Cara Bermain Tenis Meja. Beserta Harga Karet, Bet dan Ranking Lengkap

Cara Bermain Tenis meja – di Indonesia olahraga ini akrab disebut pingpong yang dimainkan oleh dua orang atau dua pasang yang berlawanan. Tenis meja menggunakan sebuah meja berukuran panjang 274 cm, lebar 152,5 cm, dan tinggi dari lantai 76 cm serta menggunakan raket yang terbuat dari papan kayu berlapis karet, biasa disebut bet. Induk olahraga tenis meja di Indonesia adalah Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI).

Permainan tenis meja digemari oleh orang-orang karena dirasa lebih praktis daripada permainan tenis lapangan. Tenis lapangan membutuhkan tempat yang luas serta fisik yang kuat. Namun, tenis meja cukup membutuhkan sebuah meja khusus dan bet, tanpa menguras fisik untuk memukul bola tentunya. Hal ini karena bola tenis meja termasuk ringan.

Cara Bermain Tenis Meja

Cara-Bermain-tenis-Meja

Aturan bermain tenis meja mirip dengan aturan tenis lapangan. Oleh karena itulah permainan ini dinamakan tenis meja, yaitu karena seperti bermain tenis dengan lapangan berupa meja. Sebelum memahami aturan bermain, dalam tenis meja juga diperlukan teknik dasar dalam memegang bet dan memukul bola.

  1. Memegang bet

Teknik memegang bet adalah teknik paling dasar yang harus dipelajari sebelum mempelajari teknik lanjutan. Ada tiga teknik dalam memegang bet, yakni shakehand grip, penhold grip, dan seemiller grip. Masing-masing teknik memegang memiliki karakter masing-masing. Biasanya perbedaan cara memegang ini didasarkan perbedaan selera saja.

Teknik shakehand grip adalah teknik memegang grip dengan posisi seperti berjabat tangan. Inilah kenapa teknik tersebut dinamakan shakehand. Teknik ini sering digunakan oleh para pemain tenis meja profesional. Para pemain di negara-negara Eropa mayoritas menggunakan teknik ini. Kelebihan shakehand grip adalah pemain bisa menggunakan kedua sisi bet.

Selanjutnya, teknik penhold grip merupakan teknik memegang bet dengan cara seperti sedang memegang pulpen. Teknik penhold grip ini juga dikenal dengan istilah Asia grip, meskipun pada realitanya tidak banyak pemain Asia yang menggunakan teknik ini. Dengan teknik ini, pemain hanya bisa menggunakan satu sisi bet saja.

Terakhir, teknik seemiller grip merupakan variasi dari shakehand grip. Teknik ini sering digunakan oleh pemain profesional dalam tenis meja. Cara memegang bet dengan teknik ini hampir sama dengan shakehand grip. Yang membedakan hanyalah bagian atas bet diputar 20-90 derajat ke arah tubuh dengan jari telunjuk menempel di sepanjang sisi bet. Teknik ini disebut juga American grip.

  1. Pukulan Forehand dan Backhand

Setelah memahami cara memegang bet dengan benar, langkah selanjutnya adalah mempelajari teknik pukulan. Ada dua macam teknik pukulan dalam tenis meja, yakni pukulan forehand dan backhand.  Pukulan forehand adalah memukul dengan sisi bet bagian depan tangan, sedangkan backhand adalah memukul dengan sisi bet bagian belakang tangan.

Setiap pemain memiliki selera tersendiri mengenai teknik yang mereka pakai. Setiap teknik memiliki keunggulan masing-masing. Pukulan forehand lebih cocok untuk pukulan yang menggunakan kekuatan seperti smash, sedangkan pukulan backhand lebih cocok untuk digunakan bertahan seperti menangkis pukulan lawan.

  1. Servis

Servis merupakan pukulan pertama dalam permainan tenis meja. Aturan servis pada tenis meja sedikit berbeda dengan aturan servis pada permainan tenis lapangan. Keduanya sama-sama melakukan pukulan ke arah yang bersilangan, namun pada tenis meja, bola pertama-tama harus memantul di daerah sendiri terlebih dahulu.

Artikel Lainya Cara Nembak Pacar, Cowok, Cewek Atau Gebetan Agar Diterima

Teknik dalam melakukan servis beragam tergantung selera pemainnya. Ada pemain yang lebih menyukai teknik pukulan forehand dalam melakukan servis, ada pula pemain yang memilih menggunakan teknik backhand. Hal ini juga tergantung dari kebiasaan para pemainnya.

  1. Smash

Smash merupakan pukulan dengan kekuatan ekstra sehingga bola bisa melaju lebih kencang dari biasanya. Teknik melakukan smash berdasar dari teknik memukul bola yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Terdapat dua jenis smash, yakni smash forehand dan smash backhand dengan teknik yang sudah dijelaskan, namun dengan intensitas kekuatan yang lebih.

  1. Aturan permainan

Pemain akan mendapat poin apabila mendapat kondisi: Lawan terlebih dulu menyentuh bola tanpa bisa mengembalikannya, lawan memukul bola lebih dari satu kali, lawan menyentuh meja dengan tangan yang tidak memegang bet, lawan tidak dapat mengembalikan bola dengan benar, dan lawan menyentuh net.

Untuk aturan pertandingan adalah menggunakan sistem best of three, yakni angka kemenangan 11 rally point. Pertandingan menggunakan sistem gugur. Pemain pertama yang mendapat 11 poin akan menjadi pemenang set tersebut. Pemain akan dinyatakan menang ketika unggul selisih 2 set. Jika poin seri 11-11, maka akan ada rally point dengan selisih 2 poin lagi.

Selanjutnya, pemain akan dinyatakan melakukan pelanggaran apabila: menangkap bola yang dipukul lawan, menggerakkan meja ketika bola sedang dimainkan, gagal melakukan servis, dan bet atau tangan menyentuh meja atau net ketika permainan berlangsung. Konsekuensi dari pelanggaran adalah lawan mendapatkan satu poin.

Kompetisi Tenis Meja Indonesia dan Dunia Internasional

Kompetisi tenis meja

Layaknya cabang olahraga yang lain, tenis meja pun memiliki kompetisi-kompetisi. Di Indonesia, banyak sekali kompetisi-kompetisi tenis meja yang diadakan. Untuk beberapa event, biasanya pihak kampus yang memiliki jurusan keolahragaan akan menyelenggarakan kompetisi tenis meja setiap tahunnya. Selain itu, kompetisi tenis meja juga bisa ditemui di Pekan Olahraga Nasional atau acara serupa.

Pada cakupan internasional terdapat kejuaraan dunia tenis meja yang bernama World Table Tennis Championships. Kejuaraan tersebut sudah diadakan sejak tahun 1926 dan kemudian menjadi dua tahun sekali sejak tahun 1957. Cabang yang dilombakan dalam kompetisi tersebut adalah tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Harga Papan Meja Tenis

harga papan meja tenis

Satu elemen penting dalam permainan tenis meja adalah meja itu sendiri. Meja tenis berupa papan berukuran panjang 274 cm, lebar 152,5 cm, dan tinggi dihitung dari lantai 76 cm. Pada tengah meja dipasang net dengan tinggi 15 cm. Harga meja tenis beragam tergantung dari kualitas kayu, dan catnya. Untuk mendapatkan sebuah meja tenis standar, mungkin perlu disiapkan dana minimal 2 juta.

Bet / Raket Tenis Meja yang Bagus

bet-raket-tenis-meja

Untuk menemukan bet yang bagus, ada dua cara. Cara pertama adalah dengan menyesuaikan terhadap kemampuan Anda. Sebagai contoh, satu pemain akan berbeda rasa dengan pemain lain terhadap suatu bet. Artinya, setiap pemain memiliki selera tersendiri dalam memilih bet yang menurut mereka bagus. Untuk memilih bet yang cocok juga diperlukan beberapa cara untuk memilih.

Cara pertama ini adalah cara-cara yang dipakai oleh profesional yang sudah memperhatikan setiap detail dari bet sehingga dapat memperoleh hasil yang sempurna. Para pemain profesional biasanya akan memesan bet kustom dengan kriteria-kriteria tertentu, mulai dari bahan kayu yang digunakan hingga berat yang harus pas dengan pemesanan.

Cara kedua adalah memilih bet yang baik dari produk bet yang siap pakai. Bet yang baik memiliki kualitas kayu yang bagus dan tidak berongga. Selain itu, bet yang baik menggunakan karet yang tidak terlalu tipis, namun juga tidak terlalu tebal.

Salah satu rekomendasi bet yang bagus adalah Butterfly, Stiga Titan, Donic dan Killerspin. Tentu semakin baik kualitasnya, semakin tinggi pula harganya. Kalau saya pribadi menggunakan rakita yang tergolong murah namun enak dipakai yaitu blade kosaka karet yinhe mercury dan yinhe moon, Itu sudah enak dan serasa pemain pro.

Memegang Bet Tenis Meja Yang Benar

memegang-raket-tenis-meja-yang-benar

Ada dua jenis pegangan dalam bet tenis meja, yaitu penhold grip dan shakehand grip. Pegangan jenis apa yang paling nyaman Anda gunakan akan mempengaruhi bet mana yang cocok dengan Anda. Untuk mencoba kenyamanan bet tersebut, lakukan simulasi memukul bola, atau jika toko tempat penjual bet memiliki fasilitas lapangan, Anda bisa mencobanya untuk beberapa pukulan.

Karet Tenis Meja yang Bagus

Karet Tenis meja yang bagus

Karet dalam tenis meja merupakan unsur yang tidak boleh diabaikan. Kualitas karet yang tidak terlalu baik bisa menyebabkan pantulan bola tidak maksimal. Selain itu, bahan karet yang buruk akan mudah rusak dalam waktu yang relative singkat. Maka dari itu perlu diperhatikan karet tenis meja yang bagus guna menunjang permainan. Biasanya orang-orang profesional memakai karet yang bermerk kelas atas seperti Buterrfly, Donic, Jolla, Yinhe, Stiga dan DHS. Namun kita juga tau macam-macam bahan karetnya :

  1. Inverted (Produk non-China)

Karet jenis ini memiliki permukaan yang licin. Permukaannya halus dengan sisi permukaan bintik mengkahad ke arah dalam blade. Kondisi ini memungkinkan pemain bisa menghasilkan putaran dan kecepatan yang bagus. Jenis ini adalah jenis yang paling sering digunakan sebagai bahan untuk membuat bet.

  1. Inverted (Produk China)

Karet-karet produk dari China pada umumnya memiliki permukaan luar yang lebih lengket. Putaran bola biasanya sebagian besar dihasilkan oleh permukaan luar yang cenderung agak padat dan keras. Hal ini membuat pemain dapat memiliki penyerangan yang baik, namun cenderung kurang baik jika digunakan untuk bertahan.

  1. Short Pimples

Karet dengan jenis short pimples atau bintik-bintik pendek biasanya digunakan oleh pemain dengan tipe hitter. Hitter adalah istilah yang digunakan untuk pukulan datar dan rendah, biasanya bermain di dekat meja. Contoh pemain tipe hitter adalah Liu Guoliang. Jenis ini tidak menghasilkan spin seperti karet inverted, namun membuat pemakainya lebih mudah untuk menghadapi spin dari lawan.

Kecepatan yang dihasilkan oleh karet dengan jenis ini biasanya lebih tinggi daripada inverted meskipun menggunakan spons yang sama. Short Pimples juga dapat dipakai untuk bermain chop, yakni pukulan memotong, dengan beragam putaran yang bisa dihasilkan. Karet jenis ini sering menghasilkan deadball ketika melakukan blok.

  1. Long Pimples

Bintik-bintik pada jenis karet long pimples bentuknya relatif panjang dan lembut. Long pimples tidak dapat menghasilkan spin sendiri, tetapi harus mengandalkan putaran dari lawan. Hal ini dapat mengacaukan irama permainan yang dibangun oleh lawan. Tentu kondisi ini amat menguntungkan. Dengan karet jenis ini, pemain bisa mengandalkan putaran lawan dan meneruskan putarannya. Selain itu, Long Pimples memungkinkan pemain untuk bermain lebih menyerang.

  1. Antispin

Karet antispin sekilas tampak mirip dengan karet inverted. Yang membedakan adalah antispin memiliki permukaan-permukaan yang sangat licin dan rendah gesekan. Karet jenis ini juga memiliki karakter tidak banyak putaran dan dapat menghasilkan deadball. Antispin juga tidak dapat terpengaruh pada spin lawan yang datang. Meski begitu, karet ini tidak banyak digunakan di tingkat internasional.

  1. No Sponge

Karet jenis ini merupakan jenis karet yang terdiri atas lapisan bintik pendek tanpa adanya spon. Karet ini dibuat sedemikian rupa agar tetap tidak menghasilkan putaran. Tidak dipakainya spon pada jenis ini membuat bola yang dihasilkan lebih tajam.

Simak juga Ikan Cupang Hias Aduan Termahal Koi, Giant, Plakat, Halfmoon dan Cara Merawatnya

Blade / Kayu Tenis Meja yang Bagus

kayu-bat-tenis-meja-terbaik

Selain karet, bahan yang perlu diperhatikan dalam sebuah bet adalah kayu. Kayu yang digunakan haruslah kayu yang berkualitas baik. Jika tidak, bet akan mudah keropos dan mudah patah. Ada banyak sekali jenis-jenis kayu yang digunakan sebagai bahan pembuatan bet. Masing-masing jenis tersebut tentu memiliki karakter yang berbeda-beda.

  1. Arylate

Arylate merupakan serat fiber yang diperkuat. Serat tersebut berguna untuk menghasilkan kontrol getaran yang baik serta memperluas sweet spot. Sweet spot merupakan luas bidang lingkaran di tengah blade. Ketika bola membentur daerah ini, maka grip masih terasa nyaman. Semakin besar sweet spot, maka sentuhan dari pukulan yang tidak sempurna pun masih menghasilkan bola yang bagus.

  1. Carbon

Carbon merupakan bahan yang bagus. Blade apabila diperkuat oleh carbon akan menghasilkan kecepatan yang bagus. Selain itu dengan menggunakan carbon, sweet spot bisa menjadi lebih luas dibandingkan tanpa menggunakan carbon. Selain kencang, sweet spot yang lebih luas berguna untuk mengendalikan kejutan selama benturan.

  1. Ayous Wood

Ayous wood merupakan kayu kelas ringan. Kayu jenis ini memiliki karakteristik kaku yang baik. Hal ini bagus untuk melakukan pukulan balasan di dekat meja.

  1. Bass Wood

Kayu Bass telah digunakan sebagai bahan utama untuk membuat bet selama lebih dari 50 tahun. Hal ini dikarenakan kayu jenis ini bisa menghasilkan kontrol yang baik. Selain itu, kayu jenis ini sangat ekonomis dari segi harga. Para pemain dengan tipe counterdrive atau pukulan balasan di dekat meja sangat menggemari jenis ini.

  1. Cypress Wood / Hinoki

Kayu cypress wood merupakan kayu gaya klasik dari penyerang asal Asia. Kayu jenis ini digemari oleh pemain-pemain bertipe menyerang selama kurang lebih 10 tahun. Hal ini dikarenakan kombinasi yang baik antara kecepatan dan kelembutannya. Sebagai informasi tambahan, kayu ini juga dikenal sebagai kayu Hinoki.

Harga Bola Tenis Meja

Harga bola pingpong

Sangat bermacam untuk harganya tergantung kualitas dan bahan yang digunakan, Apa saja yuk disimak :

Dhs Bintang 1 Sangat murah namun enak dipakai sebelum bermain serius dengan kata sangat cocok buat pemanasan saja. Harga per ecer 5 ribu-12 ribu. Per pack kalau tidak salah 20-30 ribu saja.

Dhs Bintang 3 Ini lumayan bagus dan direkomendasikan untuk pemula yang baru terjun karena enak pantulanya untuk harga per biji 15 ribu – 24 ribu. Per pack 70 ribuan.

Butterfly Bintang 3 Harga nya per bola bisa 20-25 ribu tergantung daerah namun jarang ditemui untuk butterfly ini diecer yang banyak adalah per pack yaitu antara 100-150 Ribu.

Bola lokal untuk bola lokal biasanya berwarna kuning yang biasa untuk latihan anak-anak, Ini sangat tidak direkomendasikan untuk yang ingin bermain serius.

Ranking Pemain Tenis Meja Putra

RankingSebelumnyaNamaAsalPoin
11FAN ZhendongCHN17751
22XU XinCHN15835
33BOLL TimoGER14575
44LIN GaoyuanCHN14341
55HARIMOTO TomokazuJPN13860
66CALDERANO HugoBRA13190
77LEE SangsuKOR13179
88WONG Chun TingHKG12924
99OVTCHAROV DimitrijGER12748
1010NIWA KokiJPN12466

Ranking Tunggal Putri 2018

Ranking            Sebelumnya      Nama                            Asal      Poin

1                      1                      ZHU Yuling                   CHN     16224

2                      2                      DING Ning                    CHN     15939

3                      3                      ISHIKAWA Kasumi        JPN      15248

4                      4                      CHEN Meng                  CHN     15194

5                      5                      WANG Manyu               CHN     14880

6                      6                      LIU Shiwen                    CHN     14589

7                      7                      ITO Mima                      JPN      14135

8                      8                      CHENG I-Ching             TPE      13546

9                      9                      HIRANO Miu                  JPN      13065

10                    11                     FENG Tianwei               SGP     12835

Rangking Beregu Putra

Ranking            Negara                          Poin

1                      China                            300

2                      Germany                       298

3                      Japan                           296

4                      Korea Republic             294

5                      Sweden                        292

6                      Chinese Taipei               290

7                      France                          288

8                      Brazil                            286

9                      Hong Kong                   282

10                     Portugal                        282

Ranking Beregu Putri

Ranking            Negara                          Poin

1                      China                            250

2                      Japan                           248

3                      Korea Republic             246

4                      Chinese Taipei               244

5                      Hong Kong                   242

6                      Singapore                     240

7                      Romania                       236

8                      Germany                       234

9                      Austria                          234

10                     Netherlands                   234

Nah itulah beberapa tentang tenis meja yang bisa saya sampaikan, Sampai jumpa lagi di artikel artikel yang menarik lainya.