5 Manfaat Utama Berkurban Saat Idul Adha yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on

Tak terasa sebentar lagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia akan memperingati hari raya Idul Adha. Yang mana hari raya Idul Adha ini selalu identik dengan yang namanya berkurban. Sebab berkurban merupakan salah satu ibadah yang ada di dalam Islam.

Karena di dalam ajaran agama Islam kurban ini dimaknai sebagai suatu bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT selama ini. Yang mana di dalam sejarah Islam, hari raya kurban ini diawali dengan kisah dari Nabi Ibrahim dan anaknya, Ismail. Dimana dalam cerita tersebut dikisahkan bahwa waktu itu Nabi Ibrahim akan menyembelih anaknya sendiri, yaitu Ismail sebagai perintah dari Allah SWT.

Akan tetapi Allah SWT yang melihat ketakwaan nabi Ibrahim dan Ismail ini kemudian menggantikan Ismail dengan seekor hewan kambing untuk disembelih. Sehingga nabi Ibrahim tidak jadi menyembelih Ismail, namun menyembelih hewan kambing tersebut.

Di dalam berkurban ini juga terdapat beberapa aturan. Misalnya yaitu penyembelihan hewan kurban ini harus dilaksanakan sesudah shalat ied, kemudian tidak semua jenis hewan boleh atau bisa dijadikan sebagai hewan kurban untuk disembelih dan hewan yang bisa disembelih untuk kurban yaitu merupakan jenis hewan ternak seperti kambing, sapi, unta, dan yang sejenisnya.

Manfaat Utama Berkurban Saat Idul Adha

Kemudian saat akan menyembelih hewan kurban tersebut harus disembelih dengan nama Allah dan orang yang menyembelihnya harus orang Muslim, serta masih ada beberapa lagi aturan dalam berkurban. Selain itu berkurban juga memiliki beberapa manfaat bagi kita dan juga bagi sesama kita. Mau tahu apa saja itu manfaat dari berkurban pada saat hari raya Idul Adha? Berikut akan saya berikan beberapa manfaat berkurban di hari raya Idul Adha.

Baca Juga :  Pengertian, Fungsi, Syarat, dan Contoh Komunikasi

1. Menambah Rasa Cinta Pada Allah SWT

@selasar

Dengan melakukan kurban pada saat hari raya Idul Adha maka kalian akan merasa lebih mencintai Allah SWT. Sebab kurban merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT bagi umat Islam yang mampu untuk melakukannya. Selain itu dengan berkurban maka kalian juga akan menjadi merasa lebih bersyukur kepada Allah SWT atas apa yang telah diberikan kepada Allah SWT selama ini yang telah menjadi milik kalian.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda (artinya) :

“Tidaklah seseorang mendapatkan lezatnya iman hingga ia mencintai seseorang yang tidaklah ia mencintainya kecuali karena Allah, dirinya dilempar di api lebih ia sukai dibanding harus kembali kafir setelah Allah selamatkan dirinya dari kekafiran dan Allah serta Rasul-Nya lebih ia cintai dibanding selain keduanya”. (HR.al-Bukhari)

2. Memupuk Rasa Peduli

@menara62

Dengan berkurban maka hal tersebut juga akan bisa melatih serta memupuk rasa kepedulian terhadap sesama manusia. Sebab pada saat berkurban maka hal ini bukan hanya sekedar menyembelih hewan kurban untuk kemudian dimakan.

Namun lebih dari pada itu, berkurban adalah tentang berbagi kepada orang lain yang kurang mampu dan yang membutuhkan sehingga mereka juga bisa merasakan nikmatnya makan daging. Yang mana mungkin hal tersebut sangat jarang atau mungkin bahkan tidak pernah mereka rasakan. Jadi saat berkurban inilah kalian bisa menanamkan rasa kepedulian yang besar kepada sesama manusia.

وَٱلْبُدْنَ جَعَلْنَٰهَا لَكُم مِّن شَعَٰٓئِرِ ٱللَّهِ لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ ۖ فَٱذْكُرُوا۟ ٱسْمَ ٱللَّهِ عَلَيْهَا صَوَآفَّ ۖ فَإِذَا وَجَبَتْ جُنُوبُهَا فَكُلُوا۟ مِنْهَا وَأَطْعِمُوا۟ ٱلْقَانِعَ وَٱلْمُعْتَرَّ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرْنَٰهَا لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: ”Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi’ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan untua-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur.” (Q.S. Al Hajj:36)

Baca Juga :  Pengertian Lengkap Rotasi dan Revolusi Bumi

3. Bekal Di Hari Akhir

@konsultasisyariah

Pada saat kalian berkurban maka pada saat itu juga kalian akan memperoleh sebuah pahala yang sangat besar atas pengorbanan kalian untuk berbagi kepada sesama. Oleh sebab itulah saat berkurban ini kalian akan memperoleh bekal untuk di hari akhir kalian nanti.

Namun pahala berkurban ini hanya akan diberikan oleh Allah SWT kepada mereka yang berkurban dengan niat dan hati yang tulus. Bukan kepada mereka yang berkurban karena memiliki niat tersembunyi lainnya, misalnya yaitu seperti ada orang yang berkurban hanya supaya diri nya mendapatkan pujian dari orang lain atau mungkin ada juga orang yang berkurban hanya untuk memamerkan harta dan kesombongannya saja. Yang mana tentu hal tersebut sangat tidak dikehendaki oleh Allah.

لَن يَنَالَ ٱللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَآؤُهَا وَلَٰكِن يَنَالُهُ ٱلتَّقْوَىٰ مِنكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya: ”Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Q.S. Al Hajj:37)

4. Menghindari Sikap Tamak

@sijunjung

Sebelum berkurban akan memerlukan banyak syarat yang harus dipenuhi oleh seorang Muslim. Yang mana syarat-syarat tersebut tentu tidak mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itulah maka pada saat kalian memiliki sebuah niat akan berkurban hal tersebut sudah membuktikan bahwa kalian memang sudah siap untuk menjalankan semua perintah Allah SWT dan juga meninggalkan semua hal yang tidak berkenan di hadapan Allah SWT.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Gempa Bumi Beserta Penjelasannya

Hal tersebut sangat bermanfaat sekali bagi kalian yang mungkin hidupnya selama ini sangat tergila-gila dengan dunia seperti dengan harta dan sebagainya. Sebab dengan berkurban maka kalian akan mulai mengerti bahwa sifat serakah dan tamak ini sangat tidak disukai oleh Allah. Dan dengan berkurban maka kalian akan belajar untuk membuang semua sifat tersebut dengan ikhlas.

5. Membantu Usaha Ternak

@jitunews

Salah satu manfaat dalam berkurban yang mungkin tidak banyak diketahui oleh umat Muslim yaitu adalah dapat membantu usaha peternakan. Yang mana saat hari raya Idul Adha tiba maka seluruh peternak atau pemilik usaha ternak ini akan bisa menjual hewan ternaknya lebih banyak dari biasanya dan mereka akan memperoleh rejeki yang melimpah dan berlipat ganda dari hari biasanya.

Hal ini akan sangat berguna dan bermanfaat sekali terutama bagi para peternak yang mungkin selama ini merasa kesulitan untuk menjual hewan ternaknya ini.

Related posts: