri [Lengkap]

Posted on

Masa liburan sekolah pun telah tiba. Hal ini berarti bahwa pergantian semester atau kenaikan menuju ke jenjang lebih tinggi bagi seluruh siswa siswi sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga ke jenjang Sekolah Menangah Atas. Yang mana hal ini juga berarti bahwa bagi para siswa yang telah lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat ini harus menentukan pilihan. Apakah setelah lulus mereka akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu masuk ke universitas atau mungkin akan bekerja.

Tentu nya hal ini harus dipikirkan dengan baik dan dengan matang agar tak salah dalam mengambil keputusan. Nah buat kalian yang memilih atau memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya yang lebih tinggi yaitu ke universitas maka kalian juga harus bisa memilih jurusan serta universitas yang menurut kalian terbaik bagi kalian dan tepat bagi diri kalian sendiri.

Selain itu untuk bisa masuk ke perguruan tinggi maka biasanya akan dilakukan dengan beberapa cara atau jalur. Yang mana hal ini sangat penting sekali diketahui oleh para calon mahasiswa yang akan mendaftar ke perguruan tinggi. Sebab untuk masuk ke perguruan tinggi terdapat beberapa jalur atau cara yang bisa dilalui yaitu seperti SMPTN, SBMPTN, maupun jalur mandiri.

Sehingga kalian yang akan mendaftar ke sebuah perguruan tinggi harus paham betul tentang masing-masing jalur tersebut. Sebab masing-masing jalur memiliki persyaratan dan tata cara pendaftaran yang berbeda-beda.

Nah buat kalian semua disini yang saat ini akan mendaftarkan diri ke perguruan tinggi, dan mungkin masih belum tahu tentang perbedaan jalur-jalur atau cara untuk masuk perguruan tinggi berikut ini akan saya berikan sedikit penjelasan atau informasi tentang jalur masuk ke perguruan tinggi.

Baca Juga :  Jenis Tumbuhan Lumut (Ciri dan Klasifikasi)

Jalur Masuk Ke Perguruan Tinggi

1. SBMPTN

@unpad

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Yang mana sesuai dengan namanya, SBMPTN ini adalah sebuah seleksi yang dilakukan secara bersama-sama atau serentak di dalam rangka untuk penerimaan mahasiswa baru di ruang lingkup Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di seluruh Indonesia.

Seleksi yang ada di SBMPTN ini dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu kelompok Soshum, Saintek, dan Campuran (Saintek dan Soshum). Di dalam seleksi SBMPTN ini ada 2 (dua) jenis soal ujian yang akan dikerjakan oleh para calon mahasiswa. Yaitu adalah Tes Kemampuan Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Soshum dan Saintek.

Seleksi SBMPTN ini juga menggunakan 2 (dua) macam sistem ujian yang berbeda, yaitu dengan menggunakan Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT). Adapun sistem penilaian pada ujian SBMPTN ini berbeda dengan sistem penilaian pada ujian-ujian yang ada di bangku sekolah pada umumnya.

Di ana untuk setiap jawaban benar akan mendapatkan skor atau nilai +4 sedangkan untuk jawaban salah akan mendapatkan skor -1, dan untuk soal yang tidak dijawab akan diberi skor 0. Oleh sebab itu manajemen waktu yang baik dan juga strategi yang baik dalam mengerjakan soal juga sangat dibutuhkan sekali dalam mengerjakan soal ujian SBMPTN ini.

2. UMB PT

@pendaftaranonline

Jenis seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi selanjutnya yaitu adalah UMB PT. UMB PT merupakan singkatan dari Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi. Yang mana UMB PT ini hanya diadakan di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia.

Baca Juga :  Contoh Dialog Interaktif Singkat dan Panjang Serta Kesimpulannya

Jenis seleksi ini sebelumnya bernama SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) yang kemudian di tahun 2008 berubah nama menjadi UMB PT. UMB PT ini diselenggarkan oleh Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara. Yang mana pada awalnya UMB PT ini hanya diikuti oleh 5 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Lalu kemudian di tahun berikutnya bertambah menjadi 13 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 27 Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Sedangkan untuk saat ini ada 13 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 10 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia yang masih bergabung dan menyelenggarakan UMB PT ini.

Sama halnya dengan SBMPTN, para peserta seleksi akan dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu IPA, IPS, dan Campuran. Cara pendaftarannya pun juga tidak jauh berbeda dengan jenis seleksi lainnya. Yaitu pertama peserta harus mendaftar secara online pada sebuah situs tertentu milik UMB PT ini. Kemudian peserta diwajibkan untuk membayar uang pendaftaran melalui bank. Setelah itu peserta akan memperoleh nomor ujian untuk dicetak dan harus dibawa pada saat mengikuti ujian seleksi.

3. Jalur Mandiri

@polnes

Jenis seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi selanjutnya yaitu adalah jalur mandiri. Jalur mandiri atau seleksi mandiri ini merupakan sebuah cara seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi, baik itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Yang mana pelaksanaan seleksi mandiri ini diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi yang berkaitan. Sehingga untuk persyaratan dan juga peraturan dalam seleksi mandiri ini akan berbeda-beda antar perguruan tinggi. Seleksi mandiri ini biasanya dilakukan atau dibuka setelah diadakannya SBMPTN maupun UMB PT.

Baca Juga :  Biografi Cut Nyak Dien

Biaya pendaftaran untuk jalur mandiri ini pun juga berbeda antar perguruan tinggi. Dimana calon peserta seleksi mandiri ini umumnya juga diperbolehkan untuk memilih 2 atau 3 jurusan yang sekaligus. Dalam jalur mandiri ini peserta juga akan dikelompokkan menjadi 3 kategori, yaitu IPS, IPA, dan campuran.

Namun untuk saat ini daya tampung mahasiswa baru yang berasal dari jalur mandiri ini di setiap perguruan tinggi pada umumnya lebih sedikit jumlahnya apabila dibandingkan dengan daya tampung mahasiswa dari jalur seperti SMPTN ataupun SBMPTN.

Nah itulah tadi beberapa cara tau jalur untuk masuk ke perguruan tinggi, baik itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Semoga sedikit informasi di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian, terutama buat kalian yang akan meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Semoga berhasil dan selalu jujur dan jangan curang dalam mengikuti tiap seleksi masuk ke perguruan tinggi.

umb dan smptn