Perbedaan, Ciri Tumbuhan Dikotil dan Monokotil

Posted on

Di dalam ilmu biologi maupun pelajaran biologi di bangku sekolah dulu pasti kita sering mendengar dan mempelajari tentang yang nama nya monokotil dan dikotil. Bahkan mungkin sejak di bangku Sekolah Dasar (SD) kita sudah mempelajari tentang monokotil dan dikotil ini di dalam pelajaran sehari-hari.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil

@ebiologi.net

Sebagian besar orang pasti sudah mengetahui dan mengenal tentang apa itu yang di namakan biji pada tumbuhan. Ada biji tomat, biji jambu, biji cabai, dan lain-lain. Biji merupakan salah satu bagian yang ada di dalam organ tumbuhan yang memiliki peran yang sangat penting di dalam perkembangan dan pertumbuhan dari tumbuhan itu sendiri. Dengan kata lain biji dapat di katakan sebagai bakal atau calon buah dari suatu tumbuhan tersebut. Di dalam biji itu sendiri terdapat atau terdiri dari berbagai macam komponen penyusun nya yang ada seperti keping biji dan lembaga (calon yang akan menjadi tumbuhan yang baru nanti nya).

Untuk mempermudah dalam mengelompokkan dan mengenali nya para ilmuwan membagi jenis tumbuhan ini salah satu nya yaitu dengan berdasarkan dari jumlah keping biji yang ada dalam tumbuhan tersebut. Berdasarkan dari jumlah keping biji nya, jenis tumbuh-tumbuhan ini di bagi menjadi 2 (dua) yaitu dalam kelompok tumbuhan dikotil atau kelompok tumbuhan yang memiliki biji berkeping dua atau berbiji belah dan yang kedua adalah kelompok tumbuhan monokotil atau kelompok tumbuhan yang memiliki biji berkeping satu atau biji tungal.

Artikel Terkait : Penjelasan Lengkap Struktur Lapisan Bumi

Dengan kata lain bisa di artikan bahwa tumbuhan jenis monokotil merupakan suatu jenis tumbiuhan berbunga (angispermae) yang bisa menghasilkan biji dengan 1 (satu) kotiledon saja. Sedangkan tumbuhan jenis dikotil merupakan suatu jenis tumbuhan berbunga (angispermae) yang bisa menghasilkan biji dengan 2 (dua) kotiledon dan juga bisa mengalami pertumbuhan atau perkembangan eksogen, seperti pertumbuhan yang terjadi pada bagian batang karena ada nya akibat dari penebalan kambium.

Nah, Untuk lebih jelas nya dalam memahami tentang tumbuhan jenis monokotil dan tumbuhan jenis dikotil ini, berikut akan saya berikan ciri-ciri dari tumbuhan dikotil dan monokotil ini.

Ciri Tumbuhan Dikotil

  • Berakar tunggang
  • Tulang daun nya berbentuk menjari atau menyirip
  • Mempunyai kambium yang bisa tumbuh dan membesar pada bagian akar dan batang
  • Tidak memiliki tudung akar yang bisa melindungi akar
  • Mempunyai kelopak bunga yang berjumlah dua, empat, lima atau kelipatan nya
  • Berkas pengangkut yang ada pada batang tersusun di dalam bentuk lingkaran
  • Mempunyai batang yang bercabang

 

Baca Juga :  Gambar Rumah Adat Batak Toba (Ciri, Makna dan Filosofi)

Ciri Tumbuhan Monokotil

  • Mempunyai akar serabut
  • Mempunyai tudung akar
  • Berkas pengangkut yang ada pada batang nya di dalam bentuk yang menyebar
  • Memiliki batang yang beruas
  • Memiliki kelopak bunga yang berjumlah tiga dan kelipatan nya
  • Memiliki tulang daun yang bentuk nya sejajar atau melengkung
  • Bagian akar dan batang nya tidak dapat tumbuh membesar
  • Tidak mempunyai kambium

 

Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

Setelah tadi kita membahas mengenai pengertian dan ciri-ciri dari tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil, kini saat nya kita akan membahas mengenai perbedaan dari tumbuhan dikotil dan monokotil ini. Berikut ini beberapa perbedaan yang ada pada tumbuhan monokotil dan dikotil seperti yang ada di bawah ini.

  • Perbedaan Biji
@farming.id

Seperti yang sudah saya katakan di atas tadi, bahwa perbedaan yang paling utama dari tumbuhan dikotil dan monokotil yang paling utama yaitu bisa kita lihat dari jumlah keping yang ada pada bijinya. Tumbuhan monokotil tidak mengalami pembelahan pada saat berkecambah, sedangkan tumbuhan dikotil akan mengalami pembelahan biji nya pada saat berkecambah.

  • Perbedaan Akar
@perbedaanterbaru.blogspot.com

Perbedaan lain nya yang bisa kita lihat dari tumbuhan dikotil dan monokotil ini yaitu adalah dari struktur akar nya. Pada tumbuhan monokotil pada umum nya mempunyai sitem akar serabut dengan bentuk yang kecil dan tipis. Sedangkan pada tumbuhan dikotil secara umum mempunyai sitem akar tunggang yang bercabang, kuat, dan bisa menembus tanah.

Selain di lihat dari bentuk nya, perbedaan akar pada tumbuhan monokotil dan dikotil bisa juga di lihat dari ada tidak nya tudung akar. Pada umum nya akar pada tumbuhan monokotil mempunyai tudung akar, sedangkan akar pada tumbuhan dikotil tidak mempunyai akar.

  • Perbedaan Batang
@mistamajahp.com

Batang pada tumbuhan monokotil pada umum nya tidak bercabang melainkan akan terus tumbuh tinggi dan juga tidak mempunyai kambium. Sedangkan batang pada tumbuhan jenis dikotil pada umum nya bercabang dan mempunyai kambium yang ada pada perbatasan antara jaringan xylem dan floem. Cara untuk dapat mengetahui ada tidak nya kambium pada batang yaitu bisa kita lakukan dengan menyayat kulit dari batang suatu tumbuhan.

  • Perbedaan Daun
@ebiologi.net

Perbedaan dari tumbuhan jenis monokotil dan tumbuhan jenis dikotil juga bisa kita lihat dari daun nya. Pada tumbuhan monokotil biasa nya daun nya akan memanjang seperti pita dengan tulang daun yang sejajar. Dan pada tumbuhan dikotil daun nya akan melebar dengan bentuk tulang daun nya yang menyirip atau menjari.

  • Perbedaan Bunga
@pelajaran.co.id

Perbedaan antara tumbuhan jenis monokotil dan tumbuhan jenis dikotil juga dapat di identifikasi dari bunga nya. Pada umum nya tumbuhan monokotil mempunyai kelopak bunga dengan jumlah tiga atau kelipatan nya, sementara pada tumbuhan dikotil memiliki kelopak bunga dengan jumlah 2, 4, 5 atau kelipatan nya.

Artikel Terkait : 7 Temuan Ilmuwan Muslim Terhebat Sepanjang Sejarah

Baca Juga :  10 Sekolah Kedinasan Di Indonesia [Lulus Jadi PNS]

Tapi jumlah bagian dari bunga dan tulang daun ini tidak selalu bisa di jadikan sebagai pembeda antara tumbuhan monokotil dan dikotil. Sebab ada beberapa tumbuhan yang tidak mengikuti ciri umum pada kedua nya.

  • Perbedaan Berkas Pengangkut
@pt.slideshare.net

Tumbuhan jenis monokotil dan dikotil ini juga mempunyai perbedaan yang ada pada berkas pengangkut nya. Berkas pengangkut sendiri terdiri dari xylem dan floem yang ada pada bagian tulang daun. Xylem ini tersusun dari pembuluh-pembuluh xylem yang panjang dan memiliki bentuk seperti tabung.

Xylem bertugas untuk mengangkut air dari bagian akar hingga ke daun guna menggantikan air yang hilang karena transpirasi. Sedangkan floem bertugas untuk mendistribusikan produk dari hasil fotosintesis yang berasal dari daun ke batang dan ke seluruh bagian tumbuhan.

Pada tumbuhan monokotil berkas pengangkut nya umum nya tersebar, baik itu pada pembuluh tapis maupun pada pembuluh kayau, sementara pada tumbuhan dikotil berkas pengangkut pada umum nya akan teratur.

  • Perbedaan Klasifikasi
@ebiologi.net
@ebiologi.net

Tumbuhan jenis monokotil pada umum nya di kelompokkan ke dalam 5 suku, yaitu Graminae, Palmae, Musacea, Zingiberaceae, dan Orchidaceae. Dan pada tumbuhan dikotil umum nya juga di kelompokkan menjadi 5 suku yaitu Myrtaceae, Compositae, Leguminoceae, Euphorbiaceae, dan Solanaceae.

Nah itulah tadi penjelasan dan materi singkat mengenai perbedaan antara tumbuhan jenis dikotil dan tumbuhan jenis monokotil. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian semua dalam ilmu biologi.

Related posts: