Pengertian dan Fungsi Epiglotis

Posted on

Epiglotis merupakan salah satu organ yang ada di dalam tubuh manusia. Epiglotis ini berada di sekitar area tenggorokan. Epiglotis adalah sebuah susunan tulang rawan yang terletak di belakang lidah dan di depan laring (kotak suara), epiglostis biasa nya mempunyai bentuk yang menghadap ke atas supaya udara bisa masuk ke dalam jalur yang selanjut nya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Epiglotis?

@freediverindonesia.com

Apabila terjadi proses menelan makanan, maka epiglotis ini akan menghadap ke bawah untuk kemudian menutup jalur yang ada pada kotak suara sehingga akan mencegah makanan yang sedang di telan untuk masuk ke dalam trakea. Epiglotis berbentuk seperti daun yang terdiri dari susunan atas tulang rawan yang menempel pada batang nya sampai ke bagian posterior dari tulang rawan tiroid dan akan memproyeksikan secara posterosuperior dari tempat menempel nya hingga smpai ke tulang rawan tiroid.

Penempelan ini bisa terjadi karena ligamen tiro epiglotik yang berada pada lini tengah yang di sekitar jalur tengah antara laring dan tiroid bagian inferior. Bagian dari epiglotis yang atas terdapat pada bagian faringeal lidah.

Artikel Terkait : Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Struktur anatomi dari epiglotis ini sangat penting sekali di dalam tubuh manusia. Sebab tanpa ada nya struktur anatomi epiglotis ini maka suatu organisme yang ada akan bisa menjalankan atau mendapatkan sebuah resiko tersedak dan batuk saat setiap kali berusaha dan mencoba untuk menelan makanan.

Suatu analogi yang mungkin sangat asing bagi kita semua, bahwa epiglotis ini di ibaratkan seperti sebuah toilet duduk yang menempel pada akar lidah. Selama dalam kegiatan normal maka akan di biarkan di dalam posisi yang berdiri sehingga dapat memungkinkan udara mengalir dengan bebas ke dalam laring dan trakea. Tapi pada saat suatu organisme mulai makan dan akan menelan nya maka epiglotis ini akan terkunci menutup meliputi pembukaan ke dalam trakea. Saat terjadi proses menelan flap akan muncul lagi yang memungkinkan kita dapat tetap bernafas.

Di dalam pembahasan mengenai anatomi epiglotis ini maka tidak bisa terlepas dari anatomi laring. Hal ini karena laring merupakan suatu organ khusus yang memiliki sphingter pelindung pada pintu masuk jalan pernapasan dan memiliki fungsi dalam pembentukan suara. Laring ini terletak di bagian terendah dari faring yang memisahkan nya dengan kolumna vertebra, yang berjalan dari faring hingga ketinggian vertebra servikalis dan masuk ke dalam trakea yang ada di dalam nya.

Laring terdiri dari 9 kartilago, yang mana dengan 6 kartilago kecil dan 3 kartilago besar. Kartilago nya yang terbesar yaitu adalah kartilago tiroid yang tersusun atas rangkaian cincin tulang rawan yang di hubungkan oleh otot-otot dan mengandung pita suara dan di bagian depan nya terdapat suatu benjolan subkutaneus yang di namakan atau lebih di kenal dengan nama jakun.

Laring ini terdiri dari 2 (dua) lempeng atau lamina yang terhubung di garis tengah. Pada bagian tepi atas terdapat suatu lekukan yang berupa tulang rawan krikoid yang letak nya berada di bagian bawah tiroid. Tulang rawan yang lain nya yaitu kedua tulang rawan dari aritenoid dan bagian kiri dan kanan dari tulang rawan kuneiform serta tulang rawan kornikulata yang bentuk nya sangat kecil sekali.

Aritenoid yang ada pada laring mempunyai fungsi yang sangat besar untuk membuka dan menutup pita suara. Aritenoid ini memiliki bentuk seperti segitiga yang terletak pada tepi atas krikoid pada perbatasan posterior laring. Di bagian puncak tulang rawan tiroid ini terdapat epiglotis yang bentuk nya berupa katup tulang rawan yang membantu menutup laring pada saat terjadi proses menelan makanan.

Laring ini di lapisi oleh selaput lendir yang memiliki jenis yang sama dengan yang ada pada trakea. Kecuali pada bagian pita suara dan bagian epiglotis yang di lapisi oleh sel epitelium yang berlapis.

Fungsi Epiglotis

Epiglotis ini memiliki fungsi dan peranan yg sgt penting di dalam tubuh manusia. Berikut saya berikan beberapa penjelasan dari fungsi dan kegunaan epiglotis di dalam tubuh kita seperti di bawah ini:

  • Fungsi Epiglotis Dalam Pernapasan

Epiglotis juga memiliki fungsi di dalam sistem pernapasan manusia. Dan fungsi epiglotis di dalam pernapasan juga menjadi hal yang sangat penting di dalam sistem pernapasan manusia. Hal ini di karenakan struktur tulang rawan ini (epiglotis) membuat kita tidak tersedak pada saat kita sedang makan atau pun minum.

Artikel Terkait : Cara Budidaya Buah Tin

Baca Juga :  5 Klasifikasi Makhluk Hidup

Sebab epiglotis akan menutu pintu masuk yang menuju ke dalam trakea sehingga makanan maupun minuman akan di alirkan secara langsung menuju ke dalam sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh kita.

Tapi terkadang makanan atau minuman yang sedang kita telan tersebut akan jatuh ke dalam kantung yang ada pada kedua sisi epiglotis. Hal inilah yang dapat menjadi alasan mengapa tidak baik dan tidak aman untuk berbicara pada saat kita sedang menalan makanan maupun minuman.

  • Fungsi Epiglotis Dalam Pencernaan

Epiglotis juga memiliki fungsi yang penting di dalam sistem pencernaan tubuh manusia. Epiglotis secara langsung dan otomatis akan memberikan makanan maupun minuman dan setiap nutrisi yang kita telan ke dalam sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh kita. Hal ini yaitu di sebabkan karena organ ini (epligotis) pada saat menelan partikel akan di alihkan ke kerongkongan dan bukan nya menuju ke dalam sistem pernapasan.

  • Fungsi Epiglotis Dalam Menelan

Fungsi epiglotis di dalam proses menelan makanan juga merupakan salah satu hal yang sangat penting. Pada saat kita sedang menelan makanan maupun minuman, maka epiglotis ini akan menarik kembali untuk menutupi jalan masuk menuju ke laring yang bisa mencegah makanan dan minuman yang kita telan tidak masuk ke dalam tenggorokan.

Melainkan zat-zat dari makanan dan minuman yang sudah kita telan tadi akan masuk ke dalam kerongkongan dan kemudian di teruskan masuk ke dalam lambung. Pada saat proses kita menelan makanan maupun minuman sudah selesai, maka epiglotis akan secara otomatis bergerak naik sekali lagi dan membuat aliran udara yang normal ke dalam trakea.

  • Fungsi Epiglotis Dalam Bicara

Epiglotis ternyata juga memiliki fungsi yang penting pada saat kita berbicara. Epiglotis akan bertindak sebagai artikulator di dalam memproduksi vokal dan kosonan faring. Pada saat kita mengucapkan vokal maka pembukaan antara epiglotis dan faring akan menjadi lebih besar. Sebalik nya dalam pengucapan konsonan maka bukaan akan menjadi lebih kecil.

Di dalam faringeal, epiglotis akan mengartikulasikan dinding posterior faring. Pada saat kita berbicara secara lambat, nada bicara kita ini di hasilkan melalui sebuah lubang sempit.

Ternyata epiglotis sangat berperan penting sekali di dalam tubuh kita. Semoga penjelasan dan materi mengenai epiglotis tadi dapat menambah kekayaan pengetahuan kalian semua.

Epiglotis, epiglotis adalah
Related posts: