Niat Puasa Ramadhan

Posted on

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sudah sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Di bulan Ramadhan ini para umat Muslim yang ada di seluruh dunia akan melakukan salah satu kewajiban yang ada di dalam rukun Islam, yaitu berpuasa.

Dan tak terasa tinggal beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah bagi umat Muslim. Sebab di bulan Ramadhan inilah para umat Muslim saling berlomba-lomba untuk mendapatkan atau meraih pahala sebanyak-banyaknya sampai hari kemenangan tiba nantinya.

Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan di dalam kalender Hijriyah atau kalender Islam. Yang mana bulan Ramadhan ini dirayakan oleh seluruh umat Muslim di dunia dengan puasa (saum) dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad berdasarkan dengan keyakinan umat Islam. Tentu saja umat Muslim di dunia ini sudah tahu bahwa perayaan yang dilaksanakan setiap tahunnya ini dihormati sebagai salah satu dari rukun Islam.

Pada umumnya, bulan Ramadhan ini akan berlangsung selama 29-30 hari tergantung dengan pengamatan hilal, menurut beberapa aturan yang ada dan tertulis di dalam hadits. Kata Ramadhan sendiri berasal dari akar kata yang ada di dalam bahasa Arab, yaitu Ramida atau ar-ramad yang memiliki arti panas yang menghanguskan atau kekeringan.

Puasa di bulan Ramadhan ini sendiri hukumnya yaitu fardhu atau diwajibkan untuk semua umat Muslim yang telah dewasa, kecuali mengalami halangan untuk berpuasa yaitu misalnya seperti sakit, sedang berada di dalam perjalanan, sedang dalam keadaan hamil, sedang dalam keadaan menyusui, sudah terlalu tua, maupun sedang dalam masa datang bulan atau menstruasi.

Baca Juga :  Perbedaan Puasa Asyura, Puasa Muharram, Dan Puasa Daud

Niat Puasa Ramadhan

@zakat

Puasa berarti menahan diri dari makan dan minum serta juga menahan diri dari segala perbuatan nafsu yang dapat membatalkan puasa yang dilakukan mulai dari terbitnya matahari sampai dengan terbenamnya matahari. Yang mana puasa ini dilakukan dengan salah satu tujuannya yaitu untuk meningkatkan ketakwaan iman dari seorang Muslim.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya yakni bahwa puasa ini merupakan salah satu dari lima rukun Islam, yang mana puasa di bulan Ramadhan ini sifatnya wajib untuk dikerjakan oleh umat Muslim yang telah dewasa, kecuali mereka yang mengalami beberapa halangan sehingga tidak dapat mengerjakan ibadah puasa Ramadhan ini.

Selama mengerjakan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan ini mulai dari pagi hingga petang, umat Muslim dilarang untuk makan, minum, merokok, dan juga melakukan hubungan seksual ataupun hal-hal lainnya yang dapat membatalkan puasa tersebut. Selain itu umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan juga diperintahkan agar menghindari perbuatan-perbuatan dosa untuk menyempurnakan pahala dari ibadah puasa yang mereka kerjakan di bulan suci Ramadhan ini.

Perbuatan dosa yang dapat mengurangi pahala puasa di bulan Suci Ramadhan yaitu misalnya seperti berbohong, menghina orang lain, memfitnah orang lain, mengutuki orang lain, berkelahi, dan berbagai macam perbuatan dosa lainnya.

Kekhususan dari bulan Ramadhan dan juga ibadah puasa di bulan Ramadhan untuk umat Islam ini juga tergambar di dalam Al-Quran yaitu seperti yang terdapat di dalam surah Al-Baqarah ayat 183, yang jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka akan berarti : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.”

Tujuan dari ibadah puasa di bulan Ramadhna ini yang paling utama yaitu adalah untuk mencapai derajat takwa. Dan juga ibadah puasa di bulan Ramadhan ini tentu saja tak hanya menahan haus dan lapar saja, sebab lebih dari pada itu hakikatnya. Yang mana ibadah puasa di bulan Ramadhan ini menjadi sebuah proses pengendalian bagi indera-indera yang dimiliki oleh manusia, seperti mata, telinga, hidung, mulut, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  5 Macam Metode Pembelajaran Terbaik

Niat Berpuasa Di Bulan Ramadhan

@ibnuasmara

Sebelum akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, umat Muslim diharuskan untuk membaca niat puasa di bulan Ramadhan ini. Sebab membaca niat bagi orang yang akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini wajib hukumnya dan tak boleh ditinggalkan karena akan menjadi sebuah penentu antara sah atau tidaknya ibadah yang dilakukan oleh kaum Muslim di bulan Ramadhan tersebut.

Waktu pembacaan niat puasa di bulan Ramadhan ini sendiri biasanya dilakukan sejak malam hari atau sebelum datangnya waktu dimulainya berpuasa. Bisa dilakukan sebelum makan sahur maupun bisa juga dilakukan setelah selesai melakukan shalat tarawaih.

Atau mungkin juga bisa dilakukan saat akan menjelang tidur di malam hari. Yang mana mengucapkan niat puasa ini tak perlu diucapkan dengan keras-keras, cukup pelan dan lirih saja atau bisa juga diucapkan di dalam hati, sebab tempatnya niat yaitu adalah di dalam hati.

Lalu bagaimanakah niat puasa yang benar untuk diucapkan sebelum akan memulai ibadah puasa di bulan Ramadhan? Berikut akan saya tuliskan niat puasa yang benar. Bacaan doa niat puasa di bulan Ramadhan selama satu bulan penuh lama nya yaitu adalah :

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى
Nawaitu shauma syahri ramadhaana kulihi lillaahi ta’aalaa
Artinya : “Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”

Baca Juga :  Belajar Kalimat Bahasa Sunda Sehari-hari dan Artinya

Sedangkan selain itu kalian juga bisa untuk membacakan doa niat puasa Ramadhan yang dapat dilafalkan atau diucapkan setiap hari selama bulan Ramadhan, yaitu bacaannya adalah :

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ
Nawaitu saumagadin an’adai fardi syahri ramadhana hadzihissanati lillahita’al
Artinya : “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala”.

Related posts: