Manfaat Puasa Senin Kamis

Ibadah sunnah merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan di dalam ajaran agama Islam. Ibadah sunnah yang ada di dalam ajaran agama Muslim ini banyak sekali jenisnya, salah satunya yaitu adalah puasa sunnah. Yang mana ibadah sunnah ini apabila dijalankan maka orang yang melakukannya akan memperoleh pahala, sedangkan orang yang tidak mengerjakannya juga tidak akan mendapatkan dosa.

Tapi ibadah sunnah ini tentu saja sangat bermanfaat sekali bagi kaum Muslim yang mengerjakannya baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung. Salah satu contoh ibadah sunnah yang banyak dikerjakan oleh umat Muslim yaitu adalah puasa senin kamis.

Yang mana ternyata selain bermanfaat untuk meningkatkan pahala orang yang menjalankannya, puasa senin kamis ini juga memiliki berbagai macam manfaat lainnya baik itu dari segi kesehatan tubuh maupun mental dan spiritual bagi orang yang menjalankannya. Oleh sebab itulah puasa senin kamis ini sangat dianjurkan oleh banyak ulama untuk dijalankan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Sebab mengingat betapa banyaknya manfaat yang di dapat dari puasa senin kamis ini.

Mau tahu apa saja manfaat lainnya dari puasa senin kamis? Berikut akan saya berikan beberapa manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan tubuh manusia, mudah-mudahan setelah mengetahui beberapa manfaat puasa senin kamis bagi tubuh kalian lebih rajin lagi untuk melakukan puasa senin kamis ini.

Manfaat Puasa Senin Kamis

1. Meremajakan Sel Kulit

@lifestyle.okezone

Sel-sel kulit yang ada di dalam tubuh manusia selalu mengalami regenerasi. Dan sel-sel kulit yang telah mati ini perlu digantikan dengan sel-sel kulit yang baru atau biasa disebut dengan istilah peremajaan kulit. Yang mana biasanya banyak orang yang lebih memilih untuk mengkonsumsi obat-obatan ataupun produk-produk kecantikan kulit untuk melakukan peremajaan kulit mereka.

Namun sebenarnya hanya dengan melakukan puasa senin kamis secara rutin hal ini bisa membantu proses peremajaan kulit tubuh kalian. Hal ini karena metabolisme yang ada di dalam tubuh manusia akan terhenti pada saat kalian sedang berpuasa dan hal inilah yang kemudian akan membuat sel-sel tubuh bisa bekerja menjadi lebih aktif lagi, seperti halnya sel-sel kulit ini.

2. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

@banjarmasin.tribunnews

Toksin atau racun-racun yang ada di dalam tubuh kalian yang bercampur dengan lemak, darah, maupun bagian lainnya tersebut berasal dari makanan dan minuman yang kalian biasa konsumsi sehari-hari. Nah selain dengan berolahraga, kalian juga bisa mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh kalian dengan beberapa cara lainnya.

Salah satunya yaitu adalah dengan melakukan puasa senin kamis. Yang mana pada saat kalian sedang berpuasa selama sehari dan pada saat itu juga kalian berhenti untuk mengkonsumsi makanan dan minuman selama satu hari, maka racun yang ada di dalam tubuh kalian akan bisa dikeluarkan dengan lebih efektif.

Racun-racun yang ada di dalam tubuh ini akan dikeluarkan melalui urine, maupun pada saat kalian sedang buang air besar. Dan apabila racun-racun yang ada di dalam tubuh telah berhasil dikeluarkan maka tubuh akan menjadi terasa lebih segar dan lebih bugar.

3. Mengistirahatkan Organ Pencernaan

@hellosehat

Organ pencernaan yang terdapat di dalam tubuh manusia ini ibaratnya seperti sebuah mesin. Yang mana tak mungkin jika mesin ini bisa dihidupkan atau dijalankan secara terus menerus karena akan merusak komponen-komponen yang ada di dalamnya. Oleh sebab itulah mesin memerlukan waktu istirahat supaya komponen-komponen yang ada di dalamnya tidak cepat rusak.

Begitupun halnya dengan organ pencernaan yang ada di dalam tubuh kalian. Organ pencernaan yang ada di dalam tubuh kita ini yang setiap hari bekerja untuk memproses makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita untuk diolah. Namun organ pencernaan manusia ini juga memerlukan istirahat untuk tidak bekerja minimal satu sampai dua hari dalam seminggu.

Sebab hal ini juga akan bisa mengoptimalkan fungsi dari organ pencernaan kita ini agar dapat bekerja dengan baik. Salah satu cara yang efektif untuk mengistirahatkan organ pencernaan yang ada di dalam tubuh yaitu adalah dengan melakukan puasa senin kamis.

4. Menenangkan Jiwa Dan Pikiran

@islamidia

Manfaat puasa senin kamis yang lainnya yaitu adalah dapat membuat jiwa serta pikiran menjadi lebih tenang. Hal ini karena orang yang telah terbiasa melakukan puasa senin kamis maka ia akan lebih bisa untuk mengatur dan mengontrol pikirannya.

Dengan terkontrolnya pikiran seseorang ini maka akan berpengaruh juga kepada kondisi jiwa dan kesehatan mental seseorang. Sehingga dengan melakukan puasa senin kamis maka kalian akan lebih bisa untuk mengendalikan pikiran kalian dari berbagai macam pikiran yang buruk seperti kekahwatiran, dihantui oleh rasa takut yang berlebihan, stress, depresi, dan pikiran lainnya yang bisa mengarah kepada gangguan kejiwaan.

Oleh sebab itu bagi kalian yang mungkin mulai merasakan stress dan penuh tekanan maka tak ada salahnya untuk mulai berpuasa senin kamis. Selain mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa, dengan melakukan puasa senin kamis kalian juga akan memperoleh manfaat lainnya bagi tubuh serta kesehatan baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

5. Lebih Peka Dengan Keadaan Sekitar

@ryugamine-cc5

Pada saat kalian melakukan puasa senin kamis sudah pasti kalian akan merasakan yang namanya haus dan lapar. Dan hal ini pun akan membuat kalian menyadari bahwa masih banyak orang di luar sana yang hidupnya kurang beruntung yang harus rela menahan rasa lapar dan haus karena mereka tak memliki makanan dan minuman untuk dimakan.

Tapi kalian masih bisa makan dan minum dengan enak dan masih bisa menikmati nasi setiap harinya tanpa harus kesusahan seperti para kaum miskin yang ada di luar sana. Dengan puasa senin kamis inilah kalian akan bisa belajar untuk lebih bersyukur dan lebih menghargai berkat yang diberikan setiap harinya kepada kalian oleh Tuhan.

Dan kalian juga akan merasakan bagaimana rasanya kelaparan dan kehausan seperti yang dirasakan oleh orang-orang miskin di luar sana, dan kalian pun akan mengerti bagaimana rasanya mengalami hal tersebut. Bahwa sebenarnya masih banyak orang yang kurang beruntung yang hidupnya tak sebaik hidup yang kalian miliki saat ini.