Manfaat Menikah Di Usia Muda

Posted on

Pernikahan memang menjadi salah satu hal yang paling di dambakan oleh setiap orang yang sedang menjalin hubungan asmara. Yang mana melalui ikatan pernikahan yang sah dan resmi secara hukum dan agama ini maka dua orang pasang kekasih bisa memulai kehidupan baru mereka dan membentuk sebuah keluarga baru di dalam pernikahan tersebut.

Yang mana selain itu tentu saja dengan menikah maka akan bisa menghindarkan dosa-dosa yang mungkin bisa saja terjadi pada saat sedang berpacaran atau sebelum menikah. Salah satunya yaitu adalah dosa perzinahan yang banyak terjadi di kalangan anak-anak muda yang berpacaran, yang kemudian hanya bisa menyesali perbuatannya ini.

Berbicara tentang menikah pun juga tak terlepas dari usia seseorang yang siap untuk menikah. Banyak orang yang mengatakan bahwa usia yang paling cocok dan pas untuk melangsungkan pernikahan yaitu adalah usia 25 tahun. Sedangkan usia yang dianjurkan oleh pemerintahan di Indonesia untuk melakukan pernikahan yaitu adalah usia minimal 21 tahun untuk perempuan dan usia minimal 24 tahun untuk laki-laki.

Namun hal tentang usia ini kembali lagi kepada masing-masing pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Banyak orang yang berkata jika menikah di usia muda atau diawal usia 20 tahun ini merupakan sebuah langkah yang salah dan menganggapnya sebagai sebuah kecerobohan. Sebab masyarakat menilai bahwa usia awal 20 tahun masih merupakan usia remaja yang mana biasanya kondisi psikologis dan emosi seseorang masih belum bisa dewasa secara sempurna.

Selain itu juga di usia awal 20 tahunan ini merupakan usia yang ideal untuk menikmati masa muda, meraih cita-cita, dan juga mengejar karir yang ingin dicapai. Namun jika ternyata kita sudah merasa menemukan belahan hati kita diawal usia 20 tahun dan ingin segera menikah dengannya maka apa salah nya? Toh juga pernikahan usia muda ini juga tak selamanya berdampak negatif, sebab masih ada juga dampak positif dari menikah di usia muda ini. Nah disini akan saya berikan beberapa dampak positif dari menikah di usia muda.

Baca Juga :  Daftar Film Jepang Romantis Sekolah Paling Seru

Keuntungan Nikah Muda

1. Terhindar Dari Dosa

@freerangestock

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa menikah di usia muda ini merupakan salah satu cara terbaik yang bisa di unakan untuk menghindarkan kita dari yang namanya dosa. Sebab seseorang yang menikah di usia muda ini akan dapat lebih terjaga dari beberapa dosa zina baik itu seperti zina mata, zina hati, maupun zina tangan.

Jadi setelah menikah secara resmi dan sah maka dua orang pasangan ini bisa melakukan hubungan dengan pasangannya dengan tanpa zina sebab mereka telah terikat di dalam sebuah hubungan pernikahan. Beda halnya jika belum menikah, maka dua orang pasangan ini tidak diperbolehkan untuk melakukan kontak fisik dengan pasangannya karena mereka belum terikat di dalam ikatan pernikahan yang sah sehingga hal tersebut akan menimbulkan perzinahan.

2. Lebih Bahagia

@hellosehat

Siapa bilang nikah di usia muda tak bisa bahagia? Justru banyak pasangan yang menikah di usia muda lebih merasa bahagia dibandingkan dengan pasangan yang menikah di usia yang sudah lebih dari 25 tahun ke atas. Hal ini salah satunya karena pasangan muda ini akan lebih mudah untuk dapat menerima pasangan hidupnya sebab mereka masih belum memiliki ego dan ambisi yang banyak di dalam dirinya.

Bahkan jika keadaan perekonomian mereka sekalipun tampak pas-pasan dan cenderung untuk kekurangan namun nyatanya pasangan muda akan lebih bisa merasa bahagia dan mereka mengaku masih bisa menikmati kehidupan rumah tangga mereka. Sebab para pasangan muda ini memang masih memiliki pemikiran yang bahwa pernikahan mereka akan bisa berjalan mulus-mulus saja dan mereka akan mampu untuk membangun sebuah keluarga yang bahagia dan sejahtera meskipun dalam keadaan yang pas-pasan sekalipun.

Baca Juga :  Asal Usul Kristen Ortodoks Syiria

3. Lebih Baik Bagi Anak – Anak

@freedesignfile

Salah satu keuntungan menikah di usia muda yaitu adalah cepat untuk memperoleh keturunan. Yang mana usia awal 20 tahunan merupakan usia produktif baik bagi pria maupun wanita. Yang mana di usia tersebut perkembangan alat reproduksi mereka berdua berada dalam keadaan yang bagus sehingga akan lebih besar berpeluang untuk menghasilkan keturunan.

Oleh sebab itulah jika pasangan muda ini memiliki anak maka selisih usia orang tua dengan anak pun juga takĀ akan terpaut jauh sekali. Misalnya saja di usia 20 tahun kalian telah memiliki seorang bayi, maka hal ini berarti bahwa selisih usia orang tua dan anak nya hanya terpaut 20 tahun saja. Sehingga dengan usia yang masih sangat muda dan dengan tenaga yang masih kuat dan tubuh yang masih prima maka pasangan orang tua muda ini akan dapat merawat dan menjaga anak mereka dengan baik.

Selain itu keuntungannya yang lain yaitu adalah orang tua muda ini akan dapat untuk mengikuti dan melihat tumbuh kembang anaknya hingga dewasa, sebab memang perbedaan usia antara orang tua dan anak tidak terpaut terlalu jauh. Sehingga biasanya orang tua muda ini akan lebih bisa dengan mudah untuk memahami anaknya terutama yang telah menginjak usia remaja, yang mana karena perbedaan usia yang tak terlalu jauh maka mereka dapat menjadi seperti seorang sahabat dari pada menjadi figur orang tua yang mungkin tampak ditakuti dan disegani oleh anak-anak.

Baca Juga :  Penjelasan Puasa Mutih

4. Mendewasakan Diri

@videoblocks

Salah satu manfaat menikah di usia muda yaitu adalah bisa mendewasakan diri seseorang. Hal ini berarti bahwa di dalam pernikahan di usia muda ini akan bisa membuat emosi seseorang menjadi lebih terkontrol dengan baik. Yang mana hal ini juga dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa menikah di usia muda akan lebih bermanfaat dari segi kesehatan dan juga maupun dalam segi pengontrolan emosi.

5. Lebih Mudah Meraih Kesuksesan

@videohive

Sebagian orang menunda menikah dengan alasan mencapai jenjang karir tertentu atau hidup mapan terlebih dahulu. Padahal, saat seseorang telah menikah, ia menjadi lebih tenang, merasakan sakinah. Dengan ketenangan dan stabilnya emosi ini, ia bisa lebih fokus dalam meniti karir dan beraktifitas apapun.

Karenanya tidak mengherankan jika banyak orang-orang yang sukses di usia 40-an adalah mereka yang menikah di usia 20-an. Jadi jangan takut dan memiliki fikiran bahwa jika kalian menikah di usia yang masih sangat muda maka perjalanan karir dan aktivitas apapun yang sedang kalian kerjakan akan terhenti. Malah justru sebaliknya dengan menikah maka kalian akan lebih bisa berpeluang besar untuk meraih gerbang kesuksesan di dalam hidup.

Related posts: