Menu Buka Puasa Sederhana Dan Praktis

Posted on

Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba, semangat untuk menyambut datangnya bulan puasa pun semakin terlihat dimana-mana. Namun terkadang menjelang bulan puasa ini daftar harga-harga sembako ataupun kebutuhan pokok lainnya ini mengalami kenaikan.

Hal ini mungkin karena banyaknya permintaan masyarakat, sehingga stok sembako dan bahan kebutuhan pokok lainnya mengalami kenaikan. Oleh sebab itulah kalian harus pintar-pintar dalam memilih menu makanan untuk berbuka puasa maupun untuk sahur.

Yang mana biasanya mungkin banyak orang yang ingin memakan makanan yang banyak dan berbagai macam rasanya saat berbuka puasa. Namun nyatanya saat sudah waktunya berbuka puasa tak dapat menghabiskan makanan tersebut. Hal tersebut memang sangat wajar terjadi di bulan puasa. Sebab saat sedang berpuasa memang rasanya ingin sekali menyantap menu berbuka yang sangat enak dan sangat banyak sekali.

Tapi jika sudah tiba waktunya untuk berbuka kalian hanya mampu untuk menghabiskan makanan tersebut sedikit saja dan alhasil makanan tersebut akan menjadi mubadzir dan terbuang begitu saja. Yang mana hal ini tentu sangat tidak disukai oleh Allah. Oleh sebab itulah sangat penting sekali untuk membuat menu berbuka puasa yang sederhana saja dan praktis namun tetap memiliki kandungan gizi yang baik dan menyehatkan bagi tubuh.

Sehingga dengan demikian maka kalian tidak akan membuat makanan menjadi mubadzir karena tidak habis. Selain itu menu makanan berbuka puasa yang praktis dan simple ini juga sangat berguna sekali bagi kalian yang mungkin tidak punya banyak waktu luang untuk menyiapkan menu berbuka puasa. Sehingga dengan demikian maka kalian akan bisa untuk membuat makanan untuk berbuka puasa ini dengan mudah dan dalam waktu yang terbatas.

Baca Juga :  Ciri - Ciri Fluida Dinamis [Penjelasan & Penerapan]

Bagi kalian semua disini yang sedang mencari referensi menu berbuka puasa yang sederhana dan praktis, namun tetap memiliki kandungan gizi yang memadai bagi tubuh maka disinilah tempatnya. Sebab disini akan saya berikan beberapa menu makanan untuk berbuka puasa yang sederhana dan praktis namun tetap bergizi.

Menu Berbuka Yang Simple

1. Kurma Dan Teh Hangat

@sheradiofm

Menu berbuka puasa yang paling afdol dan paling sederhana yang bisa kalian gunakan untuk membatalkan puasa yaitu adalah kurma dan segelas teh hangat. Buat kalian semua yang mungkin sedang berada di perjalanan atau mungkin masih berada di kantor atau mungkin di suatu tempat yang jauh dari rumah dan jauh dari penjual makanan, maka kalian bisa menyantap beberapa butir kurma dan segelas teh hangat ini sebagai pembatal puasa kalian saat telah terdengar adzan Maghrib.

Sebab kandungan gula yang terdapat di dalam kurma dan segelas teh hangat ini akan mampu untuk mengembalikan kembali energi kalian yang hilang dan banyak terkuras setelah berpuasa seharian. Sehingga dengan demikian maka rasa haus dan lapar kalian setelah selama seharian berpuasa bisa terobati dengan kurma dan segelas teh hangat ini, meskipun hanya sedikit.

2. Telur Dadar

@liputan6

Buat kalian yang mungkin tak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan untuk berbuka puasa dan mungkin sudah merasa terlalu lapar dan tak sanggup menahan lagi rasa lapar tersebut, maka kalian bisa langsung membuat telur dadar. Kalian bisa membuat telur dadar dengan berbagai macam kreasi atau kreativitas yang kalian miliki.

Jika kalian bosan dengan telur dadar biasa yang hanya digoreng atau diceplok saja, mungkin kalian bisa menambahkan beberapa bumbu-bumbu khas seperti bawang putih, daun seledri,maupun sosis dan daging ayam di dalamnya. Sehingga dengan demikian maka telur dadar akan lebih terasa bervariasi dan lebih terasa nikmat untuk disantap di saat berbuka puasa.

Baca Juga :  15 Kutipan Will Smith Tentang Keuangan

3. Nasi Goreng

@foodfornet

Makanan yang satu ini pasti sudah tak asing lagi bukan bagi kalian semua disini. Dan pasti mayoritas dari kalian yang membaca tulisan ini bisa membuat nasi goreng ini. Resep nasi goreng memang sangat sederhana dan praktis sekali, sehingga bisa menjadi salah satu alternatif pilihan menu berbuka untuk kalian yang tak ingin ribet dalam menyiapkan makanan untuk berbuka puasa.

Hanya perlu campurkan nasi dengan beberapa bumbu-bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, merica, dan beberapa bumbu dapur lainnya. Jangan lupa juga untuk menambahkan beberapa irisan atau suiran daging ayam, telur, dan beberapa sayuran seperti tomat, seledri, atau pun selada. Supaya nasi goreng bisa memiliki nilai gizi yang lengkap dengan adanya tambahan beberapa sayuran tersebut.

4. Sop Ayam

@notepam

Jika kalian ingin menyantap menu berbuka puasa yang berkuah dan memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya namun cara membuatnya sangat mudah maka kalian bisa mencoba untuk membuat menu sop ayam ini. Sop ayam yang dimasak dengan beberapa sayuran di dalamnya tentu akan sangat lezat sekali untuk disantap pada saat waktu berbuka puasa.

Biasanya beberapa jenis sayuran yang ada di dalam sop ayam ini yaitu adalah seperti wortel, seledri, bunga kol, kacang panjang, buncis, dan masih banyak lagi jenis sayuran lainnya. Yang mana sayur-sayuran tersebut akan sangat bagus sekali bagi kesehatan tubuh kalian dan juga dapat berguna untuk mengembalikan stamina serta energi tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa tidak makan dan tidak minum.

Baca Juga :  17 Kutipan Johnny Depp Tentang Hidup

Jangan lupa juga untuk menambahkan beberapa suir ayam di dalam sop, agar kandungan proteinnya bisa terpenuhi. Selain itu kuah sop ayam yang gurih dan lezat pasti sangat cocok sekali untuk di santap bersama dengan nasi putih hangat.

5. Ayam Goreng Crispy

@resepkuekeringku

Ayam tentu menjadi salah satu menu favorit banyak orang untuk berbuka puasa. Yang mana ayam ini bisa diolah menjadi berbagai macam menu yang sangat lezat dan menggiurkan sekali. Mulai dari ayam goreng yang simple, ayam kecap, ayam geprek, opor ayam, sop ayam, dan masih banyak lagi berbagai macam olahan hidangan yang terbuat dari ayam ini.

Jika kalian ingin mengolah ayam dengan simple dan sederhana maka kalian bisa membuat ayam goreng crispy sendiri di rumah. Tak perlu membelinya di luar, sebab kalian pun bisa membuat ayam goreng crispy ini di rumah. Caranya yaitu cukup sediakan ayam dengan dicampur menggunakan tepung bumbu khusus agar bisa menghasilkan rasa crispy dan kriuk yang lezat.

Setelah itu baru kemudian goreng ayam hingga crispy. Dan agar lebih nikmat kalian bisa menambahkan beberapa lalapan seperti mentimun, tomat, atau daun kemangi. Jika kalian suka makanan yang pedas jangan lupa juga untuk selalu menambahkan sambal ataupun cabai agar terasa lebih nikmat.

Related posts: