Penjelasan Lengkap Teknik Pointilis Dalam Dunia Melukis

Posted on

Di dalam menggambar tentu kita tidak bisa sembarangan atau secara asal-asalan saja dalam menggambar. Kita harus memperhatikan karya seni yang akan kita buat dan kita ciptakan melalui sebuah gambaran. Meskipun hanya sebuah gambaran di kertas namun itu juga sudah termasuk ke dalam karya seni.

Apa Itu Teknik Pointilis

@fitriasketchart.wordpress.com

Nah, dalam menggambar sendiri juga terdapat beberapa teknik dan cara-cara atau aturan dalam menciptakan karya seni tersebut. Karena untuk menciptakan suatu gambar di perlukan dan di butuhkan sebuah proses yang memang tidaklah mudah bagi sebagian besar orang. Hal ini di karenakan tidak semua orang mengerti dan menguasai teknik dalam menggambar yang benar. Untuk itu sebelum menggambar alangkah lebih baiknya bagi kita untuk memahami dan mengerti tentang teknik-teknik dasar menggambar terlebih dahulu agar kita tidak merasa kesulitan nanti pada saat ingin menggambar.

Dengan kita menguasai teknik menggambar ini maka kita akan lebih mudah untuk menggambar. Dan hal ini dapat menjadi bekal bagi kita dalam menggambar sehingga akan mempercepat proses kita dalam menggambar di bandingkan dengan orang lain yang belum atau tidak menguasai dan mengerti teknik menggambar tersebut.

Teknik menggambar merupakan suatu cara yang di pakai di dalam proses pembuatan suatu gambar, sehingga dengan adanya teknik menggambar ini pekerjaan dalam membuat suatu gambar akan sangat terbantu dan akan lebih cepat selesai. Teknik dalam menggambar sendiri tebagi menjadi beberapa macam teknik. Salah satunya yaitu adalah teknik pointilis, yang akan saya bahas di sini. Bagi kalian yang belum mengetahui tentang apa itu teknik pointilis dalam menggambar dan bagaimana cara menerapkan teknik pointilis ini dalam menggambar, saya akan berikan penjelasan singkat mengenai teknik pointilis ini kepada kalian semua, silahkan di simak dengan baik.

Pengertian Teknik Pointilis

Pointilisme atau biasa juga disebut dengan pointilis yaitu ialah salah satu teknik yang di gunakan dan di pakai di dalam pembuatan dan penciptaan sebuah karya seni berupa gambar maupun lukisan. Pointilisme adalah suatu aliran menggambar yang memakai titik kecil atau sapuan kuas yang di gunakan untuk menciptakan suatu gambar. Titik yang di buat sedemikian rupa sehingga warna yang ada dapat bercampur secara visual sehingga akan menciptakan kesan yang halus.

Artikel Terkait : Solusi, Dampak dan Proses Terjadi Global Warming

Baca Juga :  7 Tips Menabung Efektif Untuk Pelajar, Mahasiswa dan Umum

Gambaran maupun lukisan dengan teknik pointilis ini mampu memanipulasi ke tidak insetifan mata orang yang menikmati nya atau melihat nya dalam meneliti sebuah detail yang ada pada kumpulan titik. Sehingga gambaran dan lukisan yang di buat dengan teknik pointilis ini mampu memberikan kesan ke beradaan bidang atau warna yang baru.

Biasa nya warna yang tidak termasuk dan bukan dalam warna primer di bentuk dan di buat secara visual dengan hampir mendekati warna primer.metode ini di sebut dengan metode divisionisme. Namun tak di pungkiri juga bahwa gambar dan lukisan hasil karya teknik pointilis ini juga dapat mengacu pada satu warna saja atau pun juga mengacu pada warna hitam putih saja. Efek yang di timbulkan dari ada nya perbedaan kerapatan titik dapat menciptakan halusinasi gradasi warna.

Jika di lihat dan di pandang dari jarak tertentu, titik-titik yang ada pada lukisan dan gambar pointilis ini memang betul-betul saling bercampur dengan titik lain nya yang ada. Di dalam pencampuranwarna nya, maka warna yg baru saja di hasilkan akan menghasilkan efek warna yang lebih cerah jernih dan lebih kuat bila di bandingkan dengan pencampuran warna langsung yang di lakukan pada palet. Karena yang bergabung yaitu adalah warna nya buka pigmen nya.

Sekarang pointilisme sudah dapat di terima luas oleh masyarakat dan tidak lagi memiliki konotasi yang negative seperti pada jaman dahulu. Selanjut nya, gambar dan lukisan pointilisme ini pun menjadi sebuah inspirasi di dalam teknologi fotografi dan layar warna saat ini.pada layar LCD missal nya. Yaitu warna yang ada tidak di gabungkan secara langsung, namun dengan cara mendekat kan 3 (tiga) bintik warna merah, hijau dan biru dengan komposisi nya yang ada masing-masing sehingga nanti nya akan menghasilkan warna baru lagi.

Cara Menggambar Dengan Teknik Pointilis

Nah setelah tadi kita membahas tentang pengertian apa itu teknik pointilis, kini saat nya saya akan membahas tentang bagaimana cara menggambar dengan menggunakan teknik pointilis ini. Berikut ini cara-cara nya dalam menggambar dengan menggunakan teknik pointilis dengan mudah dan benar sehingga akan dapat menghasil kan sebuah gambar dan lukisan yang baik.

  • Sebelum kalian akan menggambar dengan teknik pointilis ini, sebaiknya persiapkanlah peralatan untuk menggambar seperti buku gambar atau kertas kosong dan dapat juga menggunakan kanvas jika kalian sudah merasa cukup mahir dalam menggambar. Lalu pensil atau pulpen, spidol, kuas, penghapus, rautan, cat, dan penggaris. 
  • Setelah semua peralatan kalian sudah lengkap dan siap kini saat nya kalian mulai untuk menggambar. Pertama tentukan objek atau benda apa yang akan kalian gambar. Untuk kalian para pemula sebaiknya carilah objek yang mudah dan tidak terlalu silit untuk di gambar, contoh nya seperti buah apel maupun buah jeruk. 
  • Lalu buatlah gambar lingkaran dengan tipis saja tidak usah terlalu tebal dengan memakai pensil kalian. Setelah itu buat lah titik-titik yang mengelilingi bagain pinggir sebagai garis acuan. Buat lah titik ini secara terus menerus bahkan hingga terdapat jutaan titik. Karena semakin ke dalam titik tersebut maka akan semakin berkurang juga dan akan semakin terang gambar yang kalian buat tadi. Sebaliknya semakin keluar titik tersebut maka akan semakin rapat dan semakin gelap gambar kalian tersebut. 
Baca Juga :  6 Proses Daur Nitrogen [Lengkap]

Artikel Terkait : Penjelasan, Dampak dan Jenis Sampah Pada Lingkungan

  • Pada sekitar highlights, gunakan pensil kalian untuk membuat titik yang jarak nya tidak terlalu dekat atau saling berjauhan satu sama lain nya dan sebisa mungkin kalian hindari penempatan titik pada suatu titik yang sudah ada. Dan pastikan bahwa poin atau titik secara bertahap menjadi lebih jauh dan lebih terpisah atau lebih dekat pada satu titik saja. 
  • Setelah itu arahkan lah pensil kalian ke tengah lingkaran tadi. Namun jangan lupa untuk mengganti pensil kalian yang tadi dengan pensil yang berukuran menengah dan mulailaih buat poin atau titik seperti tadi. 
  • Jika kalian ingin membuat bayangan atau menciptakan efek bayangan dengan teknik pointilis ini, kalian dapat membuat nya dengan memakai pensil yang agak sedikit besar sehingga akan mempermudah kalian dalam membuat obyek bayangan. Di daerah yang tergelap atau paling gelap pastikan lah bahwa titik atau poin yang kalian buat terlihat cukup berdekatan satu sama lain nya. Tapi pastikan juga bahwa kalian tidak membuat garis pada titik tersebut.

Nah itulah tadi beberapa penjelasan singkat mengenai teknik pointilis dalam menggambar. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian semua.

teknik pointilis, pointilis, pengembangan teknik pointilis, teknik po
Related posts: