Top 7 Mobil Paling Irit Bahan Bakar Untuk Dalam Kota dan Luar Kota

Posted on

Di jaman yang semakin dewasa ini, teknologi yang diciptakan dari pengetahuan manusia semakin lama menjadi semakin berkembang dengan baik. Walaupun hanya beberapa saja yang mampu berinovasi dalam menciptakan teknologi, namun keseluruhannya dapat dirasakan oleh semua orang. Salah satu inovasi teknologi yang dapat dirasakan oleh semua orang adalah mobil. Mobil merupakan kendaraan yang lekat dengan kesan mewah karena hanya kalangan tertentu saja yang dapat memilikinya, terlebih lagi jika mobil yang dimaksudkan adalah jenis mobil yang berkualitas dan berteknologi super canggih. Namun, orang yang bisa membeli dan memiliki dengan kriteria tersebut hanyalah kalangan kolongmerat saja atau orang yang berada di kelas menengah ke atas.

Artikel Terkait : Top 5 Mobil Keluarga Terbaik 2018 Untuk Digunakan Sehari-hari

Namun, akibat semakin menurunnya perekonomian di Indonesia membuat produsen mobil memutar otak agar mobil buatan mereka tetap laris manis di pasaran. Oleh karena itu, produsen mobil memberikan penawaran bagi mereka yang tidak dapat membeli mobil impiannya dengan harga chas dapat membelinya dengan mengkredit, dengan cara membayar uang muka di awal pembayaran dan melakukan pelunasan dengan membayar angsuran per bulannya. Berkat adanya kebijakan tersebut, mulai dari orang menengah ke atas hingga orang kelas menengah sudah dapat memiliki dan menggunakan mobil impiannya. Kemudian, seiring dengan berkembangnya jaman hampir secara keseluruhan vendor mobil yang ada di Indonesia juga mengikuti kebijakan tersebut dalam memasarkan produknya.

Di tanah air sendiri, yaitu di Negara Indonesia banyak sekali jenis mobil yang dipasarkan. Hal ini mungkin menjadi salah satu penyebab kebingungan orang yang ingin membeli mobil. Memang, ada banyak mobil yang canggih dan berkualitas namun hanya beberapa saja yang hemat bahan bakar. Jika ingin membeli mobil, sebaiknya pilih mobil yang hemat bahan bakar. berikut ini akan diberikan informasi mengenai mobil paling irit bahan bakar yang bisa didapatkan di Indonesia.

Baca Juga :  Motor Matic Murah Di Indonesia

Top 7 Mobil Paling Irit Bahan Bakar Untuk Dalam Kota dan Luar Kota

  1. Mobil Daihatsu Ayla

Mobil Daihatsu Ayla tak hanya dikenal sebagai salah satu mobil termurah, tetapi juga dikenal sebagai mobil yang irit bahan bakar. Alasan mengapa mobil buatan Daihatsu ini dikatakan sebagai mobil termurah karena untuk 1 unit Mobil Daihatsu Ayla terbaru sudah bisa didapatkan dengan harga sekitar 85 jutaan – 120 jutaan saja. Walaupun merupakan mobil yang murah dan irit bahan bakar, kualitas yang dimilikinya bukanlah kualitas murahan karena mobil ini dibekali dengan mesin bertipe D26F IKRDE dan masih diperkuat lagi menggunakan 3 silinder, sehingga mampu menghasilkan tenaga mencapai 6.000 rpm serta menghasilkan torsi 3.600 rpm. Daihatsu Ayla juga dibekali dengan mesin berkapasitas 998 cc yang terbukti sangat hemat bbm dengan rasio BBM sekitar 19,5 km/liter.

  1. Mobil Toyota Agya

Selain Daihatsu Ayla, Toyota Agya juga merupakan jenis mobil yang paling irit di masa sekarang. Menariknya, mobil Toyota Agya ini dapat digunakan untuk menempuh jarak 19.3 liter di jalan yang bebas hambatan dengan bensin sebanyak 1 liter saja. Mobil yang sudah terbukti hemat pemakaian BBM ini juga hadir dengan mesin yang bisa dibilang lumayan bagus, karena tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 6000 rpm dan torsi 3600 rpm melalui mesin silinder yang mempunyai kapasitas 988 cc. Tak hanya itu saja, keunggulan dari mobil ini karena Toyota Agya bisa didapatkan dengan harga murah, yaitu senilai 110 jutaan rupiah hingga 135 jutaan rupiah, tergantung pada tahun pembuatannya dan tipe mobilnya.

  1. Mobil Mitsubishi Mirage

Mobil Mitsubishi Mirage merupakan kendaraan yang diluncurkan sejak tahun 2012 lalu. Mobil yang masuk dalam daftar dengan penggunaan bahan bakar yang irit ini hadir dengan mesin berteknologi DOHC MIVEC dengan kapasitas 1.193 cc. Di dalam mobil ini terdapat fitur berupa ECIMPI yang hanya membutuhkan 1 liter BBM untuk menempuh jarak 22.km/jam. Menurut kebanyakan orang, mesin irit dan bandel yang dimiliki oleh Mitsubishi Mirage ini jarang ditemukan pada mobil murah sekelasnya. Sementara untuk harganya, satu unit mobil Mitsubishi Mirage ini dibanderol mulai dari 155 juta hingga 180 juta rupiah, tergantung pada tipe mobil Mitsubishi Mirage apa yang dipilih.

Baca Juga :  9 Rekomendasi Peralatan Wajib Dibawa Saat Touring

Artikel Terkait : 10 Mobil Termahal Di Indonesia Yang Mewah

  1. Suzuki Karimun Wagon R GS

Suzuki juga tak kalah dengan produsen mobil lainnya, karena Suzuki juga mempunyai mobil yang irit bahan bakar, mobil tersebut adalah Suzuki Karimun Wagon R GS. Mobil irit pabrikan Suzuki ini hadir dengan mesin K10B dan DOHC yang mempunyai kapasitas silinder sebesar 99 cc. Kemudian, mobil ini juga telah dilengkapi dengan sistem pembakaran berteknologi Multipoint Fuel Injection yang dapat membuat sistem pembakarannya menjadi lebih sempurna. Soal bahan bakar, mobil Karimun Wagon R GS ini terbukti hemat karena hanya dengan bahan bakar 1 liter bisa digunakan untuk menempuh jarak sekitar 20.7 km.

  1. Mobil Nissan March

Mobil yang tak kalah irit bahan bakar adalah Nisan March. Mobil Nisan March ini tak hanya irit penggunaan bahan bakar tetapi juga dijual dengan harga murah, yaitu sekitar 150 juta hingga 190 juta per unitnya. Nissan March juga merupakan jenis mobil yang masuk dalam golongan mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang irit dan ramah lingkungan. Untuk urusan kemampuannya, mobil ini hadir dengan mesin bertipe HR15DE dan dibekali pula dengan kapasitas silinder sebesar 1198 cc. Tak cukup sampai di situ saja karena di dalam mesinnya juga ada tambahan teknologi berupa continuously variable valve timing control atau yang sering disebut dengan CVTC. Teknologi tersebut berguna untuk meningkatkan performa mesin dan dapat membuat mesin lebih hemat bahan bakar.

  1. Mobil Datsun GO+

Berkat adanya kebijakan pemerintah Indonesia yang menyarankan adanya Low Cost Green Car (LCGC) membuat produsen mobil gencar membuat mobil yang ramah lingkungan, salah satunya adalah Datsun GO+. Tak hanya ramah lingkungan, Datsun GO+ juga merupakan mobil yang irit bahan bakar karena dapat menempuh jarak 19.7 km hanya dengan menggunakan bahan bakar sebanyak 1 liter. Mobil yang dibandrol mulai dari 88 juta hingga 100 juta rupiah ini mempunyai tampilan yang terlihat sporty.

  1. Mobil Kia Picanto

Seakan tak mau ketinggalan, vendor yang berasal dari Jepang ini juga telah sukses menciptakan mobil murah yang sekaligus juga irit bahan bakar. Mobil yang dimaksudkan adalah, Kia Picanto. Mobil ini per unitnya dihargai sekitar 170 jutaan rupiah. Walaupun dibanderol dengan harga yang lumayan mahal, namun harganya dirasa cukup sesuai dengan spesifikasi yang dimilikinya. Pasalnya, mobil Kia Picanto ini hadir dengan mesin bertipe Kappa 1.2 MP1 Engine Dual CVVT DOHC berkapasitas 2 liter dan ditambah lagi dengan kapasitas silinder sebesar 1200 cc. Kemudian, mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur Eco Mode yang berguna untuk memberikan informasi pemakaian bahan bakar. Pemakaian bahan bakarnya juga terbilang irit karena dengan menggunakan bahan bakar sebanyak 1 liter, mobil ini dapat menempuh perjalanan sejauh 19 km.

Baca Juga :  Inilah 7 Harga Mobil Termahal Di Dunia

Tak hanya termasuk dalam deretan mobil paling irit bahan bakar saja, mobil-mobil tersebut juga rata-rata dibanderol dengan harga murah yang dirasa sesuai dengan kemampuan kantong pembaca. Semoga berguna.

Mobil paling irit