Penyebab Orang Kristen Murtad

Posted on

Salah satu tanda-tanda bahwa kedatangan Tuhan Yesus untuk kedua kalinya yang semakin dekat yaitu adalah banyaknya orang percaya yang murtad. Ya, memang seperti yang terjadi belakangan ini dimana sering kali kita mendengar orang percaya yang murtad dan meninggalkan Tuhan Yesus.

Banyak orang yang menjadi murtad ini hanya karena alasan-alasan konyol yang tidak sebanding dengan keselamatan yang telah diberikan oleh Tuhan. Sebab jika kita memilih untuk murtad dan menyangkal Tuhan Yesus maka otomatis keselamatan dan pengampunan yang kita peroleh dari-Nya juga akan hilang.

Sebab Allah berkata bahwa kita semua dibenarkan untuk menjadi orang benar bukan karena kita telah melakukan hukum Taurat ataupun karena kita telah melakukan kebaikan dan mengerjakan ajaran-ajaran agama, namun itu semua karena kita memiliki iman kepada Tuhan Yesus. Jadi apabila ada orang benar yang meninggalkan imannya terhadap Tuhan Yesus, maka hal itulah yang disebut dengan murtad.

Dan di dalam Alkitab pun Allah juga telah memberikan peringatan tentang kemurtadan ini yang bisa saja dilakukan oleh orang-orang percaya. Seperti diantaranya yang tertulis di dalam Ibrani 6:4-6, 2 Timotius 4:10, 2 Petrus 2:15, serta Wahyu 2:4-5. Di dalam kitab Ibrani juga telah dituliskan bahwa menjelang kedatangan Tuhan Yesus untuk yang kedua kalinya para murid-murid Tuhan dihimbau dan dinasihatkan supaya tidak meninggalkan dan mengundurkan diri dengan meninggalkan keyakinannya kepada Tuhan Yesus.

Sebab keselamatan yang telah kita peroleh dari Tuhan Yesus ini merupakan sebuah anugerah yang mahal harganya yang tidak bisa digantikan oleh apapun di dunia ini. Jadi kita sebagai orang yang telah dipilih Tuhan untuk menerima anugerah ini harus menjaga keselamatan kita ini dengan sebaik mungkin dan dengan tidak membiarkan diri kita meninggalkan keselamatan yang telah Tuhan berikan.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Adventure (Petualangan) Terbaik, Wajib Ditonton!

Penyebab banyaknya orang Kristen murtad ini beragam sekali, namun disini akan saya bahas beberapa penyebab umum yang sering menjadi alasan banyak orang Kristen meninggalkan imannya.

Penyebab Orang Percaya Murtad

1. Kehilangan Iman

@desiringgod

Iman merupakan dasar bagi setiap orang percaya untuk tetap terus percaya kepada Tuhan Yesus dan untuk terus berpegang teguh pada keselamatan yang telah dianugerahkan Tuhan. Tanpa adanya iman maka hidup yang kita miliki dan seluruh yang kita miliki di dunia ini tidak ada artinya dan akan menjadi sia-sia saja.

Karena iman jugalah seorang Kristen bisa meninggalkan Tuhan Yesus dan menjadi murtad. Kondisi iman seseorang memang akan bisa berpengaruh kepada apa yang dipercayainya dan kehidupannya. Sebagai seorang Kristen yang percaya kepada Tuhan dan senantiasa memegang teguh firman Tuhan maka kita akan memiliki iman yang teguh kepada Tuhan.

Terlebih di dunia yang semakin hari semakin jahat seperti sekarang ini apabila iman kita goyah dan iman kita kepada Tuhan tidak memiliki pondasi yang kuat maka tidak menutup kemungkinan kita akan bisa jatuh ke dalam dosa dan juga meninggalkan Tuhan dan menjadi murtad.

Oleh sebab itu sebagai orang percaya teruslah pupuk dan pelihara imanmu kepada Tuhan dengan cara terus rajin berdoa, membaca Alkitab, datang ke gereja, beribadah, dan selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap permasalahan hidupmu. Supaya janganlah imanmu menjadi luruh namun justru akan semakin kuat di dalam Tuhan.

Baca Juga :  Desain Kamar Untuk Anak Pengidap Autis [Gambar Ruangan]

2. Harta

@bebashutang

Hal selanjutnya yang banyak menyebabkan orang Kristen menjadi murtad yaitu adalah harta. Tak bisa dipungkiri bahwa banyak orang percaya yang pada akhirnya meninggalkan Tuhan hanya karena sebuah harta kekayaan di dunia yang fana. Banyak orang Kristen yang rela untuk menjual keselamatannya hanya karena diiming-imingi oleh kemewahan yang ditawarkan oleh dunia.

Bukankah Tuhan yang telah mencukupkan kita dan memelihara kita setiap harinya? Lalu mengapa masih ada orang Kristen yang merasa kurang dan haus akan harta? Ini semua tentu saja berasal dari rasa sifat tamak dan sifat jahat lain yang berasal dari iblis.

Iblis akan selalu menggoda manusia untuk mendapatkan apa yang diinginkannya meskipun harus mengorbankan Tuhan sekalipun. Janganlah kalian menjadi gelap mata dan buta oleh harta yang ditawarkan oleh dunia ini, sebaliknya kalian sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yesus harus selalu bersyukur untuk segala hal yang telah Tuhan berikan.

Jangan kau khawatirkan akan kehidupanmu, akan segala yang ada di bumi ini. Sebab seperti yang telah Tuhan katakan bahwa Ia tak akan meninggalkan anak-Nya sendirian dan Dia lah yang akan memelihara kehidupan kita.

3. Pasangan Hidup

@m.caping

Nah hal ini merupakan salah satu hal klasik yang menjadi alasan mengapa banyak orang percaya yang akhirnya murtad. Biasanya dialami oleh orang-orang yang mungkin sudah saking putus asanya karena tak kunjung untuk mendapatkan atau menemukan pasangan hidupnya. Sehingga kemudian merekapun melupakan Tuhan demi mendapatkan seorang pendamping hidup. Yang mana hal ini tentu tidaklah dikehendaki oleh Tuhan.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Drama Korea Tentang Cinta Segitiga Terbaik

Sebab bukankah Allah sendiri telah berfirman bahwa Ia ingin kita sebagai orang percaya untuk mencari pasangan yang seimbang? Seimbang disini maksudnya yaitu adalah yang sama-sama memiliki iman yang teguh kepada Tuhan. Dan mungkin juga karena rasa kurang sabar dan ingin segera mendapatkan pasangan hidup maka seseorang ini rela untuk menjual kepercayaan-Nya dan meninggalkan Tuhan.

Yang mana tentu Tuhan Allah sangat membenci hal ini. Sebab Allah telah berkali-kali mengingatkan kita untuk tetap bersabar dan terus bertekun di dalam doa dan pengharapan. Mintalah kepada Tuhan dan ia akan memberi apa yang terbaik bagimu, bukan apa yang engkau inginkan. Sebab rencana Tuhan itu lebih baik dari apa yang kita fikirkan.

Jika saat ini kalian bergulat dengan masalah seperti susah mendapatkan jodoh, maka teruslah berdoa dan tetaplah menaruh imanmu kepada Tuhan. Percayalah Tuhan akan memberikannya padamu di waktu yang tepat. Yang perlu kalian lakukan hanyalah bersabar dan terus melakukan kehendak Tuhan di dalam hidupmu.

Biarkan Tuhan bekerja sesuai dengan kehendak-Nya di dalam hidup setiap kita. Dan jangan pernah mencoba untuk sekali-kali berfikir untuk mencari jalan lain dengan meninggalkan Tuhan dan melanggar firman Tuhan. Sebab seperti yang kita semua ketahui bahwa upah dosa adalah maut.

Related posts: