Perbedaan Baptis Selam Dan Baptis Percik

Posted on

Di dalam ajaran agama Kristen tentu kita mengenal yang namanya beberapa sakramen. Salah satu sakramen yang ada di dalam ajaran agama Kristen ini yaitu adalah baptisan. Baptisan ini tak hanya dikenal di dalam ajaran agama Kristen Protestan saja, melainkan di dalam ajaran agama Katolik juga ada.

Namun disini yang akan saya bahas yaitu adalah baptisan di dalam ajaran agama Kristen Protestan. Yang mana di dalam gereja-gereja Kristen, mengenal 2 (dua) macam metode baptisan yang biasa digunakan, yaitu baptisan selam dan baptisan percik.

Yang mana biasanya mayoritas gereja-gereja Kristen ini hanya memilih atau menganut salah satu jenis baptisan saja, yaitu antara baptisan selam dan baptisan percik ini. Hal tersebutlah yang terkadang menjadi sebuah pertentangan bagi sesama umat Kristen. Nah untuk itulah disini akan saya berikan sedikit penjelasan kepada kalian semua mengenai perbedaan di dalam baptisan selam dan baptisan percik ini, supaya kalian menjadi lebih tahu dan lebih paham.

Namun sebelum akan membahas lebih jauh mengenai perbedaan baptisan selam dan baptisan percik, berikut ini akan saya berikan sedikit asal usul atau sejarah tentang baptisan selam dan baptisan percik. Berikut informasinya.

Sejarah Baptisan Selam dan Baptisan Percik

@churchofjesuschrist

Kata Baptis berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Baptisma” yang berarti proses mencelupkan diri ke dalam air, mulai dari masuk ke dalam air, menenggelamkan diri hingga seluruh badan masuk ke dalam air, sampai kemudian keluar dari air. Proses mencelupkan diri ke dalam air inilah yang disebut juga dengan menyelam di dalam bahasa Indonesia.

Sehingga oleh karena itu baptisan ini disebut dengan baptis selam. Baptis selam ini merupakan cara pembaptisan yang sering dipraktekkan di dalam Alkitab terutama di dalam Perjanjian Baru. Sedangkan baptisan percik sendiri berasal dari sebuah tradisi.

Baca Juga :  Tahapan Metamorfosis Pada Katak

Yang mana pada mulanya baptisan percik ini dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk membaptis seseorang karena sulitnya mencari sumber air di jaman dahulu. Atau juga karena pada saat musim dingin maka sungai-sungai serta danau yang ada di Eropa akan membeku, sehingga demi alasan keselamatan dan kemudahan dalam prosesi pembaptisan     maka lahirlah baptisan percik ini.

Cara pembaptisan percik ini yaitu air yang sudah diberkati kemudian akan dipercikkan atau dikucurkan ke bagian dahi atau tubuh seseorang. Lama kelamaan baptisan percik ini menjadi semakin populer dan mulai banyak juga gereja-gereja yang mempraktekkan baptisan percik ini.

Nah dilihat dari sejarah atau asal usulnya saja tentu sudah sangat berbeda sekali bukan. Agar kalian lebih memahami tentang perbedaan antara baptis selam dan baptis percik, maka disini akan saya berikan beberapa perbedaan antara baptis selam dan baptis percik ini. Silahkan dibaca dan disimak dengan teliti ya agar kalian menjadi lebih mengerti dan paham tentang perbedaan antara baptis percik dan baptis selam.

Perbedaan Bap tis Percik dan Baptis Selam                                                                      

1. Pelaksanaan

@gpdirayung

Hal paling mencolok yang dapat kalian lihat dalam proses baptis selam dan baptis percik yaitu adalah pelaksanaannya. Yang mana baptisan selam ini dilakukan dengan cara menyelamkan tubuh orang yang akan di baptis ke dalam air sebanyak tiga kali. Yang mana pada saat seseorang yang di baptis tersebut diselamkan atau ditenggelamkan di dalam air maka hal tersebut berarti bahwa kita telah mati bersama dengan dosa-dosa kita dan juga kehidupan kita yang lama dengan Yesus Kristus. Dan pada saat kita diangkat kembali dari dalam air hal tersebut melambangkan atau menandakan bahwa kita telah bangkit bersama dengan Tuhan Yesus untuk mengalahkan maut dan menjadi ciptaan yang baru di dalam Tuhan.

Baca Juga :  Peninggalan Kerajaan Kediri [Sejarah, Silsilah dan Raja]
@karismatikkatolik

Sedangkan di dalam baptisan percik akan dilakukan dengan cara memercikkan air yang sebelumnya sudah terlebih dahulu di doakan dan diberkati. Air ini akan dipercikkan ke bagian dahi atau juga ke bagian seluruh tubuh orang yang akan di baptis.

2. Landasan

@id.pinterest

Ada beberapa landasan atau keyakinan bagi masing-masing umat Kristen yang percaya dengan metode baptisan selam dan baptisan percik ini. Bagi mereka yang percaya dengan metode baptisan selam ini mengatakan bahwa baptis selam ini merupakan salah satu cara pembaptisan yang diakui oleh Alkitab.

Sebab hal ini di dasarkan kepada metode baptisan yang dilakukan oleh Tuhan Yesus. Yang mana di dalam Alkitab memang di katakan bahwa Tuhan Yesus di baptis oleh Yohanes Pembaptis dengan cara baptis selam ini. Sedangkan bagi mereka yang percaya dengan metode baptis percik ini mereka memiliki pandangan atau pendapat berbeda mengenai makna baptisan tersebut.

Mereka yang percaya dengan metode baptis percik ini berpendapat bahwa cara pembaptisan bukanlah satu-satunya hal yang terpenting bagi iman seseorang. Yang mana makna pembaptisan sendiri yaitu adalah tentang lahir baru di dalam Kristus dan tentang meninggalkan perbuatan dosa dan menanggalkan kehidupan yang lama bersama dengan darah Kristus dan lahir kembali menjadi pribadi yang baru di dalam Kristus. Yang mana cara baptisan atau metode pembaptisan tidak menyelamatkan, melainkan baptisan Roh Kudus lah yang paling terpenting bagi setiap orang percaya.

Baca Juga :  Top 10 Contact Form Plugins

Nah itulah tadi perbedaan mengenai metode baptisan selam dan baptisan percik. Yang mana baik baptisan selam maupun baptisan percik tersebut hanyalah merupakan sebuah metode atau cara saja. Yang mana hal yang lebih penting dari sekedar sebuah cara atau metode yaitu adalah makna yang ada di dalam baptisan tersebut.

Karena memang makna sebenarnya yang terdapat di dalam suatu baptisan yaitu adalah tentang lahir baru di dalam Tuhan Yesus Kristus. Sebab jika kita sudah siap untuk dibaptis maka kita juga harus siap dan mau untuk hidup baru di dalam kasih Kristus. Hal itu berarti bahwa kita harus mau untuk meninggalkan semua kehidupan lama kita yang penuh dengan dosa untuk lahir kembali menjadi seorang pribadi yang kudus dan siap untuk hidup di pimpin oleh Roh Kudus.

perbedaan baptisan percik dan selam
Related posts: