Mengenal Motor Drag Bike Terbaru

Posted on

Bagi para pencinta balap motor mungkin sudah tidak asing lagi dengan motor drag. Ya, sesuai dengan namanya motor ini memang digunakan dalam ajang balapan drag bike. Bagi orang awam, tentu merasa asing dengan drag bike. Untuk itu, akan diberikan informasi seputar drag bike dan motor drag. Drag bike merupakan ajang balap sepeda motor yang mengharuskan peserta untuk berkendara dengan kecepatan tinggi. Balapan ini dilakukan pada lintasan pacu aspal yang lurus, merata dan tertutup.

Kemudian, lintasan tersebut juga terdiri dari dua jalur yang harus sejajar dan harus mempunyai panjang yang sama. Pemenang balap motor drag ditentukan dari siapa yang lebih cepat mencapai garis finish. Sementara untuk motor drag adalah kendaraan atau sepeda motor yang digunakan ketika mengikuti perlombaan tersebut. Motor tersebut telah dimodifikasi sedemikian rupa dan dibuat seringan mungkin agar mudah dikendarai dengan kecepatan tinggi.

Untuk saat ini, drag bike sudah populer di kalangan masyarakat khususnya bagi para pencinta balap motor. Bahwa berbeda  dengan lintasan balap lainnya, lintasan drag bike mempunyai panjang sekitar 201 meter dan mempunyai jarak lintas pengereman 201 meter. Ajang atau kejuaraan balap ini sebenarnya wajib diikuti oleh bikers yang sudah mempunyai KIS atau Kartu Ijin Start dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam kategori pembalap sepeda motor.

Artikel Terkait : Video Drag Bike Terbaru 2018

Namun, ada beberapa orang yang tidak memiliki ijin lebih memilih untuk mengikuti balap liar dibandingkan dengan balap resmi. Hal inilah yang berimbas buruk pada bikers lainnya karena masyarakat, khususnya orang awam menganggap bahwa drag bike adalah kegiatan yang tak tahu aturan dan meresahkan masyarakat sehingga hingga sekarang para drag bikers dijuluki dengan anak-anak urakan yang suka membuat masalah.

Mengenal Seputar Motor Drag Bike

Padahal jika ditela’ah secara signifikan, kejuaraan drag bike merupakan ajang balap motor yang dapat dijadikan sebagai penyalur hobi para bikers. Pasalnya, ada kejuaraan khusus untuk menampung para drag bikers ketika berlomba, yaitu pada Kejurnas Drag Bike. Dalam Kejurnas Drag Bike para peserta atau pembalapnya harus mematuhi setiap peraturan yang ada.  Kejurnas Drag Bike terbagi dalam beberapa kelas yang dibedakan dari kapasitas mesin setiap peserta, diantaranya adalah kelas motor sport 150 cc 2tak tune up 135 – 155 cc, kelas bebek 125 cc tak tune up 80 cc – 130 cc, kelas bebek 125 cc 2tak tune up 80 cc – 125 cc, kelas campuran 250 cc 2tak tune up 80 cc – 250 cc dan beberapa kelas pendukung lainnya.

Baca Juga :  Berapakah Harga Mobil Tesla Terbaru Di Indonesia?

Seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, drag bike merupakan kejuaraan bikers yang mempunyai lintasan lurus. Walaupun demikian, namun untuk menjadi pembalap drag bike tidak semudah seperti apa yang dilihat. Pasalnya, butuh kemampuan tinggi untuk menjadi seorang drag bikers. Teknik yang dianggap paling sulit untuk dilakukan ketika mengendarai motor drag adalah saat melakukan start, menjaga keseimbangan motor yang ringan dan dipacu dengan kecepatan tinggi juga tidak mudah untuk dilakukan. Kemudian, teknik yang paling susah lainnya adalah ketika menaikkan gigi motor drag. Oleh karena itu, balapan ini tidak boleh dianggap sepele terlebih lagi kecepatan motor drag terbaik dapat mengalahkan top speed dari MotoGP.

Menariknya, para pencinta drag bike tidak perlu membeli motor drag bike karena motor pribadi sekalipun dapat diubah menjadi motor drag dengan cara dimodifikasi. Bahkan, ketika sudah berhasil diubah menjadi motor drag tetap dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari dan akan terlihat lebih keren ketika digunakan berjalan-jalan. Namun, mengubah motor biasa atau motor pribadi menjadi motor drag memang tidaklah mudah. Langkah yang paling penting untuk memodifikasi motor pribadi menjadi drag bike adalah membuang bagian yang tidak penting agar motor menjadi terasa ringan untuk dikendarai. langkah-langkah dasar yang harus dilakukan untuk memodifikasi motor pribadi menjadi motor drag. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Melakukan Penggantian Pada Sasis Drag
Baca Juga :  Cara & Syarat Perpanjangan STNK Kendaraan Bermotor Di Samsat Tahun 2019

Sebuah motor drag harus memiliki sasis yang benar-benar ringan agar lebih cepat ketika dikendarai. Jika dirasa sasis masih kurang ringan, sebaiknya ganti menggunakan sasis yang baru. Untuk motor drag standar balap Indonesia mungkin hanya memerlukan biaya sekitar 2 jutaan rupiah saja. Tetapi berbeda lagi untuk versi impor dari Jepang, karena pasti memerlukan sasis yang lebih mahal yaitu sekitar 10 – 25 jutaan rupiah.

  1. Menyesuaikan Kaki-kaki Drag Bike

Dianjurkan untuk memilih kaki-kaki motor drag yang sesuai dengan ukuran sepeda motor. Kemudian, ukuran bannya juga harus tetap disesuaikan yaitu sekitar 60/80 untuk ban belakang dan sekitar 50/90 untuk ban depan. Untuk mengikuti ukuran ban, diameter velg juga harus diperkecil karena sangat berhubungan dengan kualitas mesinnya.

Artikel Terkait : 5 Harga Mobil Murah Dibawah 100 Juta

  1. Melakukan Modifikasi Mesin

Dalam suatu kendaraan tentu bagian yang paling fital adalah mesin, sehingga untuk motor drag diperlukan melakukan modifikasi mesin agar tenaganya menjadi besar. Caranya bisa dilakukan pada noken as atau pada bagian asklep, kabel busi, karburator, piston dan beberapa komponen motor balap lainnya. Penting juga untuk memperbesar langkah dan diameter piston, sudah termasuk silinder serta lakukan perbandingan transmisi. Jangan lupa untuk memperhatikan perbadingan gigi akhir agar performa motor menjadi meningkat.

  1. Disesuaikan dengan Tubuh dan Gaya Berkendara Joki

Selanjutnya, aturlah motor agar sesuai dengan tubuh dan gaya berkendara joki (drag bikers) agar tetap nyaman ketika digunakan. Untuk melakukannya, sebaiknya perhatikan di bagian tempat duduk atau jok, pijakan kaki, pegangan nyaman dan bagian lainnya yang harus diatur senyaman mungkin untuk joki.

  1. Tampilan Motor Drag
Baca Juga :  Cara Balik Nama Kendaraan Bermotor 2019 Yang Resmi

Yang terakhir adalah bagian tampilan, tak ada tips khusus untuk membuat tampilan motor drag karena setiap orang mempunyai selera yang berbeda-beda. Tak masalah membuat tampilan motor drag dalam versi apapun, asalkan tetap menggunakan tempat yang benar dan yang terpenting selalu utamakan keselamatan.

Bagi pembaca yang ingin mengubah motor pribadi menjadi motor drag, dalam artikel ini juga akan diberikan tentang beberapa foto motor drag yang dapat digunakan sebagai bahan referensi. Inilah beberapa foto motor drag yang dapat dijadikan sebagai bahan inspirasi pembaca :

Lantas, berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk mengubah motor pribadi menjadi motor drag? Mengenai biayanya memang sangat relatif karena ditentukan pada selera dan keinginan pemilikinya. Bisa dikatakan untuk versi standar Indonesia atau yang biasa-biasa saja membutuhkan biaya sekitar 3 – 6 jutaan rupiah. Untuk perubahan yang heboh atau berstandar tinggi bisa berkisar sekitar 10 – 25 jutaan rupiah. Bagi yang ingin menekan biaya modifikasi motor drag, sebaiknya gunakan motor matic untuk diubah menjadi motor drag karena tak perlu mengganti gigi-gigi transmisi dan cukup dengan memperpanjang langkahnya serta memperbesar silindernya saja. Semua itu tergantung kepada selera masing-masing.

motor drag, gambar motor drag, Foto motor drag, drak motor, gambar sepeda motor drag, gambararan motor drag, Kata kata motor drag, Poto motor drag keren abis HD, Sepeda drag
Related posts: