Pakaian Adat Bali Beserta Penjelasannya

Posted on

Setiap daerah yang ada di Indonesia pasti memiliki pakaian adatnya masing-masing. Tak terkecuali dengan Bali. Ya, siapa sih yang tidak mengenal atau mengetahui Bali? Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di sebelah timur pulau Jawa dan sebelah barat dari kepulauan Nusa Tenggara.

Keunikan Pakaian Adat Bali

@brobali

Bali menjadi salah satu destinasi wisata terkenal baik secara domestik maupun internasional. Hal ini dikarenakan bentang alam di pulau ini yang sangat cantik dan menarik untuk dikunjungi. Selain itu juga kebudayaan dan tradisi masyarakat Bali yang masih dijunjung dan dipertahankan sampai saat ini yang membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung ke Bali.

Salah satunya yaitu adalah pakaian adatnya yang unik. Baju adat Bali ini hanya ada di Pulau Dewata saja. Ada dua jenis pakaian adat Bali, yaitu pakaian adat Bali untuk pria dan pakaian adat Bali untuk wanita. Baju adat Bali ini memiliki banyak variasi, meskipun apabila dilihat sekilas semuanya tampak seperti sama.Keadaan sosial dan status ekonomi juga mempengaruhi motif ataupun corak yang ada pada pakaian adat Bali.

Dan pada umumnya pakaian adat Bali memiliki makna dan filosofi yang berbeda-beda dari setiap motifnya. Untuk lebih mengetahui dan mengenal pakaian adat Bali, saya akan beri penjelasan kepada kalian semua mengenai pakaian adat Bali.

Pakaian Adat Bali Pria

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi bahwa pakaian adat Bali ini memiliki banyak bentuk dan jenisnya. Pakaian adat Bali pria ini biasanya digunakan pada saat acara-acara keagamaan, ada juga yang dipakai untuk menghadiri sebuah undangan atau acara pernikahan maupun ada juga yang digunakan sebagai pakaian sehari-hari mereka. Di bawah ini merupakan beberapa item aksesoris yang ada pada pakaian adat Bali pria.

  • Ikat Kepala

Ikat kepala atau yang biasa disebut dengan udeng ini merupakan perlengkapan aksesoris yang dipakai dalam pakaian adat pria Bali. Ikat kepala ini berbahan kain dan biasa dipakai untuk penutup kepala sebagai sarana pelaksanaan ibadah.

Udeng yang dipakai untuk acara keagamaan biasanya yang berwarna putih, sedangkan udeng yang biasa dipkai sehari-hari biasanya udeng yang bermotif batik di permukaannya.

Artikel Terkait : 5 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Baca Juga :  Contoh Pasar Persaingan Sempurna [Pengertian Dan Karakteristik]

Pada bagian tengah udeng terdapat sebuah simpul yang memiliki arti sebagai lambang agar tetap berfikiran jernih dan tidak berfikir kotor dan selalu memfokuskan fikiran si pemakainya saat sedang melaksanakan ibadah.

  • Kain Kamen
@carakus

Kain kamen ialah sebuah kain yang fungsinya untuk menggantikan celana pada pakaian adat pria Bali. Karena pada pakaian adat Bali ini tidak menggunakan celana melainkan memakai kain kamen yang berukuran panjang 2 meter dan lebar 1 meter sebagai bawahannya pengganti celana.

Cara memakai kain kamen ini yaitu diikat pada pinggang dengan cara melingkarkannya dari kanan ke kiri. Pada ikatan tersebut terdapat sebuah simbol yakni Dharma.

Pemakaian kain kamen jaraknya haruslah satu jengkal dari kaki dan diiringi dari bentuk lancip di bagian ujung yang menghadap ke bawah dan bersentuhan dengan tanah. Hal ini merupakan sebuah bentuk rasa hormat kepada sangi ibu pertiwi.

  • Pakaian Bali
@busanabali

Pakaian atasan atau baju pada pakaian adat pria Bali umumnya menggunakan model baju yang tertutup dan wujudnya atau bentuknya jika diperhatikan sepintas akan mirip dengan baju-baju safari. Dalam prinsipnya memang tidak ada aturan-aturan khusus mengenai baju pakaian adat Bali pria ini.

Namun salah satu hal yang tetap harus diperhatikan adalah kebersihan pakaiannya sehingga akan terlihat rapi dan sopan. Itulah mengapa banyak baju adat pria Bali yang berwarna putih polos, yang menjadi tanda dari kesucian dan kebersihan sang pemakainya.

  • Sabuk
@baabun

Sabuk pada pakaian adat pria Bali ini berupa selendang kecil yang berwarna kuning yang dipakai sebagai sarana pelengkap penguat kain kamen dan saput. Ikatan yang dipkai ialah merupakan ikatan dengan simpul hidup dan diikatkan di posisi sebelah kanan.

Langkah-langkah dalam mengikatnya inilah yang memliki arti bahwasanya pria Bali selalu mengontrol segala sesuatu hal yang buruk dari berbagai macam kehidupannya. Sabuk ini biasanya dipakai pada acara-acara tertentu seperti pada saat acara pernikahan.

  • Saput

Saput merupakan kain penutup bagian bawah yang dipakai setelah kain kamen. Cara memakai kain saput ini yaitu dengan cara diikatkan ke pinggang yang cara mengikatnya berlawanan dengan arah jarum jam.

Pakaian Adat Bali Wanita

Setelah tadi kita sudah membahas tentang pakaian adat Bali pria, maka sekarang akan kita bahas mengenai pakaian adat Bali wanita. Inilah beberapa item aksesoris yang ada pada pakaian adat Bali wanita.

  • Sanggul
@fitinline

Sanggul yang ada pada pakaian adat Bali berbeda dengan sanggul-sanggul lain yang ada pada pakaian adat daerah lain. Pada sanggul pakaian adat Bali ini terdapat tiga jenis sanggul yang biasanya dipakai dalam pakaian adat wanita Bali. Yaitu Pusung Tagel, Pusung Gonjer, dan Pusung Kekupu. Berikut penjelasannya:

1. Pusung Kekupu

Atau biasa juga disebut dengan pusung podgala yang mana sanggul ini dipakai oleh para wanita yang berstatus janda karena ditinggal meninggal oleh suaminya maupun yang bercerai dengan suaminya.

2. Pusung Gonjeng

Sanggul ini khusus dipakai oleh wanita yang masih lajang dan belum pernah menikah dan memiliki pasangan.

3. Pusung Tagel

Sanggul yang dipakai oleh para kaum wanita yang sudah memiliki suami.

  • Kebaya Bali

Biasanya pakaian kebaya yang dipakai oleh para wanita Bali motifnya simpel dan memiliki warna-warna yang cerah. Hal ini memiliki filosofi bahwa wanita-wanita Bali terkenal dengan keanggunannya dan kecantikannya. Kebaya yang digunakan pun harus terlihat bersih agar mencerminkan keindahan dan kerapian dari para pemakainya.

  • Kain Kamen
@tokopedia

Pada bagian bawahnya, pakaian adat wanita Bali juga disertai dengan kain kamen. Kain kamen ini dipakai untuk menyembunyikan dan melindungi tubuh dibagian bawah hingga jaraknya satu telapak tangan dari lutut.

Artikel Terkait : Pengertian, Contoh dan Jenis-jenis Majas Lengkap

Baca Juga :  Jenis dan Tingkat Bahasa Pemrograman Lengkap

Batasan-batasan ini sangatlah diperhatikan oleh para kaum wanita Bali agar para wanita ini ketika berjalan bisa nyaman dan leluasa sehingga pada saat bergerak pun masih tampak sopan dan anggun.

  • Selendang

Pada umumnya para wanita Bali menggunakan selendang dengan posisi tepat diatas bahunya. Makna filosofis dari penggunaan selendang ini yaitu bahwa perempuan Bali harus slealu ingat akan ajaran-ajaran Dharma dan harus bisa selalu membimbing putra putrinya jika besar nanti agar selalu taat kepad kedua orang tuanya.

  • Sabuk
@hidupsimpel

Tujuan dari penggunaan sabuk pada bagian pinggang atas ialah agar kain kamen yang dipakai kuat dan tidak mudah lepas. Para perempuan Bali memakai selendang bulan pasang pada pakaian adatnya, yang mana hal ini memiliki filosofis sebagai sebuah amanat agar perempuan Bali dapat melindungi rahimnya dan mengontrol segala perbuatannya dari setiap hal buruk yang akan dilakukannya.

  • Aksesoris Lainnya
@myfave

Saat memakai pakaian adat Bali, para wanita biasanya memakai berbagai macam aksesoris pelengkap seperti bunga cempaka kuning atau putih dan juga bunga kamboja yang diselipkan pada telinga dan rambut mereka.

Makna dari hal ini adalah sebagai suatu keindahan, dan juga untuk menghormati para tamu-tamu wisatawan yang sedang berkunjung ke Bali.

Sekarang kalian sudah tahu kan mengenai macam pakaian adat Bali. Pelajari dan hargailah kebudayaan adat istiadat yang ada disekitar kalian agar tetap lestari tak hilang ditelan peradaban.

pakaian adat bali, Wanita bali, baju adat bali, gambar baju adat bali, gambar baju gadis bali, foto baju adat bali, kain penguat saput pinggan, makna pakaian adat bali, cara memakai baju adat bali, pakaian oleh bali
Related posts: