Pengertian Pekerjaan Frontliner [Tugas dan Gaji]

Posted on

Untuk sebagian orang awam mungkin masih belum banyak yang tahu dengan apa yang dimaksud dengan frontliner ini. Yang perlu kalian ketahui bahwa frontliner ini merupakan nama dari sebuah profesi atau pekerjaan yang secara langsung mampu untuk berhadapan ataupun berhubungan dengan para customer atau pelanggan.

Namun kata frontliner ini bukan merupakan sebuah jabatan, melainkan bisa dikatakan sebagai nama sebuah profesi seperti halnya customer service, resepsionis, sales, dan lain sebagainya. Adapun tugas dari seorang frontliner ini yaitu adalah untuk memberikan penjelasan dan pelayanan yang baik kepada para customer atau pelanggan, yang mana hal ini merupakan tugas paling utama dari seorang frontliner.

Yang mana seorang frontliner yang menjadi orang paling depan di dalam memberikan pelayanan kepada customer ini juga bisa menunjukkan citra dari sebuah perusahaan tempat seorang frontliner tersebut bekerja.

Sehingga hal ini menuntut seorang frontliner untuk mempunyai kepribadian yang hangat, humble, dan juga ramah yang mana hal tersebut akan bisa memberikan kenyamanan pada pelanggan. Selain itu seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa menjadi seorang frontliner ini juga bisa menunjukkan citra dari sebuah perusahaan.

Pengertian Frontliner

@marketing

Frontliner adalah sebuah kategori pekerjaan yang ada di dalam suatu perusahaan yang biasanya pekerjaan tersebut ada di dalam sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan maupun jasa-jasa lainnya. Yang mana pada umumnya tugas dari seorang frontliner yaitu adalah untuk melayani para customer atau pelanggan secara langsung.

Seorang frontliner ini disebut juga sebagai seorang bumper perusahaan. Mengapa disebut sebagai bumper? Karena seorang frontliner ini ibaratnya adalah sebuah bumper dari perusahaan yang harus siap babak belur. Dimana pada saat ada seorang pelanggan yang komplain kepada perusahaan, walaupun kesalahan tersebut tidak disebabkan oleh seorang frontliner namun sebagai seorang frontliner harus meminta maaf dan menjelaskan mengapa masalah tersebut sampai terjadi dan bagaimana cara penanganan atau penyelesaian dari masalah tersebut.

Baca Juga :  10 Gambar DP Idul Adha Bergerak 2019 [Lucu & Wajib di Share]

Dikatakan juga bahwa menjadi seorang frontliner maka juga harus bersiap untuk memiliki muka dua. Maksudnya yaitu adalah contohnya seperti saat kalian memiliki masalah di rumah atau dengan pasangan, kalian tidak boleh membawa masalah tersebut ke meja kerja kalian.

Dimana saat kalian sedang bekerja dan melayani pelanggan kalian harus selalu menampakkan wajah yang ramah dan hangat, jangan terlihat muram dan terlihat sedih. Karena para customer ini tidak mau tahu apa masalah yang sedang kalian, para frontliner ini hadapi atau bagaimana suasana hati para frontliner ini. Para customer ini hanya ingin dilayani dengan sebaik mungkin oleh para frontliner ini.

Tugas Frontliner

@hipwee

Tugas dari seorang frontliner yaitu adalah memberikan sebuah informasi yang sejelas-jelasnya kepada para customer atau pelanggan. Seorang frontliner harus mempunyai penampilan yang menarik dan juga sopan, karena hal ini akan mencerminkan citra dari perusahaan tempat seorang frontliner tersebut bekerja.

Selain itu seorang frontliner juga harus mempunyai perilaku yang baik seperti senyum tulus, wajah yang hangat, penuh semangat, dan juga selalu ramah. Seorang frontliner juga harus mampu untuk melayani pelanggang dengan sebaik mungkin, selalu mendengarkan seluruh kebutuhan dan keinginan para pelanggan, selalu menyebutkan nama dari pelanggan, berbicara serta bersikap sopan kepada para pelanggan.

Selain itu sebagai seorang frontliner juga harus memiliki bahasa tubuh yang baik dan yang paling terpenting yaitu adalah harus memiliki pengetahuan atau knowledge yang baik tentang sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tempat seorang frontliner tersebut bekerja.

Jenis Jabatan Frontliner

Seperti yang sudah saya katakan tadi, bahwa posisi pekerjaan atau profesi sebagai seorang frontliner ini biasanya ada di sebuah perusahaan seperti perbankan dan juga perusahaan jasa lainnya.

Baca Juga :  Contoh Proposal Kegiatan Hari Raya Idul Adha 2019 [Siap Edit]

Sehingga jenis jabatan dari profesi frontliner ini tidak hanya ada satu saja, namun ada beberapa jenis jabatan dari profesi menjadi seorang frontliner ini. Berikut penjelasannya

1. Customer Service Perusahaan

@hansard

Customer service adalah sebuah jabatan dari seorang frontliner yang mempunyai tugas untuk memberikan sebuah pelayanan atau service kepada para customer dalam menyelesaikan suatu masalah yang sedang dialaminya.

Pelayanan yang bisa diberikan oleh seorang customer service ini yaitu adalah dengan cara menerima keluhan serta masalah dari para customer dan memberikan solusi atau jalan keluar dari permasalahan customer tersebut.

7 Tugas Tambahan customer service :

♥ Menerima tamu atau pelanggan

♥ Komunikator, dengan cara memberikan suatu informasi dan kemudahan kepada nasabah yang membutuhkan penjelasan

♥ Memberikan sebuah Informasi produk Bank

♥ Melayani pembukuan dan penutupan rekening nasabah

♥ Melayani semua bentuk komplain dari nasabah terhadap masalah yang ada

♥ Melayani nasabah dalam hal pelayanan jasa atau produk ,(transfer, inkaso, pemindahan buku tabungan, dan lain–lain)

♥ Melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan

2. Teller Bank

@miftahfaozi

Teller merupakan seorang petugas yang ada di bank yang bertugas untuk melayani para nasabah dalam melakukan transaksi keuangan perbankan oleh nasabahnya. Tugas dari seorang teller yang utama yaitu adalah membantu, menangani, serta memberikan solusi bagi para nasabah yang akan melakukan transaksi perbankan dan memberikan jasa layanan uang tunai maupun non tunai. Adapun tugas dari teller yang lain yaitu adalah sebagai berikut ini :

  • Seorang teller wajib datang tepat waktu sesuai dengan jam masuk, dan memastikan semua perlengkapan berfungsi dengan baik, seperti alat hitung, komputer dan perlengkapan yang lainnya
  • Bersikap ramah kepada semua nasabah , selalu memberi salam atau greeting dan memberi ucapan terimakasih apabila telah menyelasaikan tugasnya
  • Menjaga penampilan sesuai dengan standar bank seperti cara berpakaian, rambut rapi, dan menggunakan ID card Bank dan lain sebagainya.
  • Setiap melakukan setor ataupun tarik tunai seorang teller wajib melakukan sebuah perhitungan uang nasabah tersebut
  • Melakukan sebuah transaksi pembayaran tunai ataupun non tunai kepada nasabah yang bertransaksi dan juga melakukan update data transaksi pada sistem komputer.
  • Wajib untuk memberikan bukti transaksi kepada nasabah yang bertransaksi dan menandatanganinya sebagai tanda tangan pengesahan
  • Bertanggung jawab atas kesesuaian antara jumlah kas di sistem dengan kas yang diterimanya.
Baca Juga :  Contoh Doa Makan dalam Iman Kristen [Mudah di Contoh]

Selain diisi oleh posisi seorang customer service dan teller, profesi sebagai seorang frontliner ini juga bisa diisi oleh seorang satpam atau security. Sebab para security atau satpam ini tak jarang juga bisa menjadi orang yang pertama memberikan pelayanan secara langsung kepada para pelanggan yang baru pertama kali masuk.

Biasanya tugas dari para security atau satpam ini adalah membukakan pintu bagi para customer, kemudian akan bertanya apa maksud serta tujuan sang customer kemari, dan memberikan beberapa informasi secara garis besar kepada sang customer.

Setelah itu sang security akan menunjukkan kemana sang customer ini harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan dari seorang customer service. Adapun gaji pokok dari seorang frontliner yaitu mulai dari Rp. 3 juta – 6 juta. Hal ini tergentung dengan kebijakan masing-masing perusahaan tempat frontliner tersebut bekerja.

Related posts: