Pantai Kuta Lombok

Pantai kuta lombok terletak di daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan menjadi salah satu obyek wisata alam dengan pasir pantai berwarna putih. Keindahan pantai yang membentang sepanjang 7,2km tersebut juga dilengkapi dengan panorama batu karang yang dikenal dengan sebutan Bukit Mandalika.

Pantai kuta diklaim sebagai salah satu pantai terindah yang keberadaannya selalu ramai dikunjungi wisatawan. Usut punya usut, selain pemandangan pantai yang indah, daya tarik lain di tempat ini adalah tradisi dan kebudayaan masyarakat setempat yang terbilang unik.

Alamat dan Rute

Pantai kuta lombok berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nuta Tenggara Barat. Posisi pantai ternyata dekat dengan Lombok International Airport (LIA) sehingga wisatawan yang selesai menggunakan pesawat bisa menggunakan taxi dan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke pantai.

Akan tetapi, jika Anda start dari Kota Mataram, maka membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu 1,5 jam perjalanan. Hal ini karena jarak Mataram ke pantai di Lombok ini sekitar 75km dan Anda harus berturut-turut melewati daerah Cakranegara, Praya, Batunyale, Rambitan, dan Sade.

Sangat disarankan bagi wisatawan yang datang dari arah Mataram untuk menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi umum yang sangat terbatas dan tarifnya cukup mahal. Hal ini menjadi tips wisata di pantai kuta yang penting untuk diindahkan terutama bagi Anda yang memiliki budget terbatas.

Harga Tiket Masuk

Beaya tiket masuk pantai kuta lombok adalah free alias gratis, namun pengunjung tetap diwajibkan untuk membayar tiket parkir. Tarif selengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

Biaya-biaya Keterangan Tarif
Tiket Masuk Gratis
Biaya parkir Kendaraan roda dua Rp5.000,-
Mobil Rp10.000,-
Bus dan Travel Rp15.000,-

Jam Buka Tutup

Jam operasional pantai kuta lombok terbilang tanpa batas karena para pengunjung bisa memasuki kawasan obyek wisata pantai di NTB ini kapanpun mereka mau. Semua fasilitas wisata dibuka selama 24 jam non stop.

Adapun waktu-waktu yang paling menyenangkan dan direkomendasikan untuk berkunjung adalah sekitar pukul 09.00-15.00 waktu setempat. Anda akan merasakan sensasi tiupan angin sepoi-sepoi dengan ditemani deburan ombak dan panorama bukit hijau yang membentang.

Obyek Wisata

Pantai kuta lombok memiliki sejumlah obyek wisata yang menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa obyek wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan antara lain:

1. Berenang di Pantai

Salah satu tujuan utama dari mengunjungi wisata pantai tentu saja adalah berenang atau bermain air di sepanjang bibir pantai. So, siapkan baju pantai terbaik yang Anda miliki untuk merasakan sensasi berenang di laut kuta yang masih jernih dan terjaga.

Sembari melepas penat di tepi pantai, tak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas pantai yang dominan dengan kuliner seafood. Jangan lupa juga untuk membawa pulang sebagai oleh-oleh khas pantai karena hanya bisa Anda dapatkan di tempat ini.

2. Keindahan Sunset Senja

Senja adalah momen yang paling tepat untuk merasakan nuansa romantisme di pantai. Keindahan langit menjelang matahari terbenam menjadi pemandangan yang paling ditunggu-tunggu oleh wisatawan saat malam menjelang.

Tempat paling berkesan untuk menikmati panorama sunset adalah Bukit Mandalika. Pengunjung akan mendapatkan hasil jepretan foto pantai dengan langit senja yang terlihat sangat memukau.

3. Snorkeling dan Olahraga Air

Dilangsir dari infopantai.com, air laut yang jernih di pantai kuta ternyata menyimpan kumpulan terumbu karang serta biota laut yang indah. Tak heran jika banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk ber-snorkeling atau menyelam.

Selain snorkeling, obyek wisata yang juga ramai dipadati wisatawan adalah olahraga air yang cukup menantang adrenalin. Beberapa diantaranya adalah berselancar, jetsky, banana boat, windsurfer, dan olahraga air lainnya dengan tarif yang cukup terjangkau.

4. Memanjat Bukit Karang

Bukit Mandalika menjadi spot wisata paling menarik setelah panorama pantainya yang mempesona. Batu karang yang dipenuhi dengan hijaunya pepohonan tersebut kerap kali dijadikan sebagai area paling cocok untuk pengambilan gambar pantai.

5. Upacara Bau Nyale

Upacara bau nyale merupakan tradisi turun-temurun di Lombok yang diadakan sekitar bulan Februari atau Maret. Pengunjung yang datang pada waktu tersebut akan menjadi saksi sejarah kebudayaan masyarakat setempat.

Konon, upacara tersebut diadakan untuk memperingati kematian Putri Mandalika yang terjun dari atas bukit karena dikejar-kejar oleh pangeran yang tidak dicintainya. Pengunjung pantai akan melihat pemandangan puluhan nelayan yang mencari cacing nyale dimana binatang tersebut dipercaya sebagai jelmaan rambut sang putri.

Pantai kuta lombok menjadi gambaran keindahan ciptaan Tuhan yang tetap terjaga keasriannya. Hamparan laut yang luas dengan kapal-kapal kecil nelayan yang tampak dari kejauhan memberikan rasa damai bagi siapapun yang melihatnya. Jangan lupa siapkan kamera terbaik Anda untuk mengabadikan momen-momen yang pastinya tak akan terlupakan.