Penjelasan Bagian Lobus Otak Dan Fungsi Lobus Pada Otak Manusia

Posted on

Otak adalah salah satu organ yang paling penting yang ada di dalam tubuh setiap manusia. Karena otak ini merupakan pusat dari segala syarat yang ada di dalam tubuh kita. Karena demikianlah maka otak ini menjadi pengendali semua organ-organ yang ada di dalam tubuh kita.

Otak merupakan organ yang sangat kompleks yang ada di dalam tubuh manusia yang mempunyai banyak fungsi yang sangat vital bagi tubuh. Misalnya yaitu fungsi otak untuk mengatur gerakan tubuh, berpikir, menyimpan memori, serta masih banyak lagi fungsi otak bagi manusia. Otak manusia sendiri terdiri dari beberapa bagian.

Otak besar pada manusia ini dibagi menjadi 4 bagian atau wilayah. Adapun keempat bagian utama yang ada di dalam otak besar kita disebut dengan nama lobus. Di dalam ilmu anatomi tubuh manusia, lobus ini merupakan sebuah divisi anatomi yang jelas atau keberadaan suatu organ (seperti otak, ginjal, hati) yang bisa ditentukan tanpa menggunakan mikroskop di dalam tingkatan anatomi.

Lobus utama dalam otak manusia

Adapun keempat lobus utama yang ada di dalam otak yaitu adalah lobus frontal, lobus parietal, lobus oksipital, dan lobus temporal. Lobus inilah yang nantinya berfungsi untuk mengontrol indera-indera di dalam tubuh manusia, mengontrol gerakan tubuh, dan juga mengontrol pikiran manusia. Lalu sebenarnya apa saja fungsi dari keempat lobus yang ada di dalam otak besar manusia?

Nah buat kalian yang saat ini sedang mencari tahu tentang apa saja fungsi lobus di dalam otak manusia maka disinilah tempatnya. Sebab di sini akan saya berikan beberapa penjelasan mengenai fungsi dari masing-masing lobus yang ada di dalam otak manusia. Berikut penjelasannya silahkan disimak dan dipahami baik-baik ya supaya kalian jadi mengerti dan paham tentang fungsi lobus di dalam otak kita.

Baca Juga :  Pengertian Lengkap Rotasi dan Revolusi Bumi

Fungsi Bagian-Bagian Lobus

1. Lobus Frontal

@news.lewatmana

Lobus frontal merupakan tempat bagi pikiran kognitif manusia, yang mana hal inilah yang membentuk serta dapat menentukan kepribadian seseorang. Lobus frontal yang ada pada otak manusia ini akan mencapai kematangan maksimal pada saat seseorang tersebut berusia 25 tahun.

Lobus frontal ini terdiri dari bagian anterior dan bagian posterior. Bagian anterior ini bertugas untuk menjalankan fungsi-fungsi kognitif yang lebih tinggi, sedangkan bagian posterior ini bertugas untuk mengatur gerakan secara sadar karena di dalamnya terdapat sensor-sensor motorik dan premotor.

Lobus frontal ini sangat rentan sekali dengan cedera karena letaknya yang berada tepat di depan tengkorak. Dan jika terjadi kerusakan pada bagian lobus frontal ini maka akan dapat menyebabkan gangguan atau masalah seperti :

  • Perubahan dalam kebiasaan berbicara
  • Penurunan kemampuan pengambilan resiko
  • Penurunan daya berpikir serta daya kreativitas

2. Lobus Parietal

@budisma

Lobus parietal ini memiliki tugas untuk mengintegrasikan informasi sensorik yang berasal dari seluruh tubuh. Yang mana hal ini meliputi pengolahan informasi, gerakan, orientasi spasial, persepsi visual, persepsi rangsangan, rasa sakit, sentuhan, dan kognisi. Hal ini karena di dalam lobus parietal ini dilewati oleh saraf optik yang melewati lobus parietal ini hingga ke lobus oksipital.

Lobus parietal sendiri terletak di belang suklus sentral dan di atas lobus oksipital. Apabila terjadi kerusakan pada bagian lobus parietal ini maka akan bisa mengakibatkan kelainan di dalam pengolahan spasial dan citra tubuh, selain itu kerusakan yang terjadi pada bagian lobus parietal ini akan menyebabkan gangguan seperti :

  • Jika terjadi kerusakan di lobus parietal kiri akan menyebabkan sindrom afasia (gangguan berbahasa) dan agnosia (persepsi abnormal pada benda)
  • Jika terjadi kerusakan di lobus parietal kanan akan menyebabkan kesulitan untuk melakukan sesuatu dan kesulitan untuk melakukan perawatan diri sendiri
  • Selain itu kerusakan pada lobus secara umum juga akan menyebabkan gangguan pada aktivitas motorik
Baca Juga :  Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan

3. Lobus Oksipital

@sites.google

Lobus oksipital ini merupakan salah satu lobus yang memiliki ukuran paling kecil dari keempat jenis lobus yang ada. Lobus oksipital ini terletak di bagian paling belakang tengkorak yaitu di tentorium cerebelli yang memisahkan antara otak dari otak kecil. Adapun tugas atau fungsi dari lobus oksipital ini yaitu adalah untuk sistem persepsi visual, penerimaan visual, pemrosesan visual-spasial, gerakan, maupun pengenalan akan warna.

Hal ini karena pada lobus oksipital ini mengandung korteks visual primer di dalamnya. Karena lokasinya yang terletak di bagian paling belakang tengkorak maka lobus oksipital ini tidak terlalu rentan terhadap cedera atau mengalami kerusakan. Tapi apabila sampai terjadi trauma yang signifikan pada bagian lobus oksipital ini akan dapat menyebabkan beberapa masalah atau gangguan seperti :

  • Kehilangan penglihatan
  • Gangguan sistem visual perspetual

4. Lobus Temporal

@musicalbrainwaves.weebly

Bagian lobus yang terakhir yaitu adalah lobus temporal. Lobus temporal ini memiliki 2 (dua) bagian, yaitu yang terletak di bagian sisi kiri dan kanan di sekitar telinga. Karena letaknya yang dekat dengan bagian telinga, maka lobus temporal ini berisi korteks pendengaran primer, sehingga fungsi utamanya yaitu adalah bertanggung jawab atas seluruh proses pendengaran.

Selain itu pada lobus temporal ini juga memiliki hippocampus yang bertugas untuk pembentukan memori jangka panjang dan juga memilah infromasi baru. Antara lobus temporal yang ada di bagian kanan dan bagian kiri ini akan mengontrol memori visual dan juga memori verbal masing-masing.

Baca Juga :  Doa Niat Puasa Senin Kamis (Manfaat, Hikmah Dan Keutamaan)

Namun jika terjadi kerusakan atau gangguan pada bagian lobus temporal ini maka akan dapat mengakibatkan beberapa hal seperti berikut ini :

  • Lobus temporal kiri, akan dapat menyebabkan penurunan kemampuan untuk mengingat konten yang berupa audio maupun visual, akan menyebabkan kesulitan dalam mengenali kata-kata dan juga mengingat materi verbal
  • Lobus temporal kanan, akan dapat menyebabkan kesulitan di dalam mengenali konten visual dan juga mengingat hal seperti musik maupun gambar
Related posts: