Pengertian, Jenis, Ciri dan Contoh Demokrasi, Wajib Kita Pelajari!!!

Posted on

Negara kita Indonesia sudah menganut sistem pemerintahan demokrasi sejak merdeka hingga sampai sekarang ini. Lalu tahukah kalian apa sebenarnya demokrasi itu? Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan suatu keputusan yang mungkin dapat merubah kehidupan mereka.

Apa Itu Demokrasi

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani. Yaitu berasal dari kata “Demos” yang berarti Rakyat dan “Kratos” yang berarti Kekuasaan. Sehingga jika digabungkan akan membentuk arti yaitu Kekuasaan Rakyat. Demokrasi mengijinkan dan memperbolehkan para warga negaranya untuk berpartisipasi dalam perumusan, pengembangan dan pembuatan hukum baik secara langsung maupun dengan perwakilan.

Artikel Terkait : 5 Macam Metode Pembelajaran Terbaik

Demokrasi mencakup semua kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara dalam warga negara. Dapat dikatakan bahwa dalam demokrasi kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Dan lebih gampangnya demokrasi bisa dimaknai sebgai sistem pemerintahan yang dijalankan dan diatur sendiri oleh rakyatnya.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

@satujam
  • Menurut Abraham Lincoln : demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
  • Menurut Hans Kelsen : demokrasi adalah pemerintahan yang dilakukan dan diselenggarakan dari rakyat dan bagi rakyat. Adapun yang melaksanakan kekuasaan negara yaitu adalah para wakil-wakil dari rakyat yang telah dipilih oleh mereka sendiri dengan keyakinan bahwa setiap keperluan dan kebutuhan para rakyat akan memperoleh perhatian terhadap aturan yang sudah atau yang akan disusun dan dibuat oleh wakil-wakil rakyat tersebut terkait dengan penerapan kekuasaan negara.
  • Menurut Charles Costello : demokrasi adalah suatu sistem sosial dan politik pemerintahan dengan kekuasaan pemerintahan yang terbatas oleh adanya hukum dan budaya dalam melindungi masing-masing hak perorangan setiap warga negaranya.

Jenis Demokrasi

Demokrasi terdiri dari berbagai macam bentuk, diantaranya adalah:

1. Macam demokrasi berdasarkan fokus perhatiannya

  • Demokrasi formal : yaitu demokrasi yang berpusat hanya pada bidang politik saja tanpa ada hal untuk meminimalkan kesenjangan politik sama sekali.
  • Demokrasi material : yaitu demokrasi yang berpusat pada bidang ekonomi tanpa adanya pengurangan pada kesenjangan ekonomi.
  • Demokrasi gabungan : yaitu demokrasi ini adalah kombinasi dari demokrasi formal dan demokrasi material.

2. Macam demokrasi berdasarkan penyaluran kehendak rakyat

  • Demokrasi langsung (direct democracy) : yaitu demokrasi yang secara langsung mengikut sertakan rakyatnya terkait dengan penentuan dan pemilihan keputusan tertentu yang akan diambil oleh negara.
  • Demokrasi tak langsung (indirect democracy) : yaitu demokrasi yang secara tidak langsung memasukkan semua rakyat dalam sebuah negara terhadap penentuan dan pengambilan keputusan suatu negara.

Ciri Demokrasi

@beritamoneter

Sebuah negara yang menganut sistem demokrasi di dalam pemerintahannya pasti mempunyai ciri-ciri seperti berikut:

  1. Mempunyai ciri perwakilan, yaitu pada saat mengelola setiap kepentingan kedaulatan negara dan kekuasaan rakyat sudah diwakili oleh mereka yang sebelumnya telah dipilih dan ditetapkan dari rakyat itu sendiri.
  2. Terdapat ciri konstitusional, yaitu yang terkait dengan kehendak maupun kepentingan rakyat yang dibuat dan disusun pada sebuah undang-undang negara yang ada.
  3. Dilakukan pemilihan, yaitu setiap aktivitas politik dilakukan dalam memilih pihak mana yang akan diberikan amanah untuk melanjutkan roda pemerintahan negara.
  4. Ditujukan kepada rakyat, yaitu setiap keputusan yang dibuat dan dikeluarkan oleh pemerintah sesuai dengan kehendak atau keinginan dan keperluan dari masing-masing rakyat atau seluruh rakyat suatu negara.

Prinsip Demokrasi

Pada penerapannya, sistem demokrasi memiliki beberapa prinsip sebagai berikut:

  1. Adanya kesetaraan antar masing-masing warga negara
  2. Setiap warga negara memiliki hak dalam kesetaraan dan kesamaan terkait dengan praktik politik
  3. Adanya keikutsertaan setiap masyarakat terkait dalam pelaksanaan dan penentuan keputusan-keputusan politik dalam negara
  4. Kebebasan yang disepakati, diakui dan disetujui oleh tiap warga negara

Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi

Sistem demokrasi memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya sendiri, seperti berikut ini:

  • Kelebihan
  1. Dapat menghindari adanya monopoli kekuasaan yang mungkin dilakukan oleh pemerintah
  2. Adanya kesamaan hak antar masyarakat yang membuat masing-masing warga masyarakat boleh ikut ambil bagian di dalam pemerintahan yang terkait dengan sistem politik
  3. Penerima kekuasaan yang ditetapkan berdasarkan oleh keinginan serta suara rakyat
  • Kekurangan
  1. Dinilai kurang adil terkait dengan kesamaan hak karena menurut para ahli masing-masing orang memiliki pemahaman politiknya sendiri yang berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya
  2. Fokus konsentrasi pemerintah yang sedang menjabat jadi berkurang karena mendekati proses pemilihan umum berikutnya
  3. Kepercayaan masyarakat mudah goyah dan hancur karena adanya efek-efek dari pemberitaan dan informasi-informasi yang bersifat negatif

Contoh Demokrasi

1. Di Lingkungan Keluarga

  • Masing-masing anggota keluarga melaksanakan kewajibannya masing-masing di dalam keluarga
  • Masing-masing anggota keluarga saling menyayangi serta menghormati antara satu anggota keluarga dengan yang lainnya
  • Mengadakan musyawarah jika akan mengambil suatu keputusan yang penting bagi anggota keluarga
  • Mengutamakan urusan kepentingan keluarga atau kepentingan bersama dibandingkan dengan urusan dan kepentingan pribadi masing-masing
  • Semua anggota keluarga menerapkan adanya rasa keadilan tanpa adanya rasa pilih kasih terhadap semua anggota keluarga

Artikel Terkait : Belajar Kalimat Bahasa Sunda Sehari-hari dan Artinya

Baca Juga :  Solusi, Dampak dan Proses Terjadi Global Warming

2. Di lingkungan Masyarakat

  • Mengadakan suatu musyawarah mufakat untuk mencari suatu solusi dalam kehidupan bermasyarakat
  • Mengembangkan sikap saling menghargai dan bertoleransi antar warga masyarakat
  • Saling bahu membahu dalam kegiatan kemasyarakatan lainnya untuk menjaga persatuan dan kesatuan dilingkungan tempat tinggal
  • Harus berani untuk mengemukakan pendapat kita baik itu berupa kritikan maupun pujian demi untuk kesejahteraan umum dan kesejahteraan bersama
  • Ikut berperan serta di dalam kegiatan iuran masyarakat yang berlaku

3. Di lingkungan Sekolah

@mikirbae
  • Ikut berpartisipasi dalam proses pemilihan ketua OSIS
  • Mengikuti kegiatan upacara bendera setiap hari Senin dengan tertib
  • Saling menghormati antar warga sekolah yang ada, terlebih kepada orang yang lebih tua
  • Pemerataan di dalam tugas piket kebersihan kelas secara adil dalam suatu anggota kelas
  • Melunasi biaya iuran sekolah dan lainnya dengan tepat waktu

Negara Penganut Demokrasi

Salah satu indikator dari demokrasi yaitu adanya pemilihan umum (pemilu) yang dilakukan untuk memilih para calon wakil-wakil rakyat yang akan duduk dalam pemerintahan. Berikut ini merupakan beberapa negara di dunia yang menerapkan sistem demokrasi dalam pemerintahannya.

1. Indonesia

Negara Indonesia mulai menganut sistem demokrasi sejak kemerdekaannya. Namun pelaksanaan pemilu secara langsung baru dilakukan pada tahun 2004. Dan dari setiap pemilu jumlah para partisipannya selalu meningkat, hal ini menunjukkan bahwa keadaan demokrasi di Indonesia sudah cukup baik.

2. Amerika Serikat

Negara Amerika Serikat sudah menganut demokrasi sejak lama dan menjadi negara penganut demokrasi tertua di dunia. Hal inilah salah satunya yang membuat negara ini menjadi paling berpengaruh di dunia. Jumlah peserta pemilu di Amerika Serikat kurang lebih sekitar 250 juta jiwa yang menunjukkan betapa tingginya antusias warga Amerika Serikat dalam melaksanakan demokrasinya

3. Brazil

Brazil menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk yang tinggi di Amerika Selatan. Penduduknya mencapai angka 200 juta jiwa dan angka suara pemilih pada pemilu Brazil bisa mencapai 140 juta jiwa. Sehingga hal ini yang menjadikan demokrasi di negara Brazil cukup baik dibanding dengan negara-negara Amerika Selatan lainnya.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai apa itu demokrasi. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian semua dan membuat kalian memahami makna dari demokrasi itu sendiri.

Related posts: