Tujuan dan Manfaat Perdagangan Internasional

Posted on

Perdagangan internasional yaitu suatu transaksi jual beli produk, modal maupun jasa yang di lakukan baik itu oleh pihak pemerintah maupun swasta, secara individu maupun secara kelompok antar lintas negara. Perdagangan internasional antar negara-negara di dunia bukanlah menjadi suatu hal yang baru.

Kegiatan perdagangan ini sudah ada sejak jaman dahulu kala berabad-abad silam. Barang-barang komoditas yang diperjual belikan atau di perdagangkan waktu itu adalah rempah-rempah, kain sutera, teh, kopi, dan lain-lain.

Manfaat Perdagangan Internasional

@sijai.com

Dengan adanya perdagangan internasional ini di harapkan negara yang sedang berkembang atau yang masih dalam proses pembangunan dapat lebih berkembang lagi dan bisa menyamai kedudukan negara-negara maju yang lainnya.

Kini seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, perdagangan internasional semakin di galakkan dan semakin gencar dilakukan kembali. Perdagangan internasional ini memiliki beberapa manfaat di dalam berbagai bidang, diantaranya yaitu pada bidang ekonomi, bidang sosial, dan dalam bidang keamanan dan politik.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas mengenai manfaat dari perdangangan internasional ini secara keseluruhan dari berbagai macam bidang.

Manfaat Perdagangan Internasional Dalam Berbagai Bidang

 

1. Manfat Perdagangan Internasional Secara Umum

@kumitukonsultan
  • Memperoleh Devisa

Devisa bisa juga di sebut dengan mata uang asing, seperti Dollar Amerika, Yen dari Jepang, dan lain-lain. Jika kita melakukan kegiatan perdagangan internasional hal ini dapat meningkatkan perolehan devisa kita maupun devisa negara.

Artikel Terkait : Harga dan Manfaat Kayu Cendana

  • Menciptakan Lapangan Kerja Baru

Jika kita melakukan kegiatan perdagangan internasional, khususnya di dalam kegiatan ekspor maka akan sangat membutuhkan tenaga kerja yang banyak agar kita dapat mengoptimalkan barang-barang yang akan kita jual ke luar negeri. Hal inilah yang kemudian bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang baru sehingga dapat mengatasi tingginya angka pengangguran yang ada di suatu negara.

  • Menstabilkan Harga

Saat harga produk di dalam negeri mengalami kenaikan dan jumlahnya tidak memadai, maka hal ini akan dapat dipenuhi dengan impor sehingga harga-harga barang di pasaran pun dapat tetap stabil dan persediaan di pasar tidak langka.

  • Meningkatkan Kualitas Produksi

Dengan adanya perdagangan internasional maka hal ini bisa memicu industry yang ada dalam negeri untuk lebih meningkatkan dan memperbaiki kualitas hasil produksinya agar produk mereka bisa bersaing dengan produk-produk lainnya yang ada di pasar internasional.

  • Mempercepat Transfer Teknologi

Agar bisa memakai produk dari luar negeri maka di perlukan dan di butuhkan suatu pemahaman khusus. Sebagai akibatnya, maka sang penjual harus menawarkan sarana atau semacam pelatihan untuk menggunakannya yang tentu saja hal ini bisa mempercepat transfer teknologi. Transfer teknologi modern ini memungkinkan sebuah negara untuk dapat mengetahui lebih banyak teknik manufaktur modern yang ada.

 

Baca Juga :  Perbedaan Keuskupan Dengan Keuskupan Agung

2. Manfaat Perdagangan Internasional Di Bidang Ekonomi

@ekon
  • Memenuhi Permintaan Dalam Negeri

Sebuah negara juga sama seperti manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk kelangsungan hidupnya dan manusia ini tidak bisa memenuhi semua kebutuhannya sendiri, dengan kata lain bahwa manusia tidak dapat hidup sendirian dan pasti membutuhkan orang lain. Dengan adanya perdagangan internasional ini maka kebutuhan di dalam suatu negeri akan dapat terpenuhi dan hal ini dapat mendukung kelangsungan hidup suatu negara tersebut.

  • Menambah Kemakmuran Suatu Negara

Pendapatan negara akan bertambah melalui adanya perdagangan internasional ini. Karena adanya hubungan timbal balik antara negara yang melakukan perdagangan internasional ini, dimana negara akan menjual hasil produksinya ke luar negeri yang membutuhkannya. Sehingga hal ini akan meningkatkan penghasilan suatu negara.

  • Memperluas Lapangan Kerja

Dengan adanya perdagangan internasional, maka kuantitas produksi suatu barang akan meningkat, sehingga kebutuhan tenaga kerja pun juga akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah hasil produksi. Dengan begitu maka hal ini akan dapat menciptakan dan memperluas lapangan kerja baru bagi masyarakat yang membutuhkannya.

  • Meningkatkan IPTEK

Salah satu dampak dari perdagangan internasional yaitu meningkatnya keinginan produsen untuk meningkatkan kualitas dan mutu dari produknya agar dapat bersaing di pasar internasional. Sehingga dengan begitu mau tidak mau mereka (para pelaku perdagangan internasional) harus mempelajari dan menguatasi ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) agar produk mereka dapat bersaing dan laku di pasar internasional.

  • Mengurangi Angka Kemiskinan

Dengan adanya perdagangan internasional maka akan bisa untuk mengurangi angka kemiskinan yang ada. Karena jika sebelumnya banyak orang yang tidak memiliki penghasilan dan pekerjaan, namun akibat dari adanya perdagangan internasional ini maka akan terciptanya banyak kesempatan kerja dan lapangan pekerjaan sehingga hal ini bisa mengurangi angka kemiskinan yang ada.

  • Usaha Lokal Bisa Berekspansi

Hal ini menjadi salah satu keuntungan yang di dapat dari adanya perdagangan internasional, yaitu dapat mengembangkan potensi dari usaha-usaha lokal. Misalnya, jika produk lokal di terima secara antusias oleh pasar internasional, maka usaha lokal tersebut akan terpacu dan berkeinginan agar bisa memiliki pasar baru yang sebelumnya sedikit kompetitor dan dapat menguasai pasar tersebut. Dengan begitu maka akan muncullah perusahaan-perusahaan multinasional dari dalam negeri.

 

Baca Juga :  5 Jenis Tanah Subur dan Cara Merawat Tanah Agar Selalu Subur

3. Manfaat Perdagangan Internasional Di Bidang Sosial

@indonesiaottawa

 

  • Mempererat Hubungan Antar Negara

Salah satu manfaat perdagangan internasional yaitu dapat mempererat hubungan antar suatu negara. Jadi jika terdapat suatu masalah dalam suatu negara, maka negara lain akan bisa saling membantu satu sama lain. Selain itu juga bisa untuk mempercepat proses pembangunan dalam negeri tersebut dengan cara mendatangkan para investor dari luar negeri untuk kemudian menanamkan atau menginvestasikan dana kepada beberapa badan usaha pemerintah maupun swasta yang di nilai potensial dan strategis.

Artikel Terkait : Penjelasan Lengkap Teknik Pointilis Dalam Dunia Melukis

  • Mencegah Terjadinya Krisis

Manfaat lain dengan adanya perdagangan internasional di dalam bidang sosial di antaranya yaitu bisa mencegah terjadinya krisis. Misalnya saja di suatu negara X sedang terjadi krisis bahan makanan sehingga mengakibatkan kelaparan terjadi dimana-mana di negara tersebut. Akan tetapi negara X ini memiliki hubungan yang cukup baik dengan negara Y, sehingga negara Y mau memberikan bantuan bahan pangan kepada negara X ini sehingga krisis bahan pangan di negara X bisa teratasi.

 

4. Manfaat Perdagangan Internasional Di Bidang Keamanan Dan Politik

@setnasasean

 

  • Memenuhi Kebutuhan Perenjataan Suatu Negara

Sebuah negara bisa memenuhi kebutuhan persenjataannya karena adanya dampak dari hubungan perdagangan internasional ini. Dengan demikian bagi negara-negara yang tidak dapat memproduksi senjata mereka sendiri, mereka bisa mengimpornya dari negara lain berkat adanya hubungan perdagangan internasional.

  • Meminimalisir Terjadinya Perang

Dengan adanya perdagangan internasional ini, maka negara-negara yang terlibat di dalamnya mau tidak mau untuk menaati peraturan yang telah di sepakati dan di setujui sebelumnya secara bersama-sama. Sehingga hal ini akan meminimalisir timbulnya perang antar negara.

  • Mengurangi Perdagangan Illegal

Negara-negara yang terlibat di dalam perdagangan internasional akan senantiasa bersama-sama untuk memerangi bermacam-macam bentuk perdagangan illegal atau yang dilarang seperti narkoba, perdagangan manusia, hewan langka, dan sebagainya.

Ternyata perdagangan internasional memiliki banyak sekali manfaat bagi setiap negara yang ada. Namun yang paling terpenting yaitu agar setiap negara bisa menjaga rasa perdamaian dengan setiap negara yang ada di dunia.

Related posts: