Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil (Tinggi Zat Gizi dan Vitamin)

Posted on

Alpukat merupakan salah satu buah yang digemari dan disukai oleh banyak orang. Buah berwarna hijau yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat di dalamnya bagi setiap orang yang mengkonsumsinya. Tak terkecuali juga apabila dikonsumsi oleh ibu hamil. Maka kandungan berbagai macam zat gizi dan vitamin yang ada di dalam buah Alpukat ini akan sangat baik sekali untuk mendukung kesehatan ibu maupun juga memberikan tambahan vitamin bagi janin yang ada di dalam kandungan sang ibu.

Seperti yang kita ketahui bahwa seorang ibu yang sedang mengandung atau sedang hamil ini memang memerlukan banyak sekali nutrisi dan juga vitamin-vitamin yang bagi tubuhnya. Dan selain memakan makanan sehat dan bergizi dan juga rutin minum susu, mengkonsumsi buah dengan secara rutin juga dapat menjaga asupan gizi yang sehat bagi ibu maupun bagi janin yang ada di dalam kandungannya.

Dan Alpukat ini merupakan salah satu jenis buah yang sangat cocok dan sangat baik sekali untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena di dalam buah Alpukat ini terdapat kandungan lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi dan juga memiliki kandungan asam folat, serta mengandung hampir 20 jenis vitamin dan mineral. Yang mana asam folat ini sendiri memiliki manfaat yang baik sekali apabila dikonsumsi oleh seorang ibu hamil.

Karena asam folat ini dapat memproduksi serta mengatur jalinan sel baru, yang mana hal ini dapat menurunkan resiko bayi lahir cacat. Selain itu masih banyak lagi manfaat buah Alpukat ini bagi ibu hamil. Mau tahu apa saja manfaat buah Alpukat ini bagi ibu hamil? Berikut ini akan saya berikan sedikit informasi mengenai manfaat buah Alpukat bagi ibu hamil.

7 Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil

1. Mengatasi Kram

@haibunda

Ibu hamil biasanya sering kali mengalami yang namanya kram ini. Biasanya kram ini terjadi di bagian kaki, yang mana frekuensinya ini cukup sering sekali. Jika sudah terjadi kram pada kaki maka ibu hamil akan kesulitan untuk berjalan, sehingga hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga :  Ciri-Ciri, Penyebab, dan Pengobatan Kanker Payudara

Nah untuk mengatasi rasa kram yang sering muncul pada kaki, maka disarankan bagi ibu hamil untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan yang memiliki banyak kandungan potasium di dalamnya. Salah satu buah-buahan yang banyak mengandung potasium yaitu adalah Alpukat.

Karena dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak potasium seperti Alpukat ini maka akan dapat mengurangi rasa sakit karena kram dan juga mengatasi kram yang sering terjadi.

2. Mengatasi Mual

@hellosehat

Masalah selanjutnya yang sering di derita oleh ibu hamil yaitu adalah rasa mual. Terlebih lagi pada saat sedang masa hamil muda, biasanya ibu hamil akan lebih sering untuk merasa mual dan muntah-muntah. Untuk mengatasi rasa mual saat hamil ini maka bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi asupan vitamin B1, B2, dan B6.

Vitamin B1 ini dipercaya dapat mengurangi rasa mual dan muntah yang sering terjadi di pagi hari, sedangkan vitamin B2 ini dapat menjadi sebuah elemen terpenting yang dapat membantu untuk menguraikan zat makanan untuk janin.

Dan vitamin B6 ini sangat penting sekali untuk menjaga daya tahan ibu hamil agar tak mudah terserang penyakit. Buah Alpukat memiliki semua kandungan asupan vitamin tersebut, sehingga jika ingin mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil kalian bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah Alpukat ini secara rutin.

3. Mencegah Anemia

@hellosehat

Masalah umum selanjutnya yang sering kali dikeluhkan oleh seorang ibu hamil yaitu adalah anemia. Anemia ini disebabkan karena sang ibu hamil kekurangan zat besi, sehingga akan menyebabkan kekurangan darah atau anemia. Jika mengalami anemia maka tubuh akan terasa lemas, sehingga tak dapat melakukan banyak kegiatan atau aktivitas.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Catok Rambut Yang Bagus

Jika dibiarkan saja dan tidak segera diobati maka anemia yang terjadi pada ibu hamil ini juga akan dapat berpengaruh kepada kondisi kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. Nah untuk mengatasi serta mengurangi anemia pada ibu hamil ini, kalian dapat mengkonsumsi buah Alpukat.

Mengapa buah Alpukat? Karena buah Alpukat ini sangat kaya sekali akan kandungan zat besi di dalamnya, sehingga akan dapat memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh ibu hamil dan menghindarkan dari anemia.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah Dan Kolesterol

@hamil

Tahukah kalian bahwa buah Alpukat ini juga sangat baik sekali untuk menurunkan kadar gula darah maupun kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh kita. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ahli yang menyatakan bahwa buah Alpukat ini mampu memberikan sebuah hasil signifikan dalam menurunkan kadar total kolesterol (LDL) yang ada di dalam tubuh manusia dan juga meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada di dalam tubuh sebanyak 11-17%.

Selain itu buah Alpukat ini juga sangat bagus untuk menurunkan kadar gula darah dan juga mengontrol kadar gula darah yang ada di dalam tubuh agar tetap stabil. Oleh sebab itulah maka buah Alpukat ini sangat baik sekali di konsumsi oleh ibu hamil, karena biasanya saat hamil kadar gula darah dan kadar kolesterol di dalam tubuh akan meningkat. Jadi untuk menjaga kadar kolesterol maupun kadar gula darah tetap stabil selama masa kehamilan maka kalian dapat mengkonsumsi buah Alpukat ini.

5. Membantu Penyerapan Nutrisi

@halodoc

Selama dalam masa kehamilan, seorang ibu hamil pasti akan membutuhkan banyak asupan nutrisi bagi tubuhnya dan juga bagi janin yang ada di dalam kandungannya. Untuk dapat membantu penyerapan nutrisi dengan efektif maka disarankan untuk mengkonsumsi buah Alpukat ini dengan rutin. Hal ini karena buah Alpukat ini diyakini mampu untuk meningkatkan penyerapan karotenoid di dalam tubuh.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Masker Wajah Untuk Kulit Berminyak Terbaik 2018

Karotenoid ini sendiri bisa di dapatkan dari vitamin A yang ada di dalam buah Alpukat. Yang mana karotenoid ini sangat berguna sekali untuk memberikan asupan vitamin A bagi janin sehingga menghindarkan janin dari penyakit gangguan pada penglihatan dan juga penyakit lainnya.

6. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

@nakita.grid

Ibu hamil biasanya juga akan mengalami gangguan pada pencernaan berupa sembelit, terlebih bagi ibu hamil yang usia kandungannya sudah tua. Nah untuk mengatasi masalah sembelit ini maka kalian dapat mengkonsumsi buah Alpukat ini setiap hari dengan teratur.

Hal ini karena di dalam buah Alpukat ini terdapat kandungan banyak serat yang dapat berfungsi untuk mencerna makanan dengan baik. Selain dapat mencerna makanan dengan baik, manfaat lain buah Alpukat bagi pencernaan yaitu adalah dapat meningkatkan pergerakan usus lebih baik.

7. Mengatasi Peradangan

@honestdocs

Kandungan karotenoid yang berupa beta karoten dan likopen yang ada di dalam buah Alpukat ini juga memiliki peran penting dalam mengatasi peradangan bagi ibu hamil. Yang mana kandungan beta karoten serta likopen di dalam buah Alpukat ini dapat mengurangi peradangan yang terjadi di dalam lambung maupun peradangan yang terjadi pada usus halus.