Harga dan Manfaat Kayu Cendana

Posted on

Kayu cendana memang sudah tidak asing lagi bagi telinga kita untuk mendengarnya. Salah satu jenis kayu ini merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki nilai tinggi dan paling di minati dan di cari di pasaran. Kayu cendana memiliki tekstur yang cukup kokoh dan kuat sehingga seringkali kayu cendan ini juga di gunakan sebagai pilihan alternatif lain sebagai pengganti kayu jati di dalam pembuatan bahan-bahan furniture dan peralatan rumah tangga seperti meja, kursi, dan lain-lain.

Manfaat Kayu Cendana

@manfaatcaramengatasi.com

Kayu cendana ini berasal dari tanaman yang bernama cendana. Dan cendana sendiri ini sebetulnya merupakan sebuah jenis tanaman parasit yang membutuhkan inang atau tumbuhan dan tanaman lain agar dapat bertumbuh besar. Hal ini di karenakan pohon cendana ini tidak memiliki akar yang tidak cukup kuat dan tidak bisa untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sendiri.

Karena hal ini, pohon cendana tergolong ke dalam tanaman yang sangat sulit untuk di kembangbiakkan dan jarang berada di pasaran bila di bandingkan dengan jenis kayu yang lainnya. Meskipun tergolong dan termasuk ke dalam tumbuhn parasit tapi pohon cendana ini bisa tumbuh dengan ketinggian hingga mencapai 11-15 meter dan termasuk salah satu jenis pohon yang cukup besar dengan ukuran diameter yang dapat mencapai ukuran 25-30 cm.

Pohon cendana di dalam bahasa Latin di sebut dengan nama Santalum Albul Linn. Di dunia ini terdapat dua jenis dari kayu cendana, yaitu kayu cendana merah dan kayu cendana putih. Kayu cendana putih memiliki kualitas yang lebih baik di bandingkn dengan jenis kayu cendana merah. Tetapi kayu cendana putih ini kurang di minati di pasaran bila di bandingkan dengan kayu cendana merah. Kayu cendana putih banyak tumbuh di daerah Nusa Tenggara Timur, sedangkan kayu cendana merah banyak di temukan dan tumbuh di daerah India.

Selain bermanfaat sebagai bahan baku furniture, kayu cendana ini ternyata juga memiliki beberapa manfaat lainnya yang cukup bagus bagi manusia. Lalu tahukah kalian akan apa saja manfaat kayu cendana tersebut?

Artikel Terkait : Penjelasan Lengkap Teknik Pointilis Dalam Dunia Melukis

Baca Juga :  Biografi Cut Nyak Dien

Berdasarkan penelitian kayu cendana mempunyai khasiat yaitu dapat menghilangkan berbagai maslah seperti rasa gelisah, rasa cemas dan juga mampu menghilangkan rasa stress. Selain itu juga kayu cendana ini bisa di manfaatkan sebagai minyak wangi hingga untuk obat alami. Disini akan saya jelaskan mengenai beberapa manfaat dari kayu cendana tersebut.

Kegunaan Kayu Cendana

1. Sebagai Bahan Baku Furniture

Seperti yang sudah saya tulis di atas tadi bahwa kayu cendana juga seringkali di gunakan dan di pakai dalam pembuatan furniture. Hal ini karena cendana memiliki bentuk pohon yang kokoh dan kuat, kualitas kayunya yang sangat bagus sehingga tak jarang bahwa kayu cendana juga merupakan salah satu kayu yang diminati dalam pembuatan furniture. Saat ini banyak sekali furniture yang terbuat dari bahan dasar kayu cendana ini di antaranya yaitu adalah seperti:

  • Meja
  • Kursi
  • Tempat tidur
  • Pintu
  • Lemari
  • Dan lain-lain

2. Bahan Baku Produk Kerajinan

Selain dapat di gunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan furniture, kayu cendana juga bisa di manfaatkan sebagai bahan baku produk kerajinan. Dan sudah tentu bahwa produk kerajinan yang di buat dari kayu cendana ini akan memiliki nilai estetis yang sangat indah dan memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran.

Dan produk-produk kerajinan yang berasal atau terbuat dari kayu cendana ini sangat di cari dan di minati oleh masyarakat dan sangat di sukai oleh masyarakat umum. Beberapa hasil produk kerajinan yang dapat di buat dari kayu cendana ini di antaranya yaitu adalah seperti ukiran, keris, dan lain sebagainya.

3. Bahan Obat Herbal

Ternyata kayu cendana juga bisa di gunakan sebagai bahan obat herbal juga loh. Pada umumnya bagian dari pohon cendana yang di pakai untuk bahan obat herbal yaitu dari kulit dan minyak pohon cendana tersebut. Cara mengolah atau membuat obat herbal dari bahan baku kayu cendana ini pun juga dapat di katakan tergolong cukup mudah.

Yaitu dengan cara memblender kulit dari kayu cendana ini sampai halus kemudian minumlah air dari hasil saringan bubuk kayu cendana yang telah di blender tadi. Khasiat dan manfaat dari obat herbal dari kayu cendana ini di antaranya yaitu adalah sebagai obat anti peradangan, mencegah terjadinya disentri dan bisa juga di pakai sebagai pembersih pada saat menstruasi bagi para wanita.

4. Bahan Parfum

Kayu cendana memang memiliki bau khas yang sangat wangi atau harum. Hal ini tentu sangat cocok jika di pakai sebagai bahan dari minyak wangi atau wewangian lainnya. Minyak cendana selain memiliki aroma dan bau yang wangi juga merupakan jenis minyak yang dapat mengikat molekul wewangian lain sehingga menjadikan minyak cendana ini sebagai bahan campuran parfum yang cukup baik. Beberapa produk yang bisa di buat dari olahan minyak cendana ini di antaranya yaitu adalah seperti parfum, balsem, minyak aroma terapi, dupa dan masih banyak lagi.

5. Melancarkan Buang Air Kecil

Selain bermanfaat sebagai bahan dasar minyak wangi, minyak cendana ternyata juga mampu untuk membantu melancarkan buang air kecil. Hal ini di karenakan minyak cendana dapat menekan rasa sakit yang timbul saat tubuh kita sedang melakukan proses buang air kecil atau ekskresi. Ini tentunya akan sangat berguna sekali bagi para orang yang menderita kesulitan buang air kecil dan air kecilnya tidak lancar.

6. Mengendalikan Stress

Ternyata kayu cendana ini juga dapat membantu untuk mengendalikan stress juga. Bagian dari pohon cendana yang bisa di pakai untuk mengendalikan stress yaitu adalah minyak cendana. Minyak cendana ini mempunyai efek yang alami sebagai anti depressant yang bisa membantu untuk mengurangi rasa cemas, rasa khawatir, hingga rasa stress yang ada.

Artikel Terkait : Solusi, Dampak dan Proses Terjadi Global Warming

Baca Juga :  Sejarah Ejaan Bahasa Indonesia

7. Mencegah Jerawat

Kayu cendana juga dapat untuk mencegah timbulnya jerawat. Jerawat yang pada umumnya muncul di kulit wajah dan ada juga yang di bagian punggung dan badan mungkin sangat mengganggu untuk sebagian orang. Untuk mengatasi jerawat ini kalian dapat gunakan kayu cendana sebagai salah satu obat dalam mengatasi jerawat.

Hal ini karena pada kayu cendana memiliki kandungan antiseptik yang cukup tinggi sehingga mampu untuk mencegah dan mengatasi timbulnya jerawat. Tapi tetap gunakan sewajarnya dan secukupnya saja jangan berlebihan karena jika kalian menggunakannya secara berlebihan akan bisa menyebabkan efek samping yang akan berdampak langsung pada kulit kalian.

Karena memiliki begitu banyak manfaat bagi manusia dan merupakan salah satu jenis tanaman yang sudah termasuk langka pada saat ini, tak heran bila Cendana memiliki harga yang cukup tinggi. Kayu cendana pada saat ini di hargai sekitar Rp.350.000-Rp.600.000 per kilonya. Hal ini tentu sangat sebanding dengan banyaknya manfaat yang di miliki oleh kayu cendana tersebut. Itulah tadi beberapa penjelasan singkat mengenai manfaat kayu cendana.

Related posts: